home -> Lainnya -> 10 Jenis Anjing Yang Paling Sering Digunakan Polis...
18 Januari 2018 07:14

10 Jenis Anjing Yang Paling Sering Digunakan Polisi

Oleh reagan dalam Lainnya pada April 04, 2016

Tidak hanya berperan sebagai sahabat terbaik manusia, anjing juga bisa dimanfaatkan oleh polisi untuk membantu tugas polisi dalam mengatasi segala permasalahan kriminal yang ada. Untuk itu diperlukan anjing khusus yang bisa diajak bekerja sama dengan polisi. Terdapat 10 jenis anjing yang disebut-sebut paling sering membantu polisi. Inilah daftar 10 anjing tersebut.

10. Staffordshire Terrier

staffordshire terrier

Berada di urutan ke 10 dalam anjing yang paling sering membantu polisi bukan berarti anjing jenis ini tidak berguna. Seringkali orang salah mengira Stafforshire dengan American Pitbull Terrier. Stafforshire Terrier memiliki sifat yang dibutuhkan sebagai anjing penjaga. Hal ini dikarenakan ras ini memang dibesarkan untuk menjadi alat petarung.

Meskipun anjing ini sempurna untuk dijadikan anjing pembantu polisi, sifat agresif dan protektifnya tidak bisa dilatih dengan mudah. Butuh waktu dan kesabaran yang cukup lama untuk bisa membuat anjing ini menjadi anjing penjaga yang sempurna.

9. Bullmastiff

bullmastiff

Untuk dapat membantu tugas polisi yang berat, dibutuhkan jenis anjing yang memiliki fisikkuat, sifat protektif, keberanian tinggi, dan tidak lupa juga loyalitas tinggi. Semua sifat tersebut dimiliki oleh anjing jenis Bullmastiff. 

Jika ada orang yang secara sembarangan masuk ke dalam wilayah penjagaannya, Bullmastiff secara insting akan menggunakan tubuhnya untuk menghadang orang tersebut. Meskipun terkesan galak, namun Bullmastiff merupakan anjing yang bisa juga dijadikan hewan peliharaan yang jinak.

8. Great Dane

great dane

Bertubuh tinggi, dapat berlari dengan cepat, pintar, loyal, dan aktif. Begitulah ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh Great Dane. Great Dane merupakan anjing pembantu polisi yang dapat mematuhi perintah pelatih dengan cepat, petarung yang kuat, namun cepat sekali marah. 

Terlepas fisiknya yang tinggi dan menyeramkan, Great Dane sangat mudah akrab dengan anak kecil. Great Dane tidak akan menyerang anjing lain jika dirinya dilatih dengan benar dan tidak terprovokasi.  

7. Boxer

boxer

Tidak tubuh yang besar, namun dirinya dibekali dengan otot yang padat dan rahang yang kuat untuk menggigit siapapun yang dianggapnya menganggu. Sebagai catatan, Boxer adalah jenis anjing hasil campuran dari anjing jenis English Bulldog dengan bullenbeisser. Anjing jenis Boxer tidak memerlukan pelatihan yang khusus karena Boxer sangat mudah untuk dilatih.

Memiliki sifat alami yang sangat aktif, mudah diajak bermain, tenang, dan protektif, Boxer menjadi jenis anjing yang sempurna baik untuk dijadikan sahabat polisi atau hewan peliharaan.  

6. Giant Shnautzer

Giant Schnauzer

Dominan, loyal, dan juga aktif, itulah alasan kenapa anjing ini cocok dijadikan partner polisi. Anjing besar ini memiliki kekuatan yang memang diperlukan untuk membantu tugas polisi memberantas kriminalitas. Namun anjing ini memerlukan pelatihan yang ekstra sabar untuk bisa menjadikannya anjing peliharaan maupun anjing polisi.

Giant Shnautzer tidaklah anjing yang berisik, anjing jenis ini hanya akan menyalak jika dirinya merasa terancam. Giant Shnautzer memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari Brawniest tapi lebih kecil dari kebanyakan jenis Shnautzer lainnya.

5. Belgian Malinois

belgian malinois

Dengan bentuk yang lebih ramping, dan lebih kecil, Belgian Malinois merupakan salah satu jenis anjing yang sering digunakan polisi untuk mebantu tugas-tugas di lapangan. Termasuk ke dalam jenis anjing yang aktif, anjing ini seringkali dimanfaatkan utnuk menjadi detektor kebakaran, narkoba, bahkan mencium keberadaan orang yang menjadi korban perdagangan manusia.

Sering juga disebut dengan Belgian Sheperd, Belgian Malinois memerlukan pelatihan spesial jika ingin menjadikannya sebagai anjing penjaga. 

4. Labrador Retriever

labrador retriever

Jangan tertipu dengan wajahnya yang lucu, karena ternyata Labrador Retriever ini termasuk ke dalam daftar anjing yang paling sering membantu tugas polisi. Sebagai hewan peliharaan, Labrador Retriever dapat menjadi peliharaan yang sangat baik dan memiliki hubungan yang dekat dengan pemiliknya. 

Di kepolisian, Labrador Retriever secara khusus diberi latihan untuk bisa meringankan beban polisi seperti mendeteksi bom dan narkoba. Pendengaran dan daya penciuman yang baik menjadi keunggulan kenis Labrador Retriever. 

3. Doberman Pinscher

doberman pinscher

Merupakan jenis anjing yang paling sering ditemukan di daerah Amerika Serikat, anjing ini memiliki tubuh yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Tubuh anjing jenis ini terbilang cukup ramping dan tidak terlalu berat. 2 faktor tersebut yang membuat Doberman menjadi anjing yang dapat berlari dengan cepat. 

Kecepatan yang dimiliki oleh Doberman menjadi alasan bagi polisi untuk menggunakan jasa anjing ini untuk mengejar para penjahat. Rahangnya yang kuat tmembuatnya tidak akan melepaskan gigitanya sampai penjahat benar-benar terjatuh.

2. Rottweiler

rottweiler

Rottweiler merupakan anjing yang terkenal akan keganasan dan keagresifannya. Penjahat manapun tidak akan berani berhadapan anjing jenis ini. Meskipun tubuhnya tidak terlalu besar, tapi keberanian patut untuk diacungi jempol. 

Di beberapa video yang menampilkan bagaimana cara kerja Rottweiler sangatlah mengagumkan. Hanya dengan gigitan sederhana saja mampu menjatuhkan seorang manusia. Bagi penjahat, inilah anjing yang menjadi mimpi buruk mereka.

1. German Sheperd

german shepherd

Sudah tidak perlu ditebak lagi jenis anjing apa yang paling sering membantu tugas polisi, dialah anjing German Sheperd. Mudah dilatih, berani, anjing ini sangat mematuhi seteiap instruksi yang diberikan padanya. Menjadikan anjing ini menjadi anjing terbaik untuk membantu tugas para polisi.

Kepopuleran yang diraih German Sheperd bukanlah di akhir-akhir ini saja. Anjing jenis ini bahkan sudah terkenal semenjak era perang dunia kedua. Anjing yang merupakan jenis asli dari Jerman ini juga dapat digunakan sebagai peliharaan yang baik.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas