home -> Lainnya -> 10 Gunung Berapi Berbahaya Di Dunia
05 Agustus 2021 01:54

10 Gunung Berapi Berbahaya Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 21, 2021

Gunung selalu menjadi bahan pembicaraan yang menarik untuk didiskusikan. Ada beberapa gunung yang mungkin dan aman untuk didaki, ada juga yang tidak. Biasanya yang tidak aman ini adalah gunung berapi yang masih aktif. Perlu dilihat situasi dan kondisi sebelum dinyatakan aman untuk mendaki gunung berapi. Tentu yang menjadi ketakutan paling besar adalah ketika gunung tersebut erupsi atau meletus. Ada 10 gunung berapi yang menjadi ditakuti dan berbahaya apabila sampai erupsi. Apa saja? Berikut daftarnya.

10. Cotopaxi, Ekuador

Cotopaxi

Jarang disebut, Ekuador sebenarnya negara yang masih kaya akan alamnya yang natural. Berada di Amerika Selatan, Ekuador sangat kaya akan kekayaan alam dan juga hewannya. Disana kalian bisa menemukan satu gunung berapi yang indah yaitu Gunung Cotopaxi. Gunung berapi ini masih aktif dan berada di Latacunga canton.

Mount Cotopaxi memiliki tinggi 5.897 meter dan menjadi salah satu gunung berapi tertinggi di dunia. Menurut catatan, Mount Cotopaxi termasuk sangat aktif. Dari abad ke 16 hingga sekarang, total sudah lebih dari 50 kali gunung tersebut terjadi erupsi. Yang cukup membuat orang takut adalah di tahun 2005 yang untungnya tidak benar-benar terjadi.

9. Eyjafjallajokull, Islandia

Eyjafjallajokull

Gunung berapi berikutnya memiliki nama yang sulit untuk diucap yakni Eyjafjallajokull. Gunung Eyjafjallajokull adalah gunung berapi yang ada di Islandia. Islandia sudah dikenal sebagai negara yang banyak ditutup oleh es. Nah, karena gunung berapi ini berada di Islandia, gunung berapi ini juga ditutup oleh es. Tapi tidak berarti gunung berapi ini tidak aktif.

Eyjafjallajokull masih tergolong gunung berapi yang masih aktif di Islandia. Memang ada gunung berapi lain di Islandia, tapi ini yang diketahui masih aktif dalam melakukan erupsi. Terakhir Gunung Eyjafjallajokull terjadi di erupsi adalah di tahun 2010. Akibat dari erupsi ini, langit di benua Eropa sampai tertutup abu vulkanik dan mengganggu lalu lintas udara di beberapa negara di Eropa.

8. Mount Merapi, Indonesia

Mount Merapi

Indonesia memiliki banyak gunung berapi dan salah satunya adalah Gunung Merapi. Beberapa gunung berapi tersebut terbilang masih aktif, begitu juga dengan Gunung Merapi ini. Gunung Merapi berlokasi di perbatasan antara propinsi Jawa Tengah dan juga Yogyakarta. Tinggi gunung merapi mencapai 2.930 meter.

Dari abad ke 16, Gunung Merapi terjadi erupsi beberapa kali. Hal ini membuat para ahli memutuskan bahwa Gunung Merapi masih aktif dan warga sekitar harus siap untuk dievakuasi apabila terjadi erupsi. Erupsi terakhir yang membuat warga panik adalah di tanggal 21 Juni 2020. Seluruh warga yang tinggal di sekitaran gunung langsung waspada karenanya.

7. Mount Agung, Indonesia

Mount Agung

Gunung Merapi bukanlah satu-satunya gunung vulkanik yang ada di Indonesia. Masih ada beberapa gunung vulkanik di Indonesia yang juga terkenal. Kali ini adalah giliran Gunung Agung. Gunung Agung merupakan gunung berapi dengan tinggi 3.031 meter yang berada di Bali. Inilah gunung tertinggi yang dimiliki oleh Pulau Dewata.

Di tahun 1963, Gunung Agung sempat terjadi erupsi. Erupsi ini begitu mengerikan dengan jatuhnya korban jiwa sebanyak 1500 orang. Ini membuat erupsi tersebut menjadi salah satu bencana alam paling mengerikan sepanjang sejarah di Indonesia. Antara tahun 2017 sampai 2019, Gunung Agung juga sempat terjadi erupsi. Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, penduduk sekitar Gunung Agung langsung dievakuasi.

6. Mayon Volcano, Filipina

mayon volcano

Kita tidak boleh lupa dengan tetangga dekat kita yakni Filipina. Meski tidak seluas Indonesia, Filipina ternyata ada satu gunung berapi yang diketahui masih aktif. Gunung berapi tersebut adalah Mayon Volcano. Gunung ini berada di Pulau Luzon. Meski begitu, gunung ini terjadi menjadi magnet pariwisata bagi para turis. Dan oleh orang Filipina, gunung ini menjadi tempat yang disucikan.

Sejak abad 17 tercatat Mayon Volcano sudah terjadi erupsi sebanyak lebih dari 30 kali. Salah satu erupsinya sempat terjadi di tahun 1993. Di saat itu, terdapat 79 korban jiwa yang melayang. Di tahun 2000 ada total 5 erupsi yang pernah terjadi. Mengingat sebelumnya pernah terjadi korban jiwa, setiap ada tanda hendak erupsi, penduduk sekitar langsung dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

5. Mount Fuji, Jepang

Mount Fuji

Jepang itu merupakan negara yang menarik. Ada begitu banyak spot wisata menarik yang bisa dikunjungi. Tentu kalau membahas Jepang, tidak mungkin tidak menyebut satu gunungnya yang terkenal dan juga tertinggi di Jepang yaitu Gunung Fuji. Gunung Fuji adalah gunung berapi di Jepang yang diketahui masih aktif, berada di Barat Daya Tokyo.

Gunung setinggi 3.776 meter ini begitu dihormati oleh warga Jepang. Terakhir Gunung Fuji erupsi itu terjadi di tahun 1707. Oleh beberapa peneliti, Gunung Fuji masih dianggap aktif. Sakit takutnya, di tahun 2011 sempat terjadi gempa bumi hebat. Gempa bumi ini dianggap bisa saja membuat gunung berapi tersebut erupsi. Jika sampai terjadi erupsi, bisa diperkirakan berapa banyak kerugian yang bisa terjadi dan bisa saja kota Tokyo diselimuti oleh abu vulkanik.

4. Mount Kilauea, Hawaii

Mount Kilauea

Hawaii masih termasuk bagian dari Amerika. Lokasinya berada di Samudra Pasifik dan menjadi salah satu negara yang sangat difavoritkan oleh para wisatawan. Keindahan pasir pantainya menjadi Hawaii menjadi tujuan favorit wisata dan juga selancar. Objek wisata disana ternyata bukan cuma pantai saja, melainkan ada gunung bernama Mount Kilauea.

Mount Kilauea adalah gunung berapi yang masih aktif di Hawaii. Sudah terjadi beberapa kali erupsi disana yang tentunya membuat warga sekitar waspada akan kondisi gunung tersebut. Erupsi paling mematikan di Mount Kilauea terjadi di tahun 1955. Setelah terjadi erupsi disusul dengan gempa bumi dahsyat dan lahar panas yang terus keluar selama 88 hari dan menghancurkan sekitar 15 km2 area di sekitar gunung.

3. Mount St. Helens, Washington

Mount St. Helens

Di Amerika, tepatnya di Skamania County ada satu gunung berapi yang begitu indah namun menakutkan. Gunung tersebut bernama Mount St. Helens. Gunung berapi satu ini pernah terjadi erupsi di tahun 2008 yang membuat banyak orang panik. Namun erupsi tersebut bukanlah satu-satunya erupsi yang pernah terjadi.

Di tahun 1980 Mount St. Helens juga sempat terjadi erupsi. Erupsi ini begitu mematikan dan menghancurkan dan masuk dalam catatan sejarah Amerika sebagai salah satu erupsi gunung berapi paling mematikan. Sebanyak 57 orang meninggal dunia, 200 rumah, 47 jembatan, rel kereta api, dan jalan hancur akibat erupsi tersebut. Mengingat kejadian di masa lampau tersebut, tak sedikit orang yang was-was apabila Mount St. Helens sampai terjadi erupsi lagi.

2. Popocatepetl, Meksiko

Popocatepetl

Berbicara soal Meksiko, mungkin yang akan paling diingat dari Meksiko adalah makanannya. Beberapa makanan terkenal di Meksiko yang juga populer di Indonesia seperti taco, quesadilla, dan juga burrito. Ya memang jika kalian pergi ke Meksiko pasti akan bisa menyantap makanan tersebut, tapi jangan lupa bahwa Meksiko ada satu gunung yang sangat menarik yaitu Popocateptl.

Gunung Popocateptl adalah gunung berapi yang mendapat julukan Smoking Mountain. Ini dikarenakan gunung tersebut sangat aktif terjadi erupsi. Erupsi tersebut sering terjadi sejak tahun 2004. Membuat Popocateptl menjadi gunung berapi paling aktif di Meksiko. Di tahun 2019, Popocateptl mengalami erupsi sepanjang malam dengan total 215 letusan. Mengakibatkan debu vulkanik, asap, dan gas menutupi Meksiko.

1. Mount Vesuvius, Italia

Mount Vesuvius

Sejarah ada bukan untuk dilupakan melainkan untuk dikenang dan dijadikan pelajaran. Apalagi jika sejarah tersebut berkaitan dengan bencana alam. Dengan belajar dari sejarah, kita jadi lebih waspada dan merencanakan apa yang harus dilakukan bila bencana tersebut terulang kembali. Di Italia, ada sejarah yang tidak akan terlupa yakni gunung meletus di tahun 79 AD.

Gunung berapi yang meletus pada saat itu adalah Mount Vesuvius. Meski sudah terjadi beratus-ratus tahun yang lalu, tidak bisa dilupakan bahwa letusan Mount Vesuvius begitu mematikan sehingga menghancurkan sejumlah kota seperti Pompeii dan Herculaneumdan jatuhnya korban jiwa sebanyak lebih dari 1.000 orang. Letusan berikutnya kembali terjadi  di tahun 1944.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas