home -> Lainnya -> 10 Negara Paling Luas Di Dunia
19 Desember 2018 16:08

10 Negara Paling Luas Di Dunia

Oleh reagan dalam Lainnya pada March 10, 2016

Sebagai manusia, kita tahu bahwa bumi tempat kita tinggal ini merupakan dunia yang sangat besar dan luas. Luasnya bumi kita ini juga ternyata diikuti dengan beberapa negara yang akan kita bahas pada artikel berikut. Negara-negara berikut ini dikenal memiliki luas yang sangat besar sehingga masuk ke dalam kategori negara terbesar di dunia. Inilah daftar 10 negara paling luas di dunia. 

10. Algeria - 2,381,741 km

algeria

Dengan luas sebesar 2,381,741 km menjadikan Algeria sebagai negara bagian di afrika terbesar ke sepuluh di dunia. Algeria yang berlokasi di Afrika Utara ini menjadi salah satu negara terbesar di dunia dengan 90% negaranya terdiri dari padang pasir. Salah satu gurun pasir terkenal di dunia yakni Sahara terdapat di negara ini.

Di Algeria pula terdapat banyak kerajaan yang lahir. Oleh karena itu di negara ini banyak ditemukan beberapa peninggalan dari kerajaan jaman dulu. Algeria juga sempat menjadi negara koloni dari salah satu negara superpower di dunia yakni Perancis.

9. Kazakhstan - 2,724,900 km

kazakhstan

Kazakhstan merupakan salah satu negara terluas di dunia yang terdiri dari dataran luas dan tinggi yang indah. Iklim yang terdapat di negara terbilang dingin tapi kering. Walaupun tidak sekering seperti di gurun, Iklim di negara yang dikenal juga sebagai salah satu negara terkotor di dunia ini ternyata masih bisa diterima oleh manusia.

Tidka hanya dikenal sebagai salah satu negara pecahan Uni Soviet, Kazakhstan juga terkenal di dunia karena Kazakhstan merupakan salah satu dari sekian banyak negara di dunia yang wilayahnya hampir tertutup oleh daratan.

8. Argentina - 2,780,400 km

argentina

Anda pecinta sepakbola? Jika iya, pasti Anda mengenal pemain sepakbola terbaik di dunia, Lionel Messi. Argentina merupakan tempat tinggal dari pemain terbaik di dunia tersebut yang terkenal sebagai salah satu negara paling luas di dunia. Dengan luas wilayah 2,7840,400 km, Argentina memiliki gegografi yang beragam dan iklim yang bervariasi.

Sebagai salah satu negara paling luas di dunia, Argentina juga negara dengan banyak objek wisata menarik. Salah satunya adalah Patagonia, sebuah tempat dengan pemandangan spektakuler dan juga berbahaya. Terletak di bagian selatan dari Andes sampai Samudra Atlantik. Salah satu bagian di selatan Argentina yakni Cape Horn dikenal sebagai negara berangin paling keras di dunia.

7. India - 3,287,263 km

india

Salah satu negara paling besar di dunia ternyata masih merupakan bagian dari Asia yakni India. Sebagai salah satu negara paling besar, India juga termasuk negara dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi di dunia.

Cina, Pakistan, Bangladesh, dan Nepal merupakan negara yang berbatasan langsung dengan India. Dikarenakan geografi India yang masih merupakan bagian dari pegunungan Himalaya membuat India menjadi negara dengan iklim tropis. 

6. Australia - 7,741,220 km

australia

Australia, negara yang terkenal akan aneka macam hewan yang berbahaya. Dengan luas negara yang 2x lebih luas daripada India membuat Australia menjadi negara terluas ke-7 di dunia. Dikarenakan luasnya negara tersebut membuat Australia tidak cocok disebut sebagai sebuah pulau walaupun dikelilingi oleh samudra melainkan Australia disebut sebagai benua.

Hanya 2 kota di Australia yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi yakni Sydney dan Perth. Iklim di Australia terkenal panas dan juga kering. Iklim kering dan juga memiliki aneka macam hewan berbahaya menjadikan Australia menjadi benua yang spektakular dan juga berbahaya.

5. Brazil - 8,514,877 km

brazil

Negara yang dikenal dengan julukan negeri Samba ini berhasil menduduki posisi ke-5 sebagai salah satu negara paling luas di dunia. Brazil juga merupakan negara di dunia dengan hutan hujan terbesar di dunia, Amazon. Di hutan Amazon inilah terdapat banyak hewan eksotis yang belum pernah dilait sebelumnya. Bahkan 10 diantaranya merupakan hewan yang paling mengerikan yang ada di sungai Amazon.

Brazli memiliki keistimewaan dimana negara ini memiliki garis pantai Atlantic yang panjang di sebelah timur. Panjang garis pantai ini mencapai 8.000 km. 2 kota utama di Brazil yakni Rio de Janeiro dan Sao Paulo dibangun dekat dengan garis pantai ini.

4. Cina - 9,596,961 km

cina

Salah satu negara yang menjadi tempat asalnya salah satu keajaiban dunia yakni tembok besar Cina. Cina bersama dengan Amerika Serikat dan Juga Kanada masing-masing menempati hampir 7% permukaan bumi. Dibanding dengan Amerika dan Kanada, Cina merupakan negara yang memiliki luas terkecil. Tapi tidak membuat Cina sebagai negara paling kecil di dunia. Dengan luas wilayah 9,596,961 km, Cina menjadi negara di Asia yang masuk dalam daftar negara terluas di dunia dengan menempati peringkat 4.

Cina sendiri berbatasan dengan sejumlah negara di Asia seperti Afghanistan di sebelah timur, Rusia di sebelah utara, dan Vietnam di selatan. Iklim di cina bisa terbilang cukup bervariasi di setiap daerahnya. Iklim di bagian utara memiliki temperatur yang sama dengan subarctic. Di tengah Cina terdapat gurun Gobi yang bersuhu tropis.

3. Amerika Serikat - 9,826,675 km

amerika serikat

Lebih besar dari Cina tapi sedikit kalah dari tetangganya Kanada adalah Amerika Serikat. Bertetangga dengan Meksiko di sebelah selatan, Amerika menjadi rumah bagi beraneka ragam margasatwa. 

Negara paling luas ke-3 di dunia dijepit diantara pegunungan Rocky dan juga sungai Mississippi membuat Amerika menjadi negara besar dan juga subur. Selain itu, sebelah timur di Mississippi menjadi tempat ideal bagi pusat industri dan juga ekonomi Amerika. 

2. Kanada - 9,984,670 km

kanada

Luas 9,984,670 km menjadikan Kanada sebagai negara terluas ke-2 di dunia. Kanada juga memiliki garis pantai yang jauh lebih panjang bila dibandingkan dengan Brazil yakni 202,080 km. Tiap kilometer perseginya, setidaknya rata-rata ada sekitar 4 orang yang tinggal. Membuat Kanada juga menjadi negara yang cukup padat. 

Berlokasi di antara Arctic dan Amerika Serikat membuat wilayah Kanada hampir tertutup dengan es. Masih termasuk negara yang dilewati dengan pegunungan Rocky, Kanada terkenal sebagai negara produsen gandum dan juga kanola. 

1. Rusia - 17,098,242 km

rusia

Inilah negara paling luas yang ada di dunia dengan luas yang sangat besar 17,098,242 km. Bernasib sama dengan Cina, Rusia juga dibatasi atau bertetangga dengan sejumlah negara. Namun Rusia tidak memilki iklim seperti Cina. Rusia adalah negara besar yang memiliki iklim tropis. 

Salah satu bioma terbesar di dunia, Taiga, terbentang luas dari sebelah utara Kanada sampai dengan utara Rusia. Di bawah hutan beku Rusia terdapat cadangan minyak dalam jumlah yang sangat besar. Tapi dikarenakan sulit untuk menggali minyak tersebut, jadi minyak itu masih tetap tersimpan dengan baik di bawah tanah.

Disclaimer: gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami di halaman ini.
Kirim Artikel
Lihat artikel yang unik atau menarik? Bagikan artikel tersebut ke banyak orang dengan mengirimkannya ke Portal Tahupedia. Senangnya berbagi bersama. Kirim Sekarang
Follow Us
  • Most Popular
  • Most Commented
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
  1. 1
    oleh reagan dalam Lainnya
  2. 2
    oleh reagan dalam Lainnya
  3. 3
    oleh reagan dalam Lainnya
  4. 4
    oleh reagan dalam Lainnya
  5. 5
    oleh reagan dalam Lainnya
  6. 6
    oleh reagan dalam Lainnya
  7. 7
    oleh reagan dalam Lainnya
  8. 8
    oleh reagan dalam Lainnya
  9. 9
    oleh reagan dalam Lainnya
  10. 10
    oleh reagan dalam Lainnya
© 2013 TahuPedia.com. Designed by Civira
down kembali ke atas