home -> Misteri -> Menyeramkan, Ini Dia 10 Gereja Berhantu Dari Berba...
26 Juli 2017 23:39

Menyeramkan, Ini Dia 10 Gereja Berhantu Dari Berbagai Belahan Dunia

Oleh reagan dalam Misteri pada May 24, 2016

Gereja adalah tempat ibadah bagi orang-orang Kristiani. Di tempat inilah orang berdoa kepada Tuhan untuk diberikan petunjuk untuk menjalani hidup yang lebih baik. Namun tempat yang menjadi rumah Tuhan ini, siapa sangka bisa juga menjadi tempat yang menyeramkan. Penasaran gereja mana yang disebut-sebut paling menyeramkan? Mari kita simak daftar 10 gereja paling menyeramkan di dunia berikut ini.

10. Old Rock Church. Texas

old rock church

Gereja Old Rock Church merupakan sebuah gereja tua yang berada di Texas, Amerika. Dibangun pada tahun 1986 namun gereja yang diharapkan menjadi tempat berkumpulnya para jemaat ini malah sepi pada tahun 1917. 

Meskipun gereja ini sudah sepi, tapi ternyata masih ada beberapa "penghuni" yang tetap meninggali tempat ibadah tersebut. Penghuni itu tidak lain adalah hantu. Ya, gereja Old Rock Church ini telah dikenal sebagai salah satu gereja paling menyeramkan dan berhantu di dunia. Beberapa penduduk sekitar seringkali mendengar suara mengerikan dari dalam gereja dan suara wanita sedang bernyanyi.

9. Egg Hill Church, Pennsylvania

egg hill church

Siapa yang menyangka dibalik gereja indah ini terdapat sebuah cerita mengerikan. Cerita mengerikan ini yang akhirnya membuat banyak orang menganggap gereja ini merupakan gereja yang menakutkan. 

Cerita horror mengenai gereja menyeramkan ini dimulai pada abad ke 19. Saat itu diadakan acara kumpul di dalam gereja. Dipimpin oleh seorang pemimpin, sang pemimpin mulai membagikan roti dan anggur kepada orang-orang yang hadir. Roti dan anggur yang sudah diracuni tersebut secara cepat membunuh orang-orang yang memakannya. Puncaknya adalah sang pemimpin menggantung dirinya di dekat altar. Cerita yang menyebar sampai sekarang adalah sang pemimpin gereja tetap tinggal dan menghantui siapapun yang berani masuk ke dalam gereja.

8. St. Louis Cathedral, New Orleans

st louis cathedral

Sesuai dengan nama kota tempat gereja ini berdiri, St. Louis Cathedral yang berada di New Orleans ini dipenuhi dengan cerita seram yang bisa membuat siapapun takut mendengarnya. Gereja berhantu ini dibangun oleh pemimpin berkebangsaan Perancis. Gereja yang masih belum selesai dibangun sampai akhir 1850an menyimpan banyak cerita hantu menurut orang-orang sekitar.

Salah satu hantu terkenal dari St. Louis Cathedral adalah hantu Pere Dagobert. Pere Dagobert adalah seorang pendeta yang tinggal di gereja ini pada abad ke 18. Pere Dagobert merupakan pendeta yang menguburkan orang-orang yang dibunuh dengan kejam semasa pemerintahan Spanyol. Penerus Pere Dagobert yang bernama Pere Antoine juga dikatakan menghantui gereja ini. Selain 2 hantu tersebut, ada seorang pendeta voodoo teman dari Antoine bernama Marie Laveau yang juga menghantui tempat ibadah ini. 

7. St. Paul's Episcopal Church, Florida

st paul episcopal church

Dibangun pada abad ke 19, St. Paul's Episcopal Church dapat ditemukan di salah satu kota yang memiliki taman bunga terbaik di dunia, Florida. Gereja yang sering rusak karena diserang bencana alam ini sempat mengalami beberapa perbaikan. Kembali tentang gereja berhantu, sebenarnya bukan gereja ini yang berhantu melainkan kuburan yang terdapat di dekat gereja yang dikatakan memiliki banyak hantu penunggu.

Cerita rakyat yang menyebar menceritakan bahwa ada salah satu hantu yang paling terkenal bernama John Fleming. Menurut laporan yang beredar, hantu Fleming seringkali terlihat bersama dengan uap putih. Hantu Fleming ini dipercaya menghantui tempat tersebut karena batu nisannya telah menjadi bagian dari dinding gereja.

6. St. Andrew's on The Red, Kanada

St Andrew on the red

Selesai dibangun pada tahun 1849 dan berlokasi di kota Selkirk, begitulah kira-kira sejarah dari gereja yang bernama St. Andrew's on The Red ini. Inilah gereja batu yang paling tua berada di Barat Kanada. Dan tentunya gereja ini dikenal bukan karena usianya yang tua melainkan karena gereja ini termasuk ke dalam salah satu gereja paling berhantu di dunia.

Di gereja menyeramkan inilah sempat beberapa kali terlihat penampakan yang dipercaya berasal dari kuburan gereja. Seorang saksi mata mengaku bahwa dirinya pernah melihat hantu pria berpakaian hitam dan seorang wanita misterius berbaju putih. Dan sepasang mata merah juga sempat menakuti beberapa pengunjung gereja.

5. Capel of The Cross, Mississippi

Capel of The Cross

Seperti kebanyakan gereja yang ada di Mississippi, lokasi gereja Capel of The Cross juga berdiri berdekatan dengan kuburan. Bentuk gereja yang artistik ini dulunya merupakan milik keluarga kaya dan berpengaruh di saat itu yakni keluarga Johnstone. Saat ini gereja tersebut berlokasi di bekas bekas perkebunan keluarga Johnstone.

Kisah seram yang menyelimuti gereja ini dimulai pada tahun 1850an. Saat itu seorang wanita bernama Helen Johnstone akan menikah dengan seorang pria. Sayangnya, pria tersebut meninggal saat berduel dengan New Orleans sebelum hari pernikahan. Dan tubuhnya dimakamkan di halaman gereja. Helen kemudian sering kali terlihat mengunjungi kuburannya sampe akhirnya dirinya meninggal pada 1946. Beberapa saksi mata mengatakan bahwa mereka pernah melihat hantu Helen di dekan kuburan gereja tersebut.

4. St. Nicholas Church, Inggris

St. Nicholas Church

St. Nicholas Church merupakan gereja berhantu menyeramkan yang berada di Inggris. Banyak warga yang mengatakan bahwa gereja tersebut merupakan gereja yang paling seram yang ada disana. Keseraman yang diberikan kepada gereja tersebut dikarenakan di gereja itu diketahui banyak hantu yang menjadi penghuninya.

Menurut warga lokal, diketahui ada sekitar 12 hantu yang aktif menghantui tempat ibadah ini. Namun yang paling terkenal adalah hantu wanita Dering dan wanita berpakaian merah. Hantu wanita berpakaian merah adalah seorang hantu wanita yang menghantui gereja demi mencari bayinya yang hilang. Selain itu ada juga hantu mantan pekerja dan hantu pendeta.

3. St. Mary's Church, Inggris

St Mary Church

Di Bedfordshire, Inggris, berdirilah sebuah tempat ibadah bagi orang-orang Kristiani. St. Mary's Church, begitulah nama gereja kecil ini. Gereja yang diperkirakan telah berumur 400 tahun ini merupakan gereja yang sudah ditinggalkan oleh orang banyak. Namun pada tahun 1840an, gereja ini mengalami renovasi. 

Gereja ini mungkin bisa dibilang tidak berhantu, namun gereja ini dulunya digunakan oleh sekumpulan orang untuk melakukan ritual hitam. Dimana dalam ritual ini membutuhkan beberapa korban manusia. Terbukti dari adanya kuburan yang berisikan mayat yang kebanyakan adalah perempuan. 

2. Most Holy Trinity - St. Mary, New York

most holy trinity st mary

Menjadi simbol dari kota Brooklyn, gereja Most Holy Trinity juga dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu gereja paling berhantu di dunia. Gereja yang telah diperbaharui modelnya pada tahun 1880an ini memiliki gedung sekolah yang dibangun tepat diatas lahan bekas kuburan. Jadi, hantu yang biasa menghantui kuburan kini telah berpindah menghantui sekolah.

Beberapa aktivitas gaib sering terjadi di sekolah ini. lampu tiba-tiba redup, jejak kaki misterius, dan suara-suara aneh menjadi bukti bahwa di gereja juga tinggal sejumlah hantu. Hantu paling terkenal adalah hantu George Stelz yang dulunya merupakan orang yang bertugas membunyikan lonceng gereja. Menurut cerita, Stelz dibunuh dengan sadis oleh sekelompok pencuri. Dimana berkas darah Stelz dibiarkan begitu saja menghiasai dinding dan lantai gereja.

1. St. Andrew's Episcopal Church, New York

st andrew's episcopal church

Berdiri di Staten Island, New York, St. Andrew's Episcopal Church merupakan gereja paling berhantu yang ada di dunia. Yang semakin membuat gereja ini menakutkan juga dikarenakan adanya kuburan yang terletak dekat dengan gereja. Beberapa paranormal mengatakan bahwa gereja ini merupakan rumah bagi para makhluk halus. 

Bunyi lonceng dan suara-suara misterius menjadi hiburan yang sering didengar oleh warga sekitar. Gereja yang dibangun dari abad ke 18 ini seringkali dijadikan tempat merayakan Halloween. Orang-orang seakan lupa bahwa gereja ini benar-benar menyeramkan sehingga berani mengadakan pesta di dalam bangunan menakutkan itu.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas