home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat
08 Mei 2021 05:43

10 Kebiasaan Untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada March 19, 2021

Meski berukuran kecil, ginjal memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Ginjal berfungsi untuk menyaring dan juga membuang zat-zat yang tidak dibutuhkan dalam tubuh. Jika ginjal tak bisa berfungsi dengan baik, maka zat-zat ini akan tersimpan dalam tubuh dan bisa membuat kesehatan terganggu. Makanya penting bagi kita semua untuk melakukan hal yang bisa membuat ginjal tetap sehat. Berikut ini adalah sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal.

10. Rutin Cek Kesehatan

medical check

Kita tidak bisa menilai seseorang dari luar saja. Mungkin dari luar dia terlihat fit, segar, dan sehat, tapi itu kan hanya penampilan luar. Apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh, kita tidak bisa tahu. Bahkan orang tersebut juga belum tentu tahu kondisi kesehatan dalam tubuhnya sendiri. Makanya perlu dilakukan sesuatu untuk mengetahui kondisi kesehatan dalam tubuh.

Satu-satunya cara adalah dengan rutin memeriksakan diri ke dokter. Bukan cuma ketika ada gejala aneh pada tubuh saja kita baru ke dokter, bahkan sebelum ada gejala sebaiknya kita rutin memeriksakan diri. Apabila memang terjadi sesuatu di dalam tubuh, kita bisa mencegah agar tidak semakin bertambah parah.

9. Kontrol Gula Darah

sugar

Mengontrol gula darah juga harus kalian lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Banyak kasus dimana orang mengalami masalah dengan ginjal karena mereka lupa mengecek gula darah mereka. Gula darah tinggi bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Seperti malas olahraga, kelebihan berat badan, diet yang tidak sehat, alkohol, dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Karena kita tidak bisa melihat seberapa tinggi gula darah, maka sebaiknya kita rutin memeriksakan diri ke dokter. Setidaknya satu kali dalam setahun kalian harus mengecek seberapa tinggi gula darah dalam tubuh. Jika ternyata kalian memiliki masalah dengan gula darah, tetap terus mengikuti petunjuk dari dokter untuk menurunkan atau menghilangkan masalah gula darah tersebut.

8. Hati-Hati Dalam Mengkonsumsi Suplemen dan Obat

suplement

Perlu diketahui juga bahwa konsumsi obat dan suplemen juga bisa memberikan pengaruh pada kesehatan ginjal. Pertama perlu diperjelas bahwa suplemen berbeda dengan obat. Suplemen adalah nutrisi atau elemen tambahan yang dikonsumsi untuk melengkapi atau menunjang performa tubuh. Kalian bebas mau mengkonsumsi suplemen atau tidak.

Kalau obat adalah hal yang harus dikonsumsi untuk mengobati masalah kesehatan. Jadi obat ini wajib untuk dikonsumsi. Mengkonsumsi obat dan suplemen tidak bisa sembarangan. Kalian perlu yang namanya berkonsultasi pada dokter. Biar nanti dokter yang menentukan dosis yang tepat untuk kalian konsumsi. Sembarangan dan berlebihan mengkonsumsi obat dan suplemen bisa membuat gagal ginjal.

7. Kontrol Asupan Garam

salt

Memang benar bahwa makanan tanpa garam itu rasanya akan datar, tanpa rasa, dan hambar. Makanya setidaknya ditambahkan garam secukupnya untuk menambahkan rasa pada suatu makanan. Perlu diingat bahwa ditambahkan secukupnya, jangan sampai ditambah secara berlebihan karena tidak baik bagi kesehatan.

Anggaplah kalian memasak sendiri makanan kalian dan menambahkan garam secukupnya. Tapi jika kalian pergi ke luar rumah, makan di restoran atau membeli snack di supermarket, makanan-makanan ini juga diolah menggunakan garam. Jadi kalian harus benar-benar menjaga makanan yang kalian makan. Jangan juga anti garam karena garam juga ada manfaat positif untuk tubuh.

6. Cukup Minum Air

water

Soda, alkohol, dan minuman lain selain air putih memang enak. Tapi tetap saja air putih yang paling penting bagi tubuh dan mudah ditemukan dimana saja. Kurang minum air putih tidak hanya membuat seseorang dehidrasi dan pusing saja. Bahkan ginjal pun bisa terdampak kalau kita tidak mencukupi cairan dalam tubuh dengan minum air.

Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan cara minum air. Tidak perlu terlalu banyak, jangan sampai juga kekurangan. Kira-kira 3-4 liter per hari agar tubuh tetap bisa bekerja dengan baik. Terlalu banyak minum bisa membuat perut menjadi kembung dan membuat kalian sering bolak-balik ke wc dan membuat ginjal bekerja ekstra keras untuk membuang zat yang berlebihan di dalam tubuh.

5. Hindari Begadang

begadang

Segala macam alasan yang orang gunakan ketika mereka memilih untuk begadan daripada tidur, sebenarnya tidak dibenarkan. Buat apa kalian kerja keras tapi pada ujungnya jatuh sakit? Tubuh sama seperti mesin, butuh yang namanya istirahat. Apabila kurang istirahat, maka tubuh akan lemas dan mudah sakit.

Sangat dimengerti apabila ada pekerjaan yang harus dikerjakan sesegera mungkin. Tapi coba lihat deadlinenya, apakah sedekat itu sehingga harus melewatkan jam tidur atau tidak. Yang kalian butuhkan adalah manajemen waktu yang baik agar pekerjaan tetap berjalan lancar dan jam tidur kalian tidak terganggu. Tubuh itu butuh minimal istirahat 8 jam setiap hari agar tetap sehat dan segar.

4. Hindari Alkohol dan Rokok

smoking and alcohol

Sangat mengherankan ketika melihat banyak orang begitu suka melakukan suatu hal yang pada nyatanya buruk bagi kesehatan. Tapi ketika melakukan hal yang positif bagi kesehatannya, enggan melakukan. Ambil contoh saja rokok dan alkohol, ada banyak orang di sekitar yang perokok dan juga peminum minuman beralkohol. Jelas bahwa dua hal ini tidak bagus untuk kesehatan.

Untuk rokok saja, sudah banyak penyakit yang ditimbulkan dari menghisap benda kecil satu ini. Bahkan di bungkusnya saja sudah diberi informasi mengenai sejumlah masalah kesehatan yang berpotensi muncul dari merokok. Alkohol pun juga tak kalah berbahaya. Sering minum minuman beralkohol bisa berdampak buruk terutama ginjal dan juga hati.

3. Kontrol Berat Badan

body weight

Kita memang tidak bisa memilih mau terlahir di orang tua seperti apa. Tapi apa yang terjadi selanjutnya, pilihan ada di tangan kita. Misalnya seorang anak terlahir di keluarga yang memiliki latar belakang obesitas. Anak tersebut pastinya akan memiliki gen untuk menuju obesitas. Tapi bukan berarti anak tersebut hanya pasrah.

Membiarkan berat badan naik tak terkontrol justru bisa membahayakan ginjal. Untuk menjaga kesehatan ginjal, maka kita yang harus mengontrol berat badan kita jangan sama overweight atau obesitas. Cara mengontrol berat badan seperti apa? Kalian bisa mengontrolnya dengan cara mengatur makan, istirahat, dan aktif bergerak.

2. Olahraga

workout

Kemunculan beberapa penyakit baru membuat banyak orang mulai sadar bahwa menjaga kesehatan itu penting. Percuma memiliki uang banyak kalau kita sakit. Uang yang sudah dicari dengan susah payah malah harus terbuang untuk mengembalikan kesehatan seperti semula. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga.

Tidak ada patokan pasti mengenai seberapa lama seseorang harus berolahraga. Apalagi mengingat kesibukan orang berbeda-beda. Setidaknya kalian bisa memilih satu jenis olahraga yang kalian suka lalu lakukan secara rutin, itu sudah menjadi salah satu langkah positif untuk menjaga kesehatan tubuh. Tekanan darah dan gula darah tetap terjaga, energi level juga akan meningkat.

1. Lakukan Diet Yang Tepat

diet

Makanan menjadi salah satu hal yang menentukan kondisi kesehatan ginjal seseorang. Memang saat ini sudah semakin banyak restoran yang menyajikan makanan secara cepat dan tentu dengan rasa yang lezat. Tapi lezat dan cepat saja belum tentu itu bagus untuk kesehatan. Kita harus bisa menentukan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Menentukan kombinasi makanan yang tepat bisa membuat ginjal menjadi sehat. Makanan yang kaya serat, protein, dan rendah gula inilah yang sebenarnya bagus untuk ginjal. Maka dari itu jangan pernah takut atau malas ketika melihat sayuran. Sementara protein sendiri bisa kalian dapati dari hewan atau tumbuhan, pilihan ada di tangan kalian.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas