home -> Lifestyle -> 10 Kebiasaan Yang Bisa Meningkatkan Resiko Diabete...
20 Januari 2018 13:47

10 Kebiasaan Yang Bisa Meningkatkan Resiko Diabetes

Oleh reagan dalam Lifestyle pada April 11, 2016

Diabetes merupakan sebuah penyakit dimana kadar gula dalam darah dalam level yang tinggi. Walaupun gula memang berguna sebagai sumber tenaga, tapi jika kadarnya melewati batas yang ditentukan, hal tersebut bisa memberikan masalah kesehatan. Ada beberapa kebiasaan orang yang ternyata bisa meningkatkan resiko terserang diabetes. Apa saja kebiasaan tersebut? Mari simak selengkapnya di artikel berikut

10. Berbelanja Tanpa Daftar Belanja

shopping list

Berbelanja tanpa daftar belanja ternyat abisa membuat resiko terserang diabetes. Kok bisa ya? Di tempat perbelanjaan tentunya dipenuhi dengan aneka macam makanan dan minuman yang kita suka. Tanpa adanya daftar belanja membuat kita akan gelap mata dan mengambil makanan dan minuman yang kita inginkan. Tanpa kita sadari ternyata makanan dan minuman yang kita pilih itu ternyata yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

Membuat daftar belanja sebelum kita pergi harusnya sudah menjadi kebiasaan yang tidak boleh dilupakan. Tidak hanya berfungsi sebagai pengingat, daftar belanja juga bisa mengontrol pengeluaran yang tidak diperlukan.

9. Menghindari Ikan

eating fish

Ikan merupakan salah satu sumber makanan alami berasal dari laut yang ternyata kaya akan gizi. Salmon, tuna, mackerel, dan sarden adalah beberapa contoh ikan yang bisa dikonsumsi. Ikan merupakan sumber makanan yang kaya akan omega 3 dimana bisa mengurangi resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, menjaga pembuluh darah sehat, dan juga berguna untuk mengurangi resiko penyakit diabetes. 

Para ahli menyarankan untuk rajin mengkonsumsi ikan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Dengan menghindari mengkonsumsi, membuat kemungkinan naiknya tingkat gula darah semakin besar. Hal tersebut bisa berakibatnya terserangnya penyakit diabetes.

8. Menghindari Buah Dan Sayuran

fruit and vegetables

Tidka jauh berbeda dengan poin ke 9. Menghindari buah dan sayuran juga bisa menjadi faktor meningkatnya terserang penyakit diabetes. Buah-buahan sebenarnya menjadi pilihan terbaik manusia bila ingin mengkonsumsi makanan yang manis. Hal tersebut dikarenakan buah tidka mengandung pemanis buatan. Tidak seperti makanan yang pernah diiklankan di televisi.

Mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang banyak seperti bayam, labu, tomat, dan brokoli merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin mengontrol kadar gula dalam darah. Sayuran segar sekarang ini juga sangat mudah ditemukan. Tidak hanya dijual di pasar, kini sayuran juga bisa ditemukan di sejumlah supermarket.

7. Makan Tidak Teratur

makan tidak teratur

Makan tidak teratur atau makan semau kita ternyata mengambil peran besar dalam meningkatnya kadar gula dalam darah. Boleh dipercaya atau tidak kondisi hati seseorang juga bisa mempengaruhi banyak atau tidaknya makanan yang dikonsumsi. Menurut sebuah studi yang dilakukan di Belanda, para peneliti mengambil kesimpulan bahwa orang yang mengalami deperesi memiliki kemungkinan besar untuk mengkonsumsi makanan yang banyak.

Tidak berhenti sampai disana. Mengkonsumsi makanan sembarangan di waktu yang tidak tepat juga bisa membuat gula darah meroket tajam. Waktu yang tidak tepat yang biasa orang gunakan untuk makan biasanya adalah malam hari. Mengkonsumsi makanan ringan yang sebenarnya tidak boleh dilakukan di malam hari menjadi salah satunya.

6. Tidak Cukup Tidur

not enough sleep

Anda termasuk orang yang sulit tidur atau gemar begadang? Jika iya, maka kebiasaan satu ini harus Anda kurangi. Tidak cukup tidur menjadi salah satu hal yang ternyata bisa membuat Anda terserang diabetes. Normalnya, manusia memerlukan waktu jam tidur 7-8 jam, jika Anda tidur kurang dari itu, maka dapat menganggu hormon tubuh yang bertugas mengontrol gula darah dan lapar.

Sebagai tambahan, jika bisa, 2 jam sebelum tidur jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu berat agar perut tidak terlalu kenyang. Perut yang terlalu kenyang semakin membuat jam tidur kita semakin malam.

5. Telalu Banyak Mengkonsumsi Mentega

butter

Apakah kalian suka menggunakan mentega di roti yang Anda makan? Seberapa banyak mentega yang kalian olesi keatas roti kalian itu? Jika lapisan mentega itu sama tebalnya dengan roti, maka ada berita buruk bagi Anda. Mentega dan makanan berlemak lainnya yang sejenis ternyata memiliki hubungan dengan kekebalan insulin, yang dimana dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes.

Minyak yang bersumber dari sayur-sayuran merupakan pilihan terbaik bagi kesehatan Anda. Minyak olive salah satunya. Aman bagi jantung dan juga minyak tersebut aman digunakan oleh penderita diabetes. Walaupun begitu, bukan berarti kita bebas mengkonsumsi minyak tersebut secara berlebihan. Tetap jaga takarannya agar tidak berlebihan.

4. Makan Cemilan Di Malam Hari

late night snacks

Ngemil di malam hari sudah seperti aktivitas wajib yang dilakukan oleh banyak orang. Menonton acara yang kita suka sambil ditemani snack kesukaan kita. Tidak ada kenikmatan lain yang bisa mengalahkannya. Kebiasaan ngemil itu pula yang bisa mengantarkan kadar gula darah ke tingkat yang lebih tinggi.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, 2 jam sebelum tidur disarankan agar kita tidak mengisi perut kita dengan makanan berat lainnya apalagi snack. Biarpun disebut makanan ringan tapi tingkat kalori yang tinggi dan juga komposisinya bisa membuat gula darah meningkat. 

3. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Karbohidrat

starchy carbs

Pasta, kentang, nasi, dan roti hanyalah sebagian jenis makanan mengandung karbohidrat yang sering di konsumsi oleh orang. Karbohidrat memang diperlukan tubuh sebagai sumber tenaga utama, tapi mengkonsumsinya terlalu banyak bisa mengakibatkan gula darah meningkat. 

Disarankan oleh para ahli untuk lebih bisa membatasi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Beberapa alternatif makanan sebenarnya telah dianjurkan oleh beberapa ahli seperti mengganti nasi putih dengan nasi merah, roti tawar dengan roti gandum. Dua makanan tersebut dikatakan tidak mengandunug karbohidrat yang terlalu tinggi bila dibandingkan dengan nasi putih dan roti tawar.

2. Melewati Sarapan

breakfast

Semua orang tentunya terburu-buru untuk bisa datang ke kantor tepat waktu. Saking terburu-buru kita sampai rela untuk melewatkan sarapan. Padahal sarapan merupakan salah satu hal yang bisa membantu mengontrol level gula darah dalam tubuh.

Membiarkan diri kelaparan sampai jam makan siang bisa mempengaruhi insulin dan gula darah. Hal tersebut bisa berujung dengan pembalasan dendam dengan banyak mengkonsumsi makanan pada jam makan siang. Saran yang dianjurkan adalah ambil sedikit waktu untuk mengkonsumsi makanan simpel saat sarapan seperti telur, selai kacang, buah-buahan, yogurt, dan roti gandum.

1. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

sugary drinks

Semua orang suka akan makanan atau minuman yang manis. Para peneliti di Harvard berpendapat setelah melihat hasil studi yang dilakukan pada orang-orang yang mengkonsumsi minuman manis. Ternyata minuman manis merupakan alasan besar kenapa orang Amerika mengalami kelebihan berat badan.

Para ahli menyarankan jika haus, minumlah air putih. Selain tidak memiliki kalori, air putih adalah minuman murini yang tidak mengandung zat pemanis buatan. Selain air putih, susu rendah lemak juga bisa menjadi pilihan terbaik kedua. 

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas