home -> Misteri -> 10 Misteri Luar Angkasa Yang Masih Belum Terpecahk...
26 Juni 2017 03:53

10 Misteri Luar Angkasa Yang Masih Belum Terpecahkan Sampai Sekarang

Oleh reagan dalam Misteri pada April 11, 2016

Luar angkasa selain luas ternyata juga menyimpan sejuta misteri yang membuat manusia penasaran. Bahkan ilmu pengetahuan yang sudah maju sekalipun masih sangat sulit untuk memecahkan misteri yang ada di balik luar angkasa ini. Ini dia 10 misteri luar angkasa yang masih belum terpecahkan sampai sekarang.

10. Portal Penghubung Universe

portals

Begitu banyak film yang membahas tentang paralel universe, kurang lengkap rasanya jika kita tidak membicarakan bagaimana caranya kita pergi ke universe lain bukan?. Adakah suatu tempat atau alat yang bisa menghantarkan kita ke alam lain. Sebuah portal menuju universe lain mungkin? 

Sebuah studi dilakukan terhadap teleportasi quantum. Dimana teleportasi quantum tersebut dianggap sukses. Teleportasi quantum tersebut menggunakan sebuah bahan material kecil dan dikirimkan menuju suatu tempat tertentu. Namun percobaan kedua gagal karena material tersebut terlebih dahulu hancur saat proses replika.

9. Suara Di Luar Angkasa

sound

Untuk bisa didengar oleh manusia, gelombang suara harus menggunakan media perantara. Tanpa media perantara itu, gelombang suara tidak akan bisa didengar oleh manusia. Di luar angkasa yang memiliki atmosfir berbeda dengan bumi, membuatnya tidak memungkinkan gelombang suara untuk bisa terdengar oleh manusia. 

Namun melalui frekuensi tertentu, ternyata merekam suara di luar angkasa itu bisa dilakukan. Gelombang suara yang disampaikan ini di deteksi dengan menggunakan radio Cassini dan Plasma Science Instrument (RPWS) pada tanggal 8 Desember 2000. Suara itu terdengar dari jarak sekitar 23 juta km dari planet Jupiter.

8. Lubang Putih

white hole

Albert Einstein pernah melakukan pencapaian luar biasa dengan membuktikan keberadaan lubang hitam dengan menggunakan ilmu matematika. Berkat peninggalan Albert Einstein itulah sekarang kita dapat menemukan sejumlah lubang hitam yang berada di luar angkasa.

Yang membuat lebih mengejutkan adalah selain lubang hitam, ternyata ada juga lubang putih di luar angkasa. Jika lubang hitam dapat menghisap segala macam benda di luar angkasa, maka lubang putih bersifat kebalikannya. Lubang putih akan memuntahkan segala sesuatu yang ada di dalamnya. Sayangnya adalah karena tidak ada benda yang dimuntahkan oleh lubang putih, kita mengalami kesulitan untuk menebak misteri apa yang terdapat di luar angkasa.

7. Bagaimana Cara Terbentuknya Galaksi

galaxy

Dunia pengetahuan sudah berhasil menebak bagaimana caranya bintang dan planet terbentuk. Tapi setelah itu, muncul pertanyaan baru yang lebih sulit. Bagaimana caranya sebuah galaksi terbentuk. 

Para ilmuwan mengetahui bahwa galaksi tidak tersebar secara acak di luar angkasa. Justru galaksi ditemukan dalam bentuk kelompok, dimana kelompok tersebut dinamai dengan cluster super. Saat ini ilmuwan baru memperkirakan 2 cara bagaimana caranya galaksi terbentuk. Cara pertama adalah gas hasil ledakan Big Bang berkumpul dan membentuk sebuah galaksi baru, yang kemudian bintang dan planet lahir. Kedua, gas dari Big Bang membentuk bintang dan planet di alam semesta. Bintang dan planet tersebut bergerak ke tempat yang berbeda diakibatkan oleh gravitasi.

6. Simulacrum Di Nebula

simulacrum in eagle nebula

Salah satu misteri di luar angkasa yang berhasil tertangkap oleh kamera. Foto yang dimabil dari Eagle Nebula ini menampilkan bagaimana caranya sebuah planet terbentuk dari kumpulan awan gas. Yang membuat fenomena ini lebih heboh adalah ketika foto ini diperbesar, nampak sesosok bentuk seperti manusia di balik awan. Misteri sosok manusia yang muncul di balik awan tersebut bahkan membuat ilmuwan kebingungan untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

5. Reruntuhan Bangunan Di Bulan

ruins in moon

Misteri di luar angkasa lainnya yang belum terpecahkan salah satunya terjadi di bulan. Salah satu saksi mata bernama Karl Wolfe memberikan sebuah testimoni. Testimoni tersebut dibuat ketika dirinya masih berapa di wilayah private Langley Air Force Base. Dimana tempat tersebut menjadi tempat NSA membawa informasi penting yang didapat dari bulan.

Seorang pilot kelas 2 menunjukan padanya beberapa foto bangunan yang ditemukan di bulan. Terdapat beberapa bangunan tidak biasa dan sejumlah jalan. Penemuan tersebut membuat orang-orang bertanya, apakah ada kehidupan di bulan? Kenapa kita tidak mengetahui bahwa ada kehidupan lain di luar angkasa?

4. Kehidupan Extraterrestrial

extraterrestrial life

Manusia selalu bertanya-tanya apakah ada kehidupan lain di luar angkasa. Beberapa ada yang percaya bahwa adanya makhluk asing di luar angkasa, beberapa lainnya bersikap tidak percaya. Meskipun begitu ada beberapa orang yang mengaku pernah bertemu dengan alien ini. 

Salah satu dari astronot Mercury meluncur ke luar angkasa pada 15 Mei 1963 menggunakan sebuah pesawat kapsul melalui 22 orbit. Ketika mencapai orbit terakhir, Mayor Gordon Cooper menemukan sebuah stasion di Muchea (dekat Perth, Australia). Di stasiun itu, Cooper dapat melihat sebuah objek menyala berwarna hijau. Objek terang itu dengan cepat mendekati kapsul pesawatnya. Setelah kejadian itu, Cooper mengatakan bahwa UFO itu nyata. Apakah ini berarti memang ada kehidupan lain di luar angkasa?

3. Dark Matter

dark matter

Kembali lagi membahas tentang apa yang telah ditemukan oleh Albert Einstein. Persamaan Einstein yang terkenal yakni E= MCmerupakan persamaan yang sudah dikenal oleh dunia. Tapi ketika persamaan tersebut di aplikasikan terhadap luar angkasa, terjadi suatu keanehan. Ketika kita menggunakan persamaan tersebut untuk mencari zat yang ada di luar angkasa, hanya 4% yang dapat ditemukan. 

Sisanya? Dalam ilmu astronomi dan kosmologi, dark matter adalah sebuah teori mengenai suatu bentu zat yang tidak bisa dideteksi melalui radiasu yang dipancarkan. Namun keberadaannya dapat disimpulkan berasal dari gravitasi zat tersebut. Di luar angkasa, dark matter dan dark energy merupakan unsur terbesar atau terbanyak di luar angkasa.

2. Paralel Universe

parallel universe

Paralel universe, meta-universe, atau multiverse adalah suatu misteri yang masih belum terpecahkan hingga kini. Banyak ilmuwan yang penasaran akan keberadaan dari paralel universe ini. Istilah paralel universe ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang filosofi dan psikologi Amerika William James pada tahun 1895.

Keberadaan paralel universe ini memunculkan berbagai pertanyaan, seperti apakah universe lain tersebut, apakah terdapat orang yang mirip dengan kita, bagaimana perhitungan waktu disana, apakah ada jalan untuk bisa melakukan perjalanan menuju paralel universe. Dikarenakan tidak ada seorangpun yang mampu membuktikan keberadaan paralel universe, banyak teori yang membahas paralel universe ini menolak kebenaran akan teori paralel universe tersebut. Para ilmuwan hanya akan percaya jika ada bukti nyata seseorang atau sesuatu berhasil melakukan perjalan paralel universe.

1. Dark Energy

dark energy

Setelah ada dark matter, kini ada pula yang namanya dark energy atau energi hitam. Sama halnya dengan dark matter, dark energy merupakan misteri terbesar yang masih belum bisa dipecahkan oleh siapapun di dunia ini. Dark energy yang menyelimuti luar angkasa cenderung semakin bertambah mengikuti luasnya luar angkasa.

Dalam permodelan standar kosmologi, dark energy memiliki massa sebesar 74% dari total massa luar angkasa. Sifat asli tentang dark energy masih berusaha dicari tahu sampai saat ini. Perkiraan sementara, dark energy bersifat homogen, tidak terlalu padat, dan tidak diketahui interaksinya dengan materi lain yang ada di luar angkasa.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas