home -> Entertainment -> 10 Anime Genre Olahraga Yang Musti Kalian Tonton
08 Mei 2021 05:45

10 Anime Genre Olahraga Yang Musti Kalian Tonton

Oleh serba_tahu dalam Entertainment pada January 22, 2021

Anime Jepang memang menarik diikuti, apalagi yang memiliki genre atau tema sport/olahraga. Anime bergenre olahraga tidak cuma menghadirkan jalan cerita yang seru dan menegangkan, tayangan ini juga memberikan semangat pada penontonnya untuk tidak mudah menyerah. Tidak hanya dalam bidang olahraga saja, melainkan dalam bidang apapun untuk selalu bekerja keras dan jangan mudah menyerah. Setidaknya ada 10 anime bergenre sport/olahraga yang menarik atau layak untuk ditonton. Berikut daftarnya.

10. Ace of Diamond

ace of diamond

Orang-orang boleh saja berdebat tentang olahraga mana yang paling populer. Biasanya kalau tidak sepakbola ya basket. Tapi kalau berbicara soal Jepang, olahraga yang paling populer bukanlah dua olahraga itu. Yang terpopuler ternyata adalah baseball. Dan tentu saja ada anime yang menceritakan serunya olahraga baseball yaitu Ace of Diamonds.

Ace of Diamonds menceritakan kisah Eijun Sawamura. Di baseball, posisi andalannya adalah sebagai pitcher atau pelempar bola. Kemampuan Eijun sebagai pitcher ternyata menarik minat pencari bakat dari sekolah Seidou High. Di sekolah tersebut, Eijun mendapat beasiswa dan masuk ke dalam tim baseballnya. Eijun berlatih keras untuk bisa masuk ke level nasional dan menjadi pemain baseball profesional.

9. Eyeshield 21

Eyeshield 21

Olahraga yang mengandalkan fisik kuat dan kecepatan seperti American Football ternyata sangat menarik untuk disimak. Bila tidak mengerti tentang apa itu American Football, kalian bisa belajar dari anime Eyeshield 21. Kalian bisa belajar tentang American Football dari 0 dari anime yang dibuat dari manga karya Riichiro Inagaki dan Yusuke Murata.

Cerita dimulai dari Sena Kobayakawa yang memiliki minat di olahraga American Football. Sena memiliki kemampuan lari yang luar biasa cepat karena ia selalu berusaha melarikan dari orang yang sering membullynya. Sampailah kemampuan larinya ini diliaht oleh kapten American Football bernama Hiruma. Apabila ingin menjadi pemain American Football yang hebat, Sena harus menerima latihan super keras dari pelatih dan juga sang kapten.

8. Slam Dunk

slam dunk

Karena sepakbola dan basket merupakan 2 olahraga yang sangat terkenal di dunia, tidak mungkin jika tidak dibuat dalam manga. Jika sudah dibuat versi manga, maka hanya tinggal menunggu waktu hingga diangkat menjadi anime. Untuk olahraga basket, anime yang musti kalian tonton tentu saja adalah Slam Dunk. Anime ini sangat populer tidak hanya pada zaman 90an tapi sampai sekarang juga masih jadi bahan pembicaraan. Apalagi ada rencana untuk melanjutkan anime tersebut.

Menceritakan perjalanan Hanamichi Sakuragi untuk menjadi pemain basket profesional. Hanamichi sebenarnya hanya anak berandalan tukang pembuat masalah. Kelebihannya saat itu hanya 2 yaitu memiliki tinggi badan yang menjulang dan lompatannya yang sangat tinggi. Hanamichi yang awalnya bermain basket untuk mendekati Haruko Akagi, ternyata menyadari bahwa basket adalah olahraga yang sangat ia sukai. Ditambah lagi dengan usahanya untuk bisa mengalahkan rekan satu timnya sendiri yaitu Kaede Rukawa.

7. Ping Pong The Animation

ping pong the animation

Sesuai dengan judulnya, Ping Pong The Animation adalah anime bergenre sport yang membicarakan tentang ping pong atau tenis meja. Olahraga sederhana yang dimana hanya butuh minimal 2 orang untuk memainkannya. Anime diangkat dari manga buatan Taiyo Matsumoto yang dibuat pada tahun 1996 sampai 1997. Animenya sendiri tayang di tahun 2014 sedangkan live action tayang pada tahun 2002.

Cerita dimulai dari 2 orang siswa SMP bernama Peco dan Smile. Mereka berdua sudah berteman sejak kecil dan sama-sama memiliki bakat di olahraga tenis meja. Peco yang menderita kekalahan melawan seorang pelajar asal Cina, memutuskan untuk berhenti berlatih tenis meja. Di sisi lain, Smile yang ingin berkembang dan ingin mengalahkan Peco justru menemui rintangan besar yakni dirinya sendiri. Kepribadian Smile yang membuat dirinya selalu kalah dari Peco. Hingga akhirnya ada seorang pelatih yang melihat potensi dari Smile dan berusaha memotivasinya untuk bisa maju berkembang,

6. Prince Of Tennis

prince of tennis

Setelah tadi dibahas mengenai Ping Pong The Animation, tentu perlu dilengkapi dengan tenis lapangan. Dan anime yang berkisah tentang tenis lapangan, tidak lain adalah Prince of Tennis. Adalah Takeshi Konomi yang menjadi kreator dari manga dan karakter yang ada di Prince of Tennis. Manganya sendiri sudah dijual sejak tahun 1999 dengan total chapter sebanyak 379.

Apabila di kisah anime lain biasanya anak yang bukan apa-apa berjuang menjadi orang besar, maka di Prince of Tennis sebaliknya. Karakter utama di anime ini adalah Ryoma Echizen. Ia sebenarnya sudah dikenal sebagai jenius di olahraga tenis. Sederet lawan sudah ia kalahkan dan banyak gelar juara sudah berhasil ia raih. Dirinya hanya memiliki satu sosok yang ingin dikalahkan yaitu ayahnya sendiri. Untuk bisa mengalahkan sang ayah, Ryoma bergabung dengan klub tenis dan berlatih keras.

5. Captain Tsubasa

captain tsubasa

Mengingat betapa besarnya penggemar sepakbola di dunia, tentu tidak aneh apabila dibuatkan animenya. Dari sekian banyak anime genre olahraga yang membahas tentang sepakbola, Captain Tsubasa adalah yang paling terkenal. Berasal dari manga yang dibuat oleh Yoichi Takahashi di tahun 1981, anime Captain Tsubasa ini yang menjadi penghibur anak-anak tahun 80 dan 90an.

Menceritakan perjalanan anak laki-laki bernama Tsubasa Oozora. Tsubasa ini sangat tergila-gila dengan olahraga sepakbola. Sampai akhirnya dia bertemu dengan teman ayahnya yang bernama Roberto Hongo. Roberto Hongo menceritakan pengalamannya sebagai pemain sepakbola dan juga mengajarkan sejumlah trik tendangan pada Tsubasa. Dengan kemampuan yang dimiliki, Tsubasa ingin menjadi pemain sepakbola yang hebat dan menjuarai Piala Dunia bersama Jepang.

4. Hajime No Ippo

hajime no ippo

Banyak macam jenis olahraga di dunia dan Jepang ada anime yang mewakili olahraga tersebut. Salah satunya adalah olahraga tinju yang diceritakan melalui anime berjudul Hajime no Ippo. Anime Hajime no Ippo mulai ditayangkan pada tahun 2002 sampai 2004 dan total sudah ada 76 episode. Bagi anak generasi tahun 90an, manga Hajime no Ippo sangat digemari.

Karakter utama yang dibahas dalam anime ini bernama Ippo Makunouchi. Ippo yang berstatus sebagai pelajar sekolah sering mendapat perlakuan tidak menyenangkan oleh teman sekolahnya. Hingga sampai suatu hari, Ippo bertemu dengan seorang petinju profesional dan mulai mengajarinya tinju. Ternyata, Ippo memiliki bakat di olahraga tersebut dan mulai berlatih keras untuk bisa menjadi petinju profesional.

3. Free! Iwatobi Swim Club

Free! Iwatobi Swim Club

Para kreator manga di Jepang memang sangat kreatif. Mereka sanggup membuat cerita dari olahraga jenis apapun, termasuk itu renang. Siapa sangka bahwa olahraga renang bisa semenarik itu. Bila kalian awam tentang renang dan ingin tahu seperti apa perjalanan atlet renang, bisa menonton anime Free! Iwatobi Swim Club.

Diambil dari novel buatan Koji Oji berjudul High Speed!, anime Free! Iwatobi Swim sangat menghibur bagi mereka yang suka melihat karakter pria berwajah manis dan berotot berenang di kolam renang. Karakter utamanya adalah Haruka Nanase yang memiliki kemampuan renang sangat bagus. Mengedepankan tema persahabatan dan olahraga renang, anime satu ini mengajarkan pada penonton betapa pentingnya menjaga teman dan berjuang mencapai kemenangan.

2. Kuroko's Basketball

Kuroko's Basketball

Sama seperti Slam Dunk, Kuroko's Basketball adalah anime yang menceritakan betapa serunya olahraga basket. Berawal dari manga yang dibuat oleh Tadatoshi Fujimaki, manganya terbit di Weekly Shonen Jump pada tahun 2008 sampai 2014. Untuk animenya total sudah 75 episode dan 3 movie. Jadi kalian perlu waktu kosong yang panjang untuk menyaksikan anime seru ini.

Kisah Kuroko's Basketball berfokus pada karakter Tetsuya Kuroko. Kuroko termasuk dalam salah satu dari 6 pemain basket hebat yang dijuluki Generation of Miracles. Setelah lulus SMP, semua pemain tersebut berpisah ke sekolah masing-masing dan masuk dalam tim basket di tiap sekolah. Hingga suatu saat, mereka semua bertemu lagi dan harus melawan satu sama lain agar sekolahnya bisa maju ke babak selanjutnya.

1. Haikyuu

Haikyuu

Mungkin di antara kalian ada yang belum menonton anime berjudul Haikyuu. Meski belum menonton, penggemar anime setidaknya ada mendengar dari penggila anime lainnya tentang anime satu ini. Tidak ada salahnya kalian mengikuti anime ini karena memang anime satu ini sangat layak untuk ditonton. Olahraga yang ditampilkan di anime ini adalah bola voli.

Seorang pelajar SMP bernama Shoyo Hinata sangat tergila-gila dengan olahraga bola voli setelah menonton tim favoritnya tanding di televisi. Untuk bisa bermain voli, seorang pemain tidak hanya harus memiliki kemampuan yang bagus tapi juga tubuh yang tinggi. Shoyo ini memiliki satu kekurangan yaitu tubuhnya pendek. Dengan semangat yang tinggi, Shoyo tetap bermain dan berlatih keras sehingga menjadi pemain voli yang diakui.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas