home -> Lainnya -> Ini Dia 10 Penyebab Kebotakan Yang Harus Anda Tahu
06 Desember 2019 05:40

Ini Dia 10 Penyebab Kebotakan Yang Harus Anda Tahu

Oleh serba_tahu dalam Lainnya pada April 08, 2016

Kebotakan merupakan salah satu permasalahan rambut yang paling mengganggu. Baik perempuan atau pria tidak akan lolos dari masalah rambut satu ini tapi tentunya dapat dihambat. Untuk itu perlu diketahui beberapa penyebab utama yang dapat menyebabkan rambut mengalami kebotakan. Ini dia 10 penyebab kebotakan yang harus Anda tahu.

10. Masalah Kelenjar Tiroid

thyroid

Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher bagian depan yang berbentuk seperti kupu-kupu. Memiliki masalah pada kelenjar tiroid dapat mengakibatkan banyak masalah, salah satunya adalah masalah dengan rambut.

Hypothyroidism adalah sebuah kondisi kesehatan dimana kelenjar tiroid tidak bekerja secara seharusnya. Mengalami masalah ini dapat mengakibatkan terjadinya gangguan produksi hormon. Ketika hormon tidak berfungsi dengan baik, hal tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut di kepala. 

9. Trichotillomania

Trichotillomania

Trichotillomania merupakan nama yang diberikan untuk kebiasaan menarik atau mencabut rambut baik itu rambut di kepala atau rambut di bagian yang lain. Walaupun ini masih belum jelas apakah masuk ke dalam kebiasaan atau ssuatu kelainan, namun akibat yang disebabkan oleh Trichotillomania tetaplah sama.

Semakin sering menarik atau mencambut rambut di kepala akan menyebabkan munculnya daerah kebotakan.Jika kebiasaan mencabut rambut ini dihentikan, biasanya rambut akan tumbuh kembali. Namun aktivitas Trichotillomania yang sudah berlangsung sejak lama, dapat mengakibatkan hilangnya rambut secara permanen.

8. Infeksi

infeksi

Banyak infeksi yang diketahui dapat mengakibatkan kebotakan pada rambut, namun kalian tidak perlu khawatir karena hanya sedikit infeksi yang umumnya menyerang kulit kepala sehingga mengakibatkan kebotakan. Infeksi tersebut dinamakan Ringworm. 

Infeksi Ringworm ini bukanlah infeksi yang disebabkan oleh cacing, namun disebabkan oleh jamur. Jamur yang dapat menyebabkan kebotakan itu adalah jamur Tinea Capitis. Jamur Tinea Capitis merupakan jamur yang dapat tmbuh dengan baik di kulit kepala yang lembab dan tidak terjaga kebersihannya. Meskipun lebih sering menyerang anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terserang jamur ini. 

7. Kemoterapi

chemotherapy

Kemoterapi merupakan solusi kesehatan yang dilakukan bagi orang-orang yang menderita kanker. Dikatakan bahwa kanker merupakan masalah serius dimana sel tubuh membelah atau berkembang jauh lebih cepat daripada sel normal. Dan kemoterapi dikatakan merupakan cara yang efektif untuk menghentikan pertumbuhan super cepat sel kanker tersebut.

Namun bukan hanya kanker saja yang bisa tumbuh berkembang dengan cepat, folikel rambut juga merupakan salah satu sel di tubuh yang memiliki pertumbuhan cukup cepat. Karena tujuan kemoterapi adalah menghambat pertumbuhan sel kanker, secara tidak sengaja, pertumbuhan rambutpun juga akan ditekan.

6. Kebiasaan Mengikat Rambut

hair tying

Mengikat rambut adalah hal yang biasa dilakukan oleh kebanyakan perempuan. Bisa karena alasan kepanasan atau karena rambut mengganggu jadi diputuskan untuk mencari tali atau karet untuk mengikat rambut.

Secara sadar atau tidak terkadang para perempuan mengikat rambut terlalu kencang. Hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Jika dilakukan secara terus menerus, ikatan rambut yang terlalu keras bisa saja berujung ke arah kebotakan.

5. Kekurangan Vitamin/Mineral

kurang vitamin

Banyak orang yang melakukan diet demi bisa mencapai berat badan ideal. Diet dengan mengurangi porsi makanan merupakan salah satu diet yang paling umum dilakukan oleh orang. Tapi tidak hanya berat badan saja yang turun, pertumbuhan rambut juga bisa berkurang karena diet mengurangi poris makanan.

Mengurangi porsi makanan mengakibatkan kurangnya nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk dapat melakukan aktivitas. Salah satu nutrisi yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut adalah zat besi dan protein. Mengurangi 2 asupan nutrisi tersebut dapat mengakibatkan pertumbuhan rambut jadi menurun. Bila diet seperti dilakukan secara terus menerus, bisa saja rambut bisa habis atau botak.

4. Terlalu Banyak Vitamin A

vitamin A

Kekurangan suatu hal bukanlah hal yang bagus, begitu juga ketika berlebihan. Hal dibuktikan secara langsung oleh vitamin A. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin memang dikatakan bagus untuk menjaga kesehatan mata. Itu jika dimakan secara cukup. Tidak ada yang mengatakan bahwa kalian harus mengkonsumsi 10 kg wortel dalam waktu sehari bukan?

Disatu sisi jika mengkonsumsi vitamin A dapat menyehatkan mata, sisi lain jika terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A malah dapat berakibat buruk pada rambut. Hal ini diungkapkan oleh American Academy of Dermatology. Mengkonsumsi suplemen vitamin A secara berlebihan dikatakan dapat memicu terjadinya kerontokan rambut.

3. Keturunan

keturunan

Coba perhatikan susunan anggota keluarga kalian. Apakah dari susunan tersebut kalian menemukan anggota keluarga yang botak? Jika iya, maka kalian sudah harus berhati-hati karena ternyata faktor keturunan atau keluarga juga bisa menjadi salah satu penyebab Anda mengalai kebotakan rambut.

Sebenarnya Anda bisa sedikit lebih tenang jika kebotakan kalian disebabkan oleh faktor keturunan karena hal tersebut masih tergolong penyebab alami. Lain halnya jika ada faktor luar lain yang menyebabkan berkurangnya jumlah rambut di kepala. Jika kebotakan disebabkan oleh faktor DNA, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter rambut untuk bisa mendapatkan bantuan yang lebih baik dan benar.

2. Stress

stress

Tidak ada manusia yang hidup tanpa stress, semua pasti pernah mengalami stress. Baik stress pikiran maupun stress fisik, keduanya sama-sama dapat memberikan efek yang buruk untuk tubuh. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, orang memerlukan beberapa tips untuk bisa menghilangkan stress.

Stress yang berkepanjangan bisa mempengaruhi hormon dan metabolisme tubuh. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya Telogen Effluvium. Telogen Effluvium merupakan kondisi dimana pertumbuhan rambut terganggu karena disebabkan oleh stress yang berkepanjangan. Telah diakui memang stress dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut, tapi sejauh mana efek stress dapat mempengaruhi kerontokan rambut, hal tersebut masih diteliti lebih lanjut.

1. Faktor Usia

usia

Dari semua penyebab kebotakan yang sudah dibahas di atas, ada satu lagi penyebab faktor kebotakan yang tidak bisa dihindari oleh siapapun baik itu pria maupun wanita. Pengebab terbesar kebotakan rambut tersebut adalah usia.

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami sejumlah perubahan. Perubahan tersebut dapat menimbulkan banyak masalah seperti kulit keriput, cepat lelah, mengantuk, dan bahkan kebotakan. Kenapa kebotakan? Seiring bertambahnya usia, foliker rambut akan mengalami perubahan. Folikel akan semakin mengecil, mengakibatkan rambut yang dihasilkan akan semakin berkurang. Faktor usia ini merupakan faktor kebotakan alami yang sudah pasti akan dialami oleh semua orang.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  1. 1
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  2. 2
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  3. 3
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  4. 4
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  5. 5
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  6. 6
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  7. 7
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  8. 8
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  9. 9
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
  10. 10
    oleh serba_tahu dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas