home -> Unik -> 10 Tradisi Pernikahan Teraneh Yang Pernah Ada
27 Maret 2017 06:09

10 Tradisi Pernikahan Teraneh Yang Pernah Ada

Oleh reagan dalam Unik pada June 10, 2016

Pernikahan adalah momen bahagia dimana pria dan wanita saling berjanji untuk menjalani hidup bersama. Untuk merayakan pernikahan, biasanya ada suatu tradisi atau ritual keluarga yang harus dilakukan. Seperti yang ada dilakukan di beberapa negara berikut. Orang-orang di negara tersebut memiliki tradisi yang wajib dilakukan sebelum menikah. Tapi tradisi tersebut sangatlah berbeda dari tradisi normalnya. Seaneh apa tradisi pernikahan tersebut?

10. Meludahi Pasangan, Kenya

meludah

Meludah adalah tindakan yang tidak sopan. Jika kamu meludahi seseorang, dijamin kamu dengan cepat akan langsung kena bogem mentah dari orang tersebut. Tapi ketika kamu berada di Kenya, jangan heran jika melihat seorang wanita yang diludahin oleh banyak orang. Karena hal tersebut adalah salah satu ritual yang biasa dilakukan oleh orang Kenya ketika melakukan acara pernikahan.

Meludahi pengantin wanita adalah ritual sakral yang biasa dilakukan oleh orang suku Massai. Tidak hanya dengan diludahi, kepala pengantin wanita harus dicukur habis, dan diatas kepalanya diolesi dengan lemak domba. Di Kenya, ritual meludahi pengantin wanita ini memiliki makna untuk memberikan keberuntungan.

9. Pesta Ciuman, Swedia

pesta ciuman

Jika kamu ingin melangsungkan pernikahan, lakukanlah di Swedia. Kamu pasti akan terkejut sekaligus senang begitu tahu ritual pernikahan yang dilakukan oleh orang-orang di Swedia. Bagamaina mungkin tidak, di Swedia, terdapat ritual aneh yang dilakukan di pesta pernikahan yaitu pesta ciuman. Namun jangan salah sangka dengan mengira kamu bisa mencium siapa saja di pesta pernikahan.

Disana, para tamu yang beruntung bisa mendapatkan kesempatan untuk mencium pengantin pria ataupun wanita. Ketika salah satu pengantin pergi ke toilet atau kemanapun, kemudian semua orang yang belum menikah di dalam pesta tersebut diperbolehkan untuk mencium sang pengantin. Tidak hanya pengantin wanita saja yang bisa dicium oleh para tamu, pengantin priapun juga tidak akan lolos.

8. Minum Sisa Pesta Dari Toilet, Perancis

toilet bowl

Perancis memang tempat yang cocok untuk kalian jadikan tempat tujuan liburan. Apalagi jika kalian yang sedang berpacaran atau yang sedang berbulan madu. Tapi jangan sekali-sekali untuk melangsungkan pernikahan di Perancis karena disana memiliki tradisi aneh dalam merayakan pernikahan yakni minum atau makan dari toilet. Ya, toilet sungguhan!

Mungkin ritual pernikahan di Perancis ini merupakan ritual pernikahan paling unik sekaligus paling buruk yang pernah ada. Setelah pesta selesai, semua makanan sisa, sedikit kotoran, dan apapun yang mereka temukan, akan dimasukan ke dalam toilet. Pasangan pengantin harus memakan semua makanan tersebut dari toilet. Sekarang ini, ritual tersebut telah diganti dengan menggunakan cokelat. Tapi tetap saja makan dari toilet itu adalah hal yang menjijikan.

7. Memanah Pengantin Wanita, Cina

panah

Salah satu tradisi pernikahan aneh datang dari negeri tirai bambu, Cina. Adalah suku minoritas bernama Yugur yang melakukan tradisi unik ini. Para pengantin pria akan diberikan 3 buah panah dan sebuah busur yang akan digunakan untuk memanah sang pengantin wanita. Tapi jangan khawatir, karena panah disini tidak memiliki mata panah. Orang Yugur tidak ingin pengantin wanita mati terkena panah sebelum melakukan bulan madu.

Pengantin pria akan menggunakan busur dan melepaskan ketiga panah tersebut ke arah pengantin wanita. Ketiga panah yang telah dilepaskan tersebut akan diambil oleh pengantin pria dan kemudian dipatahkan. Ritual ini dipercaya bahwa mereka akan mencintai satu sama lain seumur hidup mereka.

6. Ritual Menangis, Cina

menangis

Salah satu ritual pernikahan berikutnya masih berasal dari Cina. Dimana 30 hari sebelum pernikahan tiba, orang-orang Tujia akan melakukan ritual menangis. Ritual aneh ini dilakukan oleh pengantin dan juga seluruh keluarganya. Minimal dalam sehari, mereka harus menangis selama 1 jam.

Orang-orang Tujia melakukan ritual menangis bukan berarti mereka sedih, justru ritual ini dilakukan sebagai suatu bentuk kegembiraan. Selama 30 hari penuh, seluruh keluarga pengantin wanita diharuskan sudah melakukan ritual menangis ini.

5. Memukul Kaki Pengantin Pria, Korea Selatan

mukul kaki

Demam lagu Korea saat ini sedang booming di beberapa negara di dunia. Semua hal yang berbau Koreapun sangat digemari oleh banyak orang. Tapi tahukan kalian bahwa di Korea Selatan terdapat suatu tradisi aneh dalam merayakan pernikahan? Jika belum, perlu kalian ketahui bahwa di Korea Selatan, pengantin pria harus menjalani ritual dimana kakinya harus dipukul.

Ritual ini mengharuskan pengantin pria untuk melepas kedua sepatunya dan mengikat kakinya dengan tali. Kemudian teman pengantin pria akan mengangkat kakinya keatas dan mulai memukul kakinya. Kaki pengantin pria akan dipukul menggunakan tongkat atau ikan kering. Terlihat menyakitkan, tapi ritual ini bertujuan untuk membuat pengantin pria lebih kuat ketika malam pertama.

4. Tarian Uang, Polandia

money dance

Tarian uang disini bukan berarti kalian berdansa dengan tumpukan uang atau kalian akan diberi uang jika telah menari. Tarian uang ini adalah salah satu tradisi pernikahan aneh yang biasa aslinya dilakukan di Polandia pada tahun 1990an. Namun saat ini ritual tersebut ternyata sudah berkembang sampai ke Filipina.

Dalam ritual ini, tamu pria yang ingin berdansa dengan pengantin wanita diharuskan untuk memberikan uang. Tidak hanya berdansa dengan pengantin wanita, tamu juga diperbolehkan untuk berdansa dengan pengantin pria. Tapi tetap saja mereka harus mengeluarkan sejumlah uang.

3. Memotong Pohon, India

motong pohon

Terkenal dengan film Bollywood, ternyata India juga memiliki ritual aneh yang harus dilakukan sebelum menikah. Ritual aneh tersebut diberi naman Kumbh Vivah. Disana, pengantin wanita diharuskan untuk menikah dengan sebuah pohon sebelum menikah dengan pengantin pria. Setelah itu, pohon tersebut harus dipotong. Setelah ritual selesai barulah pengantin wanita diperbolehkan untuk menikah pria.

Ritual ini dilakukan untuk tujuan membuang kutukan yang biasa dibawa oleh wanita. Kutukan ini bisa menyebabkan sang suami cepat meninggal. Ketika pohon dihancurkan, kutukan yang ada pada wanita dianggap telah hilang.

2. Memecahkan Piring Makanan, Jerman

memecahkan piring

Terdengar aneh memang, tapi memang begitulah tradisi pernikahan yang berlaku di Jerman. Ritual memecahkan piring makan di Jerman ini disebut dengan Polterabend. Tidak hanya piring saja yang dipecahkan, pot, gelas segala macam hadiah yang diberikan kepada pasangan pengantin akan dihancurkan.

Bukan tanpa maksud, ritual ini sengaja dilakukan untuk mengusir roh-roh jahat yang ada di dekat mereka. Konon katanya, roh-roh jahat sangat membenci suara berisik. Jadi untuk mengusirnya, mereka memecahkan piring, pot, dan gelas. Benar-benar aneh.

1. Memotong Anak Ayam, Cina

potong ayam

Ternyata Cina memiliki cukup banyak ritual aneh dalam merayakan pernikahan. Ritual yang sudah menjadi tradisi mereka kali ini adalah memotong anak ayam. Anak ayam yang dipotong ini akan dipotong dan pengantin harus mengelurkan isi dari perut anak ayam tersebut. 

Tradisi aneh ini dilakukan oleh sekelompok orang yang disebut Daur. Ritual ini sangat penting bagi mereka, jika ritual ini tidak dilakukan, maka pernikahan tidak bisa dilangsungkan. Menurut mereka, jika isi dari perut anak ayam itu bagus, hal tersebut bisa menjadi penentu tanggal berapa mereka harus menikah. Jika hasil yang didapat buruk, maka ritual tersebut akan terus dilakukan sampai mereka menemukan isi perut yang tepat. Barulah setelah itu tanggal pernikahan bisa ditentukan. Sungguh malang nasib anak ayam tersebut.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas