home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Bisa Mempercepat Pemulihan Otot Se...
05 Agustus 2021 02:47

10 Makanan Yang Bisa Mempercepat Pemulihan Otot Setelah Olahraga

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada July 19, 2021

Setelah berolahraga pastinya tubuh akan terasa nyeri dan pegal-pegal. Apabila tidak dibantu dengan makanan, maka akan semakin lama proses recovery atau pemulihan otot. Untuk itulah TahuPedia akan membagikan informasi mengenai makanan apa saja yang bisa membantu recovery tubuh lebih cepat. Ada 10 makanan yang bisa kalian pilih mau mengkonsumsi yang mana untuk membantu tubuh cepat pulih setelah berolahraga. Ini dia daftar lengkapnya.

10. Kunyit

Turmeric

Ketika selesai berolahraga, tubuh butuh makanan yang bisa langsung dikonsumsi. Makanan apapun yang dikonsumsi pada saat selesai olahraga bisa diserap tubuh dengan cepat. Makanya perlu diperhatikan dengan betul makanan apa yang harus dikonsumsi. Pastikan harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk mengembalikan tenaga dan pemulihan.

Salah satu contoh makanan yang bisa kalian pilih adalah kunyit. Jika memiliki masalah dalam hal durasi pemulihan yang lama, kunyit adalah jawabannya. Kunyit memiliki fungsi sebagai anti inflamasi. Kalian bisa menngaplikasikan bubuk kunyit di sayur, ditambahkan di dalam curry, sup, nasi, jus, smoothie, dan susu.

9. Oatmeal

oatmeal

Oatmeal telah banyak direkomendasikan untuk dimakan karena manfaat yang diberikan. Cara memasaknya yang mudah juga menambah alasan kenapa oatmeal menjadi makanan yang favorit bagi sejumlah orang. Cocok dimakan sebagai sarapan, snack, makan malam, dan juga setelah berolahraga juga bisa.

Tinggi serat dan karbohidrat, oatmeal bisa dikombinasikan dengan berbagai macam makanan lain. Kalian bisa menambahkan telur, buah, susu, blueberry, wortel, dan sayuran. Dengan mengkombinasikan dengan bahan makanan lain, maka akan semakin mempercepat tubuh dalam hal recovery setelah beraktivitas.

8. Teh Herbal

herbal tea

Tidak ada alasan untuk berkata tidak dengan yang namanya teh. Teh dikenal sebagai salah satu minuman yang berguna untuk detoksifikasi. Teh bisa membantu untuk mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya lain yang ada di dalam tubuh. Kalau kalian mau tubuh kalian pulih lebih cepat setelah berolahraga juga bisa meminum teh.

Teh merupakan antioksidan natural yang sangat bisa untuk mencegah otot rusak serta memperbaikinya setelah dirusak saat berolahraga. Selain otot jadi lebih cepat pulih, teh juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh seseorang. Semakin tinggi metabolisme, maka semakin banyak kalori yang bisa kalian bakar saat olahraga.

7. Ubi Jalar

sweet potato

Sweet potato atau ubi jalar bisa menjadi salah satu makanan pengganti nasi putih. Selain mencarinya yang sangat mudah, ubi jalar sama-sama mengandung yang namanya karbohidrat. Karbohidrat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Cocok dijadikan makanan sebelum dan sesudah olahraga.

Setelah olahraga, tubuh pasti akan membutuhkan yang namanya glikogen. Kalian bisa mengkonsumsi ubi jalar tak lama setelah olahraga. Karbohidrat kompleks di ubi jalar serta vitamin A dan potasium bisa membantu tubuh untuk pulih lebih cepat. Cara pengolahannya tergantung selera, bisa kalian bakar, mashed, atau panggang.

6. Pisang

banana

Ketika selesai berolahraga tubuh pasti akan merasa pegal dan haus. Perlu yang namanya makan untuk memulihkan energi yang terbuang. Yang bisa dikonsumsi dengan segera dan cepat diserap oleh tubuh adalah buah-buahan. Buah-buahan yang cocok untuk kalian konsumsi segera setelah berolahraga adalah pisang.

Pisang sangat kaya akan karbohidrat, potasium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan serat. Bukan cuma bisa memulihkan energi, kalau kalian mengalami masalah nyeri otot dan kram, bisa juga diatasi dengan pisang. Ini dikarenakan potasium merupakan unsur penting dalam membantu pemulihan otot yang rusak. Mau nutrisi yang lebih, kalian bisa sekalian minum smoothie dengan protein.

5. Salmon

salmon

Mencari makanan yang cocok untuk recovery setelah berolahraga sudah pasti harus memasukan yang namanya salmon. Memang harga salmon tidaklah murah bagi beberapa orang. Namun ikan satu ini sangat kaya akan nutrisi sehingga wajib dikonsumsi setidaknya seminggu sekali. Jika tidak, kalian akan melewati yang namanya lemak omega-3, protien, vitamin B, potasium, dan selenium.

Lemak omega-3 yang ada pada salmon dapat membantu mengurangi inflamasi dalam tubuh. Untuk potasium, potasium dapat membantu untuk menggantikan elektrolit tubuh yang hilang saat berolahraga. Tidak lupa protein dari salmon adalah kunci penting untuk memperbaiki dan menciptakan kembali sel otot yang rusak.

4. Bayam

spinach

Membenci sayuran hingga tidak mau memakan sayuran sama sekali justru membuat seseorang rugi. Mereka jadi tidak bisa mendapatkan nutrisi yang terkandung dari sayuran. Sayuran berwarna hijau itu banyak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K1, iron, kalsium, potasium, magnesium, dan juga serat. Sayuran seperti bayam bisa menjadi salah satu sayuran yang bisa kalian makan setelah melakukan aktivitas berat.

Ketika berolahraga, tubuh akan berkeringat dan butuh dipulihkan. Bayam yang tinggi akan potasium dan magnesium adalah kunci penting untuk mengembalikan elektrolit tubuh. Maka dari itu sayur ini bisa membantu tubuh pulih lebih cepat. Bisa dikonsumsi sebagai salad, pasta, dan makan malam. Kemudahan untuk mengolah bayam menjadi alasan tambahan kenapa kalian tidak boleh melewatkan sayuran ini.

3. Cottage Cheese

Cottage Cheese

Ada begitu banyak macam keju karena keju bisa dibuat dari berbagai bahan. Berbagai bahan berbeda ini yang membuat rasa dari keju unik dan tentunya akan berpengaruh juga ke harganya. Mungkin kalian sudah sering mendengar yang namanya cream cheese, parmesan, dan mozzarella. Tapi pernahkah kalian mendengar yang namanya cottage cheese?

Cottage cheese adalah keju yang biasa digunakan unutk membuat dan memasak. Cocok dicampur dengan makanan seperti lasagna, cheese cake, tuna, beef sandwich, dan lain-lain. Cottage cheese memiliki sumber protein yang tinggi sehingga cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Mau dicampur dengan makanan berat atau snack juga cocok.

2. Susu

milk

Susu bukan cuma untuk mereka yang masih anak-anak. Yang sudah dewasa bahkan orang tua juga boleh jika ingin mengkonsumsi susu. Susu juga ada banyak macamnya tergantung orang ingin mengincar yang apa. Namun, mau apapun jenis susunya, susu sangat penting dalam membantu memulihkan tubuh setelah berolahraga.

Susu sapi, susu rendah gula tinggi kalsium, hingga susu protein bisa kalian konsumsi setelah berolahraga. Setelah berolahraga, tubuh sangat cepat menyerap nutrisi dari makanan yang dimakan. Jika tidak bisa segera mencari makanan, bisa diakali dengan mengkonsumsi susu. Karena protein bisa mempercepat pemulihan, kalian bisa mengincar susu protein. Kalau terlalu mahal bisa mengkonsumsi susu rendah gula tinggi kalsium.

1. Telur

eggs

Sudah bukan hal rahasia lagi bahwa kunci pemulihan tubuh yang cepat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Makanan yang mengandung protein sendiri ada begitu banyak contohnya. Ambil salah satu contoh paling mudahnya yakni telur. Ukuran boleh kecil, tapi nutrisinya sangatlah tinggi.

Kalian yang mengalami sakit di otot karena berolahraga bisa mengkonsumsi telur sebagai post workout. Dengan protein dari telur, tubuh bisa merecovery lebih cepat dari biasa. Sel-sel otot yang rusak bisa diperbaiki. Variasi masakan dari telur juga ada banyak sekali dan cocok dimakan sebagai sarapan, makan siang, makan malam, dan snack.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas