home -> Lainnya -> 10 Tanaman Karnivora Yang Perlu Kamu Ketahui
05 Agustus 2021 02:08

10 Tanaman Karnivora Yang Perlu Kamu Ketahui

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada July 21, 2021

Seberapa banyak hal yang kamu ketahui tentang tanaman? Tidak semua tanaman itu mengandalkan fotosintesis untuk bertahan hidup. Ada pula yang bertahan hidup dengan memakan serangga atau hewan yang memiliki ukuran kecil. Ini membuat mereka disebut sebagai tanaman karnivora. Penasaran seperti apa contoh dari tanaman karnivora, berikut ini 10 tanaman karnivora yang wajib kalian ketahui.

10. Dewy Pine

Dewy Pine

Bagi kita manusia, melihat tanaman satu ini mungkin lucu dan menarik. Tapi bagi serangga kecil, tanaman ini adalah tanaman yang sangat berbahaya. Nama tanaman ini adalah Drosophyllum atau Dewy Pine. Jika dibandingkan dengan Sundew, Dewy Pine memang memiliki kemiripan. Ini dikarenakan mereka masih berada dalam genus Drosera.

Tanaman karnivora satu ini banyak ditemukan di daerah Mediterranean di Portugal, Spanyol, dan Morocco. Untuk memancing serangga mendekat, Dewy Pine akan mengeluarkan aroma manis yang menggoda. Apabila ada serangga yang hinggap, Dewy Pine akan melingkarkan daunnya yang sudah dilengkapi dengan cairan yang sangat lengket dan membuat serangga tidak bisa lari.

9. Lobster-Pot Plant

lobster-pot plants

Tanaman unik satu ini diberi nama sesuai dengan alat yang digunakan oleh para nelayan untuk menangkap lobster. Bagi yang penasaran dengan nama ilmiahnya, Lobster-pot plant memiliki nama Darlingtonia californica. Lobster-pot plant memiliki bentuk daun yang didesain hanya untuk masuk, bukan keluar.

Dengan bentuk seperti itu, mangsa yang sudah masuk ke dalam, sulit untuk keluar. Mangsa akan masuk ke daun yang berbentuk seperti huruf Y dan membuat mangsanya hanya bisa masuk semakin ke dalam dan tidak bisa keluar. Di dalam daun tersebut nantinya akan keluar cairan yang digunakan untuk mencerna mangsanya.

8. Brocchinia Reducta

brocchinia reducta

Brocchinia reducta termasuk dalam keluarga Bromeliaceae. Ada tiga bromeliads yang diketahui termasuk dalam tanaman karnivora. Dan Brocchinia reducta termasuk dalam salah satunya. Di Indonesia mungkin tidak pernah kita lihat tanaman ini. Tapi jika kalian pergi ke Venezuela, Brazil, Colombia, dan Guyana dapat menemukan tanaman ini.

Brocchinia reducta memiliki bentuk seperti tabung yang panjang. Bagian dalamnya sangat licin dan berguna untuk memerangkap mangsanya. Jika tanaman karnivora lain memiliki enzim untuk mencerna, Brocchinia reducta tidak. Tanaman ini bergantung pada bakteri untuk membantu mencerna serangga yang terperangkap di dalamnya.

7. Bladderwort

bladderwort

Beberapa tanaman karnivora memiliki sifat akuatik yang berarti mereka memiliki habitat utama di area yang berair. Salah satu contoh tanaman karnivora yang akuatik berikut ini dinamakan Bladderwort. Memiliki nama lain Utricularia, tanaman ini hanya salah satu jenis dari 233 spesies Bladderwort yang berhasil diidentifikasi oleh ilmuwan.

Bladderwort biasa ditemukan di perairan tawar dan tanah yang agak basah. Menu makan utama dari Baldderworts adalah organisme kecil, serangga, larva, cacing air, dan kutu air. Tanaman ini memiiki bentuk daun yang seperti tabung dengan sensor yang sensitif. Ketika ada mangsa yang lewat dan masuk ke dalam daun tersebut pasti akan mengenai sensor. Bladderwort dengan cepat akan menutup daunnya hingga jalur keluar menjadi tertutup.

6. Butterworts

Butterworts

Butterwort memiliki nama ilmiah Pinguicula. Tanaman ini merupakan tanaman karnivora yang masih termasuk dalam keluarga Lentibulariaceae. Tanaman yang memiliki ukuran kecil namun sangat mematikan bagi serangga ini biasa ditemukan di area rawa-rawa yang ada di Siberia, Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Untuk memancing serangga hinggap, Butterworts mengeluarkan cairan lengket di daunnya. Ketika serangga datang, Butterworts secara perlahan akan menutup daunnya sehingga serangga tersebut tidak bisa kabur. Butterworts kemudian akan memproduksi cairan yang digunakan untuk mencerna serangga tersebut dan menyerap nutrisinya.

5. Waterwheel Plant

waterwheel plant

Ada begitu banyak tanaman karnivora yang unik. Tidak hanya bisa ditemukan di darat, ada juga jenis yang ditemukan di air. Contoh tanaman karnivora air adalah Waterwheel plant. Tanaman ini bisa ditemukan di Eropa, Afrika, Asia, dan Australia. Karena populasinya yang sedikit, Waterwheel plant termasuk dalam tanaman yang dilindungi.

Karena tinggalnya di dalam air, yang menjadi mangsa dari Waterwheel plant adalah hewan air. Jika ada hewan yang kebetulan lewat di dekatnya, maka Waterwheel plant akan menangkapnya dengan daunnya. Makanan dari Waterwheel plant adalah hewan air kecil seperti cacing, dapnia, dan juga jentik nyamuk.

4. Cobra Lily

Cobra Lily

Mungkin di antara kalian ada yang bertanya-tanya kenapa tanaman ini memiliki nama cobra. Cobra lily, dinamakan seperti itu karena tanaman ini memiliki bentuk seperti ular kobra yang dapat melebarkan bagian belakang lehernya. Meski tidak memiliki racun, tanaman ini sangat mematikan bagi serangga.

Cobra lily umum ditemukan di California dan Oregon. Sekali ada serangga yang terpancing oleh nektar yang diproduksi oleh Cobra lily, serangga tersebut kemungkinan besar akan jatuh ke dalam lubang Cobra lily. Serangga tersebut tidak mungkin bisa keluar karena bagian dalam Cobra lily sangat licin, dalam, dan sempit.

3. Sundew

sundew

Tanaman karnivora pemakan serangga memiliki bentuk dan metode yang unik dalam hal menangkap mangsanya. Sundew atau Drosera, tanaman karnivora ini memanfaatkan cairan spesialnya yang digunakan bukan cuma untuk menarik perhatian seragga tapi juga membuat serangga yang terjebak jadi tidak bisa lepas.

Tidak hanya satu, Sundew memiliki daun yang diselimuti oleh kelenjar yang dapat menghasilkan cairan. Cairan yang bisa membuat serangga tertarik untuk hinggap. Begitu sudah hinggap, serangga tersebut akan terjebak dan tak bisa terbang karena saking lengketnya. Diketahui ada sebanyak 194 spesies tanaman Sundew di seluruh dunia. Amerika Utara dan beberapa bagian di Eropa menjadi area yang paling banyak ditemukan Sundew.

2. Pitcher Plant

pitcher plant

Untuk tanaman Pitcher plant sendiri masih ada lagi beberapa macamnya. Beberapa di antaranya adalah Purple Pitcher Plant, White Trumpet, Yellow Pitcher Plant, Tropical Pitcher Plant, dan Sun Pitcher Plant. Dinamakan Pitcher Plant karena tanaman ini memiliki bentuk daun yang unik dimana daunnya membentuk seperti perangkap.

Sekali ada hewan yang masuk ke dalam daun tersebut, kecil kemungkinan hewan tersebut bisa keluar lagi. Di bagian dalam daun Pitcher Plant berisi cairan yang membuat dinding daun licin. Hewan yang masuk tidak bisa keluar karena sulit mencari pijakan. Hewan yang sudah terkebak hanya bisa pasrah menanti tubuh mereka dicerna oleh cairan pencernaan Pitcher Plant.

1. Venus Flytrap

venus flytrap

Venus flytrap merupakan tanaman karnivora yang sangat terkenal. Meski namanya flytrap, bukan berarti tanaman satu ini hanya memangsa lalat saja. Venus flytrap akan memangsa serangga apapun yang mampir di daunnya mau itu lalat, nyamuk, lebah, mantis, bahkan burung sekalipun kalau sial bisa menjadi makanan dari Venus flytrap.

Venus flytrap sangat mudah ditemukan di Utara dan Selatan Carolina, Amerika. Venus flytrap memiliki daun yang bisa menutup untuk memerangkap serangga atau hewan mangsanya. Sekali serangga sudah terperangkap, tidak mungkin bisa keluar. Serangga yang tertangkap biasanya akan dicerna hingga hancur dalam waktu 10 hari.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas