home -> Lifestyle -> 10 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Touring
17 Juni 2021 06:33

10 Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Touring

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada December 16, 2020

Touring menjadi salah satu kegiatan yang cukup sering dilakukan oleh pecinta otomotif. Dengan mengendarai kendaraan sendiri entah itu mobil atau motor lalu pergi ke satu tempat yang cukup jauh dalam beberapa hari. BIsa dilakukan sendiri ataupun berkelompok. Jadi bisa dibilang touring itu sama dengan liburan. Sebelum pergi liburan, tentu kita harus mempersiapkan segala macam barang keperluan liburan, touring pun juga demikian. Banyak hal yang musti kita persiapkan. Apa saja barang yang musti disiapkan selama liburan? Berikut daftar barangnya.

10. Tas

backpack

Ketika melakukan touring, sangat tidak mungkin untuk tidak membawa barang. Meski itu hanya sedikit, tetap dibutuhkan wadah untuk membawa semua barang tersebut. Salah satu barang yang bisa menampung semua barang yang kita bawa tentu saja adalah tas. Bahkan apabila kendaraan kita ada bagasi, tetap saja membawa tas.

Mau pergi lama atau sebentar, menggunakan mobil atau motor, membawa tas adalah suatu keharusan. Kita bisa membawa pakaian cadangan, alas kaki, dan segala macam gadget untuk hiburan bisa disimpan dalam tas. Tinggal kalian sesuaikan saja barang yang kalian bawa dengan ukuran tas. Kalau barang yang dibawa kecil dan sedikit, tidak perlu menggunakan tas yang berukuran besar.

9. Uang

money

Tidak mungkin kita jalan tanpa membawa uang. Di tempat tujuan mungkin menyewa penginapan, makan, dan mungkin membeli oleh-oleh. Bahkan kendaraan pun butuh isi bensin. Jadi sudah pasti kalau touring akan memerlukan uang. Seberapa banyak uang yang dibawa, itu yang harus diperhitungkan. Jangan terlalu banyak, jangan terlalu sedikit.

Makanya sebelum melakukan touring, pastikan dulu mau melewati rute mana, mau makan apa, menginap dimana, oleh-oleh, dan lain sebagainya. Hal itu semua yang nantinya akan menentukan seberapa banyak uang yang musti dibawa. Membawa lebih untuk berjaga-jaga tak apa, juga membawa debit atau credit card juga silahkan.

8. Alas Kaki

shoes

Alas kaki juga menjadi hal yang musti disiapkan ketika sedang bepergian. Menyepelekan alas kaki bisa membawa kita dalam masalah yang besar. Misalnya kalian ingin pergi ke suatu tempat yang cukup ekstrim, kalian musti menggunakan sepatu yang sekiranya bisa melalui medan yang berat. Kalau alas kakinya tidak sesuai, akan sulit untuk menikmati touring dan akhirnya malah bisa membuat mood jelek karena target tidak tercapai.

Jadi meski merasa repot, lebih baik menyiapkan alas kaki lebih dari satu. Persiapkan setidaknya alas kaki saat perjalanan touring, untuk jalan santai, dan untuk kondisi ekstrim. Terkesan repot tapi kalian akan merasa bersyukur apabila membawa alas kaki cadangan. Daripada repot mencari alas kaki di perjalanan yang belum tentu ada orang yang menjual alas kaki lebih baik bawa sendiri.

7. Colokan Tambahan

kabel colokan

Hal penting lain yang juga musti dibawa adalah colokan tambahan, stop kontak, terminal, atau apapun yang memungkinkan beberapa orang untuk menggunakan listrik. Kita tidak akan pernah tahu selama perjalanan akan terjadi apa. Kalau baterai gadget kalian habis sementara hanya ada satu tapi yang ingin menggunakan colokal tersebut banyak, maka alat ini akan sangat membantu.

Sayangnya hal ini sering dilupakan oleh kita. Berpikir positif memang boleh-boleh saja, tapi ada perlunya kita menyiapkan segala hal dengan matang. Mungkin kita bisa membeli colokan listrik tambahan di mini market atau dimana saja, tapi itu malah akan boros. Kalau di rumah kita punya colokan tambahan, bawa saja satu. Itu akan lebih hemat.

6. Charger

charger

Hampir semua orang sudah punya yang namanya smartphone. Selain smartphone, kadang orang ada memiliki gadget hiburan lain seperti PSP, Nintendo Switch, dan lain-lain. Semua gadget hiburan ini biasa dibawa ketika kita sedang touring. Masalah main atau tidaknya, itu urusan nanti. Yang penting dibawa dulu.

Perlu diketahui bahwa semua barang elektronik itu butuh yang namanya charger. Charger inilah yang nantinya digunakan untuk mengisi daya baterai jika sudah mau habis. Apabila kalian bepergian membawa gadget yang kalian punya, pastikan kalian sudah membawa juga chargernya. Seringkali kita membawa smartphone dan gadget lain tapi lupa dengan chargernya. Akibatnya kita musti bergantian menggunakan charger milik teman.

5. Smartphone

smartphone

Kehadiran smartphone jelas sangat membantu manusia. Semua kegiatan bisa dilakukan di smartphone. Jadi tak heran ketika orang bisa sangat panik apabila smartphonenya ketinggalan di rumah. Jalan keluar rumah meski dekat saja smartphone tetap dibawa, apalagi kita sedang melakukan touring ke suatu daerah.

Pastikan smartphone kalian sudah dimasukan ke saku baju, celana, atau dalam tas. Tak lupa untuk mengisi daya smartphone sebelum pergi sampai penuh benar-benar penuh. Kalau di jalan kita tersesat, kita bisa membuka maps di smartphone. Kita juga bisa menghubungi seseorang apabila berada dalam kondisi darurat.

4. Baterai Cadangan dan Power Bank

power bank

Berbeda handphone zaman dulu dengan zaman sekarang. Karena dulu handphone dibuat dengan tujuan untuk telepon dan sms, maka baterainya bisa tahan lama. Sedangkan handphone sekarang, karena ada banyak yang bisa dilakukan selain telepon dan sms, maka baterainya cepat sekali habis. Membuat kita harus membawa charger kemana-mana. Tapi apa yang terjadi kalau kita tidak menemukan tempat untuk mengecas baterai?

Disinilah peran power bank dan baterai cadangan. Dengan adanya baterai cadangan dan power bank, kita tidak perlu takut akan kehabisan baterai. Kita tinggal mengecasnya menggunakan power bank. Kalau power bank habis, masih ada baterai cadangan. Tak hanya baterai cadangan untuk handphone, kalau kalian membaca kamera digital dan action cam, kalian juga wajib membawa baterai cadangannya.

3. Jas Hujan

raincoat

Touring itu bisa menggunakan motor atau mobil bukan? Kalau kalian touring menggunakan mobil, maka kalian tidak perlu khawatir dengan yang namanya hujan. Tapi kalau kalian yang touring menggunakan motor, maka hujan akan menjadi kendala yang sangat besar. Mungkin kalian berhenti untuk berteduh baru jalan lagi, tapi mau sampai berapa lama? Terlalu lama berhenti untuk berteduh akan membuang waktu.

Makanya kalian yang naik motor perlu yang namanya jas hujan. Jadi ketika hujan, kalian berhenti sebentar di tempat yang aman untuk mengenakan jas hujan. Jadi pakaian kalian bisa terhindar dari basah dan kalian tetap bisa melanjutkan perjalanan. Pastikan kalian gunakan jas hujan yang model pakaian karena itu lebih aman. Menggunakan jas hujan tipe jubah yang bagian belakangnya bisa berkibar seperti bendera malah memungkinkan kalian bisa mengalami kecelakaan karena bisa tersangung di roda.

2. Pakaian

clothes

Pakaian juga menjadi hal yang musti dipersiapkan sebelum touring. Meski kalian touring hanya sebentar, kalian musti menyiapkan pakaian cadangan. Cuaca buruk, pakaian basah karena keringat, pakaian sobek karena tersangkut, kalau kalian mengalami hal sial seperti itu dan membawa pakaian cadangan, kalian tetap bisa menikmati waktu liburan touring.

Perlu diingat juga jumlah pakaian yang musti dibawa dengan lama waktu kalian liburan. Membawa terlalu banyak malah akan membuat sesak tas dan juga kendaraan. Lebih baik menggunakan dan membawa pakaian multi guna yang bisa digunakan di segala macam situasi. Pastikan juga bahwa pakaian tersebut bisa menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang bagus.

1. Cek Kondisi Kendaraan

check vehicle

Yang tak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum touring adalah memeriksa kondisi mesin kendaraan. Mau itu touring menggunakan motor atau mobil, kalian musti memastikan bahwa kendaraan yang kalian gunakan itu dalam performa yang terbaik. Kalau bepergian jarak dekat kalian bisa santai, tapi kalau jauh tidak bisa sesantai itu.

Kira-kira satu minggu sebelum touring, bawa kendaraan kalian ke tempat service. Minta mekanik untuk mengecek secara keseluruhan kendaraan. Apakah ada masalah atau ada part yang harus diganti. Kalau sampai kalian melewatkan service ini, bisa saja nanti di perjalanan kalian malah mengalami kendala mesin. Kadang orang melewatkan tahapan service ini dan lebih memilih untuk melakukan service setelah touring.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas