home -> Lifestyle -> 10 Alasan Kenapa Massa Otot Tidak Naik
17 Juni 2021 05:20

10 Alasan Kenapa Massa Otot Tidak Naik

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada March 10, 2021

Banyak orang salah mengerti dengan defini menaikan berat badan. Banyak di antara mereka yang mengira asal berat badan naik, maka tujuan tercapai. Yang perlu dinaikan itu sebenarnya adalah massa otot. Kalau hanya berat badan saja, itu bisa berat lemak, tulang, dan juga massa air di dalam tubuh. Untuk menaikan massa otot diperlukan aktivitas mengangkat beban atau yang orang sekarang sebut sebagai latihan fitness atau ngegym. Karena dengan mengangkat beban yang berat, maka otot bisa rusak dan bisa berkembang lebih kuat dengan istirahat dan juga makanan yang tepat. Tapi membangun atau meningkatkan massa otot tidaklah semudah yang dibayangkan. Banyak orang yang merasa sudah melakukan olahraga keras tapi masih tidak kunjung naik massa ototnya. Inilah sejumlah alasan kenapa massa otot tidak kunjung naik.

10. Tidak Cukup Makan

not eating enough

Makan menjadi salah satu unsur penting yang bisa membantu perkembangan otot. Ada yang namanya pre workout dan post workout. Pre workout adalah makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga. Sedangkan post workout adalah makanan yang dikonsumsi setelah berolahraga. Kalau kedua hal ini dilupakan, sulit otot untuk berkembang.

Banyak orang mungkin beranggapan bahwa buat apa makan setelah olahraga, jadi sia-sia semua olahraga yang sudah dilakukan. Makan setelah olahraga itu penting untuk membantu pemulihan otot. Tinggal kalian menentukan makanan apa yang musti dikonsumsi. Di saat setelah olahraga inilah tubuh butuh nutrisi karena akan cepat diserap. Makanya disarankan untuk makan makanan yang bergizi seperti karbohidrat, protein, dan serat.

9. Menggunakan Beban Terlalu Ringan

light weight

Aktivitas angkat beban memang menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan massa otot. Karena pada saat momen inilah otot akan dirusak lalu dipulihkan lagi melalui makanan yang dikonsumsi dan juga istirahat. Yang menjadi masalah adalah seberapa berat beban yang harus diangkat untuk bisa meningkatkan massa otot ini.

Mengangkat beban yang terlalu ringan tidak akan berdampak apa-apa pada otot. Yang harus dilakukan adalah menggunakan beban dengan berat sedang sampai berat. Otot hanya bisa berkembang apabila dilatih menggunakan beban yang sedang sampai berat. Kalau menggunakan beban biasa, tidak ada alasan bagi otot untuk memperkuat dirinya sendiri.

8. Tidak Ada Variasi Latihan

variasi

Rajin ke tempat fitness atau ngegym saja belum tentu bisa membuat massa otot bertambah. Penyebab kegagalan ini kebanyakan terletak pada jenis latihan yang dilakukan. Melakukan latihan yang satu jenis saja tidak akan efektif. Satu jenis latihan hanya akan sanggup membawa sampai titik tertentu lalu berhenti sampai disana.

Yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan sejumlah variasi latihan. Ada banyak otot yang kita miliki, misal seperti bahu, dada, kaki, back, lengan, dan perut. Masing-masing otot tersebut memiliki banyak variasi latihan. Kombinasikan latihan dari masing-masing otot untuk bisa meningkatkan massa otot. Kalau hanya melakukan latihan yang sama secara terus menerus, otot akan terbiasa dan tidak akan berkembang.

7. Teknik Latihan Salah

bad form

Mereka yang baru memulai latihan fitness disarankan untuk didampingi oleh pelatih. Hal ini bertujuan agar mereka bisa mendapatkan dasar latihan yang penting. Salah satunya adalah teknik latihan. Karena apabila kalian sering angkat beban tapi menggunakan teknik yang salah, maka bukan otot yang akan dilatih tapi malah bisa cidera.

Masing-masing latihan menargetkan otot tertentu apabila dilakukan dengan teknik yang benar. Teknik yang salah justru malah membuat target otot yang dilatih tidak tercapai dan malah bisa memperbesar kemungkinan cidera ketika kalian menambah beban. Utamakan teknik latihan daripada seberapa berat beban yang diangkat karena teknik lebih penting dari pada ego mengangkat beban berat.

6. Latihan Kurang Keras

hardwork

Menaikan massa otot ke target yang dibuat tidaklah semudah yang dibayangkan. Jika ada yang mengatakan bahwa memiliki badan bagus dan sixpack itu mudah, kenapa tidak semua orang memiliki badan yang bagus? Membentuk badan dan menaikan massa otot itu perlu latihan yang keras, ini yang sering membuat orang gagal di tengah jalan.

Kalian perlu melakukan latihan keras untuk bisa menaikan massa otot. Rutin ke tempat gym dan mengangkat beban yang ideal untuk membentuk otot. Bahkan dengan melakukan latihan yang sangat keras pun, hasilnya belum tentu terlihat dalam satu sampai dua minggu. Perlu diingat kembali bahwa melakukan gaya hidup sehat selama sebulan belum tentu bisa mengganti gaya hidup bebas yang telah kalian lakukan selama bertahun-tahun.

5. Penggunaan Suplemen Tak Maksimal

suplemen

Ketika baru mulai gaya hidup sehat dengan rutin latihan fitness, yang biasanya di awal akan kalian temui adalah sejumlah orang yang menawarkan suplemen. Membeli dan menggunakan suplemen itu tidak bisa sembarangan. Kalau kalian tidak bisa memaksimalkan latihan, maka suplemen semahal apapun yang kalian beli tak akan berguna.

Bagi mereka yang baru mulai ngegym, yang terlebih dahulu dilakukan adalah menentukan menu latihan, memperbaiki teknik, mencari tahu cara menggunakan alat di tempat gym, dan memperbaiki diet. Setelah kalian melakukan itu semua, barulah kalian boleh mengkonsumsi suplemen. Perlu diingat bahwa yang terpenting itu adalah makanan yang dimakan setiap hari. Jangan jadikan suplemen sebagai menu utama, suplemen itu hanya alat bantu untuk mencapai target berat badan yang kalian inginkan.

4. Terlalu Sering Kardio

cardio

Apakah kalian sudah lama latihan angkat beban tapi berat badan tak kunjung naik? Kalau iya, coba cek menu latihan kalian. Apakah kalian ada memasukan menu kardio yang terlalu banyak pada menu latihan atau tidak. Melakukan kardio memang penting untuk membakar lemak, tapi kalau dilakukan secara berlebihan justru bisa membuat massa otot berkurang.

Massa otot bisa turun apabila terus menerus melakukan kardio. Apalagi jika kalian tak imbangi dengan banyak makan, makin cepat massa otot kalian turun. Apalagi untuk orang dengan tipe badan ectomorph. Orang bertipe ectomorph lebih memerlukan latihan angkat beban yang banyak ketimbang melakukan kardio.

3. Lupa Istirahat

not enough rest

Latihan keras dan diet saja tak cukup untuk membuat massa otot naik. Satu hal yang orang sering lupakan adalah istirahat. Tubuh perlu istirahat memulihkan diri setelah dipaksa kerja keras dan olahraga. Bahkan mesin pun butuh istirahat, kalau tidak mesin akan overheat lalu rusak. Untuk mereka yang ingin menaikan massa otot, istirahat harus dicukupi.

Sebisa mungkin hindari yang namanya begadang. Karena di malam hari ini, tubuh harus istirahat untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Termasuk juga otot yang akan diperbaiki, tentu setelah diberikan nutrisi dari makanan yang dimakan. Usahakan untuk mendapatkan tidur malam selama 7-8 jam dengan kualitas yang baik pula.

2. Kurang Protein

not enough protein

Asal makan saja ternyata tidak bisa membuat massa otot meningkat. Ada satu makro nutrisi yang perlu kalian penuhi kebutuhannya untuk bisa menaikkan massa otot. Nutrisi yang dimaksud adalah protein. Untuk mereka yang ingin menaikan massa otot harus mengkonsumsi protein yang dalam jumlah besar.

Untuk orang dewasa, kalian setidaknya membutuhkan 10% dari jumlah kalori yang masuk ke tubuh setiap harinya. Atau sekitar 0,8 gram protein per kilogram berat tubuh Anda. Jadi kalian bisa hitung sendiri seberapa banyak protein yang musti dikonsumsi. Makanan mengandung protein bisa didapat dari daging ayam, sapi, telur, kacang kedelai, dan susu.

1. Inkonsisten

inconsistency

Sebuah candi tidak bisa dibuat dalam waktu semalam, menaikan massa otot tidak bisa dilakukan hanya melakukan satu sampai dua kali latihan di gym. Satu hari latihan, tiga hari libur, tidak bisa seperti itu. Inkonsistensi latihan ini yang membuat orang semakin lama mencapai berat badan yang diinginkan. Latihan, diet, serta istirahat itu perlu dilakukan secara bersamaan.

Kondisi tubuh yang seperti sekarang dibentuk secara bertahun-tahun. Latihan keras di gym, diet, dan istirahat yang cuma dilakukan dalam beberapa bulan belum tentu bisa membentuk tubuh yang diingkan. Tetap bolong-bolong dalam melakukan latihan, jangan lewatkan diet, serta jangan begadang setiap malam apabila ingin massa otot naik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas