home -> Lainnya -> Mengagumkan, Inilah 10 Gunung Tertinggi Di Dunia
26 April 2018 03:06

Mengagumkan, Inilah 10 Gunung Tertinggi Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada May 26, 2016

Gunung Mount Everest memang dikenal sebagai gunung yang memiliki ketinggian paling tinggi diantara gunung-gunung yang lain. Tapi bukan berarti tidak ada gunung tinggi lain selain Mount Everest. Masih ada 9 gunung di dunia yang juga memiliki ketinggian mengagumkan dan tidak kalah dengan Mount Everest. Berikut ini adalah daftar gunung tertinggi di dunia.

10. Annapuma I, Nepal (8.091 meter)

Annapurna I

Gunung Annapuma I memang tidak memiliki ketinggian yang setara atau menyaingi Mount Everest, tapi dengan tinggi 8.091 meter di atas permukaan laut tetap membuat gunung yang berada di Nepal ini mengagumkan. Pada tahun 1950, ada sekelompok pendaki gunung yang mencoba untuk menaklukan gunung Dhaulagiri yang berada di Nepal. Tapi pada akhirnya mereka lebih memilih untuk mendaki gunung Annapuma I.

Para pendaki yang mendaki gunung Annapuma I antara lain Maurice Herzog, Louis Lachenal, Lionel Terray, dan Gaston Rebuffat. Diketahui bahwa pada tanggal 3 Juni mereka berhasil mencapai puncak gunung Annapuma I. Perjalanan ang sulit itu ditempuh dengan susah payah dimana tubuh mereka semua menggigil karena dinginnya suhu.

9. Nanga Parbat, Pakistan (8.126 meter)

Nanga Parbat

Menuju ke Pakistan, disini kita bisa menemukan gunung Nanga Parbat atau yang juga disebut dengan Naked Mountain. Gunung ini adalah gunung dengan tinggi mencapai 8.126 meter diatas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut membuat gunung mengagumkan ini menjadi gunung tertinggi ke 9 di dunia.

Gunung menakjubkan ini diberi julukan "Killer Mountain" oleh para pendaki gunung di dunia. Julukan tersebut diberikan karena karakteristik gunung ini yang tinggi, besar, dan juga terjal. Membuatnya menjadi sulit untuk didaki. Di pertengahan dan awal abad ke-20, sudah banyak pendaki gunung yang kehilangan nyawa demi menaklukan gunung tinggi ini.

8. Manaslu, Nepal (8.156 meter)

Manaslu

Nepal terkenal memiliki banyak sekali gunung yang tinggi. Salah satunya adalah gunung Manaslu. Gunung Manaslu merupakan gunung tertinggi ke-8 di dunia dengan tinggi yang mencapai 8.156 meter di atas permukaan laut. Keindahan dari gunung Manaslu ini dimanfaatkan untuk dijadikan area trek atau perjalanan. Banyak orang yang menilai bahwa di gunung ini memiliki rumah teh yang menarik.

Sebelumnya pada tahun 1956, ada penjelajah asal Jepang yang menjadi orang pertama yang mendaki gunung Manaslu. Mereka adalah Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu. Mereka berdua menaklukan gunung Manaslu pada tanggal 9 Mei 1956. 

7. Dhaulagiri I, Nepal (8.167 meter)

dhaulagiri

Masih berada di Nepal, inilah gunung tertinggi ke-7 di dunia. Namanya merupakan bahasa Sansekerta yang memiliki arti mempesona, putih, dan indah. Gunung Dhaulgiri ini menjadi titik tertinggi dari cekungan sungai Gandaki. Gunung Dhaulagiri memiliki ketinggian 8.167 meter di atas permukaan laut.

Setelah ditemukan oleh orang Barat pada tahun 1808, Dhaulagiri langsung menggeser gunung Chimborazo sebagai salah satu gunung tertinggi di dunia. Puncak gunung Dhaulagiri membentang sejauh 48 km dengan topologi yang rumit dimana lintasan yang berputar, gletser, dan juga es yang seringkali jatuh.

6. Cho Oyu, Tibet (8.201 meter)

cho oyu

Dengan tinggi 8.201 meter di atas permukaan laut membuat gunung yang berada di Tibet ini menjadi gunung tertinggi ke-6 di dunia. Dalam bahasa Indonesia, Cho Oyu memiliki arti Dewi Turquiouse. Gunung Cho Oyu bertugas sebagai gunung pembatas wilayah Cina dengan Nepal. Gunung yang tinggi ini termasuk gunung yang tidak sulit untuk didaki oleh para penjelajah.

Dengan kemudahan untuk mendaki, gunung Cho Oyu menjadi gunung yang sering dijadikan tujuan pendakian oleh sejumlah penjelajah. Para pendaki juga bisa melakukan beberapa olahraga di gunung ini antara lain ski dan snowboarding. Menurut catatan, sudah lebih dari 1.000 pendakian yang pernah dilakukan di gunung Cho Oyu.

5. Makalu, Nepal (8.481 meter)

Makalu

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Nepal menjadi negara dengan jumlah gunung tinggi yang banyak. Kali ini gunung yang tingginya 8.481 meter bernama Makalu yang akan kita bahas. Makalu adalah gunung tertinggi ke-5 yang ada di dunia. Berlokasi di Mahalangur Himalaya, sekitar 19 km di tenggara Moun Everest. Gunung tinggi ini yang memisahkan Nepal dan Cina.

Bagi para pendaki, gunung Makalu selalu menjadi tantangan yang berharga untuk ditaklukan. Hanya 5 dari 16 percobaan yang berhasil dilakukan. Berita terakhir ada seorang anak muda asal India yang berhasil mendaki ke puncak gunung Makalu. Dia adalah Arjun Vajpai, dialah yang menjadi pendaki gunung termuda yang bisa menaklukan Makalu.

4. Lhotse, Tibet (8.516 meter)

lhotse

Gunung tertinggi ke-4 ini adalah gunung Lhotse yang berada di Tibet, Cina. Lhotse sendiri terbagi menjadi 3 bagian yakni Lhotse Middle yang berada di sebelah timur dan Lhotse Shar. Hanya Lhotse bagian selatanlah yang menjadi bagian yang paling tinggi dengan ketinggian 8.516 meter di atas permukaan laut.

Gunung yang membatasi antara Tibet dengan Khumbu ini menjadi gunung yang cukup sulit untuk didaki. Jalan yang sempit menjadikan perjalanan menuju puncak gunung menjadi sulit. Lthose pertama kali ditaklukan oleh Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger pada tahun 1956. Kedua orang tersebut termasuk dalam sebuah grup ekspedisi asal Swiss.

3. Kangchenjunga, Nepal (8.586 meter)

kangchenjunga

Menjadi gunung tertinggi ke-3 di dunia dimana sebagian gunungnya ada yang terletak di Nepal dan sebagian lainnya terlekan di Sikkim, India. Kangchenjunga yang sering dieja menjadi Kanchenjunga ini memiliki ketinggian 8.586 meter di atas permukaan laut. Gunung yang berada di Nepal tersebut pertama kali didaki pada 25 Mei 1955 oleh grup ekspedisi Inggris yakni Joe Brown dan George Band.

Sayangnya mereka berdua tidak benar-benar menaklukan gunung Kangchenjunga sampai ke puncaknya. Salah satu kerajaan di Sikkim yang bernama Chogyal mengatakan bahwa puncak gunung harus tetap suci dengan tidak boleh sembarangan orang boleh menginjakan kaki disana. Oleh karena itulah tidak ada pendaki yang benar-benar pernah sampai ke puncak gunung.

2. K2, Cina (8.611 meter)

k2

Gunung dengan tinggi 8.611 meter di atas permukaan laut ini juga dikenal dengan nama gunung Godwin-Austen dan gunung Chhogori. Adalah gunung tertinggi ke-2 setelah Mount Everest. Berada di perbatasan Cina dan Pakistan, K2 terkenal sebagai gunung yang sulit untuk didaki. Pendaki yang mencoba mencapai puncak gunung harus bertaruh nyawa untuk bisa mendakinya.

Gunung K2 merupakan gunung dengan resiko kecelakaan tertinggi yang ada di dunia. Jika musim salju tiba, tidak ada seorangpun yang berani untuk mendakinya, Orang yang pertama kali menaklukan puncak gunung K2 adalah orang asal Italia yang bernama Ardito Desio. Menurut acara dokumentari BBC, Desio beserta timnya berhasil mencapai puncak gunung K2 pada tahun 1954.

1. Mount Everest, Nepal (8.848 meter)

mount everest

Semua orang sudah pasti tahu siapa gunung yang keluar sebagai juara gunung tertinggi di dunia., gunung tersebut adalah Mount Everest. Berlokasi di Nepal, Mount Everest mengalahkan gunung lainnya dengan tinggi yang mencapai 8.848 meter di atas permukaan laut. Dengan statusnya sebagai gunung tertinggi di dunia, tentu saja memikat hati para pendaki untuk bisa mencapai puncak gunung.

Pendakian menuju puncak gunung Mount Everest tidaklah mudah. Karena Nepal memiliki batasan yang cukup ketat akan pengunjung dari luar, maka para pendaki berusaha mencapai puncak gunung melaui beberapa rute. Salah satu rute yang digunakan para pendaki adalah melalui Tibet. Tapi tetap saja rute untuk mencapai puncak gunung bukanlah rute yang mudah.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas