home -> Entertainment -> 10 Alat Musik Teraneh Yang Pernah Dibuat
10 Desember 2018 07:12

10 Alat Musik Teraneh Yang Pernah Dibuat

Oleh reagan dalam Entertainment pada April 22, 2016

Alat musik adalah instrumen yang sengaja dibuat untuk menghasilkan nada atau musik. Biasanya, alat apapun yang bisa menghasilkan dan dapat diatur nadanya dapat dikategorikan sebagai alat musik. Dari sekian banyak alat musik yang ada, ada sejumlah alat musik yang memiliki bentuk sangat aneh tapi tetap bisa digunakan untuk mengeluarkan nada. Inilah 10 alat musik paling aneh yang pernah dibuat.

10. Sea organ

Anda menyukai laut dan alat musik? Jika iya, maka tempat ini akan menjadi tempat yang wajib untuk Anda kunjungi. Dibuat di tepi laut Adriatic di Kroasia, adalah salah satu alat musik teraneh yang pernah dibuat, Sea Organ atau orgen laut. 

Orgen laut adalah sebuah alat musik yang mengeluarkan suara bersumber dari suara angin dan gelombang laut. Suara yang dihasilkan oleh alat musik ini tidak akan pernah berhenti sampai kapanpun. Dibuat oleh Nikola Basic di thaun 2005, instrumen musik ini menjadi alat musik orgen pertama yang ditenagai oleh air laut.

9. Stalacpipe Organ

Lupakan orgen laut yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kali ini adalah giliran orgen terbesar di dunia yang menjadi alat musik teraneh ke-9 di dunia. Berlokasi di Luray Caverns, Virginia, instrumen ini dikenal juga sebgai Lithophone atau instrumen yang terbuat dari bebatuan. Orang yang pertama kali menemukan alat musik ini adalah Leland W. Sprinkle.

Orgen Stalacpipe berfungsi dengan mengetuk dinding Stalaktite dengan menggunakan palu yang terbuat dari karet. Yang kemudian semuanya dihubungkan dengan sebuah alat sehingga menyerupai orgen tradisional. Pembuatan orgen ini terinspirasi dari anaknya yang membenturkan kepalanya ke dinding Stalaktite. 

8. Pyrophone Organ

pyrophone organ

Dalam bahasa Indonesia, Pyrophone berarti suara api, adalah salah satu alat musik teraneh yang pernah dibuat di dunia. Alat musik ini merupakan instrumen musik yang menggunakan beberapa pipa layaknya orgen atau calliop. Yang menjadikannya berbeda dengan orgen lain adalah suara yang dihasilkan alat musik ini berasar dari ledakan yang dikeluarkan dari pipa menggunakan bensin.

Meskipun alat musik ini menggunakan bensin dan ledakan untuk menghasilkan suara, tapi bisa dipastikan bahwa alat musik ini aman untuk dimainkan. Meski sudah dipastikan aman, tapi ada beberapa orang yang lebih memilih tetap menjaga jarak demi keselamatan.

7. Hyperbass Flute

hyperbass flute

Ukurannya yang besar membuatnya menjadi salah satu bagian dari suling terbesar di dunia. Jadi alat musik ini sudah memiliki 2 gelar yakni salah satu suling terbesar dan salah satu alat musik teraneh yang pernah dibuat. 

Dianggap sebagai salah satu suling terpanjang di dunia, Hyperbass flute ini memiliki pipa dengan panjang 15 meter. Berdasarkan laporan yang ada, suling ini masih dalam tahap perbaikan. Suara yang dihasilkan masih disesuaikan untuk bisa menjadi alat musik yang sempurna. Biarpun begitu, alat musik ini tetap saja dianggap aneh.

6. Bubble Organ

Adalagi alat musik yang masuk ke dalam daftar alat musik teraneh yang pernah dibuat, orgen gelembung. Dari namanya saja kita pasti membayangkan seperti apa bentuk alat musik yang dimaksud dan bagaimana cara memainkannya. 

Adalah ide dari Aaron Wendel yang menciptakan alat musik aneh ini. Aaron menciptakan sebuah orgen dengan menggunakan pipa air tua, PVC, seperangkat furniture, dan bahkan penjepit pakaian. Untuk dapat mengeluarkan suara, Aaron menggunakan 2 buah balon yang sudah terisi udara. Dengan menekan tuts yang terdapat pada orgen akan menciptakan resonansi nada dalam pipa PVC yang telah tergabung dengan suara geleumbung air.

5. Viennese Vegetable Orchestra

Sayur-sayuran adalah salah satu bahan makanan yang sering kita olah menjadi makanan untuk kita makan. Tapi apakah mungkin menjadi sayuran menjadi sebuah alat musik? Ternyata hal yang tidak mungkin itu berhasil dipecahkan, bukan hanya satu jenis sayur saja yang bisa dijadikan alat musik, tapi banyak sayur dapat dijadikan alat musik bahkan sampai dibuat orkestra khusus.

Adalah sebuah grup yang bernama Viennese Vegetable Orchestra yang berhasil membuat orkestra musik berbahan sayur-sayuran. Uniknya adalah ketika orkestra ini selesai memainkan alat musik anehnya terseut, mereka secara spesial akan memasakkan sup sayur kepada para penonton.

4. The Fence

Tidak ada seorangpun yang awalnya menyangka bahwa senjata bisa dijadikan sebagai alat musik. Salah satu senjata mematikan yang masih digunakan sampai sekarang, kawat berduri, ternyata bisa dirubah menjadi alat musik oleh seorang pianis bernama John Rose. 

John Rose memiliki sebuah misi yakni mematahkan segala hal yang dapat memisahkan orang dari kreativitas menciptakan alat musik. Untuk itulah John memilih salah satu bahan unik untuk dijadikan alat musik yakni kawat berduri. Kita tahu bahwa kawat berduri digunakan untuk menjaga wilayah dari serangan lawan, tapi di tangan John dan alat gesek biolanya, kawat berduri juga ternyata bisa digunakan sebagai alat musik.

3. Singing Ringing Tree

Ditemukan tinggi di Pennine Moors, Burnley, adalah sebuah alat musik aneh yang memiliki tinggi sekitar 3 meter. Bila dilihat, sepertinya alat musik ini lebih cocok disebut sebagai bangunan daripada sebuah instrumen musik, mengingat bentuknya yang sangat tinggi.

Singing Ringing Tree adalah sebuah alat musik yang dibuat dengan menggunakan pipa khusus. Dirancang oleh arsitek bernama Mike Tonkin dan Anna Liu di tahun 2006 dan berhasil meraih penghargaan Royal Institute of British Architects. Alat musik ini menggunakan aliran angin sebagai sumber suaranya. 

2. The Badgermin 

Melihat bentuknya saja sudah pasti membuat orang merasa bingung. Bagaimana caranya memainkan alat musik aneh ini. Biarpun terlihat menyeramkan dan aneh di awalnya, tapi alat musik Badgermin ini termasuk alat musik yang unik dan tidak terlalu sulit untuk dimainkan. Anda cukup menggerakan tangan Anda di udara, dan alat musik ini akan langsung mengeluarkan suara.

Alat musik aneh ini dibuat dengan menancapkan alat khusus ke dalam tubuh hewan yang disebut ratel. Saat ini alat musik The Badgermin telah berhasil terjual dan menjadi pewarna baru dalam dunia musik di salah satu studio musik yang belum diketahui namanya.

1. Zeusaphone

Tidak ada alat musik aneh yang bisa mengalahkan keanehan alat musik satu ini. Diberi nama sesuai dengan dewa Zeus, alat musik ini dapat membuat setiap orang yang melihatnya menjadi takjub. Alat musik ini merupakan hasil karya seseorang yang memanfaatkan arus listrik tegangan rendah dari sebuah kumparan. 

Penamaan Zeusaphone ini diberikan ketika alat musik ini pertama kali ditunjukkan kepada publik pada 9 Juni 2007. Dan orang yang memainkan alat musik ini adalah seorang pria bernama Steve Ward. Seteve Ward adalah seorang mahasiswa jurusan teknik elektro di University of Illinois.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh admin dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh raza dalam Entertainment
  4. 4
    oleh reagan dalam Entertainment
  5. 5
    oleh raza dalam Entertainment
  6. 6
    oleh reagan dalam Entertainment
  7. 7
    oleh reagan dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh reagan dalam Entertainment
  1. 1
    oleh raza dalam Entertainment
  2. 2
    oleh raza dalam Entertainment
  3. 3
    oleh admin dalam Entertainment
  4. 4
    oleh raza dalam Entertainment
  5. 5
    oleh admin dalam Entertainment
  6. 6
    oleh raza dalam Entertainment
  7. 7
    oleh admin dalam Entertainment
  8. 8
    oleh admin dalam Entertainment
  9. 9
    oleh admin dalam Entertainment
  10. 10
    oleh raza dalam Entertainment
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas