home -> Lainnya -> 10 Pelukis Dunia Yang Paling Terkenal Sepanjang Ma...
18 Juli 2018 10:13

10 Pelukis Dunia Yang Paling Terkenal Sepanjang Masa

Oleh reagan dalam Lainnya pada April 27, 2016

Pelukis adalah seseorang yang menciptakan karya seni 2 dimensi berupa lukisan. Tidak hanya di Indonesia, tapi di dunia ini ada banyak sekali nama-nama pelukis yang terkenal. Karya-karya mereka mampu menginspirasi banyak orang dan memunculkan kekaguman yang dalam. Artikel berikut ini akan membahas siapa saja pelukis yang namanya sangat dikenal di dunia sampai saat ini. Inilah dia daftar 10 pelukis paling terkenal sepanjang masa.

10. Titian

Titian

Pelukis Titian adalah salah satu pelukis terkenal sepanjang masa yang lukisannya mampu mengundangan kekaguman dari banyak orang. Titian biasa melukis sesuatu yang bersifat duniawi, sexual dan mitologi. Setiap lukisannya seakan memberikan pesan kegembiraan dalam sebuah lukisan erotis. 

Salah satu karya seninya yang paling terkenal dinamakan Venus of Urbino. Venus of Urbino merupakan lukisan yang menggambarkan dewi Venus. Dalam lukisan ini, Titian menggambarkan seorang perempuan yang tidak mengenakan pakaian yang sedang merebahkan diri di sebuah kursi. 

9. Paul Cezanne

Paul Cezanne

"Cezanne is the father of us all", begitulah kata-kata yang diberikan untuk memberikan penghargaan atas karya seni yang telah dihasilkan dari goresan kuas Paul Cezanne. Ketika Cezanne mulai dikenal sebagai pelukis beraliran impresionis, Cezanne malah meninggalkan grup pelukis tersebut dan mulai mengembangkan gaya melukisnya sendiri.

Gaya lukis yang dikenalkan oleh Cezanne benar-benar gaya melukis yang baru dan tidak biasa. Inilah yang membuka pintu datangnya aliran lukis Cubism di abad ke-20. Sepanjang karirnya sebagai pelukis terkenal, karya yang paling berkesan adalah Mont Sainte-Victoire seen from Bellevue.

8. Michelangelo

Michelangelo

Michelangelo dikenal oleh dunia sebagai seorang pematung, pelukis, dan juga arsitek yang terkenal. Nama Michelangelo seringkali dibandingakan dengan nama beberapa pelukis terkenal lainnya seperti Raphael, Leonardo Da Vinci dan juga Massacio. Walaupun termasuk sebagai salah satu pelukis terkenal di dunia, Michelangelo lebih menyebut dirinya sebagai pematung.

Karya terbesar dari Michelangelo adalah ilustrasi cerita alkitab yang terdapat pada langit-langit Sistine Chapel di Vatican. Karyanya tersebut dibuat berdasarkan salah satu bab di alkitab Kejadian. Dimana kitab Kejadian merupakan kitab yang mengisahkan bagaimana awalnya dunia dan manusia pertama kali dibuat.

7. Rembrandt

Rembrandt

Seorang pelukis terkenal asal Belanda yang hidup di era 1606 sampai dengan 1669. Hasil seni yang ia ciptakan merupakan hasil perpaduan sempurna dari cahaya dan juga bayangan. Hasilnya tersebut seakan-akan menggambarkan sisi terang dan gelap dari perjalanan hidupnya sebagai seorang pelukis. 

 Dalam membuat karya seni, bisa dibilang bahwa Rembrandt ada sedikit terpengaruh oleh gaya melukis dari Titian. perpaduan hangat dari warna, ketebalan lukisan, dan goresan kuas yang berani menjadi gaya Rembrandt dalam menciptakan lukisan. Ada 2 lukisan buatan Rembrandt yang terkenal yakni The Jewish Bride dan The Storm of The Sea of Galilee.

6. Raphael

Raphael

Bersama dengan Leonardo Da Vinci dan Michelangelo, mereka bertiga menjadi pelukis paling terkenal yang berasal dari Italia. Raphael juga yang menjadi orang pertama yang memberikan respon terhadap lukisan Monalisa buatan Leonardo Da Vinci yang terkenal. Dari lukisan Monalisa itulah, Raphael kemudian membuat lukisan yang mirip dengan Monalisa yang diberi nama dengan Portrait of Maddalena Doni.

Hasil karya dari Raphael banyak disukai orang. Beberapa hasil karyanya yang terkenal antara lain adalah Mond Crucifixion, Portrait of Maddalena Doni, dan Wedding of The Virgin. Diyakini sebagian orang bahwa pencapaian yang diraih oleh Raphael melebihi dari apa yang telah dicapai oleh Leonardo.

5. Giotto Di Bondone

Giotto Di Bondone

Banyak yang menganggap bahwa Di Bondone ini adalah pelukis pertama, seperti Adam yang menjadi manusia pertama yang diciptakan oleh Tuhan di agama Katolik. Hal tersebut diungkapkan karena Giotto terus melanjutkan aliran melukis yang disebut dengan Byzantine dan juga beberapa aliran lukis lainnya yang terkenal sangat tua.

Giotto di Bondone adalah seorang pelukis asal Italia yang juga dikenal sebagai seorang arsitek di tahun 1267 sampai tahun 1337. Ada 2 hasil karyanya yang sangat terkenal di dunia yakni Scrovegni Chapel Frescoes dan juga Campanile.

4. Vincent Van Gogh

Vincent Van Gogh

Tahun 1853-1890 adalah tahun dimana pelukis terkenal asal Belanda hidup, Vincent Van Gogh. Tidak ada seorangpun di dunia yang tidak mengenal namanya. Di dunia seni Van Gogh dikenal sebagai pelukis terkenal yang beraliran impresionis. Karya seni buatannya dikenal sebagai salah satu inspirasi para pelukis di abad ke-20.

Sebagai pelukis beraliran impresionist, terdapat 3 karya seni Van Gogh yang sangat dikenal di dunia. Tiga lukisan itu adalah Sunflowers, The Starry Night, dan Cafe Terrace at Night.

3. Masaccio

Masaccio

Tommaso Masaccio, begitulah nama lengkap dari pelukis terkenal asal Italia ini. Namanya mungkin tidak seterkenal pelukis lainnya seperti Leonardo Da vinci, Raphael atau Michelangelo. Masaccio adalah salah satu pelukis yang menggunakan hukum perspektif ilmiah di setiap karya seni yang ia buat. 

Masaccio meninggal di usia yang sangat muda yakni 26 tahun ketika tengah mengerjakan Brancacci Chapel Frescoes of The Life os St Peter. Namun meskipun Masaccio meninggal di usia yang masih muda, ada 3 lukisannya yang terkenal di dunia  yaitu brancacci Chapel, Pisa Altarpiece, dan Holy Trinity.

2. Leonardo Da Vinci

Leonardo Da Vinci

Tentunya Anda mengenal lukisan Monalisa bukan? Lukisan Monalisa tersebut dibuat oleh seorang pelukis terkenal asal Italia bernama Leonardo Da Vinci. Tidak hanya dikenal sebagai pelukis, Da Vinci juga merupakan seorang pematung, arsitek, insinyur, ahli matematika, dan juga ilmuwan. Banyaknya hal yang bisa dilakukan olehnya hingga membuat ia dijuluki sebagai 'Universal Genius'.

Selama sepanjang hidupnya sebagai pelukis yakni 1452-1519, Da Vinci telah dikenal melalui karya-karyanya yang indah. Di dunia ini, ada 4 hasil karyanya yang sangat dikenal seperti salah satunya yang kita kenal adalah Monalisa, lukisan lainnya antara lain The Last Supper, The vitruvian Man, dan Lady with An Ermine. 

1. Pablo Picasso

Pablo Picasso

Ini dia pelukis paling terkenal di dunia, Pablo Picasso. Adalah pelukis asal Spanyol, penganut aliran Cubist modern. Hasil karyanya telah diakui oleh dunia sebagai hasil karya yang tidak ada duanya. Tiap goresan kuasnya selalu dapat membuat kagum banyak orang. Hasil karyanya tersebut juga memiliki nilai yang sangat tinggi.

Ada 3 hasil karya dari Picasso yang terkenal di dunia antara lain adalah Les Demoiselles d'Avignon, Guernica, dan The Weeping woman.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas