home -> Lainnya -> 10 Universitas Top Dunia 2021
16 Mei 2021 18:10

10 Universitas Top Dunia 2021

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada April 21, 2021

Selesai SMA memang ada pilihan untuk melanjutkan langsung bekerja dengan mengambil kursus spesialisasi dan ada juga yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu kuliah. Banyak orang pastinya ingin kuliah di universitas top atau terbaik di dunia meski syarat untuk masuknya tidak semudah yang dikira. Jelas saja, universitas top atau terbaik ini pastinya memiliki syarat dan ketentuan berlaku yang tinggi. Mereka yang mau masuk kesana harusnya memenuhi semua syarat tersebut. Tak sedikit orang yang gagal karena tidak memenuhi persyaratan yang diberikan dan menjadikan kuliah di universitas tersebut hanya mimpi belaka. Inilah dia 10 universitas top dunia tahun 2021 yang mungkin bisa menjadi referensi universitas kalian setelah lulus SMA.

10. Imperial College London, Inggris

Imperial College London

Ada beberapa universitas terkenal yang dimiliki oleh Inggris. Dan salah satunya adalah Imperial College London. Lokasinya berada di London, lebih tepatnya di Kensington. Kensington merupakan area paling mewah dan terkenal di London. Di area ini juga terdapat Kensington Palace yang menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan Inggris.

Imperial College London berdiri pada tahun 1907 dan setiap tahunnya menerima mahasiswa sebanyak 15.000-19.000. Bukan jumlah yang terlalu besar mengingat yang mencoba mendaftar masuk universitas tersebut ada banyak. Selain harus memenuhi persyaratan nilai, mereka yang mau mencoba masuk Imperial College London harus melalui interview yang cukup sulit.

9. University of California, Amerika Serikat

University of California

Dari namanya sudah bisa ditebak lokasi universitas ini berada. University of California menjadi salah satu universitas terkenal di Amerika Serikat sekaligus di dunia. Universitas ini telah menjadi incaran banyak mahasiswa. Begitu banyak pilihan mata kuliah yang bisa dipelajari, gelar yang lengkap, pengajar yang handal, serta fasilitas pendukung.

Karena University of California menjadi universitas favorit, ada begitu banyak mahasiswa yang mencoba mendaftar ke universitas tersebut. Meski menerima cukup banyak mahasiswa, universitas tetap ada batasnya. Bagi yang tidak bisa masuk disana, University of California masih memiliki cabang lain di Davis, Irvine, Los Angeles, Merced, Riverside, San Diego, San Francisco, Santa Barbada, dan Santa Cruz. Persiapkan diri kalian dengan persyaratan masuk ketat yang diberikan oleh University of California.

8. University of Cambridge, Inggris

university of cambridge

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai Imperial College London, kini adalah giliran University of Cambridge. Berlokasi di Cambridge, Inggris, universitas ini masih termasuk dalam Grup Russell yang merupakan jaringan besar universitas di Britania yang berbasis pada riset. Universitas ini banyak menghasilkan ilmuwan terkenal, salah satunya adalah Stephen Hawking.

Patut berbangga mereka yang bisa masuk di universitas ini. University of Cambridge sangat terkenal akan persyaratan masuk yang sangat sulit. Jumlah mahasiswa yang diterima tiap tahun hanya sekitar 20.000 sampai 24.999. Selain menjadi salah satu universitas terkenal di dunia, University of Cambridge juga menjadi salah satu universitas tertua yang ada di Inggris karena didirikan pada tahun 1209.

7. ETH Zurich (Swiss Federal Institute of Technology), Swiss

swiss Federal Institute of Technology

Swiss tak hanya terkenal akan pariwisatanya saja. Bagi mereka yang mau menimba ilmu, bisa menjadikan Swiss sebagai negara tujuan. Kenapa? Karena Swiss memiliki satu universitas yang namanya berhasil masuk dalam daftar universitas top dunia. Universitas yang dimaksud adalah Eidgenossische Technische Hochshule Zurich atau biasa disingkat menjadi ETH Zurich.

Kita tahu bahwa setiap universitas pasti memiliki program unggulan. ETH Zurich ini terkenal dengan science, teknologi, engineering, dan matematika. Menyandang gelar sebagai salah satu universitas top, ETH Zurich benar-benar menyeleksi calon mahasiswanya dengan ketat. Bagi yang nilai akademiknya rendah, tidak mungkin bisa masuk. Tapi bagi yang diterima, mereka bisa belajar hingga lulus dan mengincar predikat doctor.

6. University of Oxford, Inggris

university of oxford

Bersama dengan Imperial College London dan University of Cambridge, University of Oxford ini menjadi 3 universitas besar yang berasal dari Inggris. Kepopuleran Oxford sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Ketika membahas tentang universitas dan Inggris, pasti yang pertama terlintas adalah Univerisity of Oxford ini.

Tak hanya terkenal, University of Oxford juga menjadi salah satu universitas tertua di Inggris karena berdiri pada tahun 1096. Oleh uniRank, jumlah mahasiswa yang diterima masuk di University of Oxford berkisar 25.000 sampai 29.999 orang. Termasuk banyak namun bukan berarti mudah juga masuk universitas tersebut. Meski begitu, University of Oxford menyediakan banyak course yang bisa diambil serta gelar dari bachelor sampai doctor.

5. California Institute of Technology (Caltech), Amerika Serikat

California Institute of Technology

Jika kalian merasa kuliah di dalam negeri masih kurang cukup dan ingin mencari ilmu di luar negeri, mungkin bisa coba pergi ke Negeri Paman Sam. Amerika Serikat memiliki sekian banyak universitas unggulan yang bisa kalian pilih. Salah satu universitas unggulan yang ada di Amerika Serikat yaitu California Institute of Technology (Caltech).

Kalian yang ingin belajar lebih dalam tentang science dan engineering bisa coba mendaftarkan diri di Caltech. Namun kalian boleh cemas diterima atau tidak karena Caltech hanya menerima sangat sedikit mahasiswa yaitu 2000 sampai 2999 orang saja. Sekali diterima masuk, dipastikan mahasiswanya akan mendapat pendidikan yang layak dimana mereka bisa mengejar gelar bachelor, master, sampai doctor di semua course yang ada di Caltech.

4. Cornell University, Amerika Serikat

Cornell University

Ithaca termasuk kota besar yang berada di New York. Di kota ini terdapat satu universitas yang termasuk dalam salah satu universitas top dunia yakni Cornell University. Universitas tersebut pertama kali didirikan pada tahun 1865 dan telah menerima banyak mahasiswa per tahunnya. Sebanyak 20.000 sampai 24.999 mahasiswa yang diterima masuk.

Seperti universitas top pada umumnya, Cornell University menyediakan banyak mata kuliah dan gelar sampai doctor bagi mahasiswa yang menekuni pendidikan disana. Masing-masing universitas pasti memiliki course unggulan, Cornell University ini terkenal akan course engineering, hukum, medis, dan hotel administration.

3. Harvard University, Amerika Serikat

Harvard University

Tahun 1636 menjadi tahun dimana didirikannya Harvard University. Universitas diberinama Harvard sesuai dengan nama orang yang berjasa besar dalam pembangunannya yakni John Harvard. Tidak hanya terkenal, Harvard University juga menjadi salah satu universitas tertua yang ada di Amerika Serikat. Sekitar 40.000 sampai 45.000 mahasiswa yang diterima masuk universitas tersebut.

Harvard University menyediakan banyak pelajaran yang bebas dipilih oleh calon mahasiswanya. Dari yang bachelor bahkan sampai doctor tersedia di Harvard University. Untuk menjaga kualitasnya, Harvard University sangat selektif dalam menerima mahasiswa. Para calon mahasiswanya harus menjalani ujian dan juga membayar biaya masuk yang cukup tinggi. Apabila calon mahasiswanya pandai tapi memiliki kendala finansial, Harvard University menyediakan program beasiswa.

2. Stanford University, Amerika Serikat

stanford university

Stanford University memiliki nama lain yakni Leland Stanford Junior University. Nama Leland diambil dari Leland Stanford Jr. yang merupakan anak dari pasangan Leland dan Jane Stanford. Leland Stanford Jr. meninggal dunia pada usia 15 tahun akibat demam tifoid. Leland dan Jane inilah yang mendirikan universitas ini sebagai bentuk penghormatan atas anaknya.

Stanford University didirikan pada tahun 1885 yang pada saat itu bersifat non-profit universitas. Lokasinya ada di kota Stanford, California. Kepopuleran Stanford University yang besar membuat universitas ini memiliki sejumlah cabang di kota lain seperti Washington, New York, dan Monterey. Jumlah mahasiswa yang biasa diterima oleh Harvard University termasuk besar dengan kisaran 20.000-24.999 orang. Lulus sebagai bachelor, mahasiswanya masih bisa melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi seperti master atau doctor. Tidak perlu khawatir untuk mengincar gelar yang lebih tinggi dengan pindah kampus.

1. Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat

Massachusetts Institute of Technology

Daftar universitas top dunia tahun 2021 didominasi oleh universitas yang kebanyakan berada di Amerika Serikat. Yang berikut ini juga lagi-lagi dari Amerika Serikat yakni Massachusetts Institute of Technologi atau yang biasa disingkat dengan MIT. Universitas terkenal yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts ini telah menjadi universitas impian banyak orang.

MIT didirikan pada tahun 1861 dan memiliki banyak program mata kuliah yang menarik. Selain mata kuliah yang sangat lengkap, fasilitas pendukung juga menjadi hal lain yang membuat MIT menjadi salah satu universitas unggulan di dunia. Dengan segala macam kelengkapan dan kualitas yang dimiliki, masuk MIT tidaklah semudah yang orang bayangkan. Sudah banyak orang yang mencoba mendaftar kuliah di MIT tapi hanya mahasiswa yang benar-benar pintar yang diterima.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas