home -> Misteri -> 10 Hantu Indonesia Yang Paling Menyeramkan
17 Desember 2017 07:31

10 Hantu Indonesia Yang Paling Menyeramkan

Oleh reagan dalam Misteri pada March 14, 2016

Indonesia dikenal sebagai negara dengan beraneka macam budaya. Aneka macam budaya tersebut membuat kepercayaan akan hal berbau mistis juga beragam, terutama dalam hal hantu. Sebenarnya di Indonesia banyak sekali cerita tentang hantu, namun hanya beberapa hantu yang dianggap paling terkenal dan menyeramkan. Berikut ini adalah daftar 10 hantu Indonesia yang paling menyeramkan

10. Hantu Jeruk Purut

hantu jeruk purut

Hantu Indonesia ini selain menyeramkan ternyata sangat terkenal sehingga pernah dibuat film yang menceritakan keseraman dari hantu ini. Awal mula cerita hantu jeruk purut ini bermula dari seorang penjaga yang melihat sesosok pria tanpa kepala yang berjalan di tengah kuburan pada saat malam hari. Di tangan hantu ini terlihat benda bulat yang diperkirakan adalah kepala dari hantu tersebut.

Cerita penjaga itupun menyebar dengan sangat cepat sampai saat ini. Dikatakan bagi orang yang penasaran dan ingin membuktikan kebenaran dari cerita hantu jeruk purut tersebut, mereka harus pergi ke kuburan pada saat malam hari tanpa ditemani oleh siapapun. 

9. Tuyul

tuyul

Jika di lingkungan rumah Anda seringkali terjadi kehilangan uang atau benda berharga secara misterius, ada kemungkinan hantu inilah yang menjadi biang keladinya. Berwujud seperti anak kecil berkepala plontos, tuyul seringkali dipelihara oleh manusia karena bisa dimanfaatkan untuk mencuri uang.

Alasan kenapa tuyul berwujud sperti anak kecil karena dikatakan bahwa tuyul merupakan hantu anak kecil yang telah meninggal. Entah meninggal setelah dilahirkan atau meninggal akibat aborsi. Dikarenakan tuyul merupakan hantu anak kecil, banyak orang yang mengatakan sering melihat para tuyul bermain ketika malam hari.

8. Wewe Gombel

wewe gombel

Wewe gombel atau nenek gombel adalah roh atau hantu yang ceritanya banyak didengar di pulau Jawa. Hantu ini suka menculik anak kecil yang sedang sendirian tapi bukan untuk mencelakainya. Justru wewe gombel akan merawat anak kecil tersebut.

Wewe gombel memiliki fisik nenek tua menggunakan baju putih dengan rambut panjang berwarna hitam. Yang paling menjadi ciri khas dari wewe gombel adalah bentuk payudaranya yang jatuh ke bawah.

7. Leak

leak

Masih menceritakan Bali, serupa dengan Rangda, Leak yang merupakan hantu yang terkenal di daerah Bali ini merupakan sosok penyihir jahat. Ketika siang hari, leak menyerupai manusia biasa, namun ketika malam tiba, dirinya akan pergi ke kuburan mencari potongan mayat manusia. Potongan manusia itu digunakan olehnya untuk membuat suatu ramuan ajaib yang dapat merubah wujud dari leak. 

Tidak semua orang bisa melihat hantu leak. Hanya orang yang berprofesi sebagai pemburu leak yang dapat melihat hantu menyeramkan ini. 

6. Rangda

rangda

Rangda merupakan hantu menyeramkan yang terkenal dari Bali. Menurut cerita orang-orang Bali, Rangda adalah ratu dari leak. Yang membuat hantu ini menyeramkan adalah hantu ini cukup sering menculik dan memakan anak kecil. Selain itu Rangda juga merupakan pemimpin pasukan melawan penyihir jahat bernama Barong.

Rangda ini merupakan sosok hantu yang penting dalam kebudayaan Bali. Warga Bali menyimbolkan peperangannya melawan Erland dengan sebuah tarian. Tarian tersebut sekarang sudha menjadi sangat terkenal dan merupakan salah satu tradisi di Bali. 

5. Pocong

pocong

Hantu menyeramkan di Indonesia sini sangat terkenal sehingga banyak sekali produser yang membuat film tentang pocong. Berdasarkan cerita yang disebar oleh orang banyak, pocong ini merupakan wujud hantu yang marah karena seseorang lupa melepas tali yang mengikatnya sehingga arwahnya tidak bisa pergi ke alam baka.

Pocong mewiliki wujud hantu yang dibungkus dengan menggunakan kain kafan berwarna putih. Wajahnya terlihat hitam atau hijau pucat, dengan mata gelap. Karena tubuhnya diikat, membuat pocong bergerak dengan cara melompat-lompat. Namun ada beberapa orang yang mengatakan bahwa pocong juga dapat berjalan dengan cara terbang.

4. Palasik

palasik

Palasik merupakan cerita hantu legendaris yang diperkirakan berasal dari daerah Mingkabau. Menurut cerita, palasik sebenarnya bukanlah termasuk dalam golongan hantu, palasik merupakan manusia, bisa wanita atau pria yang sedang mempelajari ilmu hitam.

Untuk sosok satu ini, kebanyakan yang takut dengannya adalah para ibu yang tengah mengandung anak. Demi mempelajari ilmu hitam, orang yang menjaid palasik diharuskan untuk mengkonsumsi bayi atau janin manusia. Palasik memiliki wujud kepala dengan organ tubuh yang dapat terbang.

3. Sundel Bolong

sundel bolong

Diantara kalian mungkin ada yang mengenal hantu menyeramkan ini dari film horror Indonesia jaman dahulu yang dimainkan oleh mendiang Suzzanna. Hampir mirip dengan deskripsi kuntilanak, sundel bolong merupakan hantu perempuan cantik dengan rambut panjang berwarna hitam dengan lubang di perut yang tembus sampai ke punggung. 

Mernutur cerita orang Indonesia, sundel bolong merupakan hantu wanita yang mati diperkoksa yang kemudian melahirkan anaknya ketika berada dalam kuburan. Dikatakan bahwa sundel bolong suka menculik bayi yang baru lahir. Dikarenakan sundel bolong merupakan hantu yang pemalu, ia sering klai terlihat menutupi lubang di tubuhnya dengan menggunakan rambut hitamnya yang panjang.

2. Genderuwo

genderuwo

Jika kuntilanak adalah hantu Indonesia paling menyeramkan berjenis kelamin perempuan, genderuwo merupakan hantu menyeramkan yang berwujud pria besar, berambut hitam, bergigi panjang, mata berwarna merah, dan memiliki cakar mengerikan. 

Dikatakan bahwa jika di tengah malam kalian mencium bau seperti singkong panggang, itu merupakan pertanda bahwa ada genderuwo di sekitar kalian. Dikatakan pula bahwa genderuwo sangat menyukai perempuan, jadi genderuwo akan berubah menjadi suami dari sang istri untuk menggoda si istri tersebut.

1. Kuntilanak

kuntilanak

Menjadi hantu yang paling ditakuti oleh orang-orang membuat kuntilanak menjadi hantu Indonesia yang paling menyeramkan nomor 1. Kuntilanak adalah hantu perempuan yang meninggal ketika hamil. Banyak orang percaya wujud kuntilanak adalah seorang perempuan cantik berwajah pucat, berambut hitam panjang, menggunakan gaun putih panjang. 

Kuntilanak dikatakan suka sekali tinggal di pohon yang tinggi seperti pohon pisang. Suara tawanya yang tinggi menjadi ciri khas kehadiran kuntilanak. Bila suaranya terdengar pelan, itu tandanya kuntilanak berada dekat dengan Anda. Tapi bila suaranya terdengar keras, itu berarti kuntilanak berada jauh dengan Anda.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas