home -> Lainnya -> Wajib Disimak! 10 Tips Sebelum Kamu Beli Rumah
18 Desember 2018 00:01

Wajib Disimak! 10 Tips Sebelum Kamu Beli Rumah

Oleh reagan dalam Lainnya pada May 16, 2016

Mencari rumah untuk menjadi tempat tinggal bukanlah hal yang mudah. Bahkan orang yang sudah berpengalaman masih mengalami kesulitan untuk menemukan calon tempat tinggal yang tepat. Untuk itulah sebelum membeli rumah harus benar-benar mempersiapkan segala halnya dengan matang agar tidak salah beli. Berikut ini adalah 10 tips berguna sebelum membeli rumah.

10. Cek Furniture

furniture

Penting diketahui mengenai furniture rumah yang akan dibeli. Sebelum membeli rumah, tentunya kita harus menentukan furniture seperti apa yang akan kita taruh di dalam rumah. Begitu banyaknya toko furniture akan membuat kita lebih leluasa untuk memilih furniture rumah yang kita inginkan.

Meskipun begitu, ada kemungkinan juga ada beberapa furniture lama yang ada di dalam rumah. Kita harus menentukan apakah furniture tersebut masih bisa dipakai atau tidak. Jika iya, maka hal ini bisa membuat pengeluaran kita menjadi lebih ringan.

9. Cek KPR

KPR

KPR merupakan kepanjangan dari Kredit Pemilikan Rumah, adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan berupa rumah dengan skema pembiayaan hingga 90% dari harga rumah. Biasanya para pengembang sudah bekerja sama dengan pihak bank untuk mempermudah proses KPR.

Dengan menggunakan KPR akan memudahkan kamu untuk membeli rumah yang diinginkan. Kamu cukup menyiapkan dana beberapa % dari harga rumah. Bank yang bersangkutan akan membayar sekitar 90% kepada pihak pengembang. Surat kepemilikan rumah akan diberikan setelah membayar lunas hutang yang ada di bank.

8. Rajin Membantu Tetangga Pindahan Rumah

pindah rumah

Sebelum berpikir untuk membeli rumah, ada baiknya kita membantu teman atau tetangga pindahan rumah. Terlihat simple tapi tips ini termasuk tips yang berguna bagi kalian. Selain bisa membangun kekerabatan, membantu tetangga pindahan rumah juga bisa memberikan informasi dan pengalaman bagi kita yang nantinya juga akan mengalami hal yang sama begitu pindah ke rumah baru.

Dengan informasi dan pengalaman membantu tetangga yang pindahan, setidaknya kita menjadi punya sedikit gambaran akan apa saja yang harus dilakukan ketika pindahan, Dari kendaraan, biaya, waktu, dan perabotan apa saja yang harus diutamakan. 

7. Konsultasi Pada Yang Lebih Berpengalaman

konsultasi

Tidak ada manusia di dunia ini yang mengerti akan semua hal. Karena itulah dibutuhkan peran orang yang ahli dalam bidangnya yakni seorang konsultan. Seorang konsultan dibutuhkan oleh orang untuk bisa mencarikan solusi yang cocok untuk memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi.

Membeli rumah memang bukan perkara yang mudah. Salah membeli rumah bisa berdampak fatal. Tidak ada salahnya kita mengeluarkan sedikit uang untuk menyewa seorang konsultan. Dengan berkonsultasi dengan yang ahli, kita bisa mendapatkan sejumlah informasi yang kita butuhkan untuk membeli rumah. Kita juga bisa memperkecil kemungkinan salah beli rumah.

6. Cek Lingkungan Sekitar

lingkungan

Kita tentunya menginginkan lingkungan tempat tinggal yang kondusif. Kondisi lingkungan yang kondusif bisa membuat kita merasa nyaman tinggal dan hidup. Bayangkan apa yang terjadi jika kita tinggal di lingkungan rumah yang kotor, berisik, dan tidak aman. Pastinya kita akan dihantui perasaan tidak nyaman. 

Karena lingkungan tempat tinggal menjadi faktor penting dalam memilih rumah baru, kita harus benar-benar memastikan jika lingkungan tempat tinggal sudah sesuai dengan apa yang kita mau. Rumah bagus dan mewah tapi lingkungan jorok dan tidak aman akan membuat kalian merasa tidak betah tinggal di rumah.

5. Periksa Dokumen Penting

surat tanah

Membeli kendaraan bermotor tentunya ada dokumen penting yang didapat seperti STNK dan BPKB. Sama halnya ketika kita membeli rumah. Sebelum kita membeli rumah, kita harus memerikasa segala dokumen penting tentang informasi rumah yang mau kita tempati. Bila ada masalah pada dokumen tersebut, kita bisa memintga sang penjual untuk membereskannya lebih dahulu.

Kurang lebih sama halnya ketika kita berkonsultasi dengan seseorang untuk menentukan rumah mana yang ingin dibeli. Dalam hal memeriksa dokumen rumah, ada orang ahli yang disebut dengan notaris. Notaris ini bisa menentukan apakah dokumen rumah itu asli atau palsu dan sah atau tidaknya rumah tersebut.

4. Cek Kondisi Rumah

pondasi rumah

Istilah membeli kucing dalam karung sangat banyak digunakan. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan dimana orang membeli suatu barang tapi tanpa informasi yang jelas mengenai spesifikasi barang tersebut. Dalam hal membeli rumah, tentunya kalian tidak mau membeli rumah tanpa tahu informasi jelas tentang rumah itu bukan.

Tidak cuma dokumen rumah saja yang perlu diperiksa, kalian juga wajib tahu tentang pondasi rumah yang digunakan. Pondasi rumah akan menentukan seberapa kuat rumah kalian nantinya. Jika memang rumah yang mau dibeli memakai pondasi yang tidak bagus, kalian bisa mencari rumah lain yang memiliki pondasi lebih kuat.

3. Buat Rencana Cadangan

cadangan

Dalam hidup, penting sekali bagi kita untuk selalu mempersiapkan rencana cadangan. Kita tidak akan tahu seperti apa nanti yang akan terjadi dalam hidup kita, untuk itulah rencana cadangan dipersiapkan untuk menganggulangi gagalnya rencana yang pertama. Begitu juga dalam hal membeli rumah.

Jangan pernah hanya berharap pada 1 rumah saja. Bagus jika ternyata kamu berhasil mendapatkan rumah yang diinginkan. Tapi bagaimana kalau ternyata gagal dan ternyata kamu tidak memiliki rumah incaran lainnya? Hal ini akan membuat kalian harus berusaha lagi dari 0. Tentunya siapapun tidak menginginkan hal ini terjadi. Karena itulah selalu siapkan pilihan kedua apabila pilihan pertama ternyata gagal didapatkan.

2. Jangan Terlalu Terburu-buru

terburu-buru

Segala sesuatu yang terburu-buru bisa menghasilkan hasil yang tidak memuaskan. Selalu siap sedia dari jauh hari untuk melakukan sesuatu. Waktu yang lebih panjang akan memberikan kamu kesempatan lebih untuk menyiapkan diri untuk mengerjakan sesuatu.

Jangan terlalu terburu-buru menjadi tips yang sangat berguna bagi kamu yang ingin membeli rumah. Dalam menentukan rumah mana yang akan dibeli, dibutuhkan banyak waktu untuk mengecek semua hal yang penting seperti dokumen tanah, pondasi rumah, lingkungan tempat tinggal, dan lain-lain. Jika tips satu ini dilupakan, jangan berharap kalian bisa mendapatkan rumah yang kamu impikan.

1. Mulailah Menabung Sejak Dini

menabung

Dari semua tips yang sudah dijelaskan diatas, yang wajib kamu lakukan adalah menabung. Tidak ada gunanya kalian melakukan ke-9 tips diatas tapi kamu tidak menyiapkan dana. Kita tinggal di dunia yang semuanya membutuhkan uang. Tidak mungkin kamu membeli rumah dan membayarnya dengan menggunakan daun.

Apalagi kita tahu semakin berjalannya waktu, harga tanah dan rumah semakin naik. Jika kita tidak mempersiapkan dana yang cukup, akan mustahil bagi kita untuk bisa membeli rumah yang diinginkan.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas