home -> Unik -> 10 Bentuk Pertahanan Diri Paling Unik Dari Para He...
17 Desember 2017 07:27

10 Bentuk Pertahanan Diri Paling Unik Dari Para Hewan

Oleh reagan dalam Unik pada April 06, 2016

Hewan-Hewan di dunia ini sangatlah unik. Begitu pulanya juga dengan berbagai cara mekanisme pertahanan diri mereka. Nah di artikel berikut ini kita akan melihat 10 cara pertahanan diri paling unik di dalam dunia hewan.

10. Katak Kayu

wood frog

Pernah menonton film superhero "Captain America: The First Avenger"? Di sana diceritakan bahwa Steve Roger kembali hidup setelah dirinya membeku selama bertahun-tahun. Serupa dengan cerita itu, ternyata katak kayu juga memiliki pertahanan diri unik dimana dirinya bisa kembali hidup setelah tubuhnya benar-benar membeku total.

Dalam menghadapi musim dingin, otak katak kayu ini akan memerintahkan hati untuk memproduksi glukosa dalam skala besar dimana glukosa inilah yang akan berperan sebagai anti beku. Hal tersebut mencegah kristal es menjadi semakin besar. Kristal es sendiri apabila semakin besar pada akhirnya akan mematikan sel dan memecahkan pembuluh darah. Katak Kayu ini mengakali hal tersebut.

9. Sigung

skunk

Sigung, hewan berbulu putih hitam yang sudah sangat terkenal dengan senjata bau busuknya ini adalah hewan yang cukup unik pertahanan dirinya. Bau yang dikeluarkannya tidak hanya sekedar bau busuk biasa melainkan juga mengandung sulfur yang bahkan beruang saja tidak berani mendekatinya.

Walaupun begitu, beberapa pecinta hewan peliharaan memilih hewan ini sebagai pilihan hewan peliharaan mereka. Hal itu karena Sigung hanya akan mengeluarkan bau busuk jika mereka terancam, dan ia adalah salah satu hewan peliharaan unik yang biasanya apabila dijadikan peliharaan maka kantung baunya akan dilepaskan terlebih dahulu.

8. Northern Fulmar

Northern Fulmar

Tidak ada hewan yang lebih rapuh daripada anak burung yang baru menetas. Anak burung yang baru menetas akan langsung menjadi incaran berbagai macam predator. Ditambah dengan ketidakmampuan terbang, membuat kemungkinan anak burung untuk bertahan hidup menjadi lebih kecil. Untungnya hal tersebut tidak terjadi pada anak burung jenis Northern Fuller.

Northern Fuller telah membentuk suatu cara pertahanan diri unik dan efektif untuk mempertahankan dirinya dari predator bahkan sejak mereka kecil. Cara tersebut adalah dengan menyemburkan muntahan yang berasal dari perutnya ke arah predator. Muntahan berwarna kuning itu sangatlah efektif karena jika terkena burung pemangsa, muntahan tersebut akan menempel dengan sangat lengket di tubuh sang pemangsa. Membuat para predator tidak dapat terbang dan jatuh.

7. Kaki Seribu Motyxia Sequoiae

Motyxia sequoiae

Serangga kaki seribu Motyxia Sequoiae ini terkenal dapat mengeluarkan cahaya di malam hari. Tujuan dari cahaya itu sendiri adalah untuk menakuti para predator malam berbeda halnya dari kunang-kunang. Walaupun kunang-kunang juga mengeluarkan cahaya serupa namun tujuannya adalah untuk menarik pasangan mereka. Sedangkan kaki seribu ini mengeluarkan cahaya untuk seakan-akan pertanda "Jangan main-main kamu, dekat-dekat maka celakalah kau."

Pertanda ini sendiri bukanlah sekedar pertana palsu karena predator yang macam-macam dengan serangga satu ini benar-benar akan merasakan akibatnya. Walaupun ketika siang, kaki seribu Motyxia Sequoiae ini terlihat hanya seperti kaki seribu biasa namun ia dapat mengeluarkan racun paling mematikan di dunia dari samping tubuhnya, yaitu sianida.

6. Hagfish

hagfish

Termasuk sebagai ikan purba yang masih hidup hingga sekarang ini, Hagfish juga ternyata memiliki cara pertahanan diri yang unik. Ikan yang sangat mirip dengan belut ini terkenal dengan lendir mereka yang terlihat seakan-akan menjijikkan namun ternyata lendir tersebut bukanlah hanya untuk menakuti tapi memiliki tujuan pertahanan diri khusus.

Saat terancam, Hagfish akan mengeluar lendir yang sangat lengket ke arah pemangsa. Zat lengket yang dikeluarkan dari bagian panggulnya itu akan langsung menempel ke insang pemangsanya dan mengakibatkan pemangsa tersebut akhirnya mati lemas karena tidak dapat bernafas dalam air. 

5. Kadal Bertanduk Texas

horned lizard

Salah satu bentuk pertahan diri Kadal Bertanduk Texas ini adalah dengan mimikri atau lebih terkenalnya kamuflase. Namun jika tentunya jika plan A gagal, maka plan B, C, hingga Z semua harus dicoba. Hal itulah yang juga dilakukan oleh kadal bertanduk ini namun secara ekstrim. Jika kamuflasenya gagal, dirinya memiliki bentuk pertahanan diri unik lain yaitu dengan menembakan darah dari matanya.

Untuk dapat menembakan darah dari matanya, kadal bertanduk akan mengencangkan otot-otot yang ada di sekitar kantung matanya membuat darah mengalir ke kantung tersebut, berkontraksi, dan hingga akhirnya menyembur keluar dari matanya ke arah predator. Semburan darah tersebut dapat mencapai jarak hingga 1,5 meter dan memiliki bau yang diketahui adalah bau yang dijauhi oleh hewan-hewan dengan penciuman tajam seperti serigala contohnya. 

4. Timun Laut

sea cucumber

Sebenarnya timun laut sudah memiliki pertahanan diri berupa racun lengket yang dinamakan Holothurin. Racun ini sangat efektif untuk mengusir pemangsa yang inign menyerang timun laut. Tapi tidak hanya racun, ternyata timun laut juga dapat mengeluarkan isi dari dalam tubuhnya untuk mempertahankan dirinya.

Kenapa timun laut sampai harus mengeluarkan sebagian organ tubuhnya melalui anus? Hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek bahwa timun laut telah mati. Jika timun laut telah mati, hal tersebut terkadang dapat membuat predator kehilangan niat untuk menyantapnya. Bagian tubuhnya yang hilang tersebut dapat pulih kembali setelah beberapa waktu. Bayangkan jika kita manusia seakan-akan mengeluarkan usus dari anus kita terus pulih kembali. Eeew.. Tapi Wow... Ya, "Eew tapi Wow."

3. Cuttlefish

cuttlefish

Cuttlefish, begitulah nama hewan ini. Walaupun memiliki nama yang mengandung makna "ikan" namun sebenarnya hewan ini termasuk golongan moluska seperti cumicumi dan gurita contohnya. Layaknya cumicumi, ia juga memiliki tentakel di sekitar mulutnya serta kemampuan untuk menembakan tinta hitam ke arah musuhnya dan itulah salah satu bentuk pertahanan dirinya.

Masih belum cukup dengan menembakan tinta hitam, Cuttlefish juga dapat mengubah warna tubuhnya menjadi terang melalui kamuflase. Hal itu mungkin terdengar biasa, namun yang membuat cuttlefish berada di urutan teratas daftar ini adalah karena kemampuan kamuflasenya itu sangatlah mengagumkan. Ia dapat dengan cepat berubah mengikuti warna dan struktur lingkungan sekitarnya bahkan tanpa ia sadari. Yang lebih mengagumkan lagi, hal tersebut tidak hanya dilakukan untuk menipu predator tapi juga sesamanya. Cuttlefish jantan akan menyamar seperti Cuttlefish betina, menipu Cuttlefish jantan lain lalu kemudian mencuri pasangan mereka.

2. Bombardier Beetle

bombardier beetle

Dunia serangga dipenuhi dengan beraneka ragam jenis serangga menarik yang juga disertai dengan berbagai kemampuan pertahanan diri yang unik. Namun di antara yang paling unik ada beberapa yang lebih unik dibandingkan yang lain, termasuk di antaranya adalah Kumbang spesies Bombardier Bettle ini.

Saat mereka terancam maka Bombardier Beetle memiliki kemampuan untuk menyemburkan cairan asam dari bagian belakang tubuhnya. Cairan ini terdiri dari hidrogen peroksida dan hydroquinoses, atau singkatnya sangatlah panas sampai pada batas cairan tersebut dapat membunuh beberapa predator serangga lainnya. Bagi manusia, bagian tubuh yang terkena cairan ini akan terasa seperti terbakar.

1. Malaysia Exploding Ant

malaysia exploding ant

Camponotus Saundersi adalah sebutan ilmiah untuk semut Malaysia Exploding Ant ini. Sebagaimana namanya semut ini adalah hewan/serangga endemik dari Malaysia dan Brunei. Berbeda halnya dari semua yang biasa hanya dibekali dengan sengatan menyakitkan, serangga satu ini dibekali dengan kemampuan unik lain yang sangat mengejutkan. Beberapa dari Anda mungkin sudah menduga dari namanya, yaitu Kamikaze atau serangan bunuh diri.

Bila semut ini tidak berhasil melawan predator dengan giginya, maka di saat terancam semuta ini tidak akan ragu-ragu meledakkan dirinya dan mengeluarkan cairan lengket serta beracun di bagian pertunya. Serangga yang terkena cairan beracun ini akan mati secara perlahan.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas