home -> Top -> 10 Hewan Paling Mematikan di Dunia
23 Agustus 2014 04:36

10 Hewan Paling Mematikan di Dunia

Oleh admin dalam Top pada March 18, 2013

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai 10 hewan paling mematikan di dunia. Anda mungkin berpikir bahwa beberapa hewan yang disebutkan berikut ini tidaklah berbahaya, bahkan dapat dikatakan baik. Tetapi terkadang bahkan hewan paling 'baik'-pun dapat menjadi berbahaya. Berikut 10 hewan paling mematikan di dunia.

10. Poison Dart Frog

poison dart frog

Merupakan hewan asli hutan hujan Amerika Selatan yang aktif di siang hari, dengan karakteristik tubuhnya yang penuh warna dan cerah. Walaupun berukuran kecil (kebanyakan hanya sekitar 1 inci), tetapi mereka dipertimbangkan sebagai salah satu kodok paling beracun di dunia.

Jika terancam, mereka akan mengeluarkan lendir beracun pada tubuh mereka yang dapat membunuh 10 manusia. Bahkan, penduduk lokal menggunakan racun mereka untuk berburu.

9. Komodo

Dikenal juga sebagai Komodo Dragon, dapat ditemukan di Pulau Komodo, Indonesia. Merupakan kadal terbesar dengan gigitan yang sangat mematikan. Dengan ukurannya yang besar, tentu ukuran gigitannya juga akan mematikan. Walaupun mangsanya dapat kabur dan terlepas dari gigitannya, mangsanya tidak akan dapat bertahan lama karena bakteri mematikan yang terdapat di air liur hewan Komodo ini.

Walaupun hewan ini sangat mematikan, tingkat kematian manusia yang disebabkan olehnya, hanya sedikit. Tapi ini mungkin karena fakta hanya sedikit manusia yang berani berada di dekatnya.

8. Lalat Tsetse

Lalat tsetse dipertimbangkan sebagai hewan paling mengganggu dan mematikan di Afrika. Alasannya adalah karena kemampuannya membawa penyakit mematikan yang disebut sleeping sickness dan nagana. Sleeping sickness adalah penyakit parasit yang dapat mengenai manusia dan menyebabkan rasa ngantuk dan injeksi parasit oleh lalat ini, sedangkan nagana adalah penyakit yang mengenai hewan.

Penyakit 'sleeping sickness' dapat berbahaya jika dibiarkan, tetapi obat sekarang ini dapat menyembuhkannya cukup baik jika diketahui. Salah satu teknik untuk membunuh lalat ini adalah membunuh makanan utamanya, yakni hewan ternak.

7. Kuda Nil

kuda nil

Kuda nil biasanya ditemukan di Afrika dan bertanggung jawab atas kematian manusia lebih banyak daripada hewan besar lainnya. Kuda Nil Betina dan Jantan memiliki alasan yang berbeda atas penyerangannya. Seekor kuda nil jantan memiliki keinginan besar untuk melindungi wilayahnya, sedangkan si betina melindungi anak-anaknya, dan mereka cukup agresif terkait hal ini.

Senjata mematikan dari kuda nil ini tentu adalah mulutnya yang beasr, mulutnya dapat disetarakan dengan tenaga penghancur yang jauh melebihi palu, bahkan dapat menghancurkan semangka dengan mudah.

6. Ikan Hiu Putih (Great White Shark)

ikan hiu putih

Mungkin Anda sudah sering mendengar ikan hiu ini terkait atas serangan mematikannya. Tetapi, pada kenyataannya, Hiu ini tidak menyerang manusia dengan alasan keganasan, melainkan keingintahuan mereka yang menggigit segala yang mereka ingin tahu. Biasanya begitu mereka menggigit manusia, mereka akan kabur, tapi sayangnya gigitan pertama inilah yang membunuh manusia.

Dengan sekitar 3.000 (tiga ribu) gigi mereka yang tajam, tentu hal tersebut akan mematikan. Ada yang mengatakan, begitu mereka merasakan daging manusia sekali, mereka akan suka dengan rasanya.

5. Buaya Air Asin (Saltwater Crocodile)

buaya air asin

Merupakan reptil terbesar di dunia, buaya ini sangat berbahaya yang setiap tahunnya membunuh ratusan orang, tepatnya 800. Hidup di sepanjang tropis Afrika, Asia, Amerika dan Australia pada sungai dan danau. Jika kita membicarakan buaya saja bukan buaya air asin, maka kematian yang disebabkan adalah sekitar 2.000 (dua ribu) orang setiap tahunnya.

Mereka terkenal karena teknik membunuhnya yang disebut 'death roll' dimana begitu mereka menggigit mangsanya, mereka akan berputar yang menyebabkan daging mangsanya terkoyak-koyak.

4. Carpet Viper

carpet viper

Jika kita membicarakan hewan mematikan, tentu ular pasti salah satu di dalamnya. Walaupun mungkin Carpet Viper bukan yang paling beracun, tetapi ia yang menyebabkan banyak kematian di dunia karena gigitan ular.

Racunnya menyebabkan mangsanya berdarah hingga mati karena dari daerah gigitannya darah akan terus mengalir tanpa henti. Walaupun kemampuan medis sekarang ini dapat mencegah hal tersebut, sayangnya kejadian gigitan ular ini sering terjadi di daerah dengan fasilitas medis yang kurang.

3. Ubur-Ubur Kotak Australia

hewan mematikan ubur ubur kotak

Walaupun kita membicarakan mengenai Ubur-Ubur Kotak Australia, pada kenyataannya kebanyakan ubur-ubur kotak memang mematikan. Tapi ubur-ubur kotak Australia adalah salah satu hewan laut paling mematikan yang diketahui manusia. Dapat ditemukan di lautan Australia dan kawasan Indo-Pasifik.

Setiap sengatannya adalah beracun, yang apabila setiap tentakelnya digabungkan dapat membunuh sekitar 50 manusia. Sengatannya dapat memberikan rasa terbakar yang sangat menyakitkan. Bahkan dikatakan setiap tahunnya ada sekitar 100 kematian dengan kematian lain yang tidak dilaporkan dengan alasan agar tidak menakutkan wisatawan.

2. Brazilian Wandering Spider

Disebut juga sebagai Laba-laba Pisang (Banana Spiders), mereka dikatakan adalah laba-laba paling beracun di dunia. Dapat ditemukan di kawasan tropikal Amerika Selatan, dengan satu spesiesnya dapat ditemukan di Amerika Pusat. Walaupun mereka sangat mematikan, hanya sedikit kematian yang disebabkan oleh mereka.

Walaupun ukurannya tidak dapat dikatakan besar, jangan tertipu dengan ukuran mereka. Racun mereka 18 kali lebih mematikan dari laba-laba Black Widow, begitu terkena maka akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Bagi kaum Pria, akan menyebabkan efek samping yang cukup aneh dan memalukan, yakni ereksi yang menyakitkan.

1. Nyamuk

hewan mematikan nyamuk

Siapa yang bilang ukuran menentukan segalanya? Ya, ini tidak berlaku bagi serangga satu ini. Walaupun bentuknya kecil, ia sering dikatakan sebagai hewan paling mematikan. Nyamuk diperkirakan telah menyebabkan kematian sekitar 700 juta orang dengan setiap tahunnya 2 sampai 3 juta orang meninggal karenanya.

Alasan mengapa serangga ini mematikan adalah karena penyakit yang disebabkannya, yakni malariaelephantiasisyellow feverwest nile virus.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Komentar
Isi dari komentar adalah tanggung jawab dari pengirim. Tahupedia mempunyai hak untuk tidak memperlihatkan komentar yang tidak etis atau kasar. Jika ada komentar yang melanggar aturan ini, tolong dilaporkan.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas