home -> Misteri -> 10 Iblis Terkenal Yang Mungkin Tidak Pernah Anda K...
19 Oktober 2017 10:48

10 Iblis Terkenal Yang Mungkin Tidak Pernah Anda Ketahui

Oleh reagan dalam Misteri pada April 04, 2016

Seiring perkembangan zaman, melalui berbagai media popular telah ada banyak sekali kesempatan dimana berbagai macam nama iblis dipopularkan. Beberapa memiliki kisah menarik yang membuat mereka dikenal oleh banyak sekali orang namun beberapa lagi juga cukup terkenal hanya saja kurang dijelaskan. Berikut adalah 10 nama iblis terkenal yang munkin tidak pernah Anda ketahui.

Sebagaimana telah kita jelaskan dalam artikel 10 Iblis Paling Terkenal di Dunia. Walaupun di sini kita membicaran "iblis," tapi yang akan kita lihat di sini bukanlah makna dari kata "iblis" itu melainkan secara objektif melihat kisah menarik yang dikaitkan dengan nama iblis-iblis ini.

10. Aka Manah

Aka Manah

Memiliki nama lain Akem Manah, Akoman, dan Akvan. Nama Manah dari iblis yang berasal dari mitologi Zoroastrian memiliki arti terbuat dari iblis. Dalam artian yang sekarang Aka Manah berarti pikiran atau niat jahat. 

Iblis jahat ini memiliki satu tujuan yalni mencegah manusia untuk melakukan tugasnya sebagai manusia. Misalnya menjadi orang tua yang baik, membantu orang yang kesulitan, atau membuat manusia menjadi malas bekerja.

9. Balor

Balor

Merupakan iblis yang muncul di mitologi Celtic. Bertubuh tinggi besar, bermata satu menyala, iblis jahat ini memiliki tempat tinggal di kedalaman laut dan danau yang gelap. Balor dikatakan merupakan sosok iblis yang sangat kuat. Saking kuatnya, orang yang hanya bertatapan mata dengannya bisa langsung mati.

Meskpiun mata Balor dapat membunuh manusia dalam sekejap, bukan berarti siapapun yang menatapnya akan langsung mati. Hal tersebut karena Balor tidak selalu membuka matanya setiap saat. Balor hanya akan membuka matanya bila diperlukan saja. 

8. Ifrit

ifrit

Ifrit adalah nama iblis yang muncul dalam mitologi Arab dan Islam. Menurut mitologi tersebut, iblis ini berwujud monster besar yang menakutkan. Dikatakan bahwa Ifrit ini bertempat tinggal di bawah tanah. Kesukaannya adalah mencari manusia dan menakut-nakutinya. 

Ifirt memiliki tubuh yang sangat besar dan memiliki sayap api. Bentuk mengerikannya tersebut tidaklah semenyeramkan monster-monster yang ada di televisi. Di dalam dunianya, Ifrit adalah pria biasanya terlibat hubungan cinta dengan Ifrit perempuan dan seringkali menikahinya. Alasan mengapa nama iblis Ifrit cukuplah popular adalah karena kemunculannya di berbagai media popular. Seperti contohnya di video game terkenal Final Fantasy.

7. Belphegor

belphegor

Pertama kali dipanggil dengan nama Baal-Peor di Assyria bertahun-tahun yang lalu. Menjadi perlambangan iblis yang gemar pesta pora dan perbuatan kejam. dikatakan bahwa orang-orang Israel secara khusus menyembah iblis jahat ini.

Cerita tentang Belphegor ini berubah-ubah tiap waktu. Sempat dikatakan bahwa iblis ini penyebab ketakutan manusia akan sesamanya, ada lagi yang mengatakan bahwa Belphegor penyebab manusia menjadi serakah. Dikatakan bahwa wujud Belphegor ini memiliki wujud mengerikan, iblis berjenggot dengan cakar dan tanduk. Ada juga orang yang mengatakan bahwa Belphegor berwujud sebagai wanita cantik.

6. Behemoth

behemoth

Di dalam alkitab, Behemoth digambarkan sebagai sosok iblis besar dan kuat. Hanya Tuhan sendiri yang bisa mengalahkan makhluk mengerikan ini. Ekor dari makhluk ini dikatakan sangat besar seukuran pohon cedar. 

Di tradisi orang Yahudi, Behemoth digambarkan sebagai monster bumi yang pertama kali muncul, simbol dari kehancuran. Beberapa orang menganggap Behemoth hanyalah hewan berukuran besar biasa seperti kuda nil. Sama halnya seperti Ifrit, kepopularan Behemoth muncul dalam berbagai media popular khususnya Video Game.

5. Malphas

Malphas

Malphas, iblis menakutkan yang dapat mengungkap keinginan orang yang paling dalam. Setelah mengungkapkan keinginan hati yang terdalam, biasanya Malphas akan memanfaatkannya untuk menghancurkan manusia. 

Menurut cerita, Malphas adalah pemimpin iblis kedua setelah Satan. Dikatakan bahwa Malphas memiliki pasukan sebanyak 40 legions. Malphas ini seringkali menipu manusia dengan menggunakan sosok roh baik. Setelah berhasil menipu manusia, Malphas akan mengkhianati manusia tersebut.

4. Jikininki

jikininki

Jikininki adalah iblis jahat yang muncul di kepercayaan orang Buddha. Iblis berwajah menyeramkan ini merupakan lambang dari keserakahan dan juga egoisme. Jikininki memiliki hobi mengerikan yakni menyantap mayat manusia yang telah membusuk. Baginya, mayat manusia yang telah membusuk itu seperti pizza.

Terkadang Jikininki ini mengambil wujud manusia untuk mempengaruhi manusia agar berbuat buruk. Jika ada manusia bernasib sial yang melihat Jikininki dalam wujud aslinya, dipastikan manusia itu akan mengalami nasib sial atau amnesia.

3. Cthulhu

cthulhu

Iblis menakutkan yang dideskripsikan memiliki tubuh yang merupakan gabungan dari gurita, naga, dan manusia. Wujudnya yang mengerikan tersebut dikatakan seperti sosok alien yang turun ke bumi, sangatlah mengerikan. Disembah sebagai dewa, Cthulhu dikatakan merupakan mimpi buruk manusia dimana ia bisa membawa kehancuran bagi bumi. 

Menurut berita, pada tanggal 23 Maret 1925 terdapat seorang manusia yang kabarnya melakukan kontak komunikasi dengan iblis ini. Laporan ini dilaporkan oleh seorang pria bernama Gustaf Johansen. Namun sayangnya info lebih lanjut tidka bisa diberikan oleh Johansen karena dirinya meninggal dunia terlebih dahulu. Kematian Johansenpun masih merupakan misteri yang belum terpecahkan. 

2. Pazuzu

Pazuzu

Jika kalian pernah menonton film horror jaman dahulu berjudul The Exorcist tahun 1973, kalian pastinya ingat di film itu ada seorang anak perempuan yang dirasuki oleh iblis jahat. Iblis jahat yang merasuki perempuan malang itu bernama Pazuzu. 

Mungkin bagi kalian, nama Pazuzu bukanlah nama iblis yang terkenal, hal tersebut adalah hal yang wajar karena Pazuzu merupakan iblis yang terkenal di jaman Babilonia. Jadi umur iblis ini sudah sangatlah tua. Pazuzu merupakan iblis jahat yang memiliki wujud mengerikan. Memiliki tubuh layaknya pria, kepala singa, 2 pasang sayang elang, dan ekor kalajengking.

1. Lamashtu

lamashtu

Jika kalian pernah menonton tv series berjudul Constantine, nama iblis satu ini pernah muncul dalam serial tersebut. Seperti yang diceritakan dalam Constantine, iblis ini terbilang sangat tua karena Lamasthu merupakan iblis yang muncul sejak era Sumeria dan Mesopotamia. Lamasthu merupakan sosok iblis yang keji dan juga menakutkan. 

Sosok iblis ini paling ditakuti oleh para ibu yang belum lama melahirkan anaknya. Lamasthu dikatakan sering menculik bayi yang baru lahir ketka sedang disusui oleh ibunya. Menghisap darahnya dan mengunyah tulangnya. Hobi lain Lamasthu adalah mencemari air sungai dan danau, membunuh tanaman, menghisap darah pria, menganggu tidur manusia, dan membawa mimpi buruk. 

Di era Mesopotamia, Lamasthu tidak takut akan apapun baik itu manusia bahkan Tuhan sekalipun. Namun hanya ada satu iblis yang ditakutinya, yakni Pazuzu. Mungkin kata ditakuti bukanlah kata yang tepat, kata yang lebih cocok adalah rival. Sejak dahulu Lamasthu dan Pazuzu saling bersaing satu sama lain. Untuk melindungi anak yang baru lahir, terkadang sang Ibu melakukan pertaruhan dengan memanggil Pazuzu. Memanggil Pazuzu sendiri bukanlah tanpa resiko, ketika Pazuzu datang, kota yang didatangi akan mengalami kelaparan dan kekeringan.

 

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas