home -> Lainnya -> 10 Dewa Terkenal Dalam Mitologi Yunani Kuno
01 Agustus 2021 19:44

10 Dewa Terkenal Dalam Mitologi Yunani Kuno

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada April 12, 2021

Berbicara soal mitologi Yunani memang seru dan tak akan ada habis-habisnya, apalagi soal dewa dan dewinya. Peradaban manusia pada zaman tersebut masih menyembah dewa dan dewi yang dianggap bisa membawa hal positif bagi individu bahkan banyak orang. Ada begitu banyak dewa dan dewi terkenal dalam mitologi Yunani kuno. Masing-masing memiliki kekuatan dan spesialisasi tersendiri. Berikut ini 10 dewa dan dewi terkenal dalam mitologi Yunani kuno.

10. Hermes

hermes

Ada begitu banyak dewa dan dewi dalam mitologi Yunani kuno, TahuPedia akan mengawalinya dengan Hermes. Orang Yunani kuno mengenalnya sebagai "The messenger". Ia merupakan anak dari Zeus dan juga Maia. Namanya sering sekali disebut di puisi, permainan, dan juga mitos. Hermes digambarkan sebagai sosok pria yang tampan dan atletis.

Terkadang Hermes muncul sebagai pria berjanggut namun terlihat muda atau juga sebagai pria tua. Hermes sangat cerdas, dibandingkan dengan dewa lain, Hermes merupakan dewa cerdas yang bisa berpikir dengan cepat. Bertugas sebagai penyampai pesan, Hermes juga dikenal sangat licik. Tak jarang ia memanipulasi dewa lain untuk kepentingannya.

9. Hera

Hera

Orang Yunani kuno memuja Hera sebagai dewi dari segala dewi. Hera dikenal sebagai dewi kelahiran dan pernikahan. Ia menjadi dewi dari segala dewi karena dia memegang status sebagai istri Zeus. Dimana Zeus adalah pemimpin dari segala dewa dan dewi di Olympus. Otomatis ini membuat Hera menjadi dewi tertinggi.

Zeus dan Hera memiliki banyak anak. Meski memiliki banyak anak dari Zeus, tak ada satupun anaknya yang ia sayang. Heracles adalah salah satu anak dari Zeus yang sangat ia benci. Karena kekuasaannya, Hera menghilangkan hak Heracles sebagai dewa dan membuangnya ke Bumi. Satu-satunya dewi yang memiliki kekuatan hampir setara dengan Hera adalah Aphrodite.

8. Apollo

apollo

Zeus memiliki banyak anak, salah satunya adalah Apollo. Apollo ini adalah saudara kembar dari Artemis. Menurut mitologi Yunani, Apollo dikenal sebagai dewa yang memiliki banyak wajah. Apollo lahir dari Leto di Pulau Delos. Mereka tinggal di Pulau Delos sebagai bentuk pelarian diri dari Hera yang tidak terima Zeus memiliki hubungan dengan Leto.

Ada banyak hal yang bisa diberikan oleh Apollo, mungkin ini dikarenakan ia memiliki banyak wajah jadi Apollo bisa memberikan banyak hal pada mereka yang menyembahnya. Apollo dikenal sebagai dewa pembawa kemakmuran, penyembuh, dan pengobatan. Meski digambarkan sebagai sosok dewa yang baik, Apollo bisa juga mendatangkan kematian. Salah satu kemampuan unggulan dari Apollo adalah memanah.

7. Athena

athena

Berbicara soal perang, ada 2 dewa yang memiliki kaitan dengan perang. Yang pertama sudah pasti adalah Ares, yang kedua adalah Athena. Selain dikenal sebagai dewi perang, Athena juga disebut sebagai dewei kebijaksanaan, keberanian, matematika, kekuatan, ahli strategi, seni, peradaban, dan kerajinan tangan.

Athena dan Ares meski sama-sama termasuk dewa perang, keduanya sangatlah berbeda. Ares yang lebih merusak dan sombong sedangkan Athena berbeda jauh dengan Ares. Karena Ares memiliki sifat buruk tersebut, Zeus sebagai ayah lebih memfavoritkan Athena. Orang Yunani percaya bahwa Athena-lah yang melindungi kota beserta rakyatnya.

6. Prometheus

Prometheus

Titan adalah dewa penguasa sebelum era Olympian. Para dewa di era titan ini dikenal sebagai dewa yang kuat dan ukurannya yang sangat besar. Titan dipimpin oleh satu dewa yaitu Chronos. Dewa lain yang termasuk dalam era titan adalah Prometheus. Ia merupakan anak dari Lapetus yang juga termasuk sebagai titan. Sedangkan ibunya adalah Oceanid.

Prometheus memiliki kemampuan untuk melihat masa depan. Prometheus melihat masa depan dimana para titan dikalahkan oleh para dewa Olympian. Maka dari itu, Prometheus memutuskan untuk berpihak pada dewa Olympian. Perang terjadi dan dimenangkan oleh Olympian, Prometheus pun selamat dari jerat penjara di Tartarus.

5. Chronos

Chronos

Zeus boleh saja disebut sebagai dewa dari segala dewa. Tapi jauh sebelum masa Zeus, sudah terlebih dahulu ada dewa yang lebih kuat dan besar. Dewa yang dimaksud adalah Chronos. Chronos termasuk dalam salah satu titan yang sangat disegani pada masa sebelum Zeus berkuasa. Karena ukurannya yang besar dan kekuatannya, Chronos didapuk menjadi dewa terkuat.

Chronos merupakan ayah dari Zeus, Posseidon, dan Aphrodite. Chronos memiliki sifat paranoid yang tinggi. Karena takut posisinya akan tergusur, Chronos sampai menelan ketiga anaknya tersebut. Beruntung ada Gaia dan Rhea yang berhasil menyelamatkan Zeus. Zeus dibantu dengan saudaranya berhasil mengalahkan Chronos dan menyegelnya di Tartarus.

4. Ares

Ares

Tidak mungkin ada orang yang tidak kenal dengan Ares. Nama Ares seringkali disebut dalam serial televisi, cerita, dan juga film. Ares ini adalah dewa yang diidentik dengan perang. Julukan dewa perang yang disematkan pada dirinya karena Ares sangat menyukai perang. Dan dapat dipastikan setiap perang yang melibatkan Ares pasti akan ia menangi.

Ares merupakan anak dari Zeus dan Hera. Ares memiliki sifat yang kasar, suka kekerasan, dan sadis. Perang yang dilakukan oleh Ares biasanya tidak ada tujuan positif. Dia hanya suka menciptakan ketakutan dan membuat kerusuhan. Akibatnya, Zeus dan Hera tidak begitu suka dengan Ares dan malah lebih memperhatikan anak yang lain.

3. Poseidon

poseidon

Ada yang pernah menonton film Percy Jackson and the Lightning Thief? Disini ada diceritakan tentang mengenai dewa-dewi Yunani. Salah satunya adalah Poseidon. Dalam mitologi Yunani, Poseidon adalah sosok dewa yang menguasai lautan. Digambarkan Poseidon sebagai seorang pria atletis bersenjatakan trisula.

Poseidon merupakan saudara dari Zeus dan juga Hades. Ketika terjadi pengundian dewa siapa yang harus menguasai apa, Poseison mendapatkan laut. Maka jadilah ia penguasa lautan ditemani dengan istrinya yang bernama Amphitrite. Tak sendirian, Poseidon menguasai laut dibantu dengan beberapa dewa kecil lain seperti Triton dan Nereid.

2. Hades

hades

Mitologi Yunani kuno membagi wilayah menjadi langit, laut, dan alam baka. Masing-masing wilayah tersebut memiliki penguasanya tersendiri. Jika Poseidon menguasai lautan, maka Hades tepilih sebagai penguasa dunia bawah. Hades inilah yang memimpin neraka bersama dengan para dewa dan prajurit lain.

Orang Yunani mempercayai bahwa Hades sebagai personafikasi dari kematian. Di banyak film digambarkan Hades sebagai sosok yang jahat dan mengerikan, padahal sebenarnya tidak. Bukan Hades yang membuat orang masuk dalam dunia bawah melainkan 3 demigod. Ketiga demigod tersebut adalah Minos, Aiakos, dan Rhadamanthys. Hades ada menyukai satu dewi yakni Persephone. Diceritakan bahwa Hades memaksa Persephone untuk tinggal bersama dirinya di dunia bawah.

1. Zeus

zeus

Ada begitu banyak dewa pastinya diperlukan satu dewa sebagai yang utama atau pemimpin. Dan yang sudah kalian semua tahu, dewa dari segala dewa menurut mitologi Yunani adalah Zeus. Setelah jatuhnya Chronos yang merupakan dewa terkuat di zaman titan oleh Zeus, maka Zeus yang ditunjuk untuk menjadi pemimpin dewa selanjutnya.

Terkenal sebagai penguasa petir, Zeus menguasai seluruh Olympian. Karena ada 3 wilayah yang harus dijaga, Zeus melakukan undian untuk menentukan siapa harus menjaga wilayah mana. Undian ini diikuti oleh Zeus, Poseidon, dan Hades dimana mereka memiliki hubungan saudara. Zeus yang akhirnya menjadi penguasa Olympus yang lalu menjadikan Hera sebagai istrinya.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas