home -> Lainnya -> 10 Penemuan Penting Bagi Umat Manusia
08 Mei 2021 06:07

10 Penemuan Penting Bagi Umat Manusia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada March 16, 2021

Beruntungnya kita memiliki ilmuwan-ilmuwan jenius. Dengan keberadaan para ilmuwan, mereka bisa menciptakan inovasi atau barang yang bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia. Coba bayangkan jika tidak ada mereka, mungkin barang-barang yang kita gunakan sekarang mungkin tidak akan ada dan hidup akan sangat sulit. Membahas penemuan, ada sejumlah penemuan yang dianggap sangat berpengaruh atau penting bagi kehidupan manusia. Jika penemuan ini tidak ada, sulit dibayangkan kehidupan manusia akan menjadi seperti apa.

10. Internet

internet

Tidak perlu sampai mundur beberapa ratus tahun yang lalu untuk mencari tahu penemuan apa yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Cukup simpel internet saja juga menjadi penemuan yang sangat penting untuk sektor teknologi. Apalagi mengingat sekarang hampir semua sektor kegiatan bergantung pada internet.

Dengan adanya internet, proses perpindahan dan pengiriman data, komunikasi jarak dekat atau jauh, multimedia, sosial media, bahkan sampai pembayaran tagihan sekarang sudah menggunakan internet. Kalau tidak ada internet, entah seperti apa semua kegiatan kita itu. Internet pertama kali ditemukan pada tahun 1960an oleh seorang ilmuwan bernama Lawrence Robert. Saat itu namanya bukanlah internet melainkan ARPANET.

9. Komputer

computer

Komputer juga menjadi salah satu penemuan penting dalam sejarah umat manusia. Sekarang ini fungsi komputer sudah jauh berkembang ketimbang komputer versi pertama. Sekarang kita bisa melakukan banyak hal hanya dengan satu komputer. Komputer zaman sekarang bisa digunakan untuk menonton, bermain video games, mendengarkan musik, dan tentu sebagai alat hitung.

Adalah Charles Babbage yang menciptakan konsep komputer pertama kali pada tahun 1837. Charles Babbage adalah seorang ahli matematika asal Inggris yang kemudian diberi julukan Father of the Computer. Komputer ciptaanya hanya bisa digunakan sebagai alat hitung, sangat jauh berbeda dengan komputer zaman sekarang. Dari yang versi itulah komputer terus menerus dikembangkan hingga bisa melakukan berbagai macam hal seperti komputer yang kita kenal sekarang.

8. Lampu

light bulb

Saat siang hari, kegiatan manusia tidak begitu terganggu karena adanya cahaya yang datang dari matahari. Tapi manusia tidak cuma aktif di siang hari saja, melainkan di malam hari juga. Malam hari yang dimana tidak ada matahari, manusia akan mengalami kesulitan karena mata tidak mampu melihat jelas dalam kondisi gelap.

Untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya sudah ada banyak ilmuwan yang berusaha untuk menemukan alat yang bisa memberikan penerangan. Hingga pada tahun 1878, seorang ilmuwan bernama Thomas Alva Edison berhasil menemukan lampu pijar. Lampu pijar buatan Thomas Alva Edison mengungguli lampu lain yang pernah ditemukan pada tahun 1800an oleh penemu lainnya.

7. Telepon

telephone

Manusia itu adalah makhluk sosial, pastinya akan melakukan interaksi dengan orang lain. Kalau orangnya memiliki jarak yang dekat tentu tidak masalah. Tapi kalau jaraknya jauh dan kita harus menyampaikan pesan penting pada orang tersebut, disinilah masalah muncul. Dibutuhkan suatu alat untuk bisa melakukan komunikasi dengan orang yang jaraknya jauh.

Di tahun 1876 akhirnya diciptakan sebuah alat yang bisa menyelesaikan masalah komunikasi yang terpisah oleh jarak yang jauh. Alat tersebut tidak lain adalah telepon. Telepon ditemukan oleh seorang ilmuwan yang bernama Alexander Graham Bell. Atas penemuan telepon listriknya, Bell diberikan penghargaan dan hak paten atas penemuannya tersebut di tahun 1876.

6. Kalender

calendar

Kalender yang kita gunakan sekarang juga termasuk salah satu penemuan penting. Kalau saja tidak ada sistem kalender, mungkin kita akan bingung dalam menentukan tanggal, hari, minggu, bulan, dan tahun. Tidak seperti kalender yang sekarang kita gunakan, kalender yang muncul pada zaman dahulu kala, benar-benar berbeda.

Kalender yang pertama kali dibuat itu berdasarkan fase Bulan. Dibuat sesimpel itu karena tujuannya hanya untuk menghitung sudah berapa lama hari yang sudah kita lewatkan. Semakin waktu dan ilmu pengetahuan berkembang, sistem kalender ini memiliki banyak kelemahan. Hingga akhirnya tiba pada zaman Romawi kuno, dibuatlah sistem kalender baru yang dibuat oleh Julius Caesar. Julius Caesar menentukan apa itu bulan serta tahun disesuaikan dengan kondisi. Inilah yang kemudian disebut dengan Julian calender.

Meski ada beberapa kelemahan, sistem kalender yang kita gunakan sedikit banyak berdasarkan dari Julian kalender. Lalu kekurangan kalender Julian diperbaiki oleh Gregory XIII di tahun 1582.

5. Jam

clock

Kalau saja era sekarang tidak ada yang namanya jam, kira-kira apa yang akan terjadi pada umat manusia? Untuk mengukur dan mengetahui waktu, dibuatlah sebuah alat ukur yang dinamakan jam. Dengan jam, kita jadi bisa mengetahui detail tentang detik, menit, serta jam. Siapakah orang yang berjasa menciptakan alat ini?

Jam muncul pada tahun 2000 BC dan diciptakan oleh bangsa Sumeria. Tolak ukurnya sudah ditentukan 60 detik itu setara 1 menit dan 60 menit setara 1 jam. Jam mekanik pertama dibuat dengan memanfaatkan tenaga air untuk mentransfer energi rotasi menjadi gerakan. Jam ini diciptakan di Yunani pada abad 3 BC. Pada abad 10 AD, insinyur Cina menciptakan jam yang menggunakan tenaga merkuri. Lalu bangsa Arab menciptakan jam yang digerakan dengan gear dan berat pada abad 11.

Perubahan ini terus terjadi seiring waktu dan teknologi semakin berkembang untuk menciptakan jam yang benar-benar bisa mendukung kehidupan manusia.

4. Mesin Cetak

the printing press

Pada zaman dulu pun sudah ada yang namanya surat kabar. Surat kabar dibuat dan dijual agar bisa menyebarkan berita pada orang banyak. Tentu akan sangat melelahkan apabila membuat surat kabar begitu banyak dengan tenaga manusia. Beruntung pada saat itu diciptakan sebuah alat yang disebut mesin cetak. Mesin cetak membantu meringankan pekerjaan manusia, manusia tidak perlu lagi membuang tenaga dan waktu untuk membuat sekian banyak surat kabar.

Orang yang menciptakan mesin cetak ini adalah Johannes Gutenberg asal Jerman. Gutenberg menciptakan mesin cetak pertama kali pada tahun 1440. Sebelumnya memang sudah ada beberapa mesin cetak yang diciptakan oleh Cina dan Korea, tapi hanya versi Gutenberg yang dianggap paling unggul karena mesinnya mampu mentransfer tinta yang dibuat dari minyak biji rami dan jelaga lalu dipindahkan ke kertas.

3. Roda

wheel

Peran roda jelas sangat penting bagi kehidupan manusia. Roda tidak hanya digunakan di kendaraan tapi berbagai hal lain. Kalau saja kendaraan tidak memiliki roda, bagaimana bisa kita berpindah tempat? Atau kalau saja bentuk roda tidak seperti sekarang, mungkin bisa berbentuk kotak atau apa, jelas akan terlihat aneh dan kegiatan kita menjadi sulit diselesaikan.

Kemunculan roda diperkirakan terjadi pada 3500 BC. Sebelum ditemukannya roda, manusia mengalami kendala ketika harus berpindah ke tempat lain dan juga memindahkan barang. Lalu diciptakanlah sebuah benda yang bagian tengahnya dilubangi untuk menjadi poros dan di bagian pinggirnya dibuat melingkar. Kemudian, disebutlah benda tersebut sebagai roda dan digunakan untuk membantu meringankan pekerjaan manusia.

2. Paku

nail

Untuk membuat bangunan bisa berdiri kokoh ternyata membutuhkan banyak hal. Salah satunya adalah benda yang disebut dengan paku. Paku umumnya dibuat dengan menggunakan bahan logam, memiliki ujung mengecil, panjang, runcing, dan di bagian pangkalnya dibuat ada lingkarang untuk area dipukul.

Paku diperkirakan ditemukan pada zaman Romawi kuno, ketika manusia sudah menemukan dan berhasil membentuk logam. Jauh sebelum ditemukan paku, manusia pada masa itu menggunakan kayu yang dimana kayu tidak sekuat logam. Mesin pembuat paku baru ditemukan antara tahun 1790an dan awal 1800. Dan hingga kini, mesin pembuat paku semakin berkembang dan canggih.

1. Kompas

compass

Jika saja kompas tidak pernah ditemukan, mungkin kita akan bermasalah setiap kali bepergian jauh. Apalagi jika mereka yang bekerja sebagai nelayan, pilot, atau pendaki gunung, kemungkinan besar mereka akan tersesat bila tidak menggunakan kompas. Maka dari itu kompas menjadi salah satu inovasi atau penemuan yang sangat krusial bagi kehidupan manusia.

Di zaman dulu ketika kompas masih belum ditemukan, orang-orang mengandalkan yang namanya bintang. Hal ini efektif apabila di malam hari, tapi di siang hari tidak mungkin bintang bisa terlihat. Kompas pertama diciptakan pada abad ke 9 dan 11 oleh orang Cina. Tapi bentuknya tidak langsung seperti yang tampak pada kompas sekarang. Kompas tersebut terbuat dari batu magnet, biji besi yang memiliki daya magnet secara alami.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas