home -> Unik -> Wajib Dikunjungi! 10 Goa Di Dunia Ini Bisa Membuat...
19 Juni 2019 02:12

Wajib Dikunjungi! 10 Goa Di Dunia Ini Bisa Membuat Kamu Terpesona

Oleh reagan dalam Unik pada June 10, 2016

Sebelumnya kami sudah merilis daftar 10 goa mengagumkan yang ada di Indonesia, pada artikel berikut ini, giliran Tahupedia akan menampilkan 10 goa mengagumkan yang ada di dunia. Seperti apa keindahan goa yang ada di luar Indonesia? Apakah lebih bagus atau justru sebanding dengan yang dimiliki oleh Indonesia?

10. Phong Na Cave, Vietnam

Phong Nha Cave

Goa yang menjadi kebanggaan Vietnam ini telah menjadi bagian dari UNESCO sebagai salah satu warisan dunia yang mengagumkan. Kalian yang ingin melihat sendiri keindahan dari goa Phong Na bisa datang ke Minh Hoa distrik yang ada di Utara-Tengah Vietnam. Kira-kira berjarak 500 km dari selatan kota Hanoi.

Untuk menjaga keindahan goa, dibangunlah Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang. Di taman nasional ini juga kalian bisa menemukan sekitar 300 goa indah yang tidak kalah dengan Phong Na. Dalam goa yang memiliki panjang 126 km ini, kalian bisa menemukan sungai bawah tanah yang indah.

9. Barton Creek Cave, Belize

barton creek cave

Bagi kalian yang masih asing dengan Belize, Belize adalah salah satu negara bagian yang berada di Amerika Selatan. Di negara kecil ini, terdapat salah satu goa terindah yang pernah ada. Goa tersebut bernama Barton Creek. Berani jamin, siapapun yang pergi ke goa ini akan takjub dan terpesona melihat keindahannya.

Goa alam yang berada dekat San Ignacio ini bukan hanya dikenal sebagai situs arkeologi saja melainkan juga sebagai tempat wisata. Diduga bahwa goa ini dulunya pernah digunakan oleh suku Mayan sebagai tempat tinggal. Terbukti dari beberapa ukiran gambar yang berada di dalam dinding goa. Di dalam goa juga terdapat aliran sungai sepanjang 6.400 meter.

8. Skocjan Cave, Slovenia

Skocjan Cave

Menjadi bagian dari situs warisan dunia UNESCO membuat goa ini dilindungi oleh pemerintah negeri Slovenia. Karena itulah goa Skocjan juga dianggap sebagai harta karun berharga yang dipunyai oleh Slovenia. Meski tidak terlalu panjang, goa dengan panjang 2 km ini masih bisa menarik perhatian turis mancanegara tiap tahunnya. 

Termasuk dalam salah satu goa mengagumkan yang ada di dunia, Skocjan memberikan pemandangan bawah tanah yang mungkin tidak bisa kalian temukan di tempat lain. Demi melindungi warisan dunia ini, dibangunlah sebuah taman nasional Skocjan dan dikelola oleh Skocjan Caves Park Public Service Agency.

7. Glowworm Cave, New Zealand

Glowworm Cave

Jika kamu melihat keindahan goa Glowworm, kamu pasti tidak akan percaya bahwa di dunia ini ada goa yang seindah dan sangat mengagumkan. Glowworm adalah sebuah goa indah yang berada di Waitomo, New Zealand. Alasan kenapa dinamakan dengan goa Glowworm karena goa ini menjadi habitat dari cacing Glowworm, Arachnocampa Luminosa. Goa ini menjadi goa yang sangat spesial karena hanya disinilah satu-satunya tempat dimana kamu bisa melihat cacing yang bisa menyala dengan terang.

Untuk bisa menikmati keindahan goa Glowworm, banyak sekali jasa tour yang siap untuk disewa sebagai pemandu. Dengan menyewa pemandu, kalian bisa menikmati keindahan goa dengan menaiki perahu kecil.

6. Cave of Crystals, Meksiko

cave of crystals

Kalian pernah menonton film Superman? Dalam film tersebut ditunjukan sebuah tempat rahasia yang digunakan oleh Superman sebagai markasnya. Markas yang dipenuhi dengan kristal tinggi tersebut mungkin bisa dibilang terinspirasi dari salah satu goa mengagumkan yang ada di dunia yaitu Cave of Crystals yang berada di Meksiko.

Goa Crystals merupakan goa unik yang di dalamnya dapat ditemukan pilar kristal Selenite yang tinggi. Goa yang ditemukan pada tahun 2000 ini memiliki temperatur yang lumayan panas yakni 580 Celcius. Tanpa perlengkapan yang cukup, para pengunjung hanya bisa bertahan paling sekitar 10 menit dalam goa. Meskipun panas, goa ini masih tetap menarik untuk dikunjungi.

5. Cave of The Swallows, Meksiko

cave of the swallows

Goa mengagumkan berikutnya masih berada di Meksiko. Untuk bisa masuk ke dalam goa, kita harus masuk melalui mulut goa dan turun dari ketinggian 333 meter. Memang tidak mudah untuk bisa menjelajahi keindahan goa yang bernama Cave of The Swallows ini. Goa ini terbentuk berkat erosi air dari batuan kapur. 

Tidak hanya memiliki keindahan yang bisa membuat kamu terpesona, ada sejumlah pecinta olahraga ekstrim yang menjadikan goa ini sebagai tempat untuk melakukan olahraga base jumping. Goa ini tidaklah sepanas goa Kristal dan lagi ketika hujan turun dapat menyebabkan terjadinya air terjun dari mulut goa.

4. Eisriesenwelt Ice Caves, Austria

Eisriesenwelt Ice Caves

Eisriesenwelt adalah bahasa Jerman dari "Wolrd of The Ice Giants", adalah goa alami indah yang terbuat dari batuan kapur dan juga es. Berlokasi di Werfen, Austria, sekitar 40 km di selatan Salzburg. Inilah goa es terbesar yang ada di dunia dengan panjang lebih dari 42 km. Tiap tahunnya goa ini juga menjadi tempat tujuan wisata. Sebanyak 200.000 turis datang tiap tahunnya.

Ketika musim dingin tiba, angin akan bertiup masuk ke dalam goa dan membuat suhu di dalam goa menjadi sangat dingin. Tapi ketika musim panas tiba, angin di dalam goa akan menjadi pelindung supaya es di dalam tidak cepat meleleh. 

3. The Reed Flute Cave, China

The Reed Flute Cave

Goa yang terbuat dari batuan kapur ini diberi nama The Reed Flute Cave. Berlokasi di luar kota Guilin, Cina, goa ini telah menjadi simbol kota dan juga pusat atraksi bagi para turis dalam maupun luar negeri. Namanya diambil dari alang-alang yang tumbuh di dalam goa. Dimana alang-alang ini merupakan bahan yang ideal untuk membuat alat musik seruling.

Dengan umur yang diperkirakan lebih dari 180 juta tahun, Reed Flute Cave telah menjadi tempat tujuan wisata lebih dari 1200 tahun. Dihuni oleh sejumlah besar stalaktit dan stalaknit dengan berbagai bentuk yang unik. Ada sebanyak 70 prasasti yang ditulis dengan tinta di dalam dinding goa. Dimana prasasti ini diperkirakan ada dari jaman Dinasti Tang, 792 Masehi.

2. Cave of The Ghost, Venezuela

Cave of The Ghost

Cueva del Fantasma atau yang dalam bahasa Inggris disebut Cave of The Ghost adalah goa raksasa yang ada di selatan Venezuela. Adalah goa yang kaya akan kehidupan biologis dan menjadi salah satu bagian dari geologi dunia bersama dengan lereng Aprada-Tepui. Saking besarnya, 2 helikopter sanggup memasuki goa ini.

Meskipun memiliki keindahan yang mengagumkan, para ahli beranggapan bahwa sebenarnya tempat ini tidak cocok disebut dengan goa. Lebih tepatnya disebut sebagai runtuhan atau ngarai yang curam.

1. Blue Grotto, Italy

blue grotto

Sampai di puncak goa paling mengagumkan di dunia. Inilah Blue Grotto, sebuah simbol kebanggaan yang dimiliki oleh pulau Capri, Italia. Adalah goa laut yang ditemukan di dekat pantai pulau Capri. Inilah yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang tertarik mengunjungi pulau Capri.

Pemandangan spektakuler penuh warna berasal dari 2 sumber yaitu dari mulut goa dan satunya adalah lubang bawah air yang ada di mulut goa. Di bagian mulut goa kita bisa melihat cahaya putih terang, sedangkan lubang yang berada di bawah air menampilkan warna biru.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas