home -> Top -> 10 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan
30 Oktober 2014 23:38

10 Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Oleh admin dalam Top pada March 19, 2013

Cepat kaya dan membuat uang dengan mudah adalah impian setiap orang. Tetapi kehidupan mengajarkan kita bahwa tidak ada yang namanya makanan gratis, kecuali menang undian dan sejenisnya. Menghasilkan uang membutuhkan upaya dan waktu.  Tapi, tetap ada cara untuk menghasilkan penghasilan tambahan atau uang sampingan di samping kerjaan sehari-hari Anda.

1. Jadikan Mobil Anda Mobil Iklan

mobil iklan

Mungkin Anda sering melihat hal ini pada saat Anda berada di luar, dimana sebuah mobil ditempeli iklan dengan nomor teleponnya sendiri. Mungkin Anda mengira mobil tersebut adalah milik perusahaan, tetapi beberapa perusahaan periklanan akan membayar pemilik mobil untuk menempel iklan mekera di mobil terkait.

Untuk melakukan ini, tentu Anda harus mendaftarkan mobil Anda pada perusahaan periklanan terlebih dahulu. Jika dicari di Internet, maka situs web perusahaan akan dapat ditemukan. Lalu, jika seorang advertiser memutuskan memilih wilayah Anda untuk periklanan, mungkin Anda akan terpilih. Promosi seperti ini akan bertahan selama berbulan-bulan sampai bertahun-tahun, dan Anda diharuskan mengemudi selama beberapa mil untuk memenuhi kontrak.

2. Menjadi Agen

menjadi agen

Anda mungkin pernah ditawari menjadi agen atau membeli sebuah produk oleh seseorang padahal pekerjaan utama orang tersebut bukan sales. Inilah yang dilakukan orang terkait untuk mencari uang sampingan, yakni menjadi agen dari perusahaan penjualan produk seperti Amway contohnya atau Prudential yang lebih sering didengar. Bahkan, beberapa orang menjadikan hal ini sebagai pekerjaan utama.

Agar Anda dapat menjadi agen, membutuhkan kemampuan berbicara untuk menarik customer agar membeli produk. Tapi tenang saja, jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda, beberapa perusahaan akan menawarkan pelatihan sebelum Anda dapat menjadi agen.

3. Bekerja Freelance

bekerja freelance

Sekarang ini, makin banyak perusahaan yang mencari pekerja freelance atau kontrak daripada pekerja full-time karena ancaman resesi. Bahkan ada yang mengatakan, 9 dari 10 perusahaan sekarang ini lebih menginginkan kerja kontrak, karena mereka membayar pada saat pekerjaan diselesaikan. Jika Anda mempunyai kemampuan seperti desain grafis, SEO, desain web, public relation, Anda mungkin ingin mencoba ini.

Tahap pertama adalah lakukan riset mengenai standar harga kerjaan Anda. Lalu, Ada beberapa situs web yang memperbolehkan Anda me-post resume Anda. Beberapa di antaranya mungkin mengenakan biaya untuk setiap kerjaan yang Anda dapat, dan beberapa lainnya gratis.

4. Guru Les

jadi guru les

Apakah Anda memiliki keahlian spesifik yang memperbolehkan Anda mengajar orang lain seperti engineering, memasak, desain, pengetahuan dan sejenisnya. Setiap orang yang ingin belajar keahlian Anda tersebut adalah peluang bagi Anda.

Anda dapat mempromosikan ini pada komunitas Anda, seperti media sosial, poster, iklan di koran dan sebagainya. Bahkan sekarang ini, sudah ada web yang memperbolehkan Anda menjadi guru secara online (online tutoring).

5. Jual Baju Anda

jual baju

Cara lain untuk mencari penghasilan tambahan adalah dengan membersihkan lemari baju Anda. Anda mungkin tidak sadar bahwa baju Anda sudah terlalu banyak, dan hanya beberapa yang Anda gunakan setiap harinya, bahkan beberapa di antaranya sudah terlalu besar atau terlalu kecil bagi Anda.

Mulai dengan memilah-milah baju yang sudah tidak Anda pakai tapi masih dalam kualitas yang bagus. Pastikan masih bersih dan terlipat dengan rapi, dan cobalah untuk menjualnya. Salah satu caranya adalah menjualnya secara online dengan foto baju yang menarik.

6. Ikut Serta dalam Survey Online

survey online

Setiap hari Anda berjelajah di dunia Internet atau tepatnya surfing, apalah artinya untuk beberapa menit Anda dibayar karena ikut serta dalam survey online. Bahkan, itu sangat menguntungkan, karena setiap hari Anda surfing Internet, dan Anda menggunakan sedikit waktu Anda untuk menghasilkan sedikit penghasilan tambahan dengan mengisi survey online.

Anda dapat mencari web yang menawarkan survey online dengan Anda sebagai partisipannya, dan Anda dibayar untuk hal tersebut.

7. Sewakan Kamar Kosong Atau Rumah Anda

sewa kamar rumah

Jika Anda kebetulan mempunyai kabar lebih atau rumah yang tidak terpakai karena Anda sedang dinas atau berbagai alasan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan menyewakan kamar atau rumah Anda sebagai penghasilan tambahan.

Tapi, ini tidak sesederhana keliatannya. Anda harus siap menulis kesepakatan yang melindungi ha Anda sebagai pemilik rumah, dan hukum-hukum lainnya agar rumah Anda tidak diubah sesuka hati penyewa. Anda juga membutuhkan kepercayaan tinggi untuk tinggal bersama seseorang yang tidak dikenal dalam satu rumah. Jadi pertimbangkanlah dengan baik.

8. Jadi Mystery Shopper

mystery shopper

Mystery Shoppers adalah orang yang dibayar oleh perusahaan riset pasar untuk melaporkan pengalaman mereka pada saat belanja, makan di restoran dan sebagainya. Untuk setiap tugas yang diberikan, perusahaan akan memberikan tugas spesifik ke Anda, dan Anda harus melaporkannya kembali sesuai dengan formulir yang telah diberikan, seperti kebersihan, perilaku karyawan dan sebagainya.

Jika Anda beruntung, Anda mungkin dapat menemukan tugas yang dekat dengan rumah Anda atau searah dengan perjalanan Anda.

9. Bermain Emas

bermain emas

Sama halnya seperti bermain kurs dan saham, emas juga memiliki naik turunnya sendiri. Tetapi bermain emas dapat dikatakan lebih aman daripada bermain saham yang apabila rugi akan sangat mengejutkan, sedangkan lebih baik daripada kurs karena naik mereka tidak hanya sedikit-sedikit. Jika Anda ingin mencoba hal ini, Anda harus tahu bahwa Anda tidak boleh melihat harga emas asli 24 karat, melainkan mengecek ke toko-toko emas terdekat untuk harga emasnya.

Jika Anda memiliki perhiasan dari emas, terkadang perhiasan tersebut akan lebih mahal dari harga emasnya. Jadi Anda mungkin ingin mempertimbangkan mengubah emas Anda menjadi perhiasan sebelum menjualnya.

10. Jual Telur atau Sperma Anda

jual telur sperma

Beberapa orang mungkin akan merasa aneh untuk menjual gen mereka dan menganggapnya tabu. Tetapi pada kenyataannya, beberapa lainnya tidak terganggu atas ide ini, toh telur atau sperma dapat dihasilkan kembali, dan beberapa rumah sakit membutuhkan hal ini. Bagi wanita, seorang donor biasanya harus berusia 20 sampai 30 tahun, sedangkan bagi pria harus berusia 18-40 tahun.

Untuk menjadi donor, Anda harus dicek terlebih dahulu kesehatan, sejarah keluarga dan dilakukan proses pemilahan. Proses pemilahan ini akan mengambil waktu selama beberapa minggu, dan hanya orang yang berhasil melewati ini yang akan dibayar. Jadi mungkin bagi beberapa orang, ini tidaklah sepadan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas