home -> Lifestyle -> 10 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Sebelum Tidur
16 Mei 2021 19:19

10 Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Sebelum Tidur

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada February 15, 2021

Cepat atau susahnya kalian untuk tidur bisa bergantung dari banyak hal. Salah satunya adalah dari apa yang kalian makan sebelum tidur. Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak kalian makan apabila ingin cepat tidur. Tentu kalian tidak ingin waktu istirahat kalian terganggu atau kurang tidur sehingga pagi hari badan terasa capek dan masih ngantuk. Berikut ini adalah 10 makanan yang sebaiknya kalian hindari apabila kalian tidak ingin mengalami insomnia atau susah tidur. Tentu yang memang sudah mengalami masalah susah tidur disarankan untuk tidak menambah masalah dengan mengkonsumsi makanan ini.

10. Makanan Tinggi Lemak

fatty foods

Makanan berlemak memang sangat enak. Makanan berlemak bukan cuma dari makanan yang diolah dengan cara digoreng tapi juga makanan cepat saji. Makanan cepat saji pun kebanyakan dimasak dengan cara digoreng. Kentang goreng, pizza, hamburger, dan juga daging merah memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

Jika kalian ingin cepat istirahat dan mendapatkan kualitas tidur yang baik, makanan berlemak ini seharusnya dihindari. Hal ini jelas akan sangat sulit mengingat makanan yang sudah disebutkan di atas merupakan makanan yang memiliki rasa lezat yang sulit ditahan. Ditambah dengan saus tomat atau sambal, tidur cepat semakin sulit untuk diraih.

9. Makanan Diuretik

diuretic foods

Diuretik merupakan sebuah zat yang bisa mendorong tubuh untuk membuang air dari dalam sistem. Mengkonsumsi makanan diuretik efeknya bisa membuat seseorang menjadi bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil. Jelas ini akan sangat mengganggu apabila di saat sudah enak di tempat tidur tapi harus ke toilet untuk buang air.

Makanan yang termasuk dalam makanan diuretik seperti celery, wortel, ketimun, jahe, semangka, dan alkohol. Jadi mungkin sejak sekarang kalian bisa menghindari makanan diuretik di malam hari apabila tak ingin terganggu dengan buang air kecil. Mungkin bukan sebelum tidur, bisa juga saat sudah tertidur kalian dipaksa bangun karena harus buang air kecil, siapa yang tahu.

8. Es Krim

ice cream

Makan malam akan terasa sempurna apabila ditutup dengan dessert. Salah satu makanan dessert yang paling diminati adalah es krim. Es krim memiliki warna menarik, manis, dan bisa divariasikan dengan makanan lainnya. Dibalik rasa enaknya, es krim ternyata bisa membuat kalian susah tidur dan tentunya menambah berat badan.

Gula memiliki efek yang bisa membuat tubuh tetap terjaga. Kenapa? Itu karena es krim dan makanan yang diolah dari susu, memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi. Gula saja bisa membuat kalian susah tidur, ini ditambah lagi dengan lemak. Meski sangat sulit untuk dijauhi, tapi sebaiknya kalian berpikir ulang apabila kalian ingin tidur cepat dan sedang dalam masa diet.

7. Saus Tomat

tomato sauce

Warna merah terbukti bisa membuat suatu hal menjadi lebih menarik dari biasanya. Apalagi jika di makanan, warna merah bisa membuat makanan menjadi menarik dan menambah nafsu makan. Warna merah bukan cuma bisa didapat dari makanan pedas saja tapi juga bisa didapat dari saus tomat. Dan sayangnya, saus tomat juga termasuk makanan yang sebaiknya kalian hindari di malam hari.

Saus tomat mengandung asam yang sangat tinggi. Level keasaman yang tinggi ini bisa membuat tubuh menjadi terjaga di malam hari. Butuh waktu lama bagi tubuh untuk bisa rileks apabila makan malam dengan menggunakan saus tomat. Setidaknya butuh waktu minimal 3 jam bagi tubuh dari makan makanan ditambah saus tomat baru bisa tidur.

6. Pasta

pasta

Karbohidrat memang menjadi salah satu nutrisi yang penting karena bisa memberikan tenaga. Makanan yang mengandung karbohidrat pun ada banyak. Selain nasi, karbohidrat juga bisa diperoleh dari pasta. Jelas pasta lebih menarik karena jenis-jenis pasta sendiri ada banyak sekali. Jadi bisa ada banyak variasi yang bisa dicoba.

Untuk makan siang, pasta memang tidak masalah. Tapi untuk makan malam, pasta tidaklah cocok. Pasta mengandung karbohidrat dan karbohidrat sama seperti gula dimana bisa membuat tubuh susah tidur. Ditambah lagi pasta bisa disimpan menjadi lemak apabila kalian mengkonsumsinya di malam hari. Kalau ingin mengkonsumsi pasta, kalian bisa mencari pasta yang dibuat dari bahan karbohidrat komplek seperti gandum.

5. Alkohol

alcohol

Mungkin kalian mengira bahwa alkohol bisa membantu seseorang untuk lebih cepat tidur. Anggapan ini mungkin didapat karena melihat banyak orang yang bisa langsung terkapar di tempat tidur setelah minum alkohol dalam jumlah yang banyak. Kenyataan yang terjadi ternyata tidak seperti itu. Alkohol mungkin bisa membantu seseorang cepat tidur, tapi kualitas tidurnya yang menjadi pertanyaan.

Alkohol memang bisa menciptakan rasa kantuk yang sangat kuat. Orang mana yang bisa bertahan apabila rasa kantuk ini sudah muncul, pasti akan langsung tidur jika menemukan tempat yang nyaman. Tapi, kualitas tidur yang didapat karena minuman beralkohol tidaklah bagus. Alkohol justru dapat mengganggu yang namanya REM. Makanya banyak orang yang bangun tidur merasakan sakit kepala setelah malamnya menenggak alkohol.

4. Minuman Bersoda

soda drink

Jika alkohol ternyata tidak bagus dikonsumsi di malam hari, bukan berarti kalian mencari pembenaran dengan minum minuman soda saja. Minuman bersoda dengan alkohol memiliki efek yang buruk untuk kualitas tidur. Oleh karena itu tidak disarankan untuk minum minuman bersoda di malam hari.

Mau diberi label zero sugar, minuman soda tetap mengandung gula. Gula ini yang bisa membuat seseorang tetap terjaga di malam hari. Memaksa tidur setelah minum minuman yang mengandung gula bisa berdampak dengan naiknya berat badan. Dan lagi akan susah tidur apabila perut kembung dikarenakan soda.

3. Daging Merah

red meat

Daging merah memang bagus dikonsumsi karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Mendengar protein, tentu akan langsung menarik perhatian mereka yang tergila-gila dengan fitness. Protein menjadi makanan utama untuk pemulihan dan perkembangan otot. Meski bagus, ada efek negatif yang diberikan oelh daging merah. Efek tersebut adalah membuat tidur menjadi sulit.

Semua daging yang berwarna merah mengandung protein yang sangat tinggi. Protein tinggi ini memerlukan waktu lebih untuk dicerna. Makanya ketika seseorang sudah mengkonsumsi daging merah, tubuh masih aktif dan tidak mau diajak untuk istirahat. Untuk tetap bisa mendapatkan protein bisa dialihkan ke makanan lain seperti telur dan tempe atau juga makan satu atau dua jam lebih awal sebelum tidur.

2. Kafein

caffeine

Para pecinta kopi pastinya sudah sadar bahwa minuman favorit mereka merupakan minuman yang bisa membuat tubuh terjaga sepanjang waktu. Mereka yang dipaksa begadang di malam hari untuk mengerjakan tugas sekolah atau kantor juga akan butuh kopi sebagai sahabat untuk menemani waktu malam yang indah.

Dalam kopi terkandung zat yang dinamakan kafein. Kafein inilah yang membuat tubuh bisa menjadi terjaga. Kafein dapat membuat jantung berdetak lebih kencang dan meningkatkan metabolisme. Bagus sebagai energi booster, kopi justru berbahaya dikonsumsi di malam hari apabila kalian berada di kondisi sangat capek dan butuh istirahat.

1. Makanan Pedas

spicy food

Sudah dijelaskan di atas bahwa makanan yang berwarna merah sangat menarik dilihat dan menggugah selera. Warna merah ini bukan cuma bisa dibuat dengan bantuan saus tomat tapi tentunya dengan cabai. Cabai, paprika, dan makanan merah lain yang memiliki rasa pedas. Sudah demikian, makin susah untuk menahan diri untuk tidak memakan makanan pedas tersebut.

Sudah menjadi hal yang diketahui umum bahwa makanan pedas adalah masalah utama seseorang menjadi sulit tidur. Makanan pedas bisa membuat suhu tubuh meningkat. Padahal untuk istirahat, tubuh harus menurunkan suhunya untuk bisa istirahat. Belum lagi ditambah dengan masalah perut yang ditimbulkan akibat makanan pedas.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas