home -> Lainnya -> 10 Hewan Dengan Penciuman Paling Tajam
29 Juli 2021 08:26

10 Hewan Dengan Penciuman Paling Tajam

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada December 14, 2020

Penciuman yang kuat menjadi salah satu faktor penting bagi hewan untuk bisa bertahan hidup. Penciuman kuat bisa membantu mereka untuk mencari dan menemukan dimana posisi mangsa mereka. Seperti yang kita tahu bahwa anjing merupakan salah satu hewan yang memiliki kemampuan penciuman yang kuat. Bahkan anjing menjadi alat bagi polisi untuk menemukan benda-benda berbahaya. Tapi selain anjing masih ada hewan lain yang juga memiliki penciuman tak kalah kuat. Siapa saja?

10. Tikus

rats

Seburuk-buruknya suatu hewan, kita tetap harus mempelajari mereka. Tujuannya agar kita tahu seperti apa cara mereka hidup, makan, dan cara mengusirnya jika mereka adalah hama. Dan salah satu hama yang benar-benar sangat mengganggu kita adalah tikus. Hewan ini tidak cuma bisa merusak perabot rumah, tapi juga bisa menyebarkan penyakit.

Meski demikian, tikus adalah hewan luar biasa yang bisa bertahan hidup di tempat yang luar biasa ekstrim dan kotor. Untuk bisa bertahan hidup, tikus mengandalkan salah satu indera yang mereka miliki yakni hidung. Hidung tikus dapat mencium aroma dari makanan. Kacang adalah salah satu makanan yang sangat mereka suka. Bahkan ada sejumlah percobaan dimana tikus digunakan sebagai hewan pelacak ranjau.

9. Ngengat

moth

Begitu banyak jenis ngengat yang dapat ditemukan di Bumi, kebanyakan dari mereka bersifat hama dan harus dimusnahkan. Dianggap hama karena ketika dalam masa cacing, mereka memiliki nafsu makan yang besar sehingga bisa melahap tanaman apapun yang dihinggapinya. Meski begitu, ngengat adalah serangga luar biasa yang bisa menjadi bahan pembelajaran.

Ngengat memiliki 2 indera yang berfungsi sangat baik. Kedua indera tersebut adalah pendengaran dan penciuman. Salah satu jenis ngengat yang memiliki penciuman sangat tajam adalah jenis silkmoth. Ngengat jenis ini bisa mencium lawan jenisnya meski berjarak lebih dari 6 mile. Saat ini para ilmuwan sedang melakukan penelitian untuk bisa memanfaatkan ketajaman indera penciuman ngengat untuk mendeteksi para penjual narkoba dan senjata kimia.

8. Kiwi

kiwi

Unta bukanlah satu-satunya jenis burung yang tidak bisa terbang. Ada juga jenis burung lain yang tidak memiliki kemampuan terbang. Burung tersebut adalah kiwi. Kiwi adalah burung tak bisa terbang berukuran kecil yang lumayan banyak ditemukan di New Zealand. Karena tidak memiliki kemampuan terbang, kiwi harus bertahan hidup mencari makan di darat.

Mencari makan di darat bukanlah perkara mudah. Tapi beruntungnya bagi kiwi, burung ini diberikan kemampuan indera penciuman yang tajam. Posisi lubang hidung kiwi sangat unik, terletak di bagian ujung dari paruhnya. Dengan demikian, kiwi bisa mencium dimana posisi sumber makanannya. Yang menjadi sumber makanan kiwi adalah cacing dan serangga.

7. Beruang

bear

Jangan pernah bermain-main dengan yang namanya beruang. Mereka memiliki ukuran tubuh yang besar, berat, kuat, dan dipersanjati dengan gigi serta cakar yang panjang dan tajam. Ketika beruang sedang mencari makanan, ia bukan cuma menggunakan indera penglihatan dan pendengaran saja, tapi ia juga memiliki indera penciuman yang sangat tajam.

Hidung beruang memiliki banyak sekali reseptor yang dapat mencium aroma dari jauh. Untuk beberapa jenis beruang, terutama jenis beruang hitam. Mereka dapat mendeteksi aroma hingga 18 mile jaraknya. Selain digunakan untuk mencari sumber makanan, penciuman ini juga digunakan untuk mencari lawan jenis untuk diajak kawin.

6. Gajah

elephant

Memiliki hidung panjang bukanlah sebagai hiasan semata. Oleh gajah, belalainya yang panjang tersebut tidak hanya digunakan sebagai alat penghisap air yang nantinya disembur ke tubuhnya untuk mendinginkan suhu. Tapi belalainya yang panjang juga bisa digunakan sebagai alat penciuman. Tidak main-main, penciuman yang dimiliki gajah sangatlah luar biasa.

Belalai yang panjang tersebut dapat mendeteksi air yang jaraknya 12 mile. Cara kerjanya, gajah akan menggerakan belalainya tersebut ke berbagai arah untuk mendapatkan partikel bau yang diinginkan. Bukan cuma air saja yang bisa tercium olehnya, belalainya tersebut juga bisa mendeteksi potensi bahaya meski dari jauh.

5. Serigala

wolf

Perlu kalian ketahui bahwa hidung manusia memiliki sekitar 5 juta reseptor. Reseptor inilah yang membantu manusia untuk mengenali berbagai macam bau. Dibandingkan dengan hewan canid, mereka memiliki reseptor yang jauh lebih banyak dari manusia. Mereka memiliki sekitar 149 sampai 300 juta reseptor di indera penciuman mereka.

Apa yang dimaksud dengan hewan canid? Yang termasuk canids adalah hewan seperti serigala, coyote, rubah, dan anjing. Jika dilihat dengan seksama, hewan canid memiliki ujung hidung yang luas, ini semakin membantu mereka untuk mencium lebih baik daripada manusia. Jadi jika dibandingkan dengan manusia, penciuman canid 100.000 kali lebih tajam dari manusia.

4. Anjing

dogs

Jika ingin mencari hewan apa yang memiliki penciuman tajam tak perlu jauh-jauh. Anjing juga memiliki penciuman yang tajam. Penciuman yang tajam ini melengkapi pendengarannya yang juga tak kalah bagusnya. Penciuman tajam ini disebabkan oleh banyak reseptor yang berada di dalam hidung anjing.

Reseptor anjing jumlahnya lebih banyak daripada manusia. Reseptor ini yang nantinya akan bekerja dalam mengenali setiap bau yang masuk ke dalam hidung. Area permukaan hidung yang luas akan membuat mereka dapat mencium aroma lebih baik daripada manusia. Tak heran jika banyak polisi yang menggunakan bantuan anjing untuk melacak keberadaan obat-obatan terlarang.

3. Hiu

shark

Banyak film horror bertemakan hiu. Di film tersebut, hiu digambarkan sebagai makhluk laut mengerikan yang bisa membunuh manusia. Hanya setetes darah, hiu bisa mencium dan mengejar mangsanya dengan cepat dan tepat. Mungkin beberapa di antara kalian tidak percaya akan penciuman hiu karena itu hanya film. Tapi pada kenyataannya, hiu memang memiliki indera penciuman yang tajam meski tidak seperti yang ditampilkan di film-film.

Yang namanya film pastinya ada bagian yang dilebih-lebihkan agar menarik di mata penonton. Tapi perihal penciuman tajam yang dimiliki oleh hiu memang bukan bercanda. Cara kerja hidung hiu, air serta bahan kimia lain akan masuk ke dalam hidung. Bagian reseptor akan mengirim sinyal pada otak dan diolah dari apa dan dari mana sumber aroma lain tersebut. Karena penciuman yang tajam inilah hiu dapat mencari posisi mangsanya.

2. Kadal

lizard

Hewan reptil memang memiliki hidung, tapi mereka tidak mencium aroma menggunakan hidung. Justru mereka mencium bau menggunakan lidah mereka yang unik. Lidah reptil memiliki bentuk panjang dan bercabang dua. Contoh hewan reptil yang memiliki indera penciuman tajam adalah kadal dan ular.

Kenapa kadal terlihat sering menjulurkan lidahnya yang panjang? Itu karena kadal menggunakan lidahnya sebagai alat penciuman. Lidah inilah yang mereka gunakan untuk menangkap partikel yang terbang di udara. Tidak hanya di udara, lidah ini juga bisa berfungsi dengan baik ketika berada di dalam air. Partikel udara yang ditangkap oleh lidah akan ditransfer ke otak yang nantinya akan diidentifikasi apakah itu aroma dari mangsa atau bahaya.

1. Ular

snakes

Selain kadal, hewan reptil lain yang juga memiliki penciuman tajam adalah ular. Hewan reptil memiliki keuningkan dimana mereka mencium keberadaan mangsa bukan dari hidungnya, melainkan dari lidahnya. Lidah hewan reptil tidaklah seperti lidah hewan lain, lidah mereka sangat unik karena bentuknya yang panjang dan bercabang 2.

Dengan lidah panjangnya, ular bisa mencium mangsa yang berada jauh dari mereka. Lidah ular sama seperti kadal, mampu mencium aroma di air dengan menangkap sejumlah partikel dari tubuh mangsanya. Partikel ini nantinya akan dibawah ke bagian khusus yang disebut dengan Jacobson's organ. Dari organ inilah nanti akan diidentifikasi apakah itu aroma dari korban atau predator.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas