home -> Lainnya -> 10 Lukisan Mengerikan Di Dunia
05 Agustus 2021 00:54

10 Lukisan Mengerikan Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada June 16, 2021

Berbicara soal pelukis, terkadang kita yang hanya orang biasa bisa dibuat terheran-heran darimana mereka mendapatkan ide untuk membuat lukisan. Mungkin bagi si pelukis, hasil lukisannya adalah sebuah karya seni yang sangat bernilai. Namun di mata orang normal belum tentu memiliki pendapat yang sama. Ada yang justru merasa bingung atau kadang takut melihat gambar yang ada di lukisan tersebut. Anggaplah lukisan seram itu hanya bentuk imajinasi seseorang, tapi ada juga beberapa lukisan yang memiliki cerita masa lalu kelam yang menambah kesan horror. Inilah dia 10 lukisan paling mengerikan yang ada di dunia.

10. Girl with Death Mask

Girl with Death Mask

Ada seorang pelukis asal Meksiko yang sangat terkenal yang bernama Magdalena Carmen Frida Kahlo. Mayoritas karya seninya adalah lukisan portrait tentang dirinya sendiri. Lukisannya sebagian besar terinspirasi dari alam dan artifak dari Meksiko. Diketahui ada sebanyak 55 lukisan portrait tentang dirinya. Dan salah satunya adalah Girl with Death Mask.

Di lukisan ini, Magdalena menggambar dirinya dalam wujud anak perempuan yang sedang berdiri sebuah lahan tandus. Anak perempuan tersebut memegang setangkai bunga berwarna kuning dan mengenakan sebuah topeng. Lukisan ini menjadi ciri khas dari Dia de los Muertos atau Hari Orang Mati. Tujuan Magdalena menggambar lukisan ini adalah untuk mendorong orang yang melihatnya agar mengingat kembali tentang apa yang dinamakan kematian.

9. Biblical Revenge

Biblical Revenge

Italia menjadi salah satu negara penghasil seniman terbanyak di dunia. Salah satu seniman terkenalnya bernama Artemisia Gentileschi. Gentileschi adalah perempuan yang berprofesi sebagai pelukis di abad ke 17. Ia melukis sejak umur 15 tahun karena terinspirasi oleh Caravaggio. Salah satu hasil lukisannya adalah Biblical Revenge.

Lukisan ini menggmabarkan seorang perempuan yang sedang melakukan balas dendam dengan membunuh seorang pria. Perempuan tersebut memotong leher si pria dengan menggunakan sebuah pedang. Lukisan ini sebagai penggambaran dari Judith yang membunuh Holofernes. Inspirasinya didapat dari salah satu kisah dari Perjanjian Lama.

8. Life and Death

Life and Death

Kapan seseorang mati dan penyebabnya akan selalu menjadi misteri. Karena misteri inilah banyak orang yang begitu takut dengan yang namanya kematian. Meski begitu, tetap ada saja orang yang penasaran. Rasa penasaran inilah yang membuat ada seorang pelukis yang membuat sebuah lukisan dengan nama Life and Death.

Life and Death menggambarkan sosok wanita muda yang diperkirakan berasal dari abad 17 di Italia. Sebagian wajahnya digambarkan normal sebagai wanita pada umumnya. Namun sebelah wajahnya digambarkan menyerupai tengkorak. Lukisan ini begitu populer di abad ke 17 dan memang orang pada zaman itu sangat tertarik terhadap apapun yang melambangkan kehidupan dan kematian.

7. Scary Head of Medusa

Scary Head of Medusa

Caravaggio merupakan seorang pelukis terkenal asal Italia. Ia selalu menghasilkan lukisan yang artistik sepanjang hidupnya. Salah satu dari sekian banyak lukisan tersebut ada yang menggambarkan Medusa. Medua adalah salah satu mahkluk mitologi Yunani yang memiliki wujud wanita cantik dengan rambut dan tubuh menyerupai ular. Siapapun yang melihat matanya secara langsung akan berubah menjadi batu. Ia mati dibunuh oleh Perseus yang memenggal kepalanya.

Kira-kira 8 tahun kemudian, ada pelukis lain yang terinspirasi dari lukisan Medusa hasil karya Caravaggio. Pelukis tersebut bernama Peter Paul Rubbens. Rubbens menggunakan imajinasinya sendiri dan menggambar Medusa dengan penggambaran yang lain. Ia melukis kepala Medusa yang sudah terpenggal oleh Perseus dengan mata yang melotot dan darah yang keluar dari lehernya.

6. The Severed Heads

The Severed Heads

Setiap orang memiliki tempat favoritnya sendiri dalam mencari ide. Ada yang di tempat sepi, kamar mandi, perpustakaan, atau taman. Tapi pernahkah kalian menemukan ada orang yang bisa mendapatkan ide dengan melihat mayat? Kalau belum pernah, inilah dia Theodore Gercault. Seorang pelukis terkenal dengan lukisannya yang diberi nama The Severed Heads.

Theodore Gercault mendapatkan ide lukisan ketika ia melihat beberapa potongan tubuh manusia. Ia diketahui memang sering pergi ke rumah sakit jiwa dan kamar mayat untuk mencari inspirasi. Dari sanalah ia mendapatkan ide untuk menggambar lukisan yang menggambarkan 2 kepala mayat. Untuk menambah keseraman, ia menggambar lukisan ini pada saat malam hari.

5. Morbid Face

Morbid Face

Setiap pelukis yang ingin menciptakan sebuah lukisan pastinya harus mencari ide. Ide ini bisa didapat dari mana saja, bahkan dari diri sendiri. Adalah seorang pelukis asal Skotlandia bernama Ken Currie yang mendapatkan ide untuk melukis wajahnya sendiri. Hanya saja, wajahnya tersebut dilukis seperti sedang sakit.

Ken Currie memiliki obsesia terhadap wajah yang mengerikan dan efek dari rasa sakit serta usia tua. Ia kemudian melukis wajahnya sendiri dalam kondisi tua dan sakit. Hasilnya adalah sebuah lukisan yang cukup mengerikan seperti yang bisa dilihat di aas. Wajahnya digambarkan putih pucat, kedua mata yang hitam, hidung yang seperti bengkak setelah dipukul, dan bercak merah pada mulut.

4. Monstrous Father

Monstrous Father

Sosok raksasa yang sedang memakan seseorang ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kengeriannya. Raksasa tersebut diketahui sebagai Cronus atau Saturn dalam mitologi dewa Romawi. Yang dimakan oleh Cronus adalah salah satu dari beberapa anaknya hasil hubungannya dengan dewi Rhea. Lukisan ini digambar oleh Francisco Goya.

Francisco Goya adalah pelukis terkenal di akhir abad 18 dan awal 19 yang berasal dari Spanyol. Menurut orang-orang, lukisan mengerikan tersebut adalah gambaran dari rasa takut dari Goya. Rasa takut ini disebabkan oleh teror dari Trienio Liberal dan eksekusi Riego. Tienio Liberal adalah masa di pemerintah liberal memerintah Spanyol setelah melakukan pemberontakan militer di tahun 1820.

3. Untitled Nightmarish Painting

Untitled Nightmarish

Beberapa pelukis terkadang memiliki pemikiran yang berbeda sendiri dengan orang pada umumnya. Seperti pelukis yang membuat gambar ini. Ia sangat penasaran dengan yang namanya kematian. Dari rasa penasarannya tersebut, ia kemudian menuangkan konsepnya ke sebuah lukisan. Lukisan tersebut tidak diketahui apakah ada namanya atau tidak.

Sang seniman tersebut memiliki cerita hidup yang cukup tragis. Ia kehilangan istrinya pada tahun 1998. Kesedihan belum hilang, setahun kemudian ia kembali bersedih karena anaknya melakukan bunuh diri. Sang pelukis sendiri kemudian menemui ajal karena dibunuh oleh seorang pria. Pria tersebut marah karena sang pelukis tidak mau meminjamkan sejumlah uang padanya. Beberapa orang mempercayai bahwa melihat lukisan ini dalam waktu yang lama bisa mendatangkan kesialan bahkan kematian.

2. The Anguished Man

The Anguished Man

Melihat lukisan ini tanpa mengetahui sejarahnya saja sudah bisa membuat orang merinding. Dan memang bahwa lukisan ini memiliki banyak cerita seram dari beberapa orang yang pernah memilikinya. Satu cerita yang diyakini kebenarannya adalah, pelukis yang membuat lukisan ini menggunakan darahnya sendiri sebagai tinta. Setelah lukisannya selesai, pelukis tersebut bunuh diri.

Salah satu orang yang pernah menjadi pemilik dari lukisan ini adalah Sean Robinson. Ia mendapatkanya karena warisan dari neneknya. Neneknya pernah mengatakan bahwa lukisan ini terkutuk. Sean yang tidak percaya lalu menggantungnya di rumah. Setelah menjadikan hiasan di dalam rumah, barulah beberapa kejadian aneh terjadi. Beberapa penghuni rumah mengaku bahwa terdengar suara bisikan dan tangisan di malam hari serta melihat sosok bayangan.

1. The Hands Resist Him

The Hands Resist Him

Salah satu lukisan mengerikan paling terkenal adalah lukisan yang diberi nama The Hands Resist Him. Lukisan ini menggambarkan sepasang anak yang sedang berdiri di depan pintu. Di belakangnya memiliki latar berwarna hitam dengan beberapa tangan yang terlihat menempel dari kaca. Kedua anak tersebut memasang ekspresi yang datar dan juga creepy.

Lukisan ini merupakan hasil karya Bill Stoneham. Ia membuat lukisan ini pada tahun 1972. Lukisan mengerikan sempat dijual di situs eBay pada tahun 2000. Mereka yang membeli lukisan ini mengaku bahwa anak laki-laki yang tampak di lukisan tersebut keluar dari lukisan. Semenjak kejadian tersebut, lukisan tersebut memiliki nama lain yakni eBay Haunted Painting.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas