home -> Lifestyle -> 10 Tanaman Yang Bagus Dipasang Di Aquarium
05 Agustus 2021 02:10

10 Tanaman Yang Bagus Dipasang Di Aquarium

Oleh serba_tahu dalam Lifestyle pada December 07, 2020

Jika sudah menentukan ikan hias apa yang ingin dipelihara, maka selanjutnya yang musti dilakukan adalah memilih tanaman. Tidak hanya untuk menghias aquarium, tanaman juga bisa membuat ikan hidup lebih bahagia. Ikan hias jadi bisa bermain, bersembunyi, dan bahkan menaruh telurnya di tanaman tersebut. Ada 10 tanaman yang mudah dirawat dan mungkin cocok untuk menjadi pelengkap aquarium kalian. Berikut daftarnya.

10. Anubias Nana

Anubias Nana

Sebagai permulaan daftar tanaman hias yang cocok ditaruh di aquarium akan dimulai dari Anubias Nana. Kenapa musti Anubias Nana? Anubias Nana bisa bertahan hidup hampir di segalam macam tempat dan air. Jadi, kalian tidak perlu khawatir tentang cahaya dan juga suhu air karena tanaman satu ini bisa tetap tumbuh dengan baik.

Tapi apabila kalian ingin Anubias Nana tumbuh dengan optimal, kalian memberikan cahaya dengan intensitas medium. Untuk suhu sekitar 72 sampai 780 Fahrenheit. Agar memperkecil tumbuhnya lumut pada daun, Anubias Nana perlu diletakkan di bagian tangki yang cukup teduh dengan aliran yang ideal. Tak perlu pupuk cair untuk Anubias Nana.

9. Cryptocoryne Wendtii

Cryptocoryne Wendtii

Tanaman yang namanya sangat susah disebut ini juga tergolong murah dan mudah dirawat jadi sangat cocok bagi kalian yang baru terjun di dunia aquarium. Tumbuhnya memang tergolong lambat, tapi Cryptocoryne Wendtii tidak memerlikan liquid fertilizer atau injeksi karbon dioksida. Mereka juga bisa tumbuh hampir di segala macam kondisi cahaya.

Cryptocoryne Wendtii menggunakan akarnya untuk makan. Jadi lebih baik kalian menggunakan substrat khusus yang tidak memiliki banyak nutrisi. Ada beberapa macam variasi dari Cryptocoryne Wendtii. Ada yang berwarna hijau, coklat, tropica, dan merah. Bila kalian memilih yang varian merah, pastikan memberikan suplemen iron pada tanaman ini.

8. Marsilea Minuta

marsilea minuta

Agar aquarium bisa terlihat cantik bukan cuma perlu diisi dengan ikan dan batuan saja. Tapi perlu juga diberikan tanaman agar terlihat lebih hidup. Tak hanya bisa enak dipandang oleh mata, tanaman juga bagus agar ikan bisa lebih nyaman tinggal di aquarium. BIla mencari tanaman apa yang cocok, mungkin kalian bisa coba dengan Marsilea Minuta.

Tanaman cantik berwarna hijau ini bisa tumbuh dengan baik di tanah atau pasir. Tak terlalu sulit untuk merawatnya, hanya perlu rutin dipangkas saja. Mau itu di cahaya low, medium, atau high, Marsilea Minuta bisa tetap hidup. Bisa digunakan sebagai aquascape, dekorasi, dan juga sebagai tempat istirahat sekaligus berlindung ikan.

7. Peacock Moss

Peacock Moss

Tak perlu menunggu sampai puncak pertumbuhannya untuk bisa menikmati keindahan dari Peacock Moss, membuat tanaman ini cocok menghiasi aquarium kalian. Kalian pun bisa sesuka hati mau meletakkan tanaman ini dimana saja. Mau itu di bawah, tengah, atau atas. Ketika daun Peacock Moss sudah terbuka akan membentuk seperti ekor merak yang berwarna hijau terang.

Biasanya mereka yang berprofesi sebagai breeder memilih tanaman ini sebagai pengisi aquariumnya. Bukan cuma sekedar dekorasi, tapi juga bisa tempat ikan meletakkan telurnya. Kalian yang aquariumnya ada ikan kecil, siput, dan udang, sangat cocok disatukan dengan Peacock Moss. Tapi kalau kalian mau nantinya ikan kalian memakan tanaman ini, kalian harus menambahkan CO2 agar tanaman ini bisa dikonsumsi oleh ikan.

6. Dwarf Hairgrass

Dwarf Hairgrass

Apabila mencari tanaman yang bisa menghias aquarium dengan sangat baik, itu adalah Dwarf Hairgrass Dwarf Hairgrass bisa digunakan untuk tanah atau pasir. Terlihat bagus juga bila ditaruh bebatuan di sekitarnya. Mau bagus atau tidaknya Dwarf Hairgrass, itu tergantung dari kreativitas si pemilik aquarium.

Tak perlu takut dengan harga karena tanaman ini relatif murah. Dengan harganya yang murah, kamu bisa mendapatkan manfaat yang banyak. Cukup sedikit dipangkas sesekali, Dwarf Hairgrass bisa tumbuh dengan cukup cepat. Intensitas cahaya yang terang adalah yang direkomendasikan untuk tanaman ini agar bisa tumbuh dengan baik.

5. Java Fern

Java Fern

Untuk membuat aquarium agar terlihat indah dan hidup memang diperlukan tanaman. Tidak perlu yang mahal dan ribet, kalian cukup taruh saja Java Vern di dalam, maka kalian bisa lihat sendiri perbedaannya. Bukan cuma kalian yang akan terpesona dengan aquarium kalian sendiri tapi ikan di dalam juga akan berterima kasih pada kalian.

Tak memakan biaya yang besar untuk merawat Java Vern. Makanya banyak pecinta ikan hias menjatuhkan pilihan pada tanaman ini. Kalian bisa meletakkan Java Vern di mana saja di aquarium. Pastikan kalian ada menaruh batu dan kayu di aquarium karena nantinya akar dari Java Vern akan tumbuh disana. Agar Java Vern tidak berpindah-pindah, ikat dengan menggunakan benang atau gunakan lem.

4. Amazon Sword

amazon sword

Bisa dimengerti apabila ada orang yang masih pemula di bidang ikan hias bingung mencari tanaman yang cocok untuk menemani ikan kesayangannya. Biasa yang dicari adalah tanaman yang low cost dan mudah untuk dimaintenance. Pemikiran itu juga kadang muncul di kepala mereka yang sudah berkecimpung lama di bidang ini. Dan apabila sudah demikian, biasanya yang dipilih adalah tanaman Amazon Sword.

Amazon Sword merupakan tanaman yang murah namun mudah untuk dirawat. Tanaman ini sangat direkomendasi bagi mereka yang tidak suka hal yang ribet. Apalagi mereka bisa tumbuh dengan cepat, jadi aquarium kalian bisa terlihat cantik. Hanya saja kalian perlu perhatikan ukuran aquarium yang kalian gunakan. Tanaman Amazon Sword bisa tumbuh cukup besar, jadi perlu aquarium yang cukup untuk menampung tanaman ini.

3. Dwarf Baby Tears

Dwarf Baby Tears

Memiliki nama yang agak mirip dengan Dward Hairgrass tapi ini adalah tanaman yang berbeda. Ketika kalian sedang mencari informasi tentang tanaman yang bagus untuk aquarium, banyak orang yang mungkin akan merekomendasikan tanaman satu ini. Namanya adalah Dward Baby Tears. Dinamakan demikian karena Dwarf Baby Tears memiliki bubble kecil yang keluar dari daun seperti air mata bayi.

Orang menggunakan Dwarf Baby Tears sebagai alas aquarium. Dwarf Baby Tears ini cocok untuk segala macam jenis aquascaping style. Dia kuat, murah, tebal, dan bisa tumbuh dengan cepat. Untuk tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat, kalian perlu memberikannya cahaya dengan intensitas yang terang. Semakin terang maka semakin bagus.

2. Marimo Moss Ball

Marimo Moss Ball

Bila dilihat, Marimo Moss Bal memiliki bentuk yang lucu persis seperti bola dan berwarna hijau. Termasuk tanaman yang murah dan tidak repot untuk dipelihara, Marimo Moss Ball tidak mesti berbentuk seperti bola. Tergantung dari orang yang memeliharanya ingin dibentuk seperti apa. Marimo Moss Ball bisa saja dibentuk menjadi miniatur pohon.

Karena bentuknya yang seperti bola, tanaman ini bisa bergerak bila digerakan oleh ikan. Marimo Moss Ball cocok untuk ditaruh di bagian foreground aquarium atau ditaruh di bawah. Marimo Mass Ball ini memiliki pertumbuhan yang cepat tergantung dari intensitas cahaya yang diberikan. Disarankan untuk memberikan cahaya medium-high.

1. Java Moss

Java Moss

Tanaman Java Moss menjadi yang paling umum ditaruh di dalam aquarium. Java Moss memiliki karakterisitrik halus dan mirip seperti karpet. Dengan harga yang relatif murah, Java Moss sangat mudah dirawat. Dia dapat tumbuh dengan sangat cepat dan sulit untuk mati. Cocok untuk segala macam jenis ikan hias.

Untuk masalah pencahayaan, Java Moss bisa dipadukan dengan segala macam jenis cahaya. Bagi yang ingin tanamannya cepat tumbuh, bisa memilih cahaya dengan intensitas medium-high. Java Moss juga memiliki banyak fungsi. Tidak hanya sebagai alas aquarium, tapi juga bisa sebagai dekorasi, cover, dan juga tempat berkembang biak dari ikan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lifestyle
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas