home -> Lainnya -> Hati-Hati! Inilah 10 Tanaman Paling Mematikan Di D...
18 Desember 2018 22:49

Hati-Hati! Inilah 10 Tanaman Paling Mematikan Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada June 06, 2016

Dunia kita ini kaya akan tumbuhan dan juga hewan yang unik. Di dalam dunia tumbuhan, ada banyak sekali jenis tanaman yang cantik. Tapi sayangnya kecantikan itu ternyata adalah kamuflase untuk menyembunyikan racun mematikan yang ada dalam tanaman tersebut. Ada sejumlah tanaman cantik yang ternyata memiliki racun yang bisa membahayakan bahkan mematikan manusia. Apa saja tanaman cantik namun juga beracun itu? Berikut daftar lengkapnya.

10. Wolfsbane

wolfsbane

Sungguh nama yang keren dari tanaman cantik berwarna ungu satu ini. Tapi jangan salah menyangka bahwa tanaman ini aman untuk kamu pelihara di rumah. Wolfsbane merupakan salah satu tanaman paling beracun di dunia yang berada di urutan terakhir. Memiliki nama lain Leopard's Bane, Woman's Bane atau Devils Helmet. 

Oleh suku asli Jepang, Ainu, cairan beracun dari tanaman ini dioleskan pada ujung panah yang digunakan untuk berburu, Racun dari Wolfsbane merupakan racun yang disebut dengan Alkaloid Pseudaconitine. Jika mengenai orang, racun ini akan mengakibatkan rasa terbakar pada anggota tubuh dah juga memberikan masalah di pencernaan. Dalam dosis yang besar, racun dari tanaman Wolfsbane sanggup untuk membunuh orang dewasa dalam waktu 2-6 jam.

9. Oleander

Oleander

Kecantikan tanaman ini seringkali digunakan oleh orang sebagai tanaman penghias rumah. Dibalik kecantikan yang dimiliki oleh Oleander, terdapat racun mematikan yang berbahaya bagi manusia. Racun yang terkandung dalam sehelai daun Oleander bahkan dapat membunuh seorang manusia dewasa.

Wajib kalian ketahui, bukan hanya daunnya dari tanaman ini saja yang mengandung racun. Bagian bunga, ranting, daun, dan buahnya juga mengandung racun yang sangat berbahaya. Bila racunnya masuk ke dalam tubuh, dengan segera dapat mempengaruhi jantung, pencernaan, dan saraf manusia. Tanaman beracun ini awalnya merupakan tanaman yang paling banyak ditemukan di wilayah Mediterania dan Asia. Namun kini perkembangnya sudah sangat luas di dunia dan dapat ditemukan di sejumlah negara.

8. Nightshade

Nightshade

Tanaman mematikan berikutnya bernama Nightshade. Dikenal juga dengan nama Devil's Cherry, Black Cherry, Great Morel, dan Belladonna. Tanaman beracun ini adalah tanaman mematikan asli dari Eropa, Afrika Utara, dan Asia Barat. Nightshade mengandung racun yang bernama Tropane Alkaloids. Racun ini bisa menyebabkan orang mengalami halusinasi dan kegilaan.

Racun yang terkandung pada Nightshade dikenal mematikan bagi manusia. Tapi ajaibnya, hewan seperti kuda, burung, domba, kambing, dan babi kebal terhadap racun mematikan Nightshade. Uniknya, di tahun 1500an tanaman ini digunakan oleh para perempuan sebagai salah satu alat kosmetik. 

7. Datura Spp

datura spp

Merupakan tumbuhan asli di Amerika Selatan, Datura Spp atau yang dikenal dengan Angel's Trumpets juga dapat ditemukan di beberapa negara lain di dunia. Tanaman ini dinamakan Angel's Trumpet karena bagian bunga dari tanaman ini berbentuk seperti terompet yang menggantung dari pohon. 

Terdiri dari berbagai ukuran, Datura Spp memiliki racun yang cukup berbahaya bagi manusia. Semua bagian dari tanaman ini memiliki level racun yang tinggi. Dengan racun Tropane Alkaloids dan Altropine yang terkandung pada tanaman ini dapat menyebabkan manusia mengalami gangguan pencernaan, kelumpuhan otot, diare, sakit kepala, halusinasi, dan masih banyak lagi. Jika diolah dengan tepat, Datura Spp bisa dijadikan salah satu narkoba.

6. Winter Sweet

winter sweet

Tanaman mematikan ini dimanfaatkan oleh orang Khoisan yang tinggal di Afrika Selatan. Racun dari Winter Sweet dioleskan pada ujung panah yang akan digunakan sebagai alat berburu. Satu hal yang menarik dari tanaman ini hanyalah aromanya yang wangi dan buahnya yang enak. Tapi jangan pernah sekali-kali menyentuh getahnya. Jika sampai masuk ke dalam tubuh, getah ini dapat mengakibatkan akibat yang fatal.

Winter Sweet memiliki nama lain Bushman's Poison. Hanya bagian daun dari tanaman ini yang bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Sisanya? Ada baiknya untuk kamu hindari jika masih ingat melihat matahari.

5. Rosary Pea

Rosary Pea

Rosary Pea atau Crab's Eye atau Jumbie Bead, merupakan tanaman mematikan yang tumbuh di sekitar pohon, semak-semak, dan pagar rumah. Tumbuhan mematikan ini ternyata adalah tumbuhan mematikan asli dari Indonesia, tapi tersebar juga di beberapa belahan dunia. Biji dari Rosary Pea biasa dimanfaatkan sebagai manik-main.

Tanaman satu ini memiliki racun yang sangat mematikan bagi manusia. Hanya 3 mikrogram dapat membunuh seorang manusia dewasa. Menggunakan bijinya sebagai manik-manik sebenarnya juga memberikan ancaman yang besar. Banyak orang dikabarkan kehilangan nyawa karena jarinya tertusuk biji Rosary. 

4. Strychnine tree

Strychnine tree

Ditemukan di wilayah India dan Asia Tenggara, tanaman mematikan ini memiliki racun yang bisa berakibat fatal bagi manusia. Jangan tertipu dengan warna oranye dari buahnya, karena biji dari buah ini mengandung racun Alkaloids Strychine dan Brucine yang sangat tinggi. Sekitar 30mg dari racunnya bisa mengakibatkan kematian.

Lebih dikenal dengan nama Poison Nut atau Quaker Button, tanaman ini termasuk dalam tanaman ukuran sedang. Manusia yang terkena racun ini akan merasakan kejang di seluruh tubuh. Kekejangan ini disebabkan dari adanya stimulasi dari ganglia sensor yang ada di tulang belakang. 

3. Water Hemlock

water hemlock

Masih termasuk dalam keluarga tumbuhan wortel, Water Hemlock telah dianggap sebagai tanaman beracun paling mematikan yang ada di wilayah Amerika Utara. Bunga putihnya yang cantik dan batangnya tidaklah berbahaya bagi manusia. Namun getahnya memiliki racun kuat yang sangat mematikan.

Cicutoxin adalah nama racun yang terdapat dalam getah tanaman Water Hemlock. Dan bagian yang menjadi pusat racun adalah bagian akar. Menyuntikkan sedikit racun ke dalam tubuh dapat mempengaruhi sistem saraf manusia dan menyebabkan kejang. Menelan racunnya secara langsung adalah hal terakhir yang tidak ingin kamu lakukan.

2. White Snake Root

White Snakeroot

Sama dengan Water Hemlock, White Snake Root atau White Sanicle atau Tall Boneset adalah tanaman mematikan yang juga berasal dari Amerika Utara. Tanaman ini memiliki warna putih yang cantik tapi memiliki konsentrasi racun Tremetol yang cukup tinggi. Racun tersebut dapat membunuh manusia secara tidak langsung.

Ketika sapi memakan tanaman ini, racun dari tanaman ini akan terserab ke susu dan daging. Ketika ada manusia yang memakannya, racun dari White Root akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan masalah keracunan susu. Di abad ke-19 banyak orang yang telah meninggal akibat keracunan susu.

1. Castor Plants

Castor Plants

Dianggap sebagai tanaman paling beracun di dunia. Bahkan tanaman ini juga memegang rekor di Guinness Book karena racunnya yang sangat mematikan bagi manusia. Hanya sedikit bagian dari Castor Bean dapat membunuh manusia dewasa hanya dalam waktu hitungan menit. Jadi sudah terbayang bagaimana mematikannya tanaman satu ini.

Dengan kandungan racun bernama Ricin yang terdapat dalam tanaman Castor Bean dapat menyebabkan sensasi terbakar yang luar biasa pada bagian mulut dan tenggorokan, sakit perut yang luar biasa, disusul diare yang bisa berlangsung selama 36 jam, dan akhirnya dapat berujung pada kematian jika selama 3-5 hari dibiarkan. Meskipun tanaman ini mematikan, kecantikan tanaman ini masih dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias terutama di wilayah California.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas