home -> Lainnya -> Mau Manipulasi Seseorang? Coba 10 Cara Mencuci Ota...
22 September 2018 11:26

Mau Manipulasi Seseorang? Coba 10 Cara Mencuci Otak Berikut Ini

Oleh reagan dalam Lainnya pada May 10, 2016

Istilah brain wash atau mencuci otak adalah istilah yang seringkali kita jumpai pada film-film. Dimana sang korban diberikan serangkaian cara agar mau menuruti perintah seseorang, Seperti yang terjadi dalam film Captain America: The Winter Soldier. Untuk bisa mempengaruhi atau mencuci otak seseorang diperlukan beberapa cara. Berikut ini adalah beberapa cara ampuh yang bisa digunakan untuk mencuci otak seseorang.

10. Siksaan Fisik dan Mental

physical abuse

Siksaan fisik adalah cara yang paling ampuh dan sering digunakan oleh orang-orang yang ingin membentuk "boneka" suruhan yang bisa diberi perintah. Orang yang menjadi target akan ditangkap, diikat, dan disiksa fisik serta mentalnya sampai fisik mereka lelah dan mental mereka jatuh. Disaat kondisi inilah, si korban akan mulai dicuci otaknya.

Serangkaian siksaan fisik dan mental yang sangat berat dilakukan sampai korban benar-benar bisa melakukan apa yang diperintah. Cara ini merupakan cara mencuci otak yang sangat kejam karena bukannya hanya mental yang diserang tapi juga fisik.

9. Menggunakan Rasa Takut dan Bersalah

rasa

Tidak ada cara ampuh lain yang bisa mengalahkan cara ini dalam mencuci otak seseorang. Memanfaatkan perasaan takut dan bersalah dan mengubah sifat seseorang menjadi sesuatu yang bukan dirinya. Cara menggunakan rasa takut dan bersalah ini pernah terjadi pada tahun 1974, dimana yang menjadi korbannya adalah seorang wanita bernama Patty Hearst.

Patty yang merupakan salah satu anggota tentara pembebasan Symbionesse bisa berubah total menjadi seorang perampok bank. Melaui rasa takutnya, orang-orang yang tidak bertanggung jawab berhasil mencuci otak Patty dan melakukan perintah yang bertentangan dengan kehendaknya sendiri yaitu merampok bank. Akibatnya adalah Patty ditahan dijatuhi hukuman penjara selama 7 tahun.

8. Isolasi

isolation

Untuk mencuci otak seseorang, menangkap dan mengasingkan seseorang merupakan salah satu cara yang terbilang cukup ampuh. Di tempat yang terpencil, orang dapat melakukan cara apa saja yang dianggapnya merupakan cara paling efektif untuk membuat orang lupa ingatan dan menjadikannya sebagai pesuruhnya.

Di tempat yang terisolasi, sang target akan menjalani serangkaian cara-cara mengerikan yang ampuh untuk menghapus memori yang ada di kepalanya. Bisa saja disana dia disiksa secara fisik dan mental baru diberikan perintah atau bisa juga menggunakan cara lain seperti hipnotis yang akan dibahas di poin selanjutnya.

7. Mengkritik Tindakan Diri Sendiri

self criticism

 

Pada tahun 1950-1953, berlangsung sebuah perang Korea dimana melibatkan beberapa negara seperti Korea Selatan, Korea Utara, Amerika Serikat, Cina, dan Rusia. Dimana Amerika Serikat saat itu berkoalisi dengan Korea Selatan melawan Korea Utara yang berkoalisi dengan Cina dan Rusia.

Dalam perang tersebut, ada sejumlah pasukan Amerika yang ditangkap oleh Cina dan dijadikan subjek "criticism and self-criticism". Cara ini merupakan salah satu cara yang digunakan oleh Cina untuk mengubah pandangan tentara Amerika yang ditahan menjadi membenci aksi yang mereka lakukan. Disana, tentara Amerika berdiskusi tentang kesalahan yang telah mereka perbuat selama perang. Sesi diskusi tersebut diulang secara terus menerus hingga memunculkan keraguan dalam diri pasukan Amerika. Keraguan tersebut yang akhirnya membuat pasukan Amerika berubah menjadi membenci negara yang ia bela.

6. Aktivitas Pedagogi

pedagogi

Sekolah menjadi tempat pendidikan kedua setelah keluarga dimana kita memperoleh segala ilmu pengetahuan. Ilmu atau seni mengajar anak-anak inilah yang dinamakan dengan pedagogi. Dan karena sekolah juga termasuk ke dalam salah satu aktivitas pedagogi, secara tidak sadar kita ini sebenarnya juga sudah dicuci otaknya oleh sekolah. Tentunya dicuci otaknya untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Anak-anak adalah masa dimana manusia menjadi seseorang yang paling rentan. Disaat anak-anak itu jka kita bergaul dengan orang yang salah, kita bisa terpengaruh dengan perilaku buruk. Untuk mencegah hal buruk terjadi, disinilah peran guru diperlukan. Di sekolah, anak-anak akan dibentuk perilakunya agar menjadi orang baik yang bisa berguna bagi lingkungan.

5. Membuat Tubuh Lelah dan Ngantuk

lelah dan ngantuk

Hampir mirip dengan poin ke-10 dimana untuk mendapatkan boneka manusia yang bisa disuruh-suruh, tubuh dan fisik akan disiksa agar mental orang menjadi hancur yang kemudian akan diberikan doktrin ke dalam kepala sehingga dirinya berubah menjadi seseorang yang baru.

Dengan cara yang hampir sama yakni dengan membuat tubuh lelah dan mengantuk, dikatakan adalah cara yang ampuh untuk mencuci otak seseorang. Disaat tubuh lelah dan mengantuk, orang akan mudah sekali dipengaruhi. Pada momen inilah otak akan melemah dan mulai diberikan ingatan baru.

4. Meta Komunikasi

metacommunication

Meta komunikasi adalah cara mencuci otak dimana cara ini menyelipkan atau memasukkan kata-kata atau kalimat dalam suatu ucapan. Kalimat tersembunyi yang diucapkan ini akan terus menerus diulang. Biasanya kalimat tersembunyi ini dapat ditemukan dalam sebuah lagu.

Kalimat tersembunyi yang terus menerus diulang dapat membuat orang merasa bingung. Disaat bingung itulah, kata atau kalimat tersembunyi itu akan mulai bekerja merasuki otak manusia dan mempengaruhinya. 

3. Love Bombing

love bombing

Tidak ada hal lain yang bisa mengalahkan cinta dan kasih sayang dari keluarga. Karena faktor keluarga itulah ada beberapa orang yang memanfaatkan cinta dan kasih sayang dari keluarga untuk melakukan cuci otak. Cara mencuci otak dengan memanfaatkan cinta dan kasih sayang keluarga inilah yang dimaksud dengan Love Bombing.

Dalam suatu kelompok penggemar yang sama, menyambut anggota baru adalah hal yang wajib dilakukan. Dalam kelompok tersebut, anggota baru akan diperlakukan layaknya seperti keluarga sendiri, diberikan perasaan sayang, cinta, dan rasa persahabatan yang tinggi. Di dalam kelompok ini jugalah anggota baru akan diajarkan apa yang buruk dan apa yang bagus. Biasanya yang bertentangan dengan pendirian kelompok akan dianggap sebagai pendapat yang salah. Disaat itulah anggota baru tersebut telah berhasil dicuci otaknya,

2. Memberikan Stereotype dan Mengulangnya Secara Terus Menerus

stereotype

Memberikan sugesti atau stereotype pada orang terus menerus bisa juga menjadi cara efektif untuk mencuci otak seseorang. Bagi yang memiliki pikiran yang lemah dan mudah dipengaruhi, cara ini merupakan cara yang cukup efektif. Hanya saja memang dibutuhkan waktu dan kesabaran lebih untuk melakukannya dikarenakan kekuatan pikiran seseorang yang berbeda-beda.

Di masa sekarang, banyak sekali remaja bahkan anak-anak yang seringkali kali dijadikan bahan cuci otak untuk dijadikan seorang teroris. Hal ini terjadi remaja dan anak-anak memiliki pikiran yang tidak cukup kuat untuk bisa melawan sugesti atau stereotype yang diberikan. 

1. Hipnotis

hipnotis

Hipnotis adalah cara yang paling ampuh dan juga populer di urutan pertama dalam hal mencuci otak. Kita sudah seringkali menyaksikan acara-acara di televisi yang menamppilkan para ahli menghinoptis orang untuk bisa melakukan hal yang diinginkan oleh si penghipnotis. Entah itu sungguhan atau tidak, tapi memang hipnotis dipercaya oleh banyak orang menjadi cara paling ampun dalam menghapus ingatan seseorang.

Di dunia kesehatan, hipnotis biasanya digunakan sebagai metode terapi untuk menghilangkan kebiasaan buruk seseorang atau menghapus kenangan buruk di masa lalu. Di tangan yang salah, kemampuan hipnotis bisa digunakan untuk menciptakan ancaman bagi sosial bahkan negara, yakni teroris.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas