home -> Lainnya -> Hindari dan Berhentilah Menekan Tombol Snooze yang...
20 Februari 2017 09:01

Hindari dan Berhentilah Menekan Tombol Snooze yang Berdampak Negatif

Oleh admin dalam Lainnya pada March 23, 2013

Bagi Anda para pecinta tombol Snooze, yakni tombol yang memberhentikan alarm dan membunyikannya lagi beberapa saat kemudian, biasanya 5-10 menit kemudian. Hindari dan berhentilah melakukan itu. Penelitian membuktikan bahwa menekan tombol Snooze memiliki efek negatif bagi diri Anda sendiri. Berikut video dan artikelnya.

menekan tombol snooze

Memang, pada saat Anda sedang tidur nyenyak dan tiba-tiba alarm berbunyi dengan kencangnya, akan sangat menggoda untuk menekan tombol Snooze yang memperbolehkan Anda untuk tidur lagi. Tapi pada kenyataannya, hal tersebut justru memperburuk keadaan.

ALASAN MENGAPA ANDA NGANTUK DAN LELAH

Ada dua alasan mengapa walaupun Anda baru bangun tidur, Anda masih merasa ngantuk dan lelah. Padahal mungkin Anda sudah tidur cukup lama dengan menekan tombol Snooze berkali-kali, alasannya adalah kurang tidur atau tidak teraturnya jam biologis di tubuh Anda.

ALASAN PERTAMA: KURANG TIDUR

kurang tidur

Mungkin Anda sering berpikir bahwa walaupun Anda kurang tidur pada hari kerja, Anda dapat menebusnya dengan tidur panjang pada hari libur. Tetapi, sayangnya tubuh kita tidak bekerja dengan cara itu.

Dr. Yizhak Kupfer mengatakan "baiknya, orang dewasa tidur 8 jam setiap malam. Akan tetapi, justru kebanyakan dari mereka hanya tidur 6 sampai 7 jam setiap malamnya, dan berpikir dapat menebus 'hutang' ini di hari libur."

Jika Anda melakukan hal ini, ini justru akan membuat Anda susah bangun di awal hari kerja, Senin. Alasannya adalah akan berdampak ke alasan kedua, yakni tidak teraturnya jam biologis Anda karena jam tidur Anda juga tidak teratur.

ALASAN KEDUA: TIDAK TERATURNYA JAM BIOLOGIS

Di dalam tubuh manusia, ada jam biologis yang akan menyiapkan diri Anda sebelum Anda bangun. Sama halnya seperti pada saat Anda menyalakan komputer dan ia membutuhkan waktu untuk dapat digunakan dengan benar.

jam biologis

Jam Biologis juga bekerja dengan cara ini, yakni perlahan-lahan Anda akan terbangun, temperatur tubuh meningkat dan hormon yang memberikan Anda energi dirilis.

Tentunya jika Anda tidak tidur dengan teratur, maka jam biologis dalam tubuh Anda tidak akan mengetahui kapan waktu sebenarnya Anda harus bangun dan bersiap-siap menyiapkan tubuh Anda. Inilah yang membuat Anda merasa letih walaupun Anda baru bangun tidur.

APA HUBUNGANNYA DENGAN TOMBOL SNOOZE?

Banyak orang pada saat sedang tidur dan alarm mereka berbunyi, mereka menekan tombol Snooze yang akan memberikan 5-10 menit untuk tidur lagi sebelu 'mungkin' mereka bangun (atau menekan tombol itu lagi). Tetapi para ahli mengatakan ini adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan.

tombol snooze

Semua ini terkait dengan jam biologis yang telah dikatakan sebelumnya. Jika Anda menekan tombol Snooze, maka Anda akan kembali ke keadaan yang disebut 'deep sleep' atau tidur yang mendalam. Dalam keadaan tersebut seharusnya Anda tidak boleh terbangun.

Siklus tidur manusia adalah 'bangun-tidur-tidur yang mendalam-persiapan tubuh sebelum bangun-bangun yang sebenarnya' (awake-sleep-deep sleep-pre awake-wake up)

Lalu pada saat Anda berada dalam keadaan itu, karena Anda menekan tombol Snooze, maka alarm-pun berbunyi dan Anda terbangun. Hal ini akan membuat tubuh Anda kaget dan memberikan efek negatif bagi tubuh Anda, karena jam biologis dalam diri Anda bahkan belum sempat menyiapkan diri Anda untuk beraktivitas.

ASAP Science telah membuatkan video mengenai hal ini, berikut videonya.

LALU APA YANG DAPAT DILAKUKAN

Bagi Anda yang sedang berada dalam 'siklus mengerikan' ini, pertama, Anda harus hindari dan berhentilah menekan tombol Snooze jika alarm Anda berbunyi. Aturlah agar Anda memiliki jam tidur yang teratur.

tidur teratur

Untuk mengembalikan dan membiasakan jam biologis dalam tubuh Anda lagi, aturlah agar alarm Anda di-set pada waktu dimana Anda seharusnya bangun, baik pada hari kerja maupun hari libur. Dan jangan menekan tombol snooze jika alarm tersebut berbunyi, melainkan lebih baik Anda langsung bangun.

Jika Anda sudah melakukan ini, maka jam biologis dalam diri Anda akan terbiasa dengan ritme seperti itu dan bahkan, Anda akan dapat bangun sebelum alarm Anda berbunyi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas