home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dimasukan Dalam Fr...
14 Juni 2021 06:41

10 Makanan Yang Sebaiknya Tidak Dimasukan Dalam Freezer

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada June 07, 2021

Keberadaan lemari es atau freezer sangat membantu kehidupan ibu-ibu rumah tangga. Dengan adanya alat ini, bahan makanan yang dibeli di pasar atau supermarket bisa disimpan di dalam freezer. Harapannya agar tidak perlu keluar rumah lagi dan membuat bahan makanan jadi lebih awet. Tapi perlu diketahui bahwa tidak semua makanan bisa disimpan dalam lemari es. Ada beberapa yang justru malah memperpendek usianya dan bisa merusak. Alhasil, makanan tersebut tidak bisa dikonsumsi dan mungkin saja merusak bahan makanan lain yang juga ada di freezer. Berikut sejumlah makanan yang sebaiknya tidak kamu simpan di dalam freezer.

10. Pasta

Pasta

Ingin mencari alternatif makanan mengandung karbohidrat selain nasi, bisa coba beralih pada pasta. Sama-sama mengandung karbohidrat, pasta jauh lebih menarik karena jenisnya ada banyak. Kalian bisa bervariasi ingin makan pasta jenis apa dan cara mengolahnya juga ada banyak. Hanya saja, jangan menyimpan pasta di dalam lemari pendingin.

Ketika membeli pasta pastinya pasta tersebut akan dibungkus dalam kemasan yang sudah didesain kering dan minim udara. Sebaiknya biarkan saja pasta disimpan dalam kemasannya dan jangan taruh di dalam freezer. Simpan saja di tempat yang kering dan jangan terkena sinar matahari. Menyimpan di lemari es malah bisa membuat pasta menjadi berair begitu dikeluarkan dari freezer.

9. Mayonnaise

Mayonnaise

Ada beberapa orang yang suka dengan mayonnaise, ada juga yang tidak. Bagi yang tidak suka pastinya sudah tidak mungkin membelinya lalu menyimpannya di lemari es. Bagi kalian yang suka dengan mayonnaise dan ingin menjaga keawetannya, lebih baik simpan mayonnaise kalian di tempat yang kering dan jangan di lemari es.

Lemari es dan mayonnaise tidak memiliki hubungan yang baik. Menyimpan mayonnaise di lemari es justru akan membuat mayonnaise menjadi beku dan keras. Kalau kalian coba mengeluarkan dan mencairkannya, struktur mayonnaise akan berubah. Mayonnaise akan terbagi menjadi beberapa bagian dan akan menggumpal. Sangat tidak menarik untuk dilihat dan juga tidak enak untuk dimakan.

8. Daging Yang Sudah Dikeluarkan Dari Lemari Es

meat

Kalian yang suka makan daging pastinya akan membeli daging dalam jumlah banyak dan menyimpannya di tempat yang dingin seperti lemari es. Ketika ingin dimasak, barulah daging tersebut dikeluarkan dari freezer lalu didiamkan dalam 30 menit sampai esnya mencair baru dimasak. Kalau kalian menyimpan daging yang memang masih mentah langsung ke dalam kulkas tidak apa-apa.

Yang menjadi masalah adalah ketika daging yang sudah pernah dimasukan ke dalam lemari es, dikeluarkan untuk dicairkan, lalu dimasukan kembali, inilah yang bisa menjadi masalah. Daging yang sudah pernah dikeluarkan dari lemari es tidak boleh dimasukan lagi ke dalam freezer. Hal ini berpotensi untuk bakteri berkembang biak di dalam daginh. Makanya pastikan terlebih dahulu daging mana yang ingin dimasak dan seberapa banyak.

7. Sayuran dan Buah

veggie and fruits

Semua makanan itu harus dimakan dan jangan ada yang dibenci. Sayuran dan buah-buahan biasanya menjadi makanan yang cukup dibenci oleh orang. Mau anak bahkan orang dewasa ada yang benci dan enggan makan sayuran dan buah-buahan. Hasilnya sudah jelas, pencernaan dan kesehatannya pasti bermasalah.

Perlu diingat bagi kalian yang memang ingin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar berhati-hati dalam memilih tempat penyimpanan. Menyimpan kedua makanan ini dalam freezer sebaiknya dihindari. Sayuran dan buah-buahan mengandung air yang sangat tinggi. Memaksakan menyimpan sayuran dan buah di dalam lemari es akan membuat air di dalamnya membentuk kristal es. Kalau dicairkan, teksturnya akan berubah menjadi lembek dan tidak bisa dimakan.

6. Kentang

potatoes

Mayoritas orang Indonesia jika ingin mencari makanan yang mengandung karbohidrat pasti akan menunjuk nasi. Hal ini memunculkan anggapan bahwa makan sebanyak apapun tidak akan dianggap makan jika tidak ada nasi. Padahal ada banyak makanan lain yang bisa menjadi pengganti nasi. Salah satunya adalah kentang.

Kentang sama-sama mengandung karbohidrat tinggi dan juga memiliki kandungan air yang tinggi. Jika kalian memilih kentang daripada nasi, jangan coba menyimpan kentang di dalam freezer. Jika kentang disimpan di dalam freezer akan membuatnya menjadi lembek. Kentang yang sudah pernah dimasak dan disimpan di dalam lemari es tidak akan terlalu lembek. Berbeda jika kalian menyimpannya dalam kondisi mentah.

5. Susu

milk

Siapa yang bilang bahwa susu itu hanya untuk anak kecil saja? Susu adalah minuman yang general, siapa saja boleh minum. Mau itu pria atau wanita dan tua atau muda, bebas meminum susu. Hanya saja susu yang diperuntukan untuk usia tertentu yang dibedakan. Yang lebih tua biasanya disarankan untuk minum susu yang memiliki kandungan kalsium tinggi.

Agar susu tetap awet dan tidak rusak, sangat penting diperhatikan cara penyimpanannya. Dibandingkan dengan minuman lain, susu ini menjadi minuman yang cukup tricky cara penyimpanannya. Disimpan di lemari es dengan suhu yang terlalu dingin dan dalam jangka waktu yang lama bisa membuat susu terpisah menjadi beberapa bagian. Saat dicairkan akan berair, semakin tinggi kandungan lemak, semakin banyak juga bagian susu yang terpisah.

4. Makanan Yang Digoreng

fried foods

Meski makanan yang digoreng tidak begitu bagus untuk kesehatan tubuh, nyatanya banyak orang yang mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Rasa renyah dan gurih dari makanan yang digoreng sangat sulit untuk dilupakan. Sebagian besar makanan cepat saji bisa populer karena makanan yang digoreng ini.

Silahkan saja kalian makan makanan yang digoreng dalam jumlah tertentu, tapi jika ada sisa jangan menyimpannya di lemari es. Makanan yang sudah digoreng lalu disimpan di lemari es akan membuat makanan tersebut hilang rasa crunchynya. Oleh sebab itu, kentang goreng dan chicken nugget harus langsung disimpan begitu dibeli dari supermarket. Kalau digoreng terlebih dahulu lalu disimpan di freezer, rasanya tidak akan enak lagi.

3. Keju

cheese

Sudah dijelaskan di atas bahwa menyimpan susu di lemari es sebaiknya berhati-hati. Terlalu dingin dan terlalu lama bisa membuat susu menjadi terbagi menjadi beberapa bagian dan membuatnya menjadi tidak enak lagi. Keju juga harus diperlakukan sama. Kenapa? Itu karena keju juga terbuat dari susu, jadi mereka juga agak rumit cara menyimpannya.

Sebaiknya hindari menyimpan keju di dalam freezer. Ketika saatnya untuk dimakan, keju yang kalian simpan bentuknya pasti akan berubah. Keju yang semula padat berubah menjadi berair. Jika sudah demikian, sulit untuk dikonsumsi. Mau diolah dengan bahan makanan yang lain justru beresiko membuat rasa makanan menjadi tidak enak.

2. Telur

eggs

Mencari makanan dengan kandungan protein yang tinggi? Contoh makanan yang paling mudah untuk didapat tentu saja telur. Dengan membeli beberapa kilo saja, kita sudah mendapatkan sekian banyak telur. Jika sudah dibeli dalam jumlah banyak, tentu harus disimpan dengan baik agar telur tersebut awet bukan?

Menyimpan telur di dalam freezer lebih baik tidak kalian lakukan. Telur yang masih mentah, di dalamnya mengandung banyak air. Ketika telur ini dimasukan ke dalam lemari es, maka air yang di dalam es akan membeku. Air yang membeku ini akan membuat telur menjadi retak. Jika sudah retak, maka telur akan rentan diserang bakteri. Bukannya menjadi tahan lama, telur malah menjadi busuk.

1. Kopi

coffee

Zaman sekarang sangat sulit untuk mencari orang yang tidak suka dengan yang namanya kopi. Begitu banyaknya orang yang suka dengan kopi sampai berimbas dengan bertambahnya jumlah cafe yang menjual kopi. Yang tergila-gila dengan kopi bahkan bisa minum kopi hingga beberapa gelas dalam sehari.

Kalau kalian memang begitu suka dengan kopi, pastinya memiliki cadangan kopi di rumah. Dimanakah letak kalian menyimpan kopi? Semoga saja tidak di freezer. Mau dalam bentuk bubuk atau biji, kopi tidak boleh disimpan di dalam freezer. Menyimpan kopi dalam freezer bisa membuatnya mengembun dan merusak. Belum lagi ditambah dengan bau di dalam freezer yang bisa mempengaruhi kopi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas