home -> Lifestyle -> 10 Hal Yang Bisa Merusak Rambut
14 Juni 2021 07:32

10 Hal Yang Bisa Merusak Rambut

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada May 10, 2021

Semua orang ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat, terkhususnya wanita. Bagi wanita, rambut adalah mahkota mereka. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu apa yang harus dilakukan untuk merawat rambut. Ketimbang melakukan apa yang bisa membuat rambut sehat, yang terjadi malah sebaliknya. Secara tidak sadar kita malah melakukan kebiasaan-kebiasaan yang justru merusak rambut. Seperti apa kebiasaan yang sering dilakukan yang bisa merusak rambut? Berikut penjelasan lengkapnya.

10. Klorin dan Air Asin

chlorine and salt water

Saat cuaca sedang panas paling enak itu yang namanya berenang. Berenang bisa membuat tubuh lebih dingin dan segar. Selain itu, manfaat positif lain dari berenang adalah tubuh yang sehat karena kita harus bergerak agar bisa tetap terapung di air. Berenang bisa bebas mau dimana saja. Bisa di pantai atau kolam renang.

Bagus untuk tubuh, tapi berenang di kolam renang atau pantai bisa berdampak buruk pada kesehatan rambut. Klorin dan air asin itu adalah musuh besar bagi rambut. Dua hal ini bisa membuat rambut menjadi kering. Disarankan untuk menggunakan kondisioner sebelum berenang dan segera membersihkan rambut setelah berenang.

9. Malas Potong Rambut

cutting hair

Banyak perempuan yang menginginkan rambut yang panjang. Segala macam cara dilakukan untuk membuat rambut tumbuh panjang dengan cepat. Karena saking inginnya memiliki rambut panjang, terkadang orang sampai lupa dengan yang namanya memotong rambut. Ingin rambut panjang kenapa juga harus memotong rambut, kira-kira begitu pikir mereka.

Jangan salah, rambut itu perlu dirawat. Salah satunya dengan cara memotong rambut. Jika jarang memotong rambut maka bisa membuat rambut menjadi rusak. Sejumlah masalah bisa muncul seperti rambut rapuh dan ujung bercabang. Dengan memotong rambut secara berkala justru bisa membantu rambut menjadi lebih sehat, panjang, dan sehat.

8. Jarang Minum Air Putih

drink water

Jangan malas untuk minum air putih apabila ingin tubuh tetap terhidrasi. Definisi tubuh disini meliputi semua bagian tubuh, termasuk itu rambut. Kurang minum air putih bukan cuma bisa membuat tubuh lemas, tapi pengaruhnya juga bisa terasa di rambut. Rambut jadi kering dan mudah rontok. Tidak lucu jika masih muda tapi rambut sudah botak.

Rambut sangat rentan dengan yang namanya patah dan rontok. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, bukan cuma dengan melakukan perawatan. Cara mudah untuk menjaga kesehatan rambut bisa dimulai dari rajin minum air putih. Air putih ini bisa membantu rambut tetap berada dalam kondisi terbaiknya.

7. Mengikat Rambut Terlalu Keras

tying hair

Mereka yang memiliki rambut panjang cenderung mengikat rambutnya. Tujuannya ada bermacam-macam. Ada yang mengikat rambut agar tidak terlalu panas, ada juga yang mengikat rambut dengan tujuan style. Apapun tujuannya, tidak dipermasalahkan yang namanya mengikat rambut. Yang penting jangan melakukannya terlalu keras.

Mengikat rambut terlalu keras berarti memberikan tekanan yang lebih pada rambut. Rambut jadi lebih tertarik ke satu titik. Semakin keras ikatan, maka semakin besar juga resiko rambut tercabut atau rontok. Berikan sedikit kelonggaran terhadap ikatan rambut agar rambut tidak terlalu tegang. Ini bisa mencegah kalian dari masalah kerontokan rambut dan kebotakan dini.

6. Mencuci Rambut Setiap Hari

washing hair

Jika kondisi sedang panas seperti sekarang, rambut jadi terasa kering, dan lengket karena debu yang menempel. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa tidak nyaman tersebut adalah keramas. Jika rambut terasa kering dan lengket, tinggal keramas lagi. Jadi dalam satu hari bisa lebih dari 2 kali keramas yang dilakukan.

Melakukan keramas secara sering tidaklah bagus. Kepala kita akan memproduksi minyak alami yang akan muncul apabila kondisi rambut kering. Tujuannya untuk menjaga rambut tetap lembap. Apabila terlalu sering keramas, maka minyak alami ini akan ikut tersingkir. Minyak ini tidak bisa diproduksi secara terus menerus. Ada saatnya minyak akan kering akibat terlalu sering keramas.

5. Membalut Kepala Dengan Handuk Setelah Mandi

towel your head

Siapa di antara kalian yang setelah mandi langsung membalut kepala dengan handuk? Biasanya ini dilakukan oleh para wanita. Mungkin tujuannya agar rambut tidak tergerai ke belakang dan menjaga agar air tidak jatuh ke lantai melainkan terserap ke handuk. Sebaiknya kebiasaan satu ini dihentikan karena sebenarnya tidak baik untuk rambut.

Perlu diketahui bahwa handuk pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan kain yang kasar. Apabila handuk ini digunakan untuk membalut kepala atau mengelap rambut yang basah, handuk ini bisa bergesekan dengan rambut dan membuat rambut menjadi kusut, rontok, dan rusak. Gunakan handuk dengan bahan yang halus agar rambut tidak cepat rusak.

4. Menggunakan Shampoo dan Conditioner Sembarangan

shampoo

Ada baiknya bagi kita untuk memilih jenis shampoo dan conditioner yang tepat untuk rambut. Rambut butuh perawatan agar bisa tumbuh sehat dan kuat. Shampoo dan conditioner yang tepat bisa membantu kalian untuk memperkuat rambut. Tapi jika sembarangan memilih, yang terjadi malah bisa sebaliknya. Rambut malah jadi rusak, patah, bercabang, dan rontok.

Perlu diketahui bahwa tidak semua shampoo dan conditioner itu diciptakan untuk satu jenis rambut saja. Setiap orang pasti memiliki jenis rambut dengan masalah yang berbeda. Ketahui jenis rambut dan masalah yang dihadapi, lalu baru cari shampoo dan conditioner yang tepat. Kalau perlu konsultasi ke ahli rambut untuk mengetahui kondisi rambut dan perawatan seperti apa yang harus dilakukan.

3. Mengubah Warna Rambut

hair coloring

Sudah menjadi hal yang normal apabila ada orang yang ingin mengikuti tren yakni mewarnai rambut. Mewarnai rambut bisa menjadi salah satu cara untuk membuat penampilan lebih menarik. Semakin kesini, sudah banyak produk cat rambut dengan berbagai warna yang menarik. Cara penggunaannya juga sangat simpel.

Mau diklaim seaman apapun, cat rambut tetap menggunakan bahan kimia. Kita tidak bisa dengan seenaknya mengubah warna rambut. Misal setiap satu bulan sekali mengganti warna rambut. Bahan kimia yang digunakan di cat rambut kita tidak pernah tahu darimana dan pengaruh apa yang bisa diberikan. Mungkin efeknya tidak muncul dalam waktu yang dekat. Mungkin efek buruknya bisa muncul di saat kita sudah tua.

2. Terlalu Sering Menggunakan Hair Dryer

hair dryer

Selesi mandi pastinya kita akan membasuh rambut dengan menggunakan handuk. Tapi ini tidak menjamin rambut kering 100%. Masih ada sedikit basah di rambut dan apabila sedang dikejar waktu, jelas harus secepatnya mengeringkan rambut. Alat yang biasa digunakan untuk mengeringkan rambut dalam waktu singkat adalah hair dryer.

Meski bisa membuat rambut kering dengan lebih cepat, menggunakan haid dryer terlalu sering ternyata tidak bagus untuk rambut. Hair dryer bisa mengeringkan sisa air di rambut, tapi juga mengeringkan minyak alami rambut. Minyak inilah yang berfungsi sebagai pelembap rambut. Jika sudah demikian, maka rambut akan kering, mudah kusut, dan rontok.

1. Menyisir Saat Rambut Basah

brushing hair when wet

Bagi kebanyakan orang, menyisir rambut di saat rambut basah itu paling mudah dan enak. Di saat kondisi basah inilah rambut lebih mudah untuk diatur. Kebiasaan yang cukup sering dilakukan oleh orang ini ternyata berdampak pada kesehatan rambut. Mungkin di antara kalian juga ada yang sering melakukan kebiasaan ini?

Pada saat rambut dalam kondisi basah, ini adalah momen dimana rambut dalam kondisi rapuh. Rambut sangat mudah untuk rusak apabila salah melakukan tindakan. Tindakan seperti langsung menyisir rambut untuk menghindari rambut kusut adalah tindakan yang salah. Rambut malah jadi mudah rontok. Setidaknya tunggu sampai rambut setengah kering baru disisir.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas