home -> Lainnya -> Mengalahkan Berlian, 10 Material Berikut adalah Ya...
11 Desember 2019 21:45

Mengalahkan Berlian, 10 Material Berikut adalah Yang Terkeras Di Dunia

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada May 19, 2016

Sudah sejak lama berlian dianggap sebagai material paling keras yang pernah ada di bumi. Namun kini posisinya sebagai material terkeras sudah bergeser. Pada kali ini, kita akan membahas material apa saja yang termasuk material terkeras di bumi. Apa saja material yang termasuk paling keras di dunia? Mari simak 10 material terkeras yang pernah ada di bawah ini.

10. Alumina

alumina

Level kekerasan Alumina masih belum bisa mengalahkan berlian, namun Alumina masih termasuk dalam salah satu material terkeras yang ada di bumi. Di kalangan para ilmuwan, Alumina dikenal dengan nama Alumina Oxide. Rumus kimia dari material ini adalah Al2O3, dan material ini adalah bentuk pertama dari keramik oksida.

Bentuk Alumina inilah yang dikatakan bentuk hexagonal yang paling stabil bila berada dalam suhu yang tinggi. Alumina memiliki sifat yang keras dan juga kaku sehingga menjadi bahan sempurna untuk dijadikan tabuung gas laser, substrat elektronik, armor balistik, dan alat giling. Alumina juga materi keras yang bisa digunakan sebagai alat potong abrasi.

9. Zirconium Carbide

zirconium carbide

Dengan warna abu-abu metalik, Zirconium adalah materi keras yang menjadi bahan keramik yang dapat bertahan dalam suhu yang tinggi. Tingkat kekerasannya yang tinggi membuat material ini menjadi alat pemotong. Zirconium Carbide bersama dengan Zirconium Oxide menjadi material yang sempurna untuk dijadikan keramik.

Zirconium memiliki rumus kimia ZrC, material ini jelas lebih keras apabila dibandingan dengan Alumina. Sifatnya yang tahan karat menjadikan bahan ini digunakan dalam mesin pesawat jet, mesin roket, dan juga kendaraan supersonic.

8. Titanium Carbide

Titanium Carbide

Titanium Carbide adalah material keras dengan tribologi yang luar biasa. Material keras ini adalah bahan utama dalam pembuatan logam keramik, dimana biasa digunakan untuk mesin pemotong baja. Keunggulan lain dari Titanium Carbide adalah material ini tahan terhadap karat.

Dikenal dengan nama RiC, material ini mirip dengan kristal kotak pada NaCl dan berwujud bubuk berwarna hitam. Titanium Carbide memiliki titik leleh 3.1600C. Jika ditambahkan lagi sejumlah titanium sebanyak 6-30% maka bisa dihasilkan material yang jauh lebih kuat dan padat dari material dasar TiC.

7. Titanium Diboride

Titanium Diboride

Dengan kekuatan 3x lebih kuat dibandingkan dengan baja. Titanium Diboride merupakan material keras dengan keunggulan tahan karat dan dapat bertahan dalam suhu yang tinggi. Sama halnya dengan Titanium Carbide, material ini juga termasuk dalam logam keramik yang juga bisa menjadi bahan penghantar listrik yang baik.

Dibentuk dari Titanium dan Boron, maka dihasilkanlah material yang bisa disebut dengan TiB2. Tidak hanya lebih kuat dari baja, Titanium Diboride juga memiliki tingkat kestabilan lebih tinggi daripada saudaranya Titanium Carbide. Sayangnya material ini bukanlah material yang terbentuk dari alam. Jadi untuk memperolehnya dibutuhkan bantuan manusia. 

6. Rhenium Diboride

rhenium diboride

Rhenium Diboride pertama kali disintesis pada tahun 1962. Material ini merupakan material super keras namun masih belum mengalahkan kerasnya berlian. Memiliki rumus kimia ReB2, untuk menciptakan material keras ini tidak diperlukan biaya yang mahal dan juga tidak memerlukan tekanan tinggi. 

Walaupun tidak diperlukan usaha keras untuk menciptakan material ini, tingkat kekerasannya tidak perlu diragukan lagi. Penampilan fisik material ini berupa bubuk hitam yang tidak mudah larut dalam air. Kekerasan material ini dikarenakan tingkat kepadatan elektron yang tinggi dan ikatgan kovalen yang pendek.

5. Boron Carbide

boron carbide

Material keras dengan rumus kimia B4C ini pertama kali ditemukan di abad ke-19. Total perbandingan unsur boron dengan carbon pada material ini adalah 4:1. Boron Carbide biasanya dimanfaatkan sebagai rompi anti peluru pada polisi, armor tank, dan masih banyak lagi kegunaanya dalam dunia industri. 

Material ini memiliki keunikan dengan menyerap neutron radiasi. Boron Carbide juga sering digunakan sebagai pelindung dalam pembangkit tenaga nuklir. Komponen material ini juga dapat bertahan dari radiasi ion dan juga bahan kimia lainnya. Material ini juga biasa menjadi bahan pembuat gembok loh.

4. Borazon

borazon

Dikenal dengan nama cubic boron nitride, material ini terbentuk memanaskan sejumlah nitrogen  dengan tekanan sekitar 7 GPa dan suhu 1.8000C. Dengan proses tersebut maka terbentuklah material terkeras urutan ke-4 dengan rumus kimia CBN. Borazon biasa digunakan sebagai alat penggiling dan juga alternatif dari berlian. Hal ini disebabkan karena Borazon memiliki harga lebih murah daripada berlian.

Terlepas sebagai pengganti berlian, Borazon memiliki kegunaan lain sebagai alat potong, gergaji, pisau, jarum, alat penggulung, gigi mesin, bagian pesawat terbang, turbin, bahkan pisau bedah. 

3. Berlian

Berlian

Berlian adalah salah satu jenis perhiasan yang sering digunakan oleh perempuan. Telah lama diketahui oleh orang bahwa berlian adalah salah satu material paling keras yang ada di dunia. Saking kerasnya, bahkan untuk membuat sedikit goresan di berlian adalah suatu hal yang sangat sulit. 

Berlian tercipta dari atom karbon yang telah diberi tekanan dan suhu yang tinggi. Hexagonal struktru mereka membuat material ini unik. Tidak hanya digunakan sebagai alt poles, berlian juga dapat digunakan sebagai alat potong karena sifatnya yang keras. 

2. Lonsdaleite

lonsdaleite

 

Serupa dengan berlian namun dengan tingkat kekerasan yang lebih tinggi, adalah material Lonsdaleite. Sama-sama terbentuk dari atom karbon namun dalam bentuk yang berbeda, Lonsdaleite 58% lebih keras bila dibandingkan dengan berlian. Material langka ini kadang terbentuk ketika meteorit yang mengandung grafit jatuh ke bumi.

Ciri-ciri material ini memiliki warna kuning kecoklatan serta wujudnya yang transparan. Dikarenakan material ini merupakan material alam yang sangat langka, jadi para ilmuwan sangat berhati-hati untuk mengolah material ini. Hanya ilmuwan khusus yang boleh mengolah material ini.

1. Wurtzite Boron Nitride

wurtzite boron nitride

Penasaran dengan material paling keras di dunia? Wurtzite Boron Nitrire, itulah nama material yang berhasil menggusur berlian sebagai material terkeras yang ada di muka bumi. Jika dibandingkan degan berlian, Wurtzite memiliki struktur level yang sama dengan berlian. Kenapa Wurtzide bisa lebih keras dari berlian? Hal tersebut disebabkan karena Qurtzite tercipta dari suhu yang luar biasa panas dan juga tekanan yang sangat tinggi ketika terjadi erupsi gunung berapi,

Wurtzite memiliki persentase kekerasan 18% lebih keras daripada berlian. Material terkeras ini diolah untuk dijadikan alat potong dan juga perkakas. Terima kasih berkat struktur polycrystallinenya yang menjadikannya material terkeran yang ada di bumi.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas