home -> Unik -> 10 Jenis Ikan Hias Yang Bagus Untuk Dipelihara
17 Juni 2021 06:39

10 Jenis Ikan Hias Yang Bagus Untuk Dipelihara

Oleh serba_tahu dalam Unik pada November 24, 2020

Ada begitu banyak hewan yang bisa dijadikan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci dan lain sebagainya. Namun belakangan ini entah kenapa ikan hias yang menjadi trending. Akibat meningkatnya jumlah orang yang ingin memelihara ikan hias, memunculkan peluang bisnis baru. Memang memiliki ikan hias bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan dan stres. Melihat bentuknya yang kecil dan warnanya yang indah. Apabila kalian juga tertarik ingin memelihara ikan hias, berikut beberapa jenis ikan hias yang bisa menjadi rekomendasi peliharaan.

10. Barbs

Barbs

Mengawali daftar ikan hias yang direkomendasi untuk dipelihara dengan ikan jenis Barbs. Bars memiliki banyak variasi seperi Tiger Barbs, Odessa Barbs, dan Cherry Barbs. Ikan Bars biasanya bisa tumbuh hingga ukuran 4 inci dan biasanya hidup berkelompok. Jadi pastikan kalian menaruh 5 atau 6 ikan Barbs agar mereka bisa menikmati tinggal di aquarium.

Beberapa jenis dari ikan Barbs memiliki sifat yang lumayan agresif seperti ikan Betta Fish. Apabila mereka satu aquarium dengan ikan lain yang memiliki ekor besar seperti Betta Fish atau Angelfish, besar kemungkinan mereka akan berkelahi dan menggigit ekor dari ikan lain. Ikan yang aman dipadukan dengan Barbs seperti Rasboras, Tetras, dan Corydoras.

9. Corydoras

corydoras

Corydoras merupakan ikan hias yang mirip dengan ikan sapu-sapu. Mereka memiliki tugas sebagai pembersih aquarium. Mereka akan memakan sisa makanan dan kotoran ikan yang jatuh ke dasar kolam. Karena alasan inilah banyak orang memilih ikan Corydoras sebagai peliharan, supaya menjaga kondisi aquariumnya tetap bersih. Tapi memelihara ikan Corydoras sedikit rumit.

Mereka lebih sering menghabiskan waktu hidup di bagian dasar kolam. Jadi kalian harus mencari makanan yang tepat untuk mereka. Makanan yang bisa tenggelam ke dasar agar bisa dimakan oleh Corydoras. Dapat tumbuh hingga ukuran 3 inci, ada lebih dari 160 spesies Corydoras yang bisa kalian pilih. Yang populer diantaranya seperti Albino Cory, Panda Cory, dan Emerald Green Cory. Dampingi ikan Corydoras dengan ikan sejenis kurang lebih 3 sampai 6 agar mereka tidak kesepian.

8. Guppi

Guppi

Jangan memilih ikan yang perawatannya ribet. Memelihara ikan hias tujuannya untuk mencari kepuasaan dan menghilangkan rasa penat. Kalau memelihara ikan hias yang perawatannya rumit, kalian yang ada malah pusing sendiri. Maka dari itu, pilihlah ikan hias yang perawatannya mudah seperti ikan Guppi.

Ikan Guppi sangat cocok bagi mereka yang masih awam di dunia ikan hias. Guppi memiliki warna yang beraneka macam, tergantung kalian mau memilih yang mana. Perbedaan Guppi jantan dengan betina adalah ikan Guppi jantan memiliki sifat yang lebih atraktif. Bisa beradaptasi di berbagai macam air, ikan Guppi sangat mudah diternakan karena mereka dapat berkembang biak dengan cepat.

7. Molly

mollies

Ikan Molly begitu disukai oleh orang karena memiliki warna yang cantik. Sebelum ikan hias trennya naik seperti sekarang, ikan Molly memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Membuat banyak orang memilih untuk menjadi peternak Molly lalu dijual. Apalagi tren ikan hias sedang naik, harga ikan Molly tentunya semakin naik pula.

Kalau kalian termasuk orang yang tidak suka dengan hal merepotkan, ikan Molly ini cocok untuk kalian pelihara. Ukurannya kecil dan perawatannya mudah. Mereka dapat tumbuh hingga 4 inci dan memiliki karakteristik atraktif. Sedikit tips untuk memelihara ikan Molly, ikan jenis ini gemar kawin. Jadi pastikan kamu tidak mencampurkan ikan betina dengan jantan apabila tidak mau akuarium menjadi penuh karena mereka.

6. Rainbow Fish

Rainbow Fish

Ketika cuaca berubah dari hujan ke cerah, maka akan terlihat penampakan pelangi yang warna-warni. Di dunia hewan terutama ikan, ada satu jenis ikan yang keindahan warnanya sama seperti yang dimiliki oleh pelangi. Ikan tersebut adalah Rainbow fish. Beruntungnya, ikan jenis ini termasuk ikan hias yang mudah untuk dirawat.

Kemudahan dalam hal merawat Rainbow fish membuat ikan ini sangat direkomendasikan untuk menjadi ikan peliharaan bagi orang yang baru memulai hobi ikan hias. Ketika masih dalam tahap awal, warna yang dimiliki Rainbow fish belum akan muncul. Warna indah mereka baru akan terlihat ketika mereka sudah dewasa. Untuk karakteristik, Rainbow fish termasuk jenis ikan yang pemalu namun bisa beradaptasi dengan ikan jenis lainnya.

5. Platy

Platy

Lanjut ke ikan hias selanjutnya yaitu Platy. Ketika kalian mulai masuk ke dalam dunia ikan hias, kalian akan bertemu dengan banyak orang yang sudah lebih dulu terjun ke dalam dunia ini. Dan ketika ditanya ikan apa yang sekiranya cocok dipelihara bagi orang yang awam di dunia ikan, kalian akan disarankan untuk memelihara ikan Platy.

Ikan Platy menjadi ikan yang paling sering direkomendasikan untuk dipelihara oleh pemula karena ikan ini tidak rewel. Mereka bisa memakan apa saja dan juga bisa dipadukan dengan ikan hias jenis lainnya. Kalian bisa mengkombinasikan makanan yang mengandung protein dan tumbuhan agar Platy bisa tumbuh dengan baik. Apabila ingin digabung dengan ikan jenis lain, Platy bisa hidup berdampingan dengan Molly dan Guppi.

4. Angelfish

Angelfish

Malaikat digambarkan sebagai sesuatu hal yang cantik dan indah. Siapapun yang melihatnya pasti akan terpesona. Inilah yang menjadi alasan kenapa ikan satu ini diberi nama Angelfish. Kecantikannya membuat orang yang melihatnya pasti tertarik. Angelfish, jenis ikan hias yang masih termasuk dalam keluarga Cichlid.

Angelfish bisa tumbuh hingga ukuran 8 inci. Ikan ini sangat cantik, memiliki warna, dan pola yang beraneka ragam. Memilih Angelfish sebagai peliharaan, kalian musti berhati-hati. Angelfish termasuk ikan pemakan segalanya atau omnivora. Mereka akan memakan hewan lain seperti udang, serangga, tumbuhan, dan juga ikan lain yang berukuran lebih kecil.

3. Neon Tetras

Neon Tetras

Mencari ikan yang memiliki warna cantik, Neon Tetras bisa menjadi solusinya. Ikan jenis ini dikenal sebagai ikan hias yang cantik karena memiliki warna biru disertai merah yang sangat terang. Bukan cuma itu, Neon Tretas menjadi pilihan ikan untuk dipelihara karena perawatannya yang terbilang mudah. Ukurannya juga kecil, jadi masih bisa diisi dengan ikan jenis lain.

Umumnya ikan Neon Tetras hanya bisa bertumbuh hingga 2,2 cm. Di alam, ikan Neon Tetras sangatlah kalem dan hidup berkelompok. Jadi apabila kalian ingin memelihara ikan Neon Tetras, pastikan kalian tidak membeli satu tapi banyak Neon Tetras. Hias aquarium sebaik mungkin dengan tanaman, batu, dan aksesoris lain supaya Neon Tetras bisa hidup dengan baik.

2. Goldfish

Goldfish

Mana mungkin membahas ikan hias tapi tidak membahas ikan Goldfish. Di Indonesia, ikan yang memiliki nama lain ikan mas ini menjadi salah satu ikan hias yang sangat populer. Ikan Goldfish mampu tumbuh hingga ukuran 14 inci dan sangat atraktif. Jadi sangat menyenangkan tinggal di rumah sambil melihat pergerakan ikan ini.

Perawatan ikan Goldfish juga mudah. Kalian hanya perlu memastikan mengisi akuarium dengan air yang cukup, rutin menguras akuarium, dan tidak lupa menggunakan filter. Tidak memakan biaya yang besar untuk merawat ikan Goldfish. Ditambah lagi umur mereka yang panjang, ikan mas mampu hidup lebih dari 25 tahun.

1. Betta Fish

Betta Fish

Ikan Betta Fish atau biasa yang dikenal sebagai ikan cupang. Ikan jenis ini cukup sering didengar dan digunakan untuk bahan aduan. Yang biasanya diadu adalah ikan cupang jenis jantan. Alasan memilih jantan karena yang jantan memiliki sifat teritorial yang sangat tinggi dan tidak suka apabila ada ikan jantan lain di dekatnya.

Ciri khas dari ikan Betta Fish adalah warnanya yang cerah dan ekornya yang mekar. Apabila kalian sebagai orang biasa yang menjadikan ikan cupang sebagai peliharaan, maka kalian tak perlu khawatir dengan biaya karena ikan ini sangat mudah perawatannya. Beda lagi kalau kalian berperan sebagai breeder atau peternak. Ikan cupang bisa digabungkan dengan ikan hias jenis lain. Yang penting jangan yang memiliki bentuk mirip karena pasti akan diserang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas