home -> Lainnya -> 10 Hal Yang Dibenci Kucing
16 Mei 2021 19:08

10 Hal Yang Dibenci Kucing

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada March 31, 2021

Memilih kucing sebagai peliharaan memang menarik. Kucing tidak berisik, tidak bau, dan juga lucu. Tapi memelihara kucing tidaklah semudah yang dibayankan. Kucing ini memiliki sifat yang rumit. Kadang bisa baik, kadang bisa galak, salah melakukan respon malah bisa membuat kita dicakar atau digigit. Agar mencegah hal tersebut terjadi, ada sejumlah hal yang perlu kalian ketahui sebelum memelihara kucing. Ada sejumlah hal yang dibenci oleh kucing, berikut penjelasannya.

10. Suhu Dingin

suhu

Kita tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Tidak mungkin ada yang namanya turun salju disini. Beruntungnya lagi untuk kucing karena tidak perlu menghadapi yang namanya musim dingin dan salju karena mereka sangat membenci suhu yang rendah. Kucing lebih suka tinggal di tempat yang memiliki suhu hangat.

Mau itu kucing yang berbulu lebat atau tidak, kucing lebih suka dengan kondisi suhu hangat. Ini akan membuat tubuh mereka tetap pada suhu normal. Maka dari itu, kalian yang memelihara kucing dan suka menaruh mereka di kamar, perhatikan betul suhu kamar agar tidak terlalu dingin supaya si kucing bisa betah bermain di kamar.

9. Benci Perubahan

perubahan

Kita sebagai manusia selalu diajarkan untuk bersiap dengan perubahan. Kalau mau maju maka harus bisa beradaptasi dengan perubahan. Berbeda dengan kucing, hewan berbulu satu ini sangat membenci yang namanya perubahan. Bisa dilihat ketika kalian misalnya pindah rumah, mood kucing pasti akan langsung berubah.

Kucing adalah hewan yang benci dengan perubahan. Mereka senang dengan hidup mereka yang begitu-begitu saja. Selama itu nyaman, maka itu akan membuat mereka nyaman dan senang. Tidak perlu sampai pindah rumah, kalian memindahkan litter box atau mainan kesukaan mereka, kucing pasti akan kesal.

8. Mengelus Perut

belly rub

Setiap hewan peliharaan memiliki kesukaan dan hal yang dibenci. Pada anjing, hewan satu ini tidak masalah apabila perutnya dielus. Bukannya marah, anjing merasa senang dan menganggap bahwa pemiliknya sedang bermain-main atau memberikan pujian padanya. Tapi pada kucing, jangan kalian sembarangan mengelus perutnya.

Kucing berbeda dengan anjing itu sudah jelas. Makanya perlu mencari tahu apa saja yang boleh dilakukan dan tidak pada kucing. Mengelus perut kucing adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan karena kucing membenci itu. Bagi kucing, perut adalah bagian yang vital dan penting. Jangankan disentuh, jarang ada kucing yang mau memperlihatkan bagian pentingnya tersebut.

7. Suara Berisik

berisik

Manusia saja bisa merasakan tidak nyaman apabila mendengar suara berisik. Tidak bisa berkonsentrasi dan istirahat apabila mendengar suara berisik dalam waktu yang lama. Apa yang dirasakan manusia juga bisa dirasakan oleh kucing. Mengingat kucing adalah hewan yang peka dan memiliki indera pendengaran yang tajam.

Kucing sangat membenci suara berisik. Begitu mendengar suara, kucing biasanya akan bereaksi kaget sambil melompat. Apabila suara tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup lama, kucing akan merasa risih dan pindah ke tempat lain. Kucing akan pindah ke tempat yang lebih sunyi untuk melakukan hal yang biasa ia lakukan seperti bersantai atau tidur.

6. Hewan Asing

hewan asing

Kucing adalah hewan yang independen, mandiri, dan teritorial. Kalian pasti sering menemukan video dimana memperlihatkan kucing yang marah pada hewan lain. Bahkan sesama kucing sekalipun, kucing bisa berubah dari yang semula tenang menjadi tak nyaman, mendesis, dan menunjukkan giginya yang tajam.

Ini dikarenakan kucing tidak bisa langsung akrab dengan hewan asing. Apa lagi jika kucing kalian sudah lama tinggal di rumah, sudah jelas rumah tersebut sudah ditandai si kucing sebagai wilayahnya. Apabila ada hewan asing yang dibawa ke rumah, kucing akan menganggap hewan tersebut sebagai ancaman. Perlu sejumlah trik dan kesabaran untuk bisa mengenalkan kucing pada hewan peliharaan lain.

5. Jarang Diberi Perhatian

jarang diperhatikan

Siapa yang bilang bahwa kucing itu tidak butuh perhatian? Yang namanya hewan peliharaan pastinya membutuhkan perhatian dari pemiliknya. Namun dalam kasus ini, perlu diketahui seberapa batasan yang cukup untuk memberikan perhatian pada kucing. Karena terlalu berlebihan atau kurang, efeknya tidak akan baik untuk si kucing.

Waktu untuk memberikan perhatian yang perlu kita perhatikan. Jangan sembarangan mengelus si kucing apabila kucing lagi sedang dalam kondisi "me time" atau sendirian. Jika kucing ingin meminta perhatian dari pemiliknya, kucing akan memberikan kode. Kode yang paling umum adalah kucing akan mendekati kaki atau bagian tubuh lain dari pemiliknya.

4. Terlalu Banyak Perhatian

perhatian berlebih

Kucing memang memiliki sifat yang rumit. Kadang ia butuh perhatian, di suatu momen justru dia malah tidak suka diberi perhatian berlebih. Pecinta kucing pasti pernah merasakan hal ini dimana saat mereka sangat ingin mengelus dan memberikan perhatian lebih pada kucing, tapi kucing tersebut malah menolak dan kabur.

Memang rumit hewan kecil satu ini. Kucing tidak suka diberikan perhatian yang terlalu berlebihan dari pemiliknya. Ini dikarenakan kucing memiliki sifat independen. Terlalu memberikan perhatian dengan mengelus kepala mereka justru akan membuat kucing kesal. Jadi kita musti menghormati batasan ini apabila ingin tangan kalian tidak mendapat cakaran atau gigitan.

3. Bau

bau

Kucing memiliki penciuman yang tajam dan juga rasa penasaran yang tinggi. Mereka akan mendekati benda asing lalu menggunakan indera penciuman mereka yang tajam dan mencium benda yang ada di depannya. Dengan penciumannya, kucing bisa mengira-ngira apakah benda tersebut aman atau berbahaya.

Karena penciuman yang sangat sensitif, kucing sangat peka terhadap bau apapun yang ada di rumah. Jika kalian ada peliharaan kucing, kalian musti waspada terhadap bau-bau yang bisa membuat kucing kesayangan kalian tidak nyaman. Kucing sangat membenci aroma citrus, pisang, mustard, lavender, dan eucalyptus. Belum lagi ditambah dengan beberapa jenis minyak esensial yang memiliki kandungan racun untuk kucing.

2. Orang Asing

orang asing

Butuh waktu yang lebih bagi seekor kucing untuk bisa terbiasa dengan pemiliknya. Apalagi jika kalian memilih untuk memelihara kucing yang sudah dewasa. Butuh kerja keras dan kesabaran untuk membuat kucing merasa kalian adalah orang yang aman dan mereka berani keluar untuk berinteraksi. Reaksi yang sama akan mereka tunjukan begitu mereka melihat orang yang belum pernah mereka temui.

Terhadap orang asing, kucing biasanya akan menghindar. Reaksi yang sama seperti kita mulai memelihara kucing di rumah. Kita tidak bisa memaksa kucing untuk keluar dan berkenalan dengan orang asing tersebut. Memaksa kucing keluar malah bisa membuat mereka merasa terpojok dan balik menyerang. Jika memang si kucing tertarik, biar mereka yang keluar sendiri untuk berkenalan dengan orang asing tersebut, tidak perlu dipaksa.

1. Air

water

Banyak sekali video di internet yang memperlihatkan orang mengalami kesulitan yang amat besar ketika ingin memandikan kucing. Kucing bisa memberontak sejadi-jadinya begitu bagian tubuhnya tersentuh air meski hanya sedikit. Bukan mandinya yang dibenci tapi air. Tapi memang mau bagaimana lagi, mandi pasti akan menggunakan air bukan.

Kucing sangat membenci air karena bisa membuat mereka basah dan mereka harus mengeringkan badannya sendiri. Makanya amat sulit untuk mengajak kucing mandi. Meski dikenal sebagai hewan yang bersih, setidaknya kucing harus dimandikan sekali dalam sehari untuk menjaga tubuh mereka tetap bersih. Untuk saran, jangan terlalu lama memandikan kucing, pilih shampoo yang tepat, dan handuk untuk membantu mengeringkan tubuh mereka.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas