home -> Lifestyle -> 10 Tanda Serangan Jantung Yang Tidak Boleh Kamu Ab...
14 Juni 2021 07:04

10 Tanda Serangan Jantung Yang Tidak Boleh Kamu Abaikan

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada June 02, 2021

Jantung merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Apabila jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sejumlah gangguan pasti akan langsung terasa. Ada baiknya kalian beri perhatian lebih pada organ satu ini karena tidak ada yang tahu kapan dan dimana seseorang akan terkena serangan jantung. Ada beberapa tanda yang musti kalian waspadai ketika jantung mengalami masalah. Berikut tandanya.

10. Mual atau Nafsu Makan Berkurang

nafsu makan

Tiba-tiba merasa mual atau nafsu makan berkurang? Penyebabnya bisa banyak dan sebaiknya kalian tidak ada menyepelakan masalah ini. Karena rasa mual dan pusing bisa menjadi pertanda bahwa ada suatu hal buruk yang terjadi di jantung. Apabila dibiarkan, mungkin saja kalian mendapatkan serangan jantung di waktu dan tempat yang tidak terduga.

Ketika jantung mengalami masalah, sistem pencernaan juga akan ikut terpengaruh. Sistem pencernaan juga butuh pasokan darah segar untuk bisa bekerja mencerna makanan. Apabila sistem pencernaan kekurangan darah dan oksigen segar, sejumlah masalah seperti nafsu makan menurun, pusing, konstipasi, bisa saja terjadi.

9. Dingin Di Tangan dan Kaki

dingin

Dari sekian banyak tanda masalah jantung yang dianggap remah, salah satunya adalah rasa dingin di tangan dan kaki. Hal yang normal apabila berada di ruangan yang ber-AC lalu bagian tubuh merasa dingin. Tapi tidakah kalian ada merasa aneh jika hanya area tangan dan kaki yang rasa dinginnya berbeda dari bagian tubuh yang lain?

Ketika tangan dan kaki merasa dingin, bisa jadi ini karena ada gangguan dengan aliran darah. Sudah jelas apabila aliran darah terganggu pasti akan berhubungan dengan jantung. Darah yang mengalir ternyata juga bisa membuat tubuh terasa hangat. Ketika darah tidak teralirkan dengan sempurna, bukan hal aneh apabila tangan dan kaki merasa dingin.

8. Pusing

pusing

Ada banyak organ penting di dalam tubuh yang sangat bergantung pada darah. Salah satu organ tersebut tidak lain adalah otak. Otak membutuhkan darah segar yang kaya akan oksigen untuk bisa bekerja. Apabila kekurangan darah, sakit kepala, pusing, migrain, adalah beberapa masalah yang bisa terjadi.

Sayangnya banyak orang yang merasa bahwa ketika mereka merasa pusing, bisa diatasi dengan banyak minum air, meminum obat sakit kepala, dan beristirahat. Tidak ada yang menduga bahwa ketidakmampuan jantung untuk memompa darah bisa menjadi penyebab sakit kepala. Kenapa jantung tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik inilah yang musti diperiksa lebih dalam.

7. Detak Jantung Tak Beraturan

detak jantung

Setelah melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga atau lari, detak jantung pasti akan meningkat secara drastis. Tapi jika jantung kalian detaknya tak beraturan sementara kalian tidak melakukan aktivitas yang membuat jantung harus berdetak secepat itu, kalian wajib untuk merasa was-was terhadap kesehatan jantung.

Detak jantung yang berdetak secara tak beraturan dan mendadak bisa menjadi indikator ada yang tidak beres dengan jantung kalian. Di dunia medis, ketika jantung berdetak tak beraturan, kadang cepat, kadang lambat, dinamakan dengan istilah arrhythmia. Jangan menunggu lama untuk memeriksakan diri ke dokter ketika mengalami masalah ini.

6. Berat Badan Meningkat

berat badan

Memang benar bahwa orang yang jarang melakukan olahraga dan makan sembarangan akan mengalami yang namanya peningkatan berat badan. Yang apabila semakin dibiarkan akan menuju yang namanya obesitas. Tapi ternyata, berat badan meningkat itu bukan cuma disebabkan oleh malas gerak dan makan sembarangan saja.

Jantung yang tidak bisa bekerja dengan normal juga bisa membuat seseorang mengalami peningkatan berat badan. Bedanya, peningkatan berat badan ini bukan disebabkan oleh lemak melainkan dari cairan yang menumpuk di perut, tangan, dan juga kaki. Apabila diperiksa ke dokter, terlihat bukan lemak melainkan air.

5. Terlalu Sering Buang Air

buang air

Terlalu banyak minum air dan berada di ruangan dengan suhu yang dingin memang bisa membuat seseorang jadi rajin mondar-mandir ke wc untuk buang air kecil. Tapi apakah hanya itu penyebab seseorang sering buang air kecil? Tentu tidak. Ada hal lain yang bisa menyebabkan orang rajin ke kamar mandi. Hal tersebut adalah masalah di jantung.

Ketika jantung tidak bisa memompa darah, maka kompensasinya adalah terjadi penumpukan cairan. Yang namanya cairan berlebih pastinya harus dibuang. Orang sering salah mengira ini dikarenakan terlalu banyak minum air atau sudah tua. Mencoba untuk mengurangi minum air agar tidak sering ke wc malah justru akan memperparah kondisi tersebut.

4. Kaki Bengkak

kaki bengkak

Jika kaki terbentur sesuatu yang keras dan bengkak, itu wajar. Hal yang tidak wajar adalah ketika kalian tidak melakukan apa-apa namun kaki mendadak bisa bengkak. Ketika salah satu kaki atau kedua kaki kalian ada bengkak tanpa sebab, kalian musti waspada dan segera mengecekan diri ke dokter. Bisa jadi ada masalah serius yang terjadi pada jantung.

Jantung memiliki tugas utama untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh, terutama ginjal. Pada saat jantung tidak bisa memompa darah dengan normal, akibatnya akan terjadi penumpukan cairan pada ginjal. Beberapa bagian tubuh yang akan terkena efek dari penumpukan cairan ini mulai dari kaki dan bisa saja menjalar ke tangan.

3. Sulit Untuk Berbaring

berbaring

Ternyata mendeteksi ada atau tidaknya masalah dengan jantung bisa dengan cara mudah. Caranya adalah dengan mengecek apa yang dirasakan saat berbaring dan berapa banyak bantal yang digunakan saat tidur. Jika untuk berbaring saja sudah merasa pusing dan sesak nafas, ini bisa menjadi sinyal bahwa jantung kalian bermasalah.

Ketika kita tidur dengan cara berbaring atau terlengtang, sebagian darah yang ada di kaki bisa kembali aliran darah dan menciptakan aliran yang cukup kuat ke jantung. Jika jantung dalam kondisi sehat, maka tak akan ada masalah. Tapi jika tidak, yang dapat terjadi adalah sesak nafas dan kemungkinan sedikit pusing.

2. Olahraga Terasa Lebih Berat Dari Biasa

olahraga

Olahraga diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain organ dalam menjadi sehat, tubuh juga menjadi lebih kuat sehingga bisa melakukan pekerjaan yang bebannya agak berat. Mengalami kelelahan saat berolahraga itu adalah hal yang biasa. Tapi pernahkah kalian merasa capek luar biasa meski melakukan menu olahraga yang sama yang dimana kalian dulu merasa menu itu adalah menu yang ringan?

Jika kalian merasa menu olahraga yang biasa kalian lakukan terasa lebih berat, bisa jadi ada masalah di jantung kalian. Olahraga mengharuskan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Ketika jantung tidak bisa melakukan tugasnya dengan baik, maka olahraga yang biasa kalian lakukan jadi terasa lebih berat. Momen ini sering disalah artikan sebagai kurang istirahat atau lagi capek. Padahal yang dibutuhkan adalah memeriksakan diri dengan segera ke dokter.

1. Sesak Nafas

sesak nafas

Sesak nafas bukan masalah yang dialami oleh mereka yang mengalami asma saja. Sebenarnya, mereka yang memiliki masalah dengan jantung juga ada mengalami masalah ini. Hanya saja mereka menganggap ini masalah sepele dan cenderung salah mengartikannya sebagai penyakit di luar jantung. Inilah kenapa banyak orang yang telat menyadari bahwa mereka memiliki masalah dengan jantung.

Jantung dan paru-paru saling berhubungan. Kedua organ ini bekerja sama untuk memompa darah serta oksigen di dalamnya ke seluruh tubuh. Bagian jantung sebelah kiri memompa darah yang sudah habis oksigen menuju paru-paru untuk diisi kembali dengan oksigen. Ketika jantung mengalami masalah, maka jantung tidak bisa memompa darah dengan lancar ke paru-paru sehingga membuat nafas menjadi sesak.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas