home -> Lifestyle -> 10 Pemain Basket Terhebat Sepanjang Masa
14 November 2018 11:25

10 Pemain Basket Terhebat Sepanjang Masa

Oleh reagan dalam Lifestyle pada April 15, 2016

Basket merupakan salah satu olahraga favorit orang-orang di dunia. Kebanyakan penggemar basket tentunya mengenal beberapa pemain basket. Pemain basket yang dikenal itu tentunya memilili kemampuan khusus yang membedakannya dengan pemain lain. Untuk itulah pada artikel kali ini akan dibahas sejumlah pemain basket yang paling hebat. Inilah daftar 10 pemain basket terhebat sepanjang masa.

10. Oscar Robertson

oscar robertson

Meskipun atlit basket ini kelahiran tahun 1938, bukan berarti membuat dirinya tidak bisa masuk ke dalam daftar 10 pemain basket terhebat sepanjang masa. Mungkin alasan kenapa dirinya berada di peringkat 10 adalah karena dirinya bermain di era yang berbeda yakni 1961-1962. Jadi tidak heran jika anak-anak muda jaman sekarang tidak begitu mengenal namanya.

Gaya permainan pemain yang dijuluki The Big O ini tergolong simple, tidak terlalu banyak trik yang rumit. Tanpa gaya yang "wah" dirinya sudah berhasil mendapatkan banyak penghargaan. Sebanyak 2 kali gelar MVP, 4 juara kemenangan, 13 musim berturut-turut masuk sebagai The Best Team dan All Defensive Team. 

9. Wilt Chamberlain

wilt chamberlain

Sanggup membuat rata-rata skor 50 dalam setiap musim, mencetak 100 point dalam sebuah permainan, mendapatkan 55 rebound, 33 kemenangan beruntun. Adakah alasan untuk tidak memasukan namanya ke dalam daftar 10 pemain basket terhebat sepanjang masa? Rasanya itu mustahil.

Bermain sebagai post player di masa yang tidak begitu mengerti perannya membuat dirinya menjadi diremehkan. Tapi karena permainannya sangat dominan menjadikan dirinya selalu tampil memukau dalam setiap pertandingan yang ia jalani. Momen yang paling diingat adalah ketika dirinya secara luar biasa berhasil mencetak 100 poin dalam sebuah pertandingan yang diadakan pada tanggal 2 Maret 1962.

8. Larry Bird

larry bird

Bila dibandingkan dengan Michael Jordan, Larry Bird kalah dalam soal dunk. Tapi dalam hal shooting, Larrylah yang unggul atas Jordan. Selain shooting, Larry juga memiliki keunggulan dalam rebound, free throw, dan jumlah pass. Sebagai pemain basket, Larry bukanlah tipikal pemain egois yang mementingkan berapa banyak angka yang bisa ia cetak, Larry juga tidak ragu dalam melakukan rebound bola. Larry merupakan tipe pemain yang lebih mementingkan kemenangan tim daripada rekor pribadi.

Larry dikenal oleh banyak orang sebagai pemain basket terhebat, kreatif, pemain defensive terbaik, shooter terbaik. Selain itu, dirinya juga merupakan pemain dengan mental yang kuat. Tim manapun akan sangat beruntung bisa memiliki pemain seperti Larry Bird.

7. Shaquille O'Neal

shaquille o'neal

Merupakan hal yang sangat bodoh bila tidak memasukan nama O'Neal dalam 10 pemain basket terhebat sepanjang masa. Bermain sebagai center, tidak ada pemain center lain yang seperti O'Neal. O'Neal dianggap sebagai pemain center yang memiliki segalanya. 

Dengan tubuh setinggi 216 cm dan berat 142 kg membuat O'Neal dapat dengan mudah membully lawan-lawannya. Raksasa di lapangan basket ini menjadi rajanya rebound dalam setiap permainan. Sayangnya saja O'Neal saat ini telah berhenti bermain basket, jika dirinya masih bermain, mungkin dirinya bisa meraih prestasi yang lebih banyak lagi.

6. LeBron James

lebron james

Dia memiliki skill dribble yang bagus, mempunyai lemparan yang akurat, LeBron James bisa melakukan apa saja yang ia mau dan bisa saja menyaingi prestasi yang telah diraoih Michael Jordan. LeBron James benar-benar merupakan pemain dengan potensi mengagumkan.

Dengan ukuran tubuh yang kecil, tapi dirinya bisa menjadi pemain basket terbaik. Banyak orang yang menganggap bahwa LeBron berhak mendapatkan penghargaan lebih atas apa yang telah ia tunjukkan diatas lapangan. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi LeBron adalah pemain basket terhebat sepanjang masa.

M+24

5. Kareem Abdul-Jabbar

kareem abdul-jabbar

Kobe Bryant sempat mengatakan bahwa dirinya pernah ditawari nomor 33, namun dirinya menolak. Dia mengatakan bahwa nomor 33 adalah Kareem Abdul-Jabbar. Hal ini bisa dibilang sebagai tanda bahwa Kobe Bryant juga mengakui bahwa Kareem Abdul-Jabbar adalah salah satu pemain basket terhebat sepanjang masa. 

Pemain bertinggi 218 cm ini terkenal dengan gaya melemparnya yang disebut dengan "Skyhook". Diakui bahwa tidak ada pemain yang bisa memblock Kareem Abdul-Jabbad dalam melakukan skyhook. Dirinya merupakan pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA. Pemain hebat yang ramah, dirinya merupakan pemain yang komplit.

4. Kobe Bryant

kobe bryant

Menjadi salah satu pemain basket terhebat sepanjang masa yang belum lama ini menyatakan pensiun dari dunia basket, Kobe Bryant. Lahir pada 23 Agustus 1978, Kobe mengawali karir profesionalnya langsung dari SMA. Semasa karirnya, dirinya hanya bermain untuk 1 tim saja yakni Los Angeles Lakers.

Selama karir basketnya, dirinya telah memenangkan 5 gelar NBA bersama dengan LA Lakers. 18 kali masuk dalam All Star, 15 kali All NBA Team, dan 12 kali All Defensive Team. Catatan baiknya tersebut sudah cukup membuatnya masuk ke dalam daftar pemain terhebat sepanjang masa.

3. Magic Johnson

magic johnson

Duduk dengan kuat di posisi 3, Magic Johnson. Peraih 5 kali gelar juara NBA, 3 gelar MVP, medali emas olimpiade, NCAA, dan gelar juara ketika SMA. Johnson adalah pemain basket dengan kemampuan passing yang luar biasa. Permainan yang ditampilkan oleh Johnson layaknya seni yang sangat indah.

Dirinya adalah satu-satunya pemain yang berhasil meng "One-Upped" Larry Bird di era 80an. Jika saja dirinya tidak berada di era yang sama dengan Larry, banyak orang yang percaya bahwa Johnson dapat meraih gelar juara jauh lebih banyak dari yang sudah ia peroleh saat ini.

2. Bill Russell

bill russell

Berada di posisi ke-2 sebagai pemain basket terhebat sepanjang masa, dialah Bill Russell. Di eranya, Russell telah bermain bersama sejumlah pemain hebat lain seperti Bob Cousy, Bill Sharman, dan Tommy Heinsohn. Dirinya bermain disaat pemain berdarah Afrika-Amerika mendapat perlakuan berbeda dengan yang lainnya.

Bill Russell merupakan pemain defensive terbaik dengan kemampuan rebound yang mengagumkan. Dirinya berhasil memenangkan gelar juara sebanyak 11 kali dalam 13 musim. Selain 11 gelar juara NBA, dirinya juga berhasil meraih 5 kali gelar juara MVP, dan medali olimpiade.

1. Michael Jordan

michael jordan

Sudah tidak diragukan lagi siapa pemain basket terhebat sepanjang masa. Dialah Michael Jordan. apa yang sudah dilakukan oleh Michael Jordan adalah luar biasa. Tidak ada orang yang meragukan kemampuan yang ia miliki. 

Dia merupakan pemain basket yang mengerti bagaimana caranya membuat penonton berteriak kagum. Jordan telah memenangi 6 gelar juara melawan pemain hebat lain seperti John Stocktonm Karl Malone, Charles Barkley, dan Hakeem Olajuwon. Jordan juga berhasil meraih 5 kali gelar MVP dan 10 gelar top skor. Dialah pemain impian yang diinginkan oleh tim manapun.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas