home -> Lifestyle -> Stop! 10 Kebiasaan Ini Dijamin Dapat Buat Kamu Dib...
22 April 2018 11:48

Stop! 10 Kebiasaan Ini Dijamin Dapat Buat Kamu Dibenci Di Sosial Media

Oleh reagan dalam Lifestyle pada May 25, 2016

Begitu banyaknya sosial media yang muncul di era sekarang bisa membuat kita semakin eksis apabila mempunyai akun di sosial media tersebut. Suatu hal yang wajar apabila kita menjadi aktif menggunakan sosial media yang baru muncul tersebut. Tapi jangan sampai kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan yang diluar batas. Ada 10 kebiasaan di sosial media yang ternyata bisa membuat kamu dibenci oleh orang-orang. Berikut adalah 10 daftar kebiasaan yang jika dilakukan bisa membuat kamu dibenci oleh banyak orang. 

10. Tidak Pernah Posting Apapun Di Sosial Media

never post

Siapa yang bilang bahwa tidak melakukan apa-apa di sosial media merupakan kebiasaan yang baik? Sebaliknya, justru kebiasaan ini malah bisa membuat kamu dibenci oleh orang banyak. Kembali ke tujuan asal, sosial media dibuat untuk berkomunikasi dengan orang, tapi jika kamu tidak pernah komunimasi atau setidaknya mengupdate sosial media, buat apa sosial media itu.

Setidaknya untuk membuktikan bahwa kamu itu hidup, membuat 2 atau 3 status adalah hal yang perlu kamu lakukan. Jika kamu tidak pernah mengupdate apapun di sosial media, orang bisa saja menganggap bahwa akun sosial media kamu itu hanyalah bot.

9. Menggunakan Bahasa Tidak Jelas

bahasa alay

Satu kebiasaan lain yang bisa memastikan kamu menjadi orang yang dibenci di sosial media yakni menggunakan bahasa tidak jelas atau bahasa alay. Bahasa alay yang biasa digunakan oleh orang-orang yang mengaku gaul adalah bahasa yang menggunakan campuran antara huruf, simbol, angka, dan huruf kapital. 

Entah kenapa ada banyak orang yang sering menggunakan bahasa alay ini di setiap komen atau status yang mereka buat. Apa mereka tidak pernah merasa pusing dnegan bahasa yang mereka gunakan. Atau mungkin saja mereka adalah alien yang datang ke bumi.

8. Tidak Pernah Mengucapkan Terima Kasih

terima kasih

Sudah menjadi kewajiban apabila ada orang yang membantu kita dan kita mengucapkan terima kasih. Ucapan terima kasih diucapkan sebagai salah satu bentuk menghargai orang lain atas bantuannya. Dengan mengucapkan terima kasih juga kita telah menunjukkan bahwa kita memiliki rasa sopan santun.

Mengucapkan terima kasih juga seharusnya diterapkan di dalam dunia sosial media. Seperti yang ada dalam salah satu sosial media paling populer di Indonesia, facebook. Di facebook terdapat fitur "Like" yang berbentuk jempol. Tombol like ini selain berfungsi menandakan kita setuju akan sesuatu, bisa juga sebagai tanda terima kasih.  

7. Tag Orang Sembarangan

tagging people

Siapa diantara kalian yang hobi meng-tag orang di sosial media? Atau jangan-jangan kalian adalah orang tersebut. Tag seseorang di sosial media wajar dilakukan sebagai salah satu bentuk menunjukan betapa eksisnya kita di luar sosial media. Tapi jika kamu mengtag orang dalam suatu hal yang tidak penting, hal tersebut bisa membuat kamu dibenci oleh orang lain. 

Dalam sebuah foto, jika memang ada teman kita yang termasuk dalam foto tersebut, menjadi kebiasaan yang wajar apabila kita mengtag teman kita. Tapi jika tidak ada teman kita dalam foto tersebut, buat apa kita mengtag mereka? Kebiasaan lainnya yang juga menyebalkan adalah random tag. Random tag atau tag secara acak ini biasanya akan mengtag semua orang dalam daftar teman kita dalam suatu foto atau status, Kebanyakan yang terjadi adalah orang melakukan random tag dalam suatu hal yang tidak jelas. Hal tersebut tentunya sangatlah mengganggu.

6. Tidak Menggunakan Foto Asli

profile picture

Dalam sosial media kita mendapatkan pilihan untuk memasang foto profil. Kita diberi kebebasan memasang foto apapun untuk dijadikan profile picture. Ada beberapa orang yang memilih foto terbaik untuk dijadikan profile picture, ada juga yang memilih foto kartun. Bagi yang menggunakan foto kartun sebagai profile picture,  jika kalian ingin berkenalan dengan orang baru di sosial media, bagaimana caranya kalian bisa dikenali oleh orang tersebut apabila di sosial media tidak ada satupun foto yang menampilkan wajah kamu?

Menang menjadi kebebasan kalian untuk memilih foto apapun untuk dijadikan profile picture, tapi pastikan juga ada satu foto lain yang menampilkan seperti wajah kamu. Jika foto yang kamu miliki semuanya adalah tokoh kartun, bagaimana cara orang lain bisa mengenali kamu?

5. Pamer Selfie

pamer selfie

Jika tidak pernah mengupload foto wajah sendiri bisa membuat kamu dibenci orang, maka terlalu banyak mengupload foto diri sendiri atau selfie juga bisa membuat kamu dibenci orang. Tidak ada salahnya memang jika kita mengupload foto selfie kita ke sosial media.

Selfie bisa menjadikan salah satu bentuk menunjukan bentuk keeksisan kita di dunia maya. Tapi terlalu sering mengupload foto selfie ke sosial media malah menunjukkan kita memiliki tingkat kenarsisan yang tinggi. Bukannya membuat orang terkesan akan wajah kita, justru orang malah benci melihatnya. Bayangkan jiga di sosial media kamu selalu terpampang foto selfie dari orang yang sama. Apakah itu menyenangkan untuk dilihat?

4. Menyebarkan Berita Hoax

berita hoax

Salah satu kebiasaan yang menjadi trend di Indonesia saat ini yakni share berita. Sharing berita ke sosial media berguna untuk memberikan informasi bagi para teman atau follower kita di sosial media. Kebiasaan ini juga menunjukkan bahwa kita adalah orang yang kritis dan selalu update dengan berita terbaru.

Jika sharing berita terbaru akan membuat kita disukai oleh orang, sharing berita hoax atau bohong akan mengakibatkan dampak sebaliknya. Sharing berita hoax atau bohong sama sekali tidak ada gunanya, selain membuat kekhawatiran baru, berita hoax juga dapat menimbulkan pertikaian di sosial media.

3. Menggunakan Hashtag Berlebihan

hashtag

Jika kalian menggunakan salah satu sosial media bernama instagram, kalian pasti sering melihat suatu foto yang diupload oleh orang dan dalam komen dibawahnya disertakan pula beberapa hashtag. Jika menggunakan hashtag dalam jumlah yang wajar, hashtag dapat memudahkan orang untuk mencari foto yang bersangkutan.

Tapi kini banyak orang di instagram yang menyertakan segudang hashtag dalam fotonya. Dalam satu foto, hashtag yang digunakan bisa belasan atau puluhan. Maksud untuk memudahkan foto kita dicari, yang ada malah orang benci melihat foto kita. 

2. Memberikan Komentar Yang Memancing Emosi

komentar menyebalkan

Memberikan komentar dalam sosial media merupakan kebiasaan yang penting dimana kita bisa berinteraksi dengan orang lain. Kita juga bisa mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran kita. Dalam memberi komentar, kita tentunya perlu memperhatikan pemilihan bahasa dan tutur kata yang tepat agar maksud dari komentar kita bisa tepat sasaran.

Menggunakan kata-kata dan tutur kata yang sopan adalah suatu kebiasaan yang harusnya wajib dilakukan oleh semua pengguna sosial media. Tapi sayang, banyak orang yang sepertinya kurang mendalami pendidikan di sekolah sehingga lebih sering menggunakan komentar dan kata-kata yang kasar. Kata-kata kasar tidak hanya bisa memancing emosi seseorang tapi juga menunjukkan bahwa kita merupakan orang yang kurang berpendidikan.

1. Update Status Setiap Saat

update status

Jika tidak pernah mengupdate sosial media bisa membuat kita dibenci orang, bagaimana jika kita terlalu sering membuat status di sosial media? Apa kita justru akan disukai orang? Jawabannya adalah tidak. Terlalu sering mengupdate status justru akan mengganggu orang lain. Tidak percaya? Coba kamu bayangkan bila timeline kamu dipenuhi oleh status dari orang yang sama? apa itu hal yang menyenangkan?

Perlu diketahui bahwa mengupdate status di sosial media itu berbeda dengan menulis diary. Kita memang bisa membuat status sebanyak yang kita mau, tapi jika itu status yang berisikan informasi penting. Jika status yang dibuat adalah status galau, orang yang melihatnya akan kesal. Update status hanya jika itu memang penting saja.

-------

Singkat kata, gunakan sosial media dengan bijak. Apapun yang kita lakukan di sosial media bisa memberikan dampak positif dan juga negatif.

 

 

 

 

 

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas