home -> Lainnya -> Tidak Pernah Sepi Penumpang, Inilah 10 Bandara Ter...
24 November 2017 23:57

Tidak Pernah Sepi Penumpang, Inilah 10 Bandara Tersibuk Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada June 01, 2016

Salah satu transportasi yang digunakan orang untuk ke luar negeri adalah pesawat terbang. Dengan menggunakan pesawat, orang bisa mencapai negera tempat tujuan dengan waktu yang lebih singkat. Berbicara tentang pesawat terbang tidak lengkap bila tidak membahas tentang bandara. Ada sejumlah bandara di dunia ini yang selalu ramai akan penumpang dan menjadikan bandara tersebut menjadi bandara yang sibuk. Apa kalian ingin tahu 10 bandara mana saja yang menjadi bandara tersibuk di dunia? Berikut ini adalah daftarnya.

10. Dallas/Fort Worth International Airport, Texas

Dallas Fort Worth International Airport

Dallas/Fort Worth International Airport adalah salah satu bandara tersibuk di dunia ke-10 yang juga menjadi bandara utama yang bertugas melayani penerbangan antara Dallas dan Fort Worth yang berada Texas, Amerika. Bandara ini adalah bandara terbesar bagi American Airlines yang bermarkas dekat dengan bandara.

Pada tahun 2015 tercatat bahwa bandara ini melayani sebanyak 64.174.163 orang. Dengan jumlah sebanyak itu menjadikan airport yang berada di Texas ini menjadi airport yang sangat sibuk. Hampir sebanyak 900 penerbangan yang terjadi di airport ini. Jumlah penerbangan tersebut sudah termasuk takeoff dan juga landing.

9. Paris-Charles de Gaulle Airport, Paris

Paris-Charles de Gaulle Airport

Di Perancis, airport ini juga dikenal dengan nama Roissy Airport atau Roissy. Merupakan airport internasional paling besar yang dimiliki oleh Perancis. Nama airport diambil dari nama presiden Perancis yang pernah menjabat dari tahun 1959 sampai tahun 1969 bernama Charles de Gaulle. Dua penerbangan besar yang paling sering berkunjung di airport ini adalah Air France dan juga Delta Air Lines.

Alasan kenapa airport yang berada di Perancis ini menjadi airport yang tersibuk di dunia adalah karena jumlah rekor penumpangnya yang mencapai angka 65.766.986. Untuk penerbangannya sendiri sebanyak 497.763 terjadi di airport ini. Jumlah tersebut mengalahkan Dallas Fort Worth International Airport dan membuat Paris Charles de Gaulle Airport menduduki posisi ke-9 sebagai bandara tersibuk di dunia.

8. Hong Kong International Airport, Hong Kong

Hong Kong International Airport

Jika kalian bepergian ke Hong Kong, kalian pastinya akan mendarat di bandara Hong Kong International Airport. Dengan singkatan HKG, bandara ini adalah bandara utama dan terbesar disana. Bagi rakyat kota Hong Kong, bandara ini juga dikenal dengan nama Chek Lap Kok Airport. Dari tahun 1925 sampai dengan tahun 1998, Chek Lap Kok dikenal dengan nama Kai Tak Airport.

Bandara tersibuk ke-8 di dunia ini telah dikelola oleh Airport Authority Hong Kong selama 24 jam penuh. Perlu diketahui, bandara ini tidak pernah sepi dari penumpang. Sampai dengan tahun 2015, Hong Kong International Airport telah kebanjiran penumpang sebanyak 68.283.407 orang. Hong Kong International Airport juga telah melayani lebih dari 100 penerbangan setiap harinya.

7. Los Angeles International Airport, Los Angeles

los angeles international airport

Beralih pada salah satu kota besar yang ada di Amerika yakni Los Angeles. Sebagai salah satu kota besar di Amerika, sungguh aneh bila tidak ada bandara di kota itu. Los Angeles International Airport yang disingkat LAX adalah bandar udara terbesar yang ada di kota Los Angeles. Peran bandar udara ini juga sangatlah besar bagi Amerika Serikat.

Dengan total penumpang yang mencapai jumlah 74.936.256 membuat bandar udara ini menjadi salah satu bandara yang tersibuk di dunia dan juga di Amerika. Sudah bertahun-tahun lamanya Los Angeles Internatioal Airport selalu masuk ke dalam daftar bandara tersibuk di dunia. Tidak hanya berstatus sebagai bandara tersibuk di dunia, LAX juga menjadi salah satu dari 5 bandara top yang ada di Amerika.

6. London Heathrow Airport, London

London Heathrow Airport

Dipimpin oleh seorang ratu, Inggiris yang beribukota London memiliki sebuah airport yang menjadi airport tersibuk di dunia di posisi ke-6. Jika butuh bukti kenapa airport terbesar di London ini dapat menjadi airport tersibuk di dunia, jumlah penumpang sebanyak 74.989.795 pada tahun 2015 adalah buktinya.

Jumlah penumpang yang hampir mencapai 75 juta tersebut merupakan peningkatan jumlah dari tahun 2014. Dimana persentase pertambahan penumpang pada tahun 2014 menuju 2015 sebesar 2,2%. Jumlah aktivitas pesawat terbang yang datang dan pergi di Heathrow juga terbilang cukup ramai dimana sebanyak 474.087 penerbangan yang aktif di bandara terbesar di London ini.

5. Tokyo Haneda Airport, Tokyo

Tokyo haneda airport

Untuk di wilayah Asia, Jepang merupakan salah satu negara superpower di dunia dan juga negara yang terkenal memiliki samurai terbaik. Dan salah satu hal lain yang bisa dibanggakan dari Jepang adalah bandaranya yang selalu ramai oleh penumpang. Saking ramainya, Tokyo Haneda Airport termasuk ke dalam salah satu airport tersibuk di dunia.

Dikenal dengan nama Haneda Airport (HND), Haneda Airport merupakan salah satu dari 2 airport utama yang berada di wilayah Tokyo. Satunya lagi adalah Narita International Airport. Tapi hanya Haneda lah yang menjadi airport paling sibuk di Tokyo dengan jumlah penumpang yang mencapai 75.316.718. Jumlah tersebut didapat dari hasil penghitungan pada tahun 2015.

4. O'Hare International Airport, Chicago

O'hare international airport

Kembali lagi ke Amerika, negara yang menjadi negara superpower ini dilengkapi dengan sejumlah bandara yang memiliki tingkat kesibukan cukup tinggi di dunia. Salah satu bandara tersibuk ke-4 di dunia terdapat di kota Chicago dengan bandaranya yang bernama O'Hare International Airport. O'Hare International Airport sering disingkat juga menjadi ORD atau dengan nama pendeknya O'Hare.

O'Hare dapat ditemukan di Far Northwest Side dari Chicago, dengan jauh 27 km dari baratlaut Loop. Inilah bandara utama yang menjadi melayani sebagian besar penerbangan di Chicago. Menurut catatan, pada tahun 2015 O'Hare kebanjiran penumpang dengan jumlah sebanyak 76.942.493 orang. Pada tahun 2014 O'Hare sempat menduduki peringkat pertama sebagai bandara paling sibuk di dunia, namun tahun 2015 posisinya tergantikan oleh Hartsfield-Jackson Atlanta Inernational Airport.

3. Dubai International Airport, Dubai

Dubai international airport

Dubai International Airport atau yang disingkat DXB pada tahun 2015 menduduki posisi ke-3 sebagai bandara tersibuk di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah penumpang yang mencapai angka 78.014.841 dan jumlah penerbangan sebanyak 403.517 yang aktif berlalu-lalang di bandara ini.

Dubai International Airport merupakan bandara utama yang dimiliki oleh negara Dubai. Berlokasi di distrik Al Garhoud, Dubai International Airport dikelola Dubai Airports Company dan juga sekaligus rumah bagi Dubai International Airlines. Pada bulan Januari 2016 saja sudah terdapat lebih dari 7.700 penerbangan yang terjadi dalamn seminggu. Ini membuktikan betapa sibuknya bandar udara di Dubai.

2. Beijing Capital International Airport, Beijing

Beijing capital international airport

Menjadi ibukota dari Cina dan juga tempat tujuan pariwisata, tentunya membuat pemerintah Cina harus menyediakan bandara untuk bisa menerima kedatangan para turis. Dan bandara itu adalah Beijing Capital International Airport yang disingkat PEK. Bandar udara inilah uang melayani sebagian besar penerbangan yang dilakukan di Cina.

Beijing Capital telah mengalami peningkatan rangking yang cukup mengejutkan dalam daftar bandara tersibuk di dunia dalam kurun waktu beberapa dekade belakangan. Jika di dunia ia hanya bisa duduk di posisi kedua, di Asia, Beijing Capital menjadi bandara yang paling sibuk. Total penumpang yang dilayani oleh Beijing Capital mencapai 89.938.628 orang.

1. Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport, Atlanta

Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport

Akhirnya kini tiba membahas posisi pertama sebagai bandara tersibuk di dunia. Jika bandara sebelumnya masih memiliki jumlah penumpang dalam puluhan juta, bandar udara yang berada di Atlanta ini berhasil menembus angka ratusan juta yakni 101.491.106 penumpang. Hasil tersebut diperoleh dari data yang dilakukan pada tahun 2015.

Bandara yang disingkat dengan ATL ini berlokasi 11 km di selatan Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Inilah bandara tersibuk di dunia yang pernah ada. Tidak hanya memiliki jumlah penumpang yang banyak, lalu lintas udara yang terjadi di bandar udara ini juga sangatlah banyak yaitu 882.497.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas