home -> Entertainment -> 10 Atlet Terkenal Yang Meninggal Saat Bertanding
05 Agustus 2021 01:57

10 Atlet Terkenal Yang Meninggal Saat Bertanding

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada July 05, 2021

Momen pesepakbola Christian Eriksen yang tumbang pada saat pertandingan Euro 2020 antara timnas Denmark melawan Filandia benar-benar mengejutkan. Jantung Eriksen sempat berhenti beberapa lama yang diduga terkena cardiac arrest. Beruntunnya respon cepat dari pemain dan wasit berhasil menyelamatkan nyawanya. Tapi ini bukanlah hal menegangkan pertama yang terjadi pada atlet. Ada juga atlet dari cabang olahraga lain yang mengalami kejadian tragis dimana meninggal dunia saat bertanding. Inilah daftar para atlet yang meninggal dunia ketika bertanding.

10. Chuck Hughes

chuck hughes

American football adalah olahraga yang benar-benar menguras tenaga. Bagi mereka yang memiliki fisik kecil dan lemah dipastikan tak akan bisa bertahan di lapangan. Mereka terlebih dahulu harus dilatih fisiknya agar lebih berotot, kuat, dan juga cepat. Jadi tak perlu heran ketika melihat para atlet America football memiliki tubuh yang kekar.

Salah satu atlet American football yang terkenal bernama Charles Frederick Hughes adalah pemain dengan posisi wide receiver untuk Detroit Lions. Lahir pada 2 Maret 1943, Chuck Hughes harus mengakhiri karir olahraganya lebih awal pada 24 Oktober 1971. Saat itu, ia sedang bertanding di tengah garis lalu tumbang. Menurut diagnosa, Chuck meninggal karena acute coronary thrombosis, sebuah masalah kesehatan dimana terjadi pengerasan di arteri.

9. Reggie Lewis

reggie lewis

Basket menjadi olahraga terfavorit berikutnya setelah sepakbola. Sebutlah beberapa pemain basket legendaris seperti Michael Jordan, LeBron James, Shaquille O'neal, dan almarhum Kobe Bryant. Lalu ada satu lagi pemain basket yang terkenal di tahun 1980an yaitu Reginald C. Lewis atau yang lebih dikenal dengan nama Reggie Lewis.

Ia bermain untuk National Basketball Association's Boston Celtics dari tahun 1987 sampai 199. Pria ini pernah mendapatkan gelar America East Conference Player of The Year sebanyak 3 kali dan menjadi NBA All Star di tahun 1992. Berposisi sebagai small forward, Reggie Lewis meninggal dunia akibat cardiac arrest. Ia meninggal dunia saat bertanding pada 27 Juli 1993 saat off season di Brandeis University.

8. Frank Hayes

frank hayes

American jockey telah menjadi salah satu olahraga yang begitu favorit di Amerika. Kalau di Indonesia, kita lebih familiar dengan sebutan pacuan kuda. Inilah ajang dimana para joki harus bisa membuat kudanya berlari kencang, melewati kuda-kuda lain dan melewati garis finish. Ini bukanlah olahraga yang mudah karena sang joki harus bisa memacu kudanya dengan cepat dan tetap bertahan di punggungnya.

Salah satu joki yang terkenal pada abad ke 20 adalah Frank Hayes. Selain dikenal sebagai joki handal, dia juga hebat dalam melatih kuda. Ia mengikuti kejuaraan American jockey di Belmon Park, New York pada 4 Juni 1923. Ia menunggangi kuda bernama Sweet Kiss milik Miss A.M. Frayling. Memang ia berhasil finish di posisi 1, namun ia finish dalam kondisi sudah meninggal dunia. Diduga Frank Hayes sudah tak bernyawa saat berlomba karena heart attack. 

7. Kim Duk-Koo

Kim Duk-Koo

Tinju tidak diragukan lagi merupakan olahraga fisik yang sangat berbahaya. Dimana 2 pria akan saling bertukar pukulan sampai salah satu orang tumbang. Olahraga ini menjadi olahraga fisik yang sangat seru sebelum kehadiran UFC. Di olahraga inilah seorang pria bisa tampak begitu keren dan tangguh apabila berhasil memukul jatuh lawannya dan menang.

Di Korea Selatan ada satu petinju yang bisa dibilang salah satu petinju kebanggaan negara tersebut. Dia adalah Kim Duk-Koo. Dirinya menjadi petinju profesional pada tahun 1978 dengan catatat 17 kali menang dari 20 pertandingan. Saat ia bertanding di ajang World Championship tahun 1982, dirinya berhadapan dengan petunju Ray Mancini. Kim Duk-Koo mendapat banyak pukulan dari Ray Mancini. Kim Duk-Koo mengalami cidera serius dan meninggal dunia.

6. Ed Sanders

Ed Sanders

Karena tinju merupakan olahraga yang sangat berbahaya, mereka yang memilih menjadi petinju pastinya sudah siap menerima resikonya. Dari cidera bahkan sampai meninggal dunia pasti mereka sudah tahu resiko tersebut. Selain Kim Duk-Koo petinju Korea Selatan yang meninggal di atas ring saat bertanding, sebelumnya juga ada petinju yang tutup usia saat bertanding. Dia adalah Ed Sanders.

Bagi mereka yang tidak kenal dengan Ed, Ed Sanders adalah petinju terkenal asal Amerika Serikat. Ia berhasil menjuarai Helsinki Olympics di tahun 1952 dan mendapatkan medali emas. Dua tahun kemudian, Ed Sanders kembali naik ke atas ring untuk bertanding. Dirinya mendapat pukulan yang sangat keras di kepala. Setelah jatuh tak sadarkan diri, Ed Sanders meninggal dunia karena pendarahan 18 jam kemudian.

5. Phillip Hughes

Phillip Hughes

Di Indonesia mungkin masih jarang orang yang tahu tentang olahraga cricket. Namun akan berbeda cerita bagi orang Australia. Disana, cricket menjadi salah satu olahraga favorit. Cricket adalah olahraga yang dimainkan secara tim, masing-masing tim terdiri dari 11 orang. Negara asal cricket adalah Inggris.

Ada banyak atlet yang terjun di olahraga ini, salah satunya adalah Phill Hughes. Phill adalah pemain cricket internasional asal Australia yang melakukan debut di tahun 2009. Saat melakukan pertandingan pada 25 November 2014, Phill bertanding melawan New South Wales. Phill mendapatkan lemparan bola yang cukup keras di lehernya. Phill jatuh dan mengalami cidera parah. Ia meninggal dunia pada 27 November 2014. Meninggalnya Phill memberikan pukulan telak untuk banyak orang. Beberapa pertandingan sempat dihentikan karenanya.

4. Bill Masterton

Bill Masterton

Ada banyak macam olahraga yang sebenarnya menarik untuk dicoba. Mari ambil salah satu contohnya yaitu ice hockey. Secara garis besarnya, ice hockey ini cara bermainnya hampir sama dengan sepakbola. Yang berbeda adalah bentuk bola yang digunakan dan lapangannya. Sebagai pengganti bola digunakanlah yang namanya hockey puck. Tempat bertandingnya dilakukan di atas ice.

Ada satu olahragagawan ice hockey yang bernasib malang karena meninggal dunia saat pertandingan. Olahragawan tersebut bernama Bill Masterton. Bill Mastertorn merupakan pria berdaran Kanada-Amerika yang bermain di National Hockey League untuk tim Minnesota North Stars. Bill Masterton meninggal dunia ketika melakukan pertandingan pada 13 Januari 1968.

Bill mengalami benturan dengan Larry Cohan dan Ron Harris. Akibatnya, dari hidung, mulut, dan telinga Bill mengeluarkan darah. Ketika dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan, nyawa Bill tak berhasil diselamatkan. Ia meninggal dunia 30 jam setelah insiden, tepatnya pada tanggal 15 Januari 1968.

3. Marc Vivien Foe

Marc-Vivien Foe

Bagi semua pemain bola, bertanding untuk timnas adalah hal yang paling membanggakan. Apalagi jika sampai membuat negaranya menang kejuaraan, semakin bertambah pula kebanggaan yang dirasakan. Kebanggaan inilah yang diharapkan didapat oleh Marc-Vivien Foe ketika bertanding membela timnas Kamerun di ajang Cnofederations Cup di tahun 2003.

Marc-Vivien For berposisi sebagai gelandang bertahan. Ia pernah bermain untuk klub West Ham United, Olyimpique Lyonnaise, dan Manchester City. Ia berhasil membawa Kamerun berlaga di Confederations Cup di babak semi final. Saat pertandingan memasuki menit 72, sang pemain jatuh dan meninggal dunia akibat hypertrophic cardiomyopathy. Sebagai bentuk penghormatan, Manchester City mempensiunkan nomor punggun 23 yang pernah dipakai oleh Marc. Sedangkan Lyon mempesiunkan nomor 17.

2. Dale Earnhardt

Dale Earnhardt

Berkendara dengan kecepatan biasa saja seseorang masih bisa mengalami kecelakaan. Dan yang namanya sudah kecelakaan cuma ada 2 kemungkinan yaitu selamat atau meninggal dunia. Karena faktor berbahaya inilah yang menjadikan balapan mobil menjadi olahraga berbahaya dan ekstrim. Tak jarang terjadi kecelakaan karena pembalap ingin menjadi yang tercepat melewati garis finish. Balapan mobil sendiri ada banyak macamnya, salah satunya adalah NASCAR.

Ada satu pembalap NASCAR yang dianggap sebagai salah satu pembalap terhebat yaitu Ed Earnhardt. Total sudah 76 kali ia menang dengan 7 gelar Championship. Saat lap terakhir Daytona 500 di tahun 2001, ia mengalami kecelakaan fatal. Mobilnya sempat berputar dan menghantam tembok dengan kecepatan 150 mph. Mobilnya sempat mengenai mobi lain sebelum keluar jalur. Langsung dibawa ke rumah sakit, Ed Earnhardt dinyatakan meninggal dunia ketika tiba di rumah sakit.

1. Ayrton Senna

Ayrton Senna

Tidak ada satu orang yang mengaku penggemar Formula 1 atau F1 yang tidak kenal dengan yang namanya Ayrton Senna. Ayrton Senna adalah pembalap F1 legendaris yang berasal dari Brazil. Dia pernah memenangkan gelar Formula One World Drivers Championship di tahun 1988, 1990, dan 1991. Senna memenangi 41 Grand Prix dan 65 pole position dan berhasil masuk buku catatan rekor hingga tahun 2006.

Legenda ini mengalami kecelakaan fatal yang merenggut nyawanya  di tahun 1994. Ayrton Senna saat itu sedang mengikuti balapan San Marino Grand Prix 1994. Mobil balap yang ia kendarai menabrak dinding dengan kecepatan 135 mph. Segera setelah mengalami kecelakaan, Ayrton Senna langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Sayang, ia tak berhasil diselamatkan karena kehilangan terlalu banyak darah dan trauma.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas