home -> Lainnya -> Patut Bangga, 10 Produk Indonesia Yang Sukses Diek...
18 Juli 2018 17:39

Patut Bangga, 10 Produk Indonesia Yang Sukses Dieksport Ke Luar Negeri

Oleh reagan dalam Lainnya pada May 26, 2016

Sebagai anak bangsa, kita harusnya bangga dan menggunakan produk dalam negeri ketimbang produk dari luar negeri. Sebagai informasi, Indonesia tidak hanya selalu mengimport barang dari luar negeri saja, tapi ada juga produk atau bahan dari Indonesia yang sukses dieksport ke luar negeri. Berikut adalah 10 produk Indonesia yang sukses dieksport ke luar negeri.

10. Mesin Dan Alat Pompa

pompa

Mesin dan alat pompa Indonesia ternyata menjadi produk yang cukup sukses dieksport ke luar negeri. Di saat negeri kita dikuasai oleh produk asing seperti dari Jepang dan Cina, ternyata masih ada peluang produk Indonesia untuk sukses di luar negeri. Tidak main-main, yang diekspor adalah mesin dan juga alat pompa.

Negara yang menjadi pengguna produk kita ini adalah Amerika, India, Malaysia, Taiwan, Thailand, dan juga Australia. Cukup mengejutkan ternyata negara superpower seperti Amerika ternyata membutuhkan mesin dan alat pompa dari Indonesia. 

9. Pakaian

pakaian

Banyak orang yang bangga bila bisa membeli pakaian buatan luar negeri. Apa kalian sempat berpikir bahwa pakaian yang kalian beli di luar negeri tersebut berasal dari Indonesia? Entah kalian sadari atau tidak, ternyata Indonesia juga bisa mengeksport salah satu produknya yang berupa pakaian ke luar negeri.

Yang mengejutkan adalah ternyata negara Amerika cukup berminat dengan produk kita satu ini. Tidak hanya pakaian jadi, tapi bahan pakaian juga diimport dari Indonesia. Mungkin kalian tidak tahu, tapi bisa jadi pakaian kalian yang berlabel made in US itu sebenarnya berbahan dasar dari Indonesia.

8. Karet

getah karet

Memliki pohon karet yang melimpah, membuat pemerintah Indonesia memanfaatkan hasil karet ini untuk dieksport ke luar negeri untuk diolah. Beberapa hasil olahan karet adalah ban untuk kendaraan, sabuk penggerak mesin besar, pipa karet, kabel, dan bisa juga menjadi bahan pembungkus logam.

Dicatat ada banyak negara di dunia yang jadi penggemar dari produk karet Indonesia. Beberapa negara tersebut seperti Jepang, Cina, Amerika, India, Korea Selatan, Taiwan, Australia, dan juga Belanda. Dengan banyaknya negara yang mengimport karet dari kita, penghasilan yang kita peroleh dari produk ini juga cukup besar.

7. Kayu

kayu pohon

Menurut statistik yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, pada bulan Mei 2014 nilai eksport kayu Indonesia ke luar negeri mengalami peningkatan sebesar 14%. Hal ini memberi tanda bahwa kayu asal Indonesia menjadi produk yang cukup sukses dieksport ke luar negeri. Tidak hanya kayu, produk hasil olahan kayu juga cukup sukses di pasaran.

Sudah dikenal oleh dunia bahwa Indonesia merupakan negara eksportir kayu tropis terbesar di dunia dengan nilai yang mencapai lebih dari 5 miliar USD per tahun. Saking suksesnya eksport kayu, banyak perusahaan yang secara ilegal menebang dan menjual kayu asal Indonesia ke luar negeri.

6. Logam Mulia Dan Permata

logam mulia dan permata

Indonesia memiliki potensi besar menjadi negara eksportir logam mulia atau emas. Tidak hanya memiliki bahan baku yang melimpah, sumber daya manusia dalam mengolah emas menjadi perhiasaan juga tidak kalah dengan negara luar. Hasilnya? Sudah banyak perhiasan buatan Indonesia yang sukses dieksport ke berbagai negara. Beberapa negara diantaranya adalah Jepang, Singapura, dan Taiwan.

Tidak hanya logam mulia emas saja yang sukses dijual di luar negeri, logam lain seperti perak juga diminati oleh negara di luar Indonesia. Di tahun 2013 saja, eksport emas bisa mencapai angka 600 juta USD. Jika kamu membeli perhiasan dari Singapura, jangan-jangan itu juga berasal dari emas Indonesia.

5. Lemak Hewani Dan Nabati

minyak nabati hewani

Cina, Singapura, Amerika, India, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, dan Belanda adalah sebagian negara di dunia yang diketahui menjadi target eksport Indonesia. Negara-negara tersebut diketahui cukup memberikan masukan yang besar dari produksi minyak dan lemak hewani serta nabati dari Indonesia. 

Minyak serta lemak dari hewani dan nabati Indonesia termasuk dalam 5 besar produk yang paling sukses dieksport ke luar negeri. Pendapatan dari produk ini diperkirakan mencapai ratusan miliar dolar. 

4. Gas Petroleum

gas- etroleum

Gas petroleum atau yang dikenal dengan nama LPG adalah produk yang juga sukses dieksport oleh Indonesia. Untuk menangani produksi gas LPG ini, pemerintah secara khusus memberikan perintah pada perusahaan milik negara Pertamina untuk mengolah dan mendistribusikannya. Setidaknya ada 5 negara yang diketahui menjadi target eksport gas ini yakni Jepang, Korea Selatan, Cina, Thailand, dan Filipina.

Namun ada hal yang menjadi sorotan utama dari pemerintah Indonesia. Meskipun eksport gas petroleum memberikan untung yang besar, perlu diketahui bahwa kebutuhan rakyat Indonesia akan gas semakin meningkat. Jadi, perlu ada pembatasan dalam hal eksport. Pembatasan ini bertujuan agar rakyat tetap dapat menikmati hasil produk dalam negeri.

3. Minyak Kelapa Sawit

minyak kelapa sawit

Kelapa sawit tumbuh subur di daerah Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Di Asia, salah satu produsen sekaligus eksportir terbesar minyak kelapa sawit adalah negara kita sendiri yakni Indonesia. Indonesia menjadi negara yang tepat untuk mengembangkan minyak kelapa sawit dikarenakan kelapa sawit membutuhkan suhu yang hangat, sinar matahari, dan hujan yang cukup untuk bisa tumbuh dengan subur.

Meskipun minyak kelapa sawit memiliki efek yang tidak bagus bagi kesehatan, tapi minyak kelapa sawit menjadi barang eksport paling sukses dari Indonesia. Tetangga Indonesia yakni Malaysia juga menjadi salah satu negara pengeksport minyak kelapa sawit kedua terbesar setelah Indonesia. 

2. Batu Bara

batu bara

Produk Indonesia lainnya yang juga sukses diexport ke luar negeri adalah batu bara. Batu bara Indonesia sudah dikenal memiliki kualitas yang terbukti bagus. Hampir sama dengan gas petroleum, eksport batu bara juga diharapkan untuk dibatasi. Mengingat betapa besarnya keuntungan yang dapat diraih dari eksport batu bara, banyak perusahaan yang melakukan eksploitasi besar-besaran akan kekayaan alam satu ini.

Perlu diketahui bahwa batu bara buatan Indonesia terbuat dari bahan yang spesial yakni batok kelapa yang sudah diseleksi secara teliti.Hal ini membuat batu bara kita memiliki kualitas yang tinggi dimana bisa membakar dalam jangka waktu yang lebih lama dibanding batu bara lainnya,

1. Minyak Mentah

minyak bumi

Mungkin sudah banyak orang yang tahu produk apa yang paling diincar oleh banyak negara dari Indonesia. Produk itu tidak lain adalah minyak mentah. Minyak mentah merupakan kekayaan terbesar yang dimiliki oleh Indonesia. Minyak mentah terbentuk dari fosil makhluk hidup yang telah mati dalam jangka waktu yang lama. Minyak mentah telah menjadi sumber energi yang sangat penting tidak hanya bagi Indonesia tapi juga seluruh negara di dunia.

Penambangan minyak mentah yang dilakukan secara besar-besaran mengakibatkan stok minyak mentah yang kita miliki semakin berkurang. Bila hal ini terus dilakukan tanpa adanya kontrol, Indonesia yang awalnya menjadi negara eksportir minyak bisa berubah menjadi negara pengimport. Dari tahun ke tahun saja sudah terbukti penurunan angka eksport minyak mentah dan angka import malah meningkat.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas