home -> Unik -> 10 Goa Keren Di Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi
23 Oktober 2018 10:14

10 Goa Keren Di Indonesia Yang Wajib Kamu Kunjungi

Oleh reagan dalam Unik pada June 02, 2016

Sebenarnya kalian tidak perlu beepergian jauh ke luar negeri hanya untuk melihat tempat wisata yang keren dan juga indah. Di Indonesia sendiri banyak tempat wisata yang tidak kalah indah dan juga keren dibandingkan dengan luar negeri, salah satunya ada goa. Begitu banyak goa keren dan juga indah yang bisa membuat mata kalian tidak berkedip. Mari kita lihat bersama 10 goa keren di Indonesia yang wajib kalian kunjungi.

10. Goa Batu Cermin, Pulau Flores

Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin merupakan goa bebatuan yang berada dekat dengan Labuan Bajo, pulau Flores. Di goa ini kamu bisa menemukan keindahan luar biasa yang tidak kalah dengan goa lain di luar negeri. Ketika kamu berada di dalam goa, kamu bisa melihat cahaya matahari yang masuk melalui lubang masuk goa, sungguh sangat keren. 

Nama Cermin bukan berarti kita bisa bercermin di batu. Yang dimaksud batu cermin disini adalah salah satu pemandangan dimana bebatuan di goa bisa memantulkan cahaya matahari. jika kamu berniat melihat keindahan goa ini dengan mata kepala sendiri, disarankan mengunjungi goa ini pada jam 9 sampai 10 pagi dimana cahaya matahari masuk ke dalam goa.

9. Goa Cerme, Yogyakarta

Goa Cerme

Keindahan alam berikutnya dipersembahkan dari Yogyakarta yakni goa Cerme. Berada di dusun Srunggo, Bantul, sekitar 20 km di sebelah selatan kota Yogyakarta. Menurut sejarah, goa Cerme ini dulu digunakan oleh para Walisongo sebagai tempat menyebarkan agama Islam. Karena itulah goa ini diberi nama Cerme yang diambil dari kata ceramah.

Berada tidak jauh dari goa Cerme, ada 4 goa kecil lainnya yang bisa dibilang sebagai bonus jika kalian mengunjungi tempat ini. Goa itu adalah goa Dalang, goa Ledek , goa Badut, dan goa Kaum. Goa Badut sendiri lebih sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersemedi. Yang membuat goa ini indah dan juga keren adalah adanya sungai bawah tanahnya yang jernih.

8. Goa Gong, Pacitan

goa gong

Diberi nama goa Gong karena goa ini memiliki keunikan dimana di dalamnya terdapat sebuah batu yang bila dipukul akan mengeluarkan suara layaknya gong. Kamu dapat menemukan goa Gong ini Pacitan, Jawa Timur. Goa Gong juga menjadi tempat wisata yang cukup populer di Asia Tenggara. Panorama stalaktit dan stalagmit yang keren dapat kalian temukan di dalam goa ini.

Ketika masuk ke dalam goa, awalnya kita akan disambut dengan pemandangan yang cukup remang-remang, namun ketika berada lebih dalam barulah pemandangan keren dan indah baru tampak. Kalian bisa menemukan pagar kristal yang indah di dekat mulut goa. Jika kamu menyukai berwisata dalam goa, goa Gong ini bisa menjadi salah satu pilihan objek wisata yang menarik.

7. Goa Leang Pute, Sulawesi Selatan

Goa Leang Pute

Dengan kedalaman yang mencapai 260 sampai 270 meter membuat goa Leang Pute dianggap sebagai goa paling dalam yang ada di Indonesia. Leang Cave berlokasi di desa Labiaja, Bantimurung, Sulawesi Selatan. Untuk bisa menikmati keindahan goa Leang Pute, kita harus turun menggunakan tali, masuk melalui mulut goa yang memiliki lebar 60 sampai 80 meter.

Nama Pute diambil dari salah satu jenis burung merpati putih yang tinggal di dinding goa Leang Pute. Untuk bisa mencapai goa, kita terlebih dulu harus melalui hutan tropis yang lebat. Hutan tropis ini menjadi surganya para spesies hewan dan tumbuhan yang unik. Berpetualang di dalam goa Leang Pute, kita diharuskan untuk berhati-hati karena dalam goa kita dapat menemukan berbagai macam hewan seperti ular, laba-laba, katak, dan kaki seribu yang besar.

6. Goa Salung Kallang, Sulawesi Selatan

goa salukang kallang

Jika kalian ingin mencoba berpetualang di goa, goa Salung Kallang mungkin tempat yang tepat bagi kalian. Tidak jauh dari ibukota Sulawesi Selatan, goa Salung Kallang dapat ditemukan di kabupaten Maros. Terbuat dari kapur, goa Salung Kallang adalah goa terpanjang yang ada di Indonesia dengan panjang yang mencapai 27 km.

Karena letaknya yang berada di bawah tanah, goa indah dan keren ini dianggap sebagai surga bawah tanah oleh warga sekitar. Untuk dapat masuk ke dalam goa sedalam 8 meter ini, kita diharuskan harus turun sambil diikat dengan tali agar lebih aman. Goa Salung Kallang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung sehingga goa ini dikelola dan dilindungi oleh pemerintah.

5. Goa Macan, Jawa Tengah

goa macan

Berada di kabupaten Grobogan Jawa Tengah terdapat sebuah objek wisata goa indah dan keren yang wajib untuk kalian kunjungi. Goa tersebut adalah goa Macan. Meskipun termasuk goa yang indah, penerangan di dalam goa tidaklah begitu bagus. Itu dikarenakan cahaya matahari yang masuk hanya melalui satu lubang saja yakni mulut goa.

Goa ini memang tidak begitu panjang, hanya sekitar 15 sampai 20 meter saja untuk sampai di ujung goa. Jika kalian memutuskan memilih objek wisata goa Macan, disarankan agar membawa alat senter tambahan agar bisa menerangi jalan menuju dalam goa. Air yang menetes dari langit-langit goa membuat jalan semakin lincin sehingga kalian harus lebih berhati-hati.

4. Goa Lawa, Jawa Tengah

goa lawa

Masih di tempat yang sama, hanya berada sekitar 20 meter dari gunung Lawa, inilah goa Lawa. Meski belum memiliki penerangan yang cukup, ketika berada di dalam goa, kita masih bisa menikmati keindahan stalagmit dan juga stalaktit di dalam goa Lawa. Di dalam goa masih terdapat sebuah lubang sebagai tempat masuknya cahaya matahari.

Goa Lawa terbentuk dari stalaktit yang terjadi karena proses pelarutan air di daerah yang memiliki tingkat kapur yang tinggi. Obejek wisata goa Lawa bisa juga dinikmati oleh anak-anak karena telah dibuatkan tangga untuk bisa masuk ke dalam goa. Namun karena tetesan air dari atas goa membuat jalan lebih licin jadi, orang tetap harus berhati-hati.

3. Goa Pindul, Yogyakarta

Goa Pindul

Keindahan goa Pindul di Yogyakarta ini sudah banyak didengar orang-orang. Bahkan sudah banyak juga jasa tour yang siap menemani kalian menelusuri indahnya goa bawah tanah ini. Tidak perlu peralatan yang rumit untuk menikmati keindahan goa Pindul. Cukup menggunakan ban dalam yang besar dan jaket pelampung, kalian tinggal mengikuti arus sungai bawah tanah yang ada di dalam goa.

Sembari kita mengikuti arus sungai bawah tanah, kita bisa melihat keindahan stalagtit yang ada di langit-langit goa. Aktivitas menyusuri sungai bawah tanah ini terkenal dengan nama cave tubing. Goa ini aman untuk semua umur karena aliran sungai yang tidak deras meskipun musim hujan tiba. Air sungai ini bersumber dari mata air Gedong Tujuh.

2. Goa Gajah, Bali

goa gajah

Bali memang pulau yang menjadi pusat daya tarik bagi turis asing. Selain terkenal akan pantai Kuta, di Ubud, Bali kita bisa menemukan objek wisata indah yang bernama goa Gajah. Objek wisata ini juga hampir tidak pernah sepi pengunjung. Sejumlah tour juga siap melayani kalian untuk bisa menjelajahi keindahan goa Gajah.

Nama goa Gajah diambil dari kata Lwa Gajah yang merupakan nama sebuah kuil peninggalan biksu Buddha. Pintu masuk goa yang kecil hanya memungkinkan 1 orang yang bisa masuk ke dalam goa. Di luar mulut goa terdapat ukiran dari 2 patung penjaga. Goa Gajah membentuk huruf T dengan tinggi dan lebar 2 meter. Jika kalian sudah bosan dengan pantai Kuta, goa Gajah ini wajib untuk kamu kunjungi.

1. Goa Jomblang, Yogyakarta

goa jomblang

Tiba kita di urutan pertama goa yang wajib untuk dikunjungi. Ternyata goa indah dan keren ini berada di kota keraton Yogyakarta, nama goa itu adalah goa Jomblang. Goa Jomblang adalah goa yang terbentuk karena turunnya tanah. Jadi kita harus turun ke bawah tanah untuk bisa masuk ke dalam goa.

Disebut juga dengan nama Luweng Jomblang karena runtuhan tanah yang membentuk lubang seperti sumur yang dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah luweng. Goa Jomblang kini telah dijadikan tempat konservasi tumbuhan purba dan juga dijadikan objek wisata yang secara khusus dikelola oleh warga sekitar goa. Banyak orang yang berkunjung ke goa Jomblang untuk bisa melihat pemandangan yang disebut tiang matahari. Tiang matahari adalah sinar matahari yang masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas