home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Berguna Untuk Detoks
05 Agustus 2021 02:57

10 Makanan Yang Berguna Untuk Detoks

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada June 11, 2021

Detoksifikasi atau detoks perlu dilakukan tubuh karena racun yang ada di dalam tubuh itu harus segera dikeluarkan. Kalau tidak dikeluarkan, dampaknya bisa mengganggu kesehatan. Cara untuk detoks ada sebenarnya ada banyak. Yang paling mudah adalah dengan mengatur makanan apa saja yang kita makan. Ada banyak makanan yang sebenarnya bisa berguna untuk membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Berikut 10 makanan yang harus kamu makan untuk detoksifikasi.

10. Blueberry

Blueberry

Ukurannya memang kecil, tapi jangan pernah menganggap remeh khasiat dari buah blueberry. Mengkonsumsi buah berwarna ungu satu ini bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Selain bisa menurunkan resiko terjadinya inflamasi, meningkatkan daya tahan tubuh, blueberry juga dapat digunakan sebagai salah satu detoks.

Racun di dalam tubuh itu harus dikeluarkan dengan segera. Mengkonsumsi blueberry bisa menjadi salah satu cara simple untuk melakukannya. Blueberry dapat berperan sebagai antibiotik yang bisa menangkal bakteri jahat yang ada di pencernaan dan juga membantu mencegah terjadinya infeksi. Blueberry juga  ampuh untuk memblok racun untuk masuk ke dalam darah. 

9. Grapefruit

grapefruit

Ada satu buah yang musti kalian konsumsi apabila ingin menghilangkan racun yang tersimpan di dalam tubuh. Buah tersebut adalah grapefruit. Grapefruit merupakan salah satu buah yang termasuk dalam jenis citrus dan masih memiliki hubungan dengan jeruk dan lemon. Buah satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat.

Jika dipotong, grapefruit memiliki bagian dalam berwarna merah yang sangat menggoda untuk dimakan. Grapefruit mengandung serat pectin yang ternyata dapat mengikat kolesterol. Jadi, kolesterol yang menghambat di pembuluh darah bisa dipaksa untuk keluar. Grapefruit juga efektif untuk meningkatkan daya tahan karena bisa membuat virus susah masuk ke dalam tubuh.

8. Kubis

cabbage

Adakah di antara kalian yang tidak suka dengan sayuran hijau? Sayuran memang tidak begitu difavoritkan selain warnanya yang tidak menarik, rasanya juga tidak begitu enak. Meski begitu, sayuran tidak seharusnya dimusuhi. Justru kita harus rutin mengkonsumsi sayuran untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sayuran sendiri ada banyak macamnya, sebut saja salah satunya yaitu kubis. Selain bagus untuk pencernaan, sayuran satu ini bisa berguna untuk mencegah kanker dan juga antioksidan. Kubis ini bisa membantu untuk meringankan kerja hati ketika memecah kelebihan hormon. Pencernaan bersih dan menetralisir sel yang rusak juga menjadi manfaat yang didapat apabila mengkonsumsi kubis.

7. Teh Hijau

green tea

Dari minuman pun juga ada yang efektif untuk membuang racun di dalam tubuh. Minuman yang TahuPedia maksud adalah teh hijau. Tentu kalian semua sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teh bukan? Sudah dari sejak lama terbukti bahwa minum teh hijau bisa memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Di dalam teh hijau memiliki kandungan anti oksidan. Anti oksidan ini bisa membantu tubuh untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Jika racun di dalam tubuh hilang, maka hati bisa bekerja seperti normal. Jika kalian ingin meningkatkan performa juga bisa dengan meminum segelas teh hijau. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, seduh teh hijau dari daunnya karena memungkinkan lebih banyak anti oksidan yang dilepaskan.

6. Jahe

ginger

Ada banyak bahan masakan di dapur yang perlu kalian ketahui, salah satunya adalah jahe. Kenapa jahe ini harus kalian ketahui? Jahe terkenal bukan cuma sebagai bumbu masakan tapi juga sering digunakan sebagai obat. Jika kalian pernah melihat penjual jamu, seringkali penjual jamu menggunakan jahe sebagai salah satu bahan jamunya.

Beberapa manfaat yang didapat dari jahe seperti menyehatkan pencernaan, membantu memperlancar buang air besar, meredakan perut kembung, dan mengurangi kadar kolesterol. Kalian yang sering makan makanan cepat saji pastinya memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Agar tubuh kalian tetap sehat, jangan malas untuk mengkonsumsi jahe. Jahe juga bisa digunakan sebagai pereda hangover setelah meminum minuman beralkohol.

5. Rumput Laut

seaweed

Jangan pernah menganggap remeh yang namanya rumput laut. Rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti vitamin A, C, E, K, fosfor, dan kolin. Inilah yang membuat rumput laut sering dijadikan bahan sebagai obat-obatan. Kalau di makanan, kalian bisa menemukannya di sushi, salad, dan camilan.

Dari kandungan nutrisi yang lengkap, maka bisa dipastikan bahwa ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diberikan dari rumput laut, salah satunya adalah detoks. Dari beberapa penelitian, didapatkan hasil bahwa rumput laut memiliki kemampuan untuk mengikat zat berbahaya di dalam tubuh dan membantu untuk membuangnya.

4. Alpukat

avocado

Banyak orang yang langsung takut mendengar lemak padahal tidak semua lemak itu jahat. Ada lemak jahat dan juga lemak baik. Makanan yang mengandung lemak jahat atau lemak jenuh ini memang harus dihindari jika ingin terhindar dari masalah kesehatan. Tapi makanan yang mengandung lemak sehat atau lemak tak jenuh, harus dikonsumsi.

Salah satu makanan yang mengandung lemak baik bisa ditemukan pada buah alpukat. Selain bagus untuk diet, alpukat juga bisa berguna sebagai detoksifikasi. Alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol dan membuat pembuluh darah menjadi lancar. Glutahione yang ada pada alpukat bisa menangkal setidaknya 30 zat karsinogen penyebab kanker.

3. Bawang Putih

garlic

Tidak perlu menjadi koki untuk mengetahui apa itu bawang putih. Dari sekian banyak bahan masakan, bawang putih adalah yang paling sering digunakan. Bawang putih digunakan untuk membuat harum serta menambah kelezatan dari suatu masakan. Apakah hanya itu saja manfaat dari bawang putih? Tentu tidak.

Manfaat bawang putih jauh lebih banyak dari sekedar sebagai bahan masakan. Bawang putih menjadi salah satu makanan yang berfungsi sebagai detoks. Makanan satu ini mencegah bakteri, parasit, dan virus masuk ke dalam tubuh. Bawang putih juga ampuh untuk membersihkan pembuluh darah dan memiliki zat untuk melawan kanker.

2. Lemon

lemon

Jika ingin mencari buah yang cocok untuk membuang racun di dalam tubuh, jawabannya adalah lemon. Buah satu ini bukan buah yang asing karena dapat dibeli di pasar dan supermarket. Yang biasa orang tahu bahwa lemon mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini membuat orang menjadi sulit jatuh sakit.

Ada hal lain yang bisa didapat dari lemon. Vitamin C yang terkandung dari lemon bisa membantu tubuh untuk memproduksi sebuah zat yang dinamakan glutathione. Zat inilah yang dapat membantu untuk membuang zat beracun yang ada di dalam hati. Konsumsi buah lemon asli ketimbang jus atau minuman olahan yang bertuliskan lemon untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

1. Apel

apples

Jika membaca artikel tentang kesehatan akan banyak ditemukan banyak manfaat yang bisa diberikan oleh buah apel. Artikel tersebut bukanlah hoax karena para ahli kesehatan juga menyarankan untuk kita agar rajin mengkonsumsi apel untuk kesehatan. Dari sekian banyak manfaat yang bisa diberikan apel, terselip satu yakni untuk detoks.

Apel dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan zat berbahaya yang ada di dalam tubuh. Ini disebabkan karena adanya zat pectin yang ada di dalam apel. Zat ini merupakan salah satu jenis serat yang dapat mengikat kolesterol dan zat berbahaya lain yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya racun saja yang akan keluar, tapi usus juga akan ikut bersih.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas