home -> Lifestyle -> 10 Tips Liburan Aman Di Masa Pandemi
16 Mei 2021 19:51

10 Tips Liburan Aman Di Masa Pandemi

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada February 26, 2021

Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia memang sangat menyebalkan. Semua kegiatan normal menjadi sulit dilakukan. Termasuk salah satunya adalah traveling. Padahal melakukan traveling menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Memang beberapa negara masih ada yang menerapkan pembatasan masuk alias lockdown, tapi ada beberapa negara yang mulai membuka perbatasannya dengan sejumlah aturan yang ketat. Bagi kalian yang ingin liburan di masa pandemi ini, ada sejumlah tips aman yang harus kalian ikuti agar tetap aman. Apa saja tipsnya?

10. Melakukan Tes Kesehatan Sebelum Terbang

tes kesehatan

Karena kemunculan virus Corona ini, melakukan perjalanan jauh ke luar negeri sudah jauh berbeda dibandingkan dahulu. Kalau pada saat semua masih normal, liburan tinggal liburan. Tak perlu memusingkan apa-apa. Kalau sekarang, kesehatan harus dicek terlebih dahulu sebelum bepergian. Kalau sedang tidak sehat, tidak diizinkan melakukan perjalanan.

Selama masa pandemi ini, banyak negara yang memberlakukan aturan ketat mengenai siapa saja yang ingin masuk ke negara mereka. Salah satu aturannya adalah dengan melakukan tes kesehatan yakni swab test. Apabila orang sudah melakukan swab test dan bisa menunjukan surat keterangan sehat, maka baru bisa diizinkan masuk ke negara tersebut.

9. Bawa Pulang Makanan

take away

Melakukan liburan ke luar negeri setelah sekian lama diam di rumah tentu sangat menyenangkan. Mengunjungi ke negara yang diinginkan bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres akibat kondisi yang memprihatinkan seperti sekarang. Kalau sudah di luar negeri, tidak mungkin kalau kita tidak makan bukan?

Karena kondisi masih belum sepenuhnya aman, makan di tempat atau makan langsung di restoran bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Bagus kalau kondisi restoran sepi, tapi bagaimana kalau tidak? Pilihan terbaik untuk tetap bisa mengisi perut yang lapar adalah dengan menggunakan sistem take away atau bawa pulang makanan yang sudah dibeli.

8. Pastikan Tempat Menginap Sudah Steril

hotel steril

Merencanakan liburan tidak mungkin tidak sekalian dengan tempat menginap atau hotel. Memilih tempat menginap sangat penting dilakukan agar kalian bisa beristirahat dengan tenang untuk mengisi tenaga setelah seharian jalan-jalan. Sebisa mungkin bukan cuma nyaman yang dicari tapi juga steril.

Mengingat masa pandemi masih belum dipastikan kapan selesainya, lebih baik berhati-hati dalam mau melakukan sesuatu. Memilih hotel yang tepat juga menjadi penentu kalian bisa tetap sehat atau tidak dalam melakukan liburan. Beruntung sekarang sudah banyak pihak hotel yang selalu memastikan kamar hotelnya disteril terlebih dahulu sebelum digunakan. Kalau hotel tidak bisa memastikan kamarnya bersih, lebih baik cari tempat menginap yang lain.

7. Hindari Menyentuh Wajah Dengan Tangan Yang Kotor

touching face

Kebanyakan dari kita memiliki kebiasaan untuk menyentuh wajah dengan menggunakan tangan. Menjadi hal yang wajar apabila wajah merasa gatal lalu kita ingin menyentuh wajah. Namun ada juga momen dimana secara tak sadar kita ingin menyentuh wajah dengan tangan. Untuk kali ini, lebih baik urungkan niat tersebut.

Sebisa mungkin untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan. Hal ini bisa memperkecil kemungkinan kita untuk tertular Covid-19. Apabila memang ingin menyentuh wajah, lebih baik menggunakan kain atau tissue bersih. Atau kalian bisa mencari dimana tempat cuci tangan dan cuci tangan dengan sabun sampai bersih baru sentuh wajah.

6. Rajin Cuci Tangan

washing hands

Kunci utama agar tidak tertular virus Corona dan masalah kesehatan lain adalah dengan mencuci tangan. Tidak perlu di zaman sekarang, dari dulu semestinya kita sudah menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan. Cuci tangan pun harus dilakukan dengan benar menggunakan sabun dan membilasnya dengan air bersih.

Biasakan mencuci tangan sebelum melakukan sesuatu hal. Misalnya sebelum dan sesudah makan, kita harus mencuci tangan menggunakan sabun sampai bersih. Di saat bepergian, selalu cari tahu dimana spot cuci tangan. Kalau perlu gunakan sabun yang kalian beli dan bawa sendiri. Bisa gunakan sabun anti bakteri kalau kalian memang memerlukannya.

5. Hindari Tempat Yang Ramai

crowded place

Penyakit Covid-19 ini menyebar melalui droplet atau cairan yang keluar entah itu dari mulut atau hidung seseorang yang positif Covid-19. Ketika kita bepergian, mungkin kita dalam kondisi yang sehat, tapi kita tidak pernah tahu orang yang kita temui apakah memiliki kondisi yang sehat atau sedang sakit namun tidak memiliki gejala.

Agar liburan tetap aman, lebih baik kalian pilih-pilih area mana saja yang ingin kalian kunjungi. Apabila area yang kalian kunjungi ternyata banyak kerumunan orang atau ramai, lebih baik cari opsi lain. Semakin ramai tempat tersebut, tentu kontak terhadap orang yang mungkin sakit akan semakin besar. Jika sudah demikian, semakin besar juga kemungkinan kalian tertular.

4. Rental Mobil

rental car

Terbentur dengan masalah budget atau tidak, menggunakan transportasi umum di negara lain memiliki biaya yang lebih murah. Kalian memang bisa menggunakan taksi untuk langsung bisa menuju tempat tujuan, tapi itu akan memakan biaya. Opsi lain yang bisa digunakan adalah menyewa kendaraan. Bisa motor atau mobil.

Apalagi mengingat di masa-masa seperti sekarang. Melakukan perjalanan liburan ke luar negeri saja sudah beresiko, jangan kalian tambah resikonya dengan naik tranportasi umum. Naik transportasi umum memang murah, tapi kalian bisa melakukan kontak dengan orang yang tak kalian ketahui catatan kesehatannya. Lebih baik kalian cari sewa kendaraan yang murah dan tentu saja yang bersih.

3. Gunakan Masker

mask

Sejumlah kebiasaan baru mau tidak mau harus dilakukan demi mencegah tertular penyakit. Salah satu kebiasaan baru tersebut adalah menggunakan masker. Tidak sembarangan masker bisa kalian pakai, yang dianjurkan adalah masker yang biasa dipakai oleh dokter bedah. Gunakan masker tersebut kemana pun kalian mau pergi.

Fungsi masker ini adalah untuk menghindari droplet dari mulut atau hidung kita keluar mengenai orang di sekitar. Selain itu, masker ini juga bisa memperkecil kemungkinan debu dan droplet dari orang lain langsung masuk ke hidung. Masker ini juga bisa menjadi tameng untuk mereka yang sering menyentuh wajah menggunakan tangan. Jika masker sudah dipakai, buang ke tempat sampah, jangan gunakan masker yang sama lebih dari satu hari.

2. Selalu Membawa Hand Sanitizer

hand sanitizer

Semenjak pandemi ini muncul, banyak orang menjadi perduli dengan kesehatan. Yang tadinya cuek, malas cuci tangan, malas pakai masker, sekarang banyak orang selalu menggunakan masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan. Tapi masalah cuci tangan ini cukup rumit. Tidak semua tempat memiliki wastafel dan sabun untuk mencuci tangan.

Disinilah peran hand sanitizer muncul. Hand sanitizer muncul bagi mereka yang sering bepergian dan sulit menemukan tempat untuk cuci tangan. Handi sanitizer diyakini efektif untuk membunuh bakteri jahat yang bisa membawa penyakit. Meski keefektifannya dalam membunuh virus Corona masih dipertanyakan, setidaknya menyediakan hand sanitizer di saku atau tas lebih baik daripada tidak sama sekali.

1. Cek Kondisi Negara Tujuan

cek negara

Pada masa normal atau tidak, kita harus membuat rencana setiap kali mau melakukan liburan ke luar negeri. Mulai dari negara dan kota mana yang ingin dituju. Di masa pandemi pun juga kita tetap harus melakukan hal yang sama. Hanya saja kita perlu menambahkan beberapa poin penting lain sebagai bahan pertimbangan.

Ada sejumlah negara yang masih melarang adanya wisatawan asing masuk. Kalau sudah demikian, kita mau tidak mau harus mengalihkan pilihan ke negara lain. Kita juga harus mempertimbangkan seberapa besar atau banyak kasus Covid-19 di negara tersebut. Kalau terlalu tinggi, ganti lagi ke pilihan yang lain.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas