home -> Lifestyle -> 10 Pembalap F1 Terhebat Sepanjang Masa
18 Juli 2018 08:03

10 Pembalap F1 Terhebat Sepanjang Masa

Oleh reagan dalam Lifestyle pada April 27, 2016

Sebelumnya sudah pernah dibahas siapa saja pembalap MotoGP terhebat sepanjang masa. Kini waktunya giliran kita beralih ke kendaraan roda 4, mobil. Dalam dunia balap Formula 1 atau F1, ada sejumlah pembalap yang dianggap sebagai pembalap paling hebat yang pernah ada di dunia. Ada 10 pembalap yang dijuluki pembalap terhebat. Siapa saja mereka? Mari kita simak 10 pembalap F1 terhebat sepanjang masa berikut ini.

10. Gilles Villeneuve, Kanada

Gilles Villeneuve

Gilles Villeneuve merupakan pembalap F1 yang berasal dari Kanada. Meskipus dirinya hanya memenangkan sebanyak 6 gelar juara dari total 67 Grand Prix, tapi jerih payahnya tersebut diakui oleh banyak orang sebagai salah satu pembalap F1 terbaik sepanjang masa dan juga pembalap F1 terbaik yang berasal dari Kanada.

Pembalap tangguh ini mengalami kecelakaan parah pada saat melakukan kualifikasi di tahun 1982. Kecelakaan maut ini akhirnya merenggut nyawa dari Gilles. Di momen penguburan Villeneuve, seorang pembalap dari Afrika Selatan, Jody Schekter mengatakan bahwa Villeneuve adalah pembalap tercepat yang ia kenal di sepanjang sejarah F1 sekaligus pribadi yang hangat di luar sirkuit.

9. Fernando Alonso, Spanyol

Fernando Alonso

Banyak orang yang menganggap bahwa Fernando Alonso adalah pembalap F1 yang luar biasa. Kemampuannya dalam memacu mobilnya dengan kecepatan tinggi walaupun kondisi mobilnya tidak dalam kondisi yang bagus patut diancungi jempol. Bahkan ketika dirinya memulai balapan dari barisan belakang, dirinya mampu menyelesaikan balapan dengan hasil yang mengejutkan.

Fernando Alonso merupakan satu dari sekian banyak pembalap F1 terhebat yang pernah ada. Setelah era Michael Schumacher selesai, era baru dimulai oleh pembalap asal Spanyol ini. Dengan bersama tim Mclarennya, dirinya mampu membuktikan kemampuan dirinya. 

8. Sebastian Vettle, Jerman

Sebastian Vettel

Umurnya memang masih terbilang muda untuk bisa dimasukkan ke dalam daftar pembalap F1 terhebat sepanjang masa, tapi prestasi yang telah didapatnya sejauh ini memberikan bukti lain. Dengan umurnya yang masih muda, bisa saja Vettle meraih juara lebih banyak melampaui pembalap F1 seniornya yakni Michael Schumacher.

Gelar Grand Prix berhasil ia menangi sebanyak 4 kali, benar-benar pembalap muda yang berbakat. Saat ini, pembalap asal Jerman ini masih terikat kontrak dengan perusahaan mobil terkenal Ferrari sampai akhir 2017. Bersama dengan tim sekelas Ferrari, diyakini oleh banyak orang bahwa Vettle akan memenangi banyak gelar juara.

7. Niki Lauda, Austria

Niki Lauda

Pembalap Austria inilah yang berhasil membuat Ferrari meraih juara pada tahun 1975 setelah puasa gelar sejak tahun 1964. Lauda dapat mengeluarkan kemampuan mobilnya yang terbaik sehingga dirinya menggantikan Clay Regazzoni sebagai team leader.

Lauda berhasil memenangi juara dunia sebanyak 3 kali secara berturut-turut termasuk saat dirinya mengalami kecelakan yang hampir merenggut karirnya pada tahun 1976. Meskipun Lauda berhasil mendapatkan gelar juara pada tahun 1977, Lauda memutuskan untuk keluar dari Ferrari dan bergabung dengan Brabham. Lauda lebih memilih Brabham karena Ferrari tidak memberikan dukungan padanya layaknya seorang team leader ketika dirinya kembali dari cidera.

6. Jackie Stewart, Inggris

Jackie Stewart

Jackie Stewart adalah salah satu pembalap terhebat yang pernah berjaya pada pertengahan era 1968 sampai 1973. Pada masa dulu, balapan F1 terkenal sebagai ajang olahraga yang berbahaya, oleh karena itu Stewart sangat aktif melakukan kampanye keselamatan.

Dialah pembalap pertama yang menggunakan sabuk keselamatan ketika balapan. Stewart juga yang bersikeras memaksa agar sirkuit balapan harus diberikan garis batas pelindung. Stewart memang dikenal sebagai pembalap yang sangat perduli tentang kesehatan pembalap. Banyak hal lain juga yang menjadi konsentrasi Stewart seperti pakaian balap anti api, tembok pemabatas pit, dan segala hal yang bersifat keamanan sangat diperhatikan olehnya.

5. Alain Prost, Perancis

Alain Prost

Alain Marie Pascal Prost atau yang lebih dikenal dengan Alain Prost ini adalah pembalap F1 asalh Perancis yang memegang gelar juara Grand Prix dari tahun 1987 sampai tahun 2001. Bersama dengan tim McLaren, Ferrari, dan Renault, Prost telah mengikuti sebanyak 202 balapan sepanjang karirnya sebagai pembalap.

Prost memulai debut F1 pada tahun 1980. Pada balapan kedua tahun 1981 yang diadakan di Perancis, Prost berhasil keluar sebagai juara. Tahun 1982 Brazilian Grand Prix, Prost hanya sanggup finish di urutan ke 3, namun karena pembalap pertama dan kedua didiskualifikasi, maka Prostlah yang mendapatkan gelar juara.

4. Jim Clark, Inggris

Jim Clark

From zero to hero, mungkin kalimat ini cocok dialamatkan kepada pembalap asal Inggris bernama Jim Clark. Pria yang bernama asli James Clark Jr. ini tadinya memiliki mimpi untuk menjadi petani seperti ayahnya. Namun passion yang dimilikinya di bidang balap mulai merubah arah hidupnya.

Ayah dari Jim Carlk adalah seorang petani. Kemudian pada saat ia bersekolah. Clark mulai tertarik kepada dunia balap mobil. Adalah seorang dari tim Lotus yang pertama kali melihat bakat terpendam dari Clark. Bakat Clark tersebut itu tampak ketika dirinya dikalahkan oleh Clark ketika mengadu kecepatan di sirkuit.

3. Juan Manuel Fangio, Argentina

Juan Manuel Fangio

Juan Manuel Fangio adalah seorang maestro di dunia balap Formula 1. Dirinya berhasil mendapatkan 5 gelar juara dunia dan memiliki persentase kemenangan sebesar 47%. Memang benar bahwa Fangio berhasil menjadi juara karena dirinya mengendarai mobil terbaik, tapi meskipun mobil bagus tapi orang yang mengemudikannya tidka memiliki kemampuan yang bagus, tentunya tidak akan berhasil menjadi juara bukan.

Banyak rekan-rekan dari Fangio yang mengatakan bahwa pembalap asal Argentina ini sering memenangi lomba tanpa usaha yang keras, hal ini berarti bahwa Fangio belum pernah terlihat membalap dengan segenap kemampuan yang ia miliki. Jadi, seperti apa Fangio bila ia serius, belum ada yang tahu.

2. Michael Schumacher, Jerman

michael schumacher

.Michael Schumacher adalah pembalap F1 asal Jerman yang sangat luar biasa. Dengan kemampuan, dirinya berhasil meraih sejumlah pencapaian yang mengagumkan. Sebanyak 5 kali gelar juara dunia secara berturut-turut, 56 kemenangan dalam 7 tahun dari tahun 2000 sampai 2006, total sebanyak 7 gelar dan 91 kemenangan yang telah diraih Schumacher sepanjang karirnya.

Di tahun 2000. Schumacher telah berhasil mencetak sejarah yang mungkin tidak ada pembalap lain yang bisa melampauinya. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Schumacher adalah salah satu pembalap F1 terhebat sepanjang masa.

1. Ayrton Senna, Brazil

ayrton senna

Membicarakan siapa pembalap F1 terhebat sepanjang masa, semua orang pastinya akan menyebut nama Ayrton Senna sebagai pembalap yang terhebat dari semuanya. Di era Senna, dirinya berhasil memenangi 41 Grand Prix dan mendapatkan 3 gelar juara. Selain itu, Senna juga berhasil menciptakan beberapa rekor yang tidak ada pembalap lain kalahkan pada saat itu.

Pembalap asal Brazil ini meninggal dunia di Imola, Italy pada 1 Mei 1994. Senna dikenal sebagai pembalap yang luar biasa oleh Alain Prost. Meskipub Prost adalah rival abadi dari Senna, tapi Prost mengakui  bahwa Senna adalah pembalap dengan kemampuan yang luar biasa. 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas