home -> Lainnya -> 10 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Di Kantor
22 Februari 2019 04:52

10 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Di Kantor

Oleh reagan dalam Lainnya pada April 20, 2016

Dalam dunia kerja, ada banyak hal yang sebenarnya tidak boleh atau tidak sopan apabila dilakukan di kantor. Bukan hanya bisa terlihat di mata rekan kerja, tapi bahkan juga oleh pimpinan, Anda bisa dianggap sebagai karyawan yang buruk. Untuk itulah artikel ini dibuat agar Anda mengetahui hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan di kantor. Inilah 10 hal yang tidak boleh Anda lakukan di kantor.

10. Membuat Kegaduhan

berisik

Semua orang tentunya ingin kerja di kantor yang tenang. Sekalipun ada suara, suara tersebut paling hanya lagu yang tenang. Tapi bagaimana bila Anda bekerja di kantor yang berisik? Apakah Anda bisa bekerja dengan tenang? Tentunya tidak.

Suasana kantor yang berisik tentunya membuat siapapun bisa bekerja dengan tenang. Untuk itulah sebagai karyawan harus bisa menciptakan suasana kantor yang tenang. Membuat kegaduhan di kantor hanya akan membuat Anda dibenci oleh rekan sekerja.

9. Menganggu Rekan Kerja

menganggu

Hal lain yang sebaiknya tidak Anda lakukan selama bekerja di kantor adalah mengganggu rekan kerja Anda. Mengganggu rekan kerja dapat mengakibatkan pekerjaan yang sedang ia lakukan menjadi terhambat. Jika rekan kerja Anda menganggap yang Anda lakukan adalah suatu lelucon, maka itu bagus. Tapi jika ternyata rekan kerja Anda malah menganggap gangguan yang Anda lakukan itu adalah serius, Anda bisa saja menjadi sasaran kemarahannya.

Mengganggu pekerjaan orang adalah sesuatu yang buruk, bukan hanya mengganggu orang, Anda sendiripun juga telah menyia-nyiakan waktu. Daripada mengganggu orang yang sedang bekerja, Anda bisa saja melakukan membantu rekan kerja Anda atau melakukan hal lain yang lebih berguna.

8. Menggunakan Parfum Yang Berlebihan

perfume

Parfum memang digunakan untuk tujuan menghilangkan bau badan. Tapi jika parfum dipakai secara berlebihan itu bisa menjadi sangat mengganggu. Apalagi jika parfum yang Anda gunakan memiliki bau yang sangat menyengat. Hal tersebut bisa mengganggu seisi kantor.

Perhatian bau parfume yang Anda gunakan, apakah parfum Anda memiliki bau yang menyengat. Apabila ya, gunakanlah hanya sedikit. Mungkin Anda terbiasa dengan bau parfum yang Anda miliki, tapi belum tentu orang lain memiliki selera yang sama dengan Anda.

7. Menggoda Bos/Rekan Kerja

flirting

Menggoda pasangan merupakan hal yang wajar dilakukan. Tapi menjadi tidka wajar apabila Anda menggoda rekan sekantor atau bahkan menggoda bos Anda. Hal tersebut bisa membuat reputasi Anda rusak baik itu di mata rekan kerja atau bahkan oleh bos. 

Karena itulah menggoda bos atau rekan kerja itu tidak sebaiknya dilakukan di kantor. Apabila memang Anda memiliki hubungan asmara dengan rekan kerja atau bos, ada baiknya Anda jangan mencampuradukan dengan kegiatan di kantor. Kantor adalah tempat untuk bekerja, bukan untuk bermesraan.

6. Bermain Disaat Kerja

playing

Kantor adalah tempat bekerja, jika mau bermain maka jangan lakukan itu di kantor. Kalimat tersebut tentunya sudah sering didengar oleh orang-orang. Memang bekerja di kantor dalam jangka waktu yang lama akan membuat seseorang cepat merasa bosan. Tetapi bukan berarti Anda diperbolehkan untuk bermain di kantor.

Apabila memang perlu melakukan refreshing, ada baiknya Anda jangan menggunakan waktu terlalu lama untuk bermain. Semakin lama Anda bermain, pekerjaan kantor tentunya akan semakin menumpuk. Bermain di kantor juga bisa menjadi masalah besar apabila sampai dilihat oleh bos.

5. Menyebar Gosip

gossip

Salah satu hal yang juga tidak boleh Anda lakukan jika berada di kantor yakni bergosip. Sangat tidak pantas rasanya bagi Anda untuk membocarakan masalah orang lain dengan rekan sekerja Anda. Apalagi jika terdengar oleh orang yang bersangkutan. Anda bisa saja menjadi dikucilkan oleh teman Anda itu.

Menggosipkan rekan kerja saja itu sudah tidak bagus, apalagi jika sampai Anda menggosipkan pimpinan Anda sendiri. Menggosipkan bos sendiri sampai terdengar di telinga bos, bisa saja Anda akan mendapatkan teguran. Dimana teguran tersebut bisa mempengaruhi hidup Anda di kantor tersebut.

4. Membuang Kotoran Sembarangan

buang sampah

Selalu jaga kerbersihan, slogan tersebut selalu ada dimana dan sudah dari kecil kita diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Hal yang juga berlaku bagi Anda yang bekerja di kantor.

Di kantor tentunya sudah disediakan tempat sampah di beberapa bagian. Tempat sampah itu disediakan oleh kantor agar para karyawan bisa membuang sampah pada tempatnya. Tapi terkadang keberadaan tempat sampah itu malah diabaikan dan seringkali karyawan membuang sampah sesuka hati. Jika Anda ingin menjadi karyawan yang baik, maka membuang sampah sembarangan tidak boleh Anda lakukan.

3. Bersin/Batuk Yang Tidak Ditutup

bersin

Anda sedang pilek atau batuk? Ada baiknya Anda menyiapkan tisu atau sapu tangan untuk digunakan untuk menutup mulut Anda ketika sedang bersin atau batuk. Sangat tidak sopan apabila Anda bersin atau batuk di dekat orang tanpa menutup mulut.

Air liur yang tersembur keluar bisa saja mengenai seseorang dan hal itu sangatlah tidak menyenangkan. Tidak hanya tidak sopan, tapi Anda juga bisa menyebarkan virus pilek atau batuk Anda tersebut.

2. Tidak Merapikan Meja Kerja

messy desk

Sebagian dari Anda mungkin terbiasa bekerja di meja yang berantakan. Tapi tidak semua orang memiliki pendapat yang sama dengan Anda. Karena itulah sebagai karyawan, Anda harus rajin membersihkan meja tempat Anda bekerja agar terlihat rapih.

Memiliki meja kerja rapih bukan hanya bisa membuat bekerja menjadi lebih nyaman tapi juga hal tersebut bisa memperlihatkan pada rekan kerja dan bos bahwa Anda merupakan orang yang perduli dengan kerapihan. Jika meja kerja saja tidak bisa rapih, apalagi cara kerjanya.

1. Datang Terlambat

late

Tepat waktu seakan menjadi hal yang sangat sulit dilakukan oleh orang-orang masa kini. Banyak alasan yang dibuat agar bisa lolos dari sanksi yang diberikan. Sebagai karyawan yang baik, tentunya Anda tidak boleh melupakan tugas Anda yang utaman yakni datang ke kantor tepat waktu.

Kebiasaan datang ke kantor terlambat adalah suatu kebiasaan buruk yang tidak boleh Anda lakukan sebagai karyawan. Selalu datang terlambat akan memberikan Anda image buruk di mata bos. Masih untung jika Anda dipotong gaji, bagaimana jika Anda diberikan hukuman yang lebih berat yakni diberhentikan. Mungkin Anda tidak berpikir samppai sana, tapi perlu Anda ketahui bahwa dimanapun itu tidak ada bos yang ingin karyawannya datang terlambat.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas